header fadmalalala

Blogspedia Coaching Batch #2 : Kelas Blogging Favorit!

Konten [Tampil]

Bismillahirahmanirrahim..

cupuers blogspedia coaching

Alhamdulillah.. Inilah yang aku rasakan saat mendapatkan informasi pemberitahuan bahwa aku masuk di Blogspedia Choaching #2. Kenapa tidak? Tentu saja, karena untuk mendapatkan tiket voucher pembelajaran gratis dari coach Marita tentang blog dari awal sampai akhir adalah dengan mengikuti ODOP selama 1minggu.

Dan pada saat itu, aku tidak lolos dan hanya mengumpulkan beberapa artikel saja. Jadinya aku sudah pasrah kalau tidak masuk di dalamnya. Dan saat mendapatkan pemberitahuan diterima, sudah pasti senang sekali bukan. Dan aku harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Saat Ada di Kelas Blogspedia Coaching

Di kelas Blogspedia Coaching ini, aku mendapatkan banyak sekali teman. Teman yang hebat-hebat dan sudah banyak yang berpengalaman untuk ngeblog. Tak hanya blog saja, tapi tulisan yang mereka tulis juga bagus-bagus. Aku serasa cupu sendiri di kelas ini, tapi aku selalu memberikan yang terbaik untuk mengikuti kelas Blogspedia Coaching ini.

Materi Blogspedia

Saat mendapatkan daftar materi dari Blogspedia Coaching, aku merasa beruntung sekali. Materi dimulai benar-benar dari nol, awal mula membuat blog hingga materi yang lebih tinggi. Setiap kali materi diajarkan, kami diharuskan untuk mengerjakan tugas. Membuat artikel minimal 800 karakter yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

Mau tau materi apa saja yang diajarkan di kelas ini? Inilah materi dan artikel yang sudah aku buat di kelas ini.

  1. The Big Why & Adab Blogging = Tips Mengelola Waktu Bloger Versi Fadmalalala.Com
  2. Platform, Niche, dan Istilah-istilah blogging
  3. Membuat blog dan follow blog teman-teman
  4. Basic SEO Series #1. Membuat artikel berpasangan dengan partner = Why Blogging versi NORA: Remaja dengan Segudang Aktivitas
  5. Basic SEO Series #2. Riset Keyword = Kampung Ramadhan Jogokariyan 2021 : Dari Masjid Kita Bangkit
  6. Membuat Page About = About Fadmala
  7. Membuat Page Sitemap = SiteMap
  8. Memasang TLD Blog = Perjalanan Memasang Top Level Domain dari Niagahoster
  9. Content is the King = Mengenal Sosok Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Kondisinya Terkini
  10. Copy Writing = Memasak Jadi Praktis dengan Rasana Bumbu Putih
  11. Menulis Ulasan Wisata/ Traveling = Memulai Perjalanan Haji di Mekkah Bersama Anak
  12. Bermain dengan Canva = Ide Kegiatan Keluarga Saat Weekend: Coba 7 Macam Cara Seru Ini!
  13. Artikel How To/ Tips = 5 Tips Food Preparation Agar Keuangan Keluarga Terkendali
  14. Artikel Ulasan Restoran/ Warung Makan = Kedai Kopi Randu Bibis Jogja : Special Spot Gowes dan View Malam
  15. Artikel Ulasan Event = Bangkitkan Ekonomi Warga dengan Pasar Rakyat Jogokariyan
  16. Artikel Ulasan Event/ Buku = Kesulitan Mendidik Anak Tanpa Marah? Yuk Baca Buku Ini!
  17. Permak Blog = Cara Praktis Mengubah Template Blog di Blogger
  18. Memasang Template Unduhan
  19. Google Analytics = Google Analytics dan Cara Memasangnya di Blogspot
  20. Google Search Console = 5 Fungsi Menggunakan Google Search Console pada Blog
  21. Personal Branding For Blogger = Personal Branding Blogger : Langkah Untuk Menemukan Jati Diri
  22. Content Plan Blogger = Cara Mudah Konsisten Menulis dengan Content Planner
  23. Tugas Akhir Blogspedia Coaching

Bagaimana? Lengkap sekali bukan materinya? Nah, untuk mengetahui kelulusan dari kelas blogspedia ini, kita harus melewati tugas akhir dari coach Marita. Tugas akhir ini adalah kita diharuskan untuk membuat artikel selama 7 hari berturut-turut. One Day One Post artikel inilah yang nantinya menjadi penentu akhir kita untuk lulus di kelas ini.

materi blogspedia

Materi Yang Di Tunggu-Tunggu

Di semua materi yang ada, tentu saja ada satu materi yang selalu aku tunggu-tunggu. Sejak mengenal blog, aku masih belum tau apa-apa tentang seluk-beluk yang harus diperhatikan di dalam tulisan blog. Ya, materi yang aku tunggu ini adalah SEO (Search Engine Optimization). SEO ini butuh banget untuk dipelajari. Tapi jika belajar otodidak pun aku tidak mengerti.

Jadi, dengan mengenal SEO dari materi yang diberikan oleh coach Marita membuatku merasa terbuka. Pandangan tentang SEO yang semula buntu, tidak mengerti apa-apa sekarang menjadi mengenal dan bisa langsung dipraktekkan. Karena SEO butuh latihan yang berulang-ulang.

Bagaimana cara kita mencari keyword di google, ataupun menggunakan tools tambahan. Keyword apa yang bisa digunakan agar artikel kita masuk di pencarian google halaman pertama. Setelah mendapatkan materi SEO ini, setiap kali ada tugas membuat artikel diwajibkan untuk menggunakan SEO dalam artikelnya. Wajib untuk searching keyword yang dibutuhkan sebagai dasar pembuatan artikel di blog.

Mengenal Marita Ningtyas

Marita Surya Ningtyas merupakan coach dari Blogspedia. Marita Ningtyas adalah nama penanya. Biasa dipanggil dengan coach Marita. Lahir pada tanggal 16 Maret 1985 di kota yang biasa disebut dengan kota lumpia. Coach Marita merupakan seorang ibu rumah tangga yang mempunyai banyak harapan di kehidupannya. Salah satu harapannya adalah membagikan ilmunya melalui kelas Blogspedia ini.

Masya Allah, mulia sekali coach Marita. Dengan sukarela memberikan ilmu tentang blog pada kami agar bisa mendalami ilmu blogging dengan maksimal. Tanpa dipungut biaya apapun untuk mengikuti kelas blog bersama coach Marita ini. Hanya Allah yang bisa membalas kebaikan atas ilmu yang diberikan oleh coach Marita. Insyaa Allah ilmu ini merupakan amal Jariyah yang akan terus mengalir untuk coach Marita. Aamiin.

coach Marita Ningtyas

Aktivitas Coach Marita

Selain sebagai ibu rumah tangga dengan segala aktivitasnya bersama anak dan suaminya, coach Marita aktif sebagai penulis. Mulai dari content writer, aktif di beberapa blog miliknya, hingga memberikan ilmu tentang blog di kelas blogspedia. Mba Marita juga bergabung di banyak komunitas blog, seperti Ibu-Ibu Doyan Nulis, Komunitas Blogger Gandjel Rel, Blogger Perempuan, Blogger Muslimah, KEB, Blogger Cihuy, dan sebagainya.

Sudah terbukti bukan dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan, tentu saja ilmmu yang didapat juga sangat banyak. Walaupun kewajiban utamanya adalah seorang ibu rumah tangga, tetap tidak menghentikkan langkahnya untuk terus berbagi walau dengan hal sekecil apapun.

Coach Marita di Mataku

Selama bergabung di blogspedia bersama coach Marita, sebenarnya aku sendiri tidak terlalu aktif komentar d grup. Melihat teman-teman yang aktif, aku lebih seperti pembaca dan menyimak grup saja. Hihii,, tapi mengenal coach Marita yang memberikan materi blog kepada kami ini sangat sabar sekali ya. Disaat pemberian materi, grup tidak dikunci jadi sangat ramai di kolom chat. Dan coach Marita dengan santai menanggapi pertanyaan maupun curhatan dari murid-muridnya.

Coach marita juga tegas dalam kelasnya. Saat diberi tugas, kami harus menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu. Jika tidak menyetorkan tugas ditenggat waktu yang sudah di tentukan, makan akan di kick. Wow, serem juga ya. Tapi menurutku itu bagus sekali, karena kita ditantang untuk bertanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya.

Kisah Galau~ku

Coach Marita bener-bener baik banget. Aku merasakan sendiri ketika memasuki tugas akhir blogspedia. Kami diberi tugas ODOP selama 6 hari berturut-turut yang dimulai pada hari senin tanggal 30 Agustus hingga sabtu, 4 September 2021. Qodarullah pada hari minggu, 29 Agustus 2021 malam putri kecilku diharuskan untuk opname.

Saat itu adalah hari terberatku saat mengikuti kelas blogspedia. Antara maju atau mundur untuk melanjutkan kelas ini atau berhenti saja sampai disini. Sebelumnya sempat minta kelonggoran waktu untuk setor tugas hingga sempat berpamitan dengan coach Marita karena kondisi putriku belum membaik. Coach Marita sudah memberikan ijin hingga mendoakan agar sabila sembuh. Dan, aku sendiri masih galau kurang fokus dengan tugas yang ada.

Saat itu aku mencoba berbicara dan berdiskusi dengan suami. Bagaimana caranya agar aku bisa lulus di kelas ini. Alhamdulillah, suami tetap mendukung dan memberikan dorongan untuk terus maju. Karena hanya tinggal beberapa hari saja aku bisa lulus. Kebetulan sampai saat ini pekerjaan suami masih WFH. Jadi bisa membantu sedikit untuk menjaga anak disaat aku sedang menulis.

Waktu galau

Bagaimanapun caranya, aku lakukan agar bisa setor tulisan setiap hari. Alhamdulillah, aku bisa lanjut sampai di hari terakhir ini. Banyak juga teman-teman yang diberikan kelonggaran waktu oleh coach Marita agar tetap setor tugas dan tidak di kick dari kelas blogspedia ini. Terima Kasih coach Marita atas kebaikan dan ilmu yang kau berikan selama ini :D.

Teman-Teman di Blogspedia Coaching #2

Semua teman yang ada di kelas blogspedia coaching 2 ini ternyata top banget. Banyak yang sudah menghasilkan buku antologi, bahkan mungkin sudah ada yang mau cetak buku solo nih :D keren banget kan. Profesinya juga bermacam-macam, ada yang seorang guru, dokter, atau full mother juga banyak termasuk diriku. Hehee,,

Teman-teman disini semuanya baik, walaupun belum pernah bertemu secara langsung tapi seperti sudah mengenal lama. Apa mungkin karena kami sudah dikelas yang sama selama 3 bulan lebih ini ya. Tak terasa ya sudah selama ini kami bersama menempuh kelas blogging ini.

Walaupun ada beberapa teman yang terpaksa keluar, tapi Alhamdulillah masih banyak juga yang bertahan di kelas ini. Semua teman disini keren, gokil, banyak ilmu yang didapat dari teman-teman dikelas ini. Melalui kelas bogspedia, aku menjadi tambah teman yang kece-kece gini. Seneng banget rasanya bisa mengenal kalian semua. Semoga impian dan goal kita semua tercapai yaa..

Teman-teman Blogspedia

Nah, itulah perkenalan dari kelas Blogspedia bersama dengan pengajarnya yang kece abis coach Marita Ningtyas bersama teman-teman sekelas. Mau ikutan belajar blogging dari dasar juga? Boleh banget lhoo. Pantengin aja Instagramnya @blogspedia. Semoga ada open kelas batch #3, #4, dan seterusnya ya. Karena kelas ini kece banget. Khususnya buatku sebagai pemula di dunia blogger dan tulis menulis ini.

Terima kasih sudah membaca Blogspedia Coaching Batch #2 : Kelas Blogging Favorit!

Berawal dari materi dasar, semoga kelak menjadi konsisten dan bisa sehebat coach Marita di dunia perbloggeran. Aamiin..

Selalu istiqomah menulis dimulai dari blogspedia coaching #2.

Stay save and keep healthy yaa :D.

Fadmala A


Related Posts

9 komentar

  1. Aamiin, semoga bisa naik menjadi blogger pro yang mengikuti jejak coach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Butuh perjuangan yg lebih extra.. Semangattt..

      Hapus
  2. Alhamdulillah putrinya sudah pulih ya Mom, semoga bisa segera beraktivitas seperti sedia kala ya Mom :D, oiya terima kasih atas beberapa quote di tulisan ini, menyejukan sekali :') sehat-sehat ya Mom Fadmala sekeluarga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah pulih mba.. Seneng banget masih bisa lanjut sampai disini^^

      Hapus
  3. Amiin.. Duh terharuubaku bacanya. Warbiasa mbak Fadmala, anak opname itu benerrr2 ga bisa mikir apa2 aku juga. Tapi bisa nyelesain tantangan. Keren mbak! Sehat sehat ya kaka Sabila.

    BalasHapus
  4. Bener banget mba :')
    Setelah sampai di tugas akhir ini hati terasa plong.. Wkwkkk,,

    BalasHapus
  5. Sehat terus buat anaknya dan keluarga...
    Bener coach Marita orgnya bijak, saya juga pernah merasakan sikap bijaknya, ketika harus dirawat ...
    Pokoknya tegas tapi bijak

    BalasHapus
  6. wah, ternyata materi fav mb Fadmala SEO ya. keren mb. ak aja tau seo dari kelas ini hehehe

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ya mbak, putrinya udah sembuh. Bersyukur suami juga mendukung... :)

    BalasHapus

Posting Komentar