header fadmalalala

Google Analytics dan Cara Memasangnya di Blogspot

Konten [Tampil]
cara-memasang-google-analytics

Assalamu’alaikum..

Ada yang mengetahui tentang Google Analytics? Sudah tau pentingnya memasang Google Analytics pada blog? Karena saya belajar tentang blog belum lama, jadi untuk pemasangan Google Analytics sendiri juga belum terlalu lama. Biasanya hanya mengandalkan dashboard blogspot saja untuk melihat seberapa banyak pengunjung di blog saya.

Sebelum belajar tentang blogspot dan isinya, menulis artikel ini mungkin hanya sekedar hobby dan kurang memperhatikan tentang jumlah pengunjungnya. Hanya sekedar menulis untuk sharing, menyimpan kenangan dan pengalaman saja. Untuk pengunjung pun sampai sekarang masih belum maksimal untuk memperhatikannya.

Setelah belajar bersama mba Marita di kelas blogspedia, ternyata pemasangan Google Analytics ini penting sekali. Banyak hal yang bisa kita dapatkan jika memasang Google Analytics. Mau tau lebih lanjut tentang Google Analytics dan cara pemasangannya? Yuk, kita cari tau lebih lanjut tentang Google Analytics ini.

Mengenal Google Analytics

Menurut mba Marita, Google Analytics adalah tool gratis dari Google yang memiliki fungsi banyak sekali. Bisa untuk mengamati page view blog dengan lebih akurat. Melihat siapa saja sih pembaca blog kita, apa kesukaan mereka, dan sebagainya. Wah, tenyata Google Analytics sendiri banyak sekali kegunaannya yaa..

Kenapa sih kok penting? Karena dengan kita mengenal pengunjung blog, kita bisa mengetahui kebutuhan yang dicari oleh pengunjung blog. Sehingga saat menulis artikel di blog, pengunjung bisa betah berlama-lama di blog karena info yang dicari ada di blog kita. Kita juga bisa menggunakan artikel yang dikunjungi dan dicari oleh pengunjung sebagai referensi artikel yang akan kita tulis.

Data pengunjung yang kita dapatkan di Google Analytics juga bisa diketahui dari mana pengunjung mengetahui dan mengunjungi blog kita. Seperti melalui media sosial, email, share link langsung atau blog walking dan sebagainya. Sehingga kita bisa mengenalkan blog kita ke banyak orang yang lebih banyak agar pengunjung blog kita bertambah.

Cara Memasang Google Analytics di Blogspot

Disini aku akan kasih tutorial pemasangan google analytics untuk blog kita. Caranya gampang kok asalkan ikuti step by stepnya dengan benar ya :D hehee. Oya, tutorialnya ini untuk pengguna blogspot ya, karena saya pakai blogspot. Sedangkan untuk wordpress sepertinya caranya juga sama, tapi saya belum pernah mencobanya langsung.

A. Buat Akun Google Analytics

Langkah pertama adalah membuat akun google analytics. Dengan membuat akun google analytics kita bisa lanjut ketahap selanjutnya. Cara pembuatan akun di google analytics adalah:

  1. Masuk ke analytics.google.com. Maka akan masuk ke halaman depan di google analytics.
  2. Lalu pilih Mulai dan kita akan masuk ke halaman penyiapan akun. Disini kita menyiapkan akun yang digunakan untuk kebutuhan google analytics.
  3. Untuk nama akun isi bebas, biasanya isi nama kita sendiri. Untuk perintah centang juga bebas, bisa dicentang semua. Karena itu berisi informasi yang akan dibagikan ke email kita nantinya.
  4. Klik berikutnya, maka kita akan masuk ke pembuatan properti di google analytics. Tampilan ini akan berbeda jika kita sudah mempunyai akun di google analytics ya. Jika sudah punya akun, kita bisa langsung untuk membuat property nya saja atau menambah property yang akan digunakan.
  5. Satu akun Google Analytics kurang lebih bisa untuk membuat 100 property.

membuat-akun-google-analytics

B. Buat Property

Saat membuat properti, seperti yang saya jelaskan sebelumya tampilannya berbeda jika kita sudah mempunyai aku google analytics. Karena saya sudah mempunyai akun google analytics, maka inilah tampilannya saat kita akan membuat atau menambah property.

  1. Pilih tanda + buat property
  2. Lalu isi nama properti, biasanya dengan nama blog yang mau digunakan. Lalu untuk zona waktu dan mata uang disesuaikan dengan lokasi masing-masing.
  3. Lalu klik “Tampilkan Opsi Lanjutan” atau “Show Advance Option” agar properti yang kita buat sekaligus membuat 2 property yang penting, yaitu properti GA4 dan UA.
  4. Isi URL situs blog kita. Jangan lupa klik pilihan yang buat properti GA4 dan UA nya yaa.. Lalu klik berikutnya.
  5. Langkah terakhir adalah isi informasi bisnis, di skip juga boleh kok. Lalu centang semua informasi yang diinginkan, lalu klik “Buat”.

Jadilah properti baru di akun kita. Apakah setelah step ini selesai sudah bisa menggunakannya? Eitss, jangan terburu-buru ya. Masih ada step selanjutnya agar Google Analytics kita terhubung dengan blog kita juga.

C. Pasang ID Pelacakan di Blogspot

Langkah selanjutnya agar blog kita terhubung dengan Google Analytics adalah dengan menghubungkan ID pelacakan yang ada di GA ke dalam blogspot. Caranya adalah:

  1. Buka dulu properti UA kita. Lalu klik admin yang berada di bagian pojok kiri bawah.
  2. Koneksikan UA dengan GA4, caranya buka GA4 Setup Assistant. Klik bagian hubungkan sambungan atau connect property, pilih GA yang akan dihubungkan lalu klik connect.
  3. Setelah itu kita masuk ke info pelacakan, pilih kode pelacakan. Disini kita mendapatkan ID Pelacakan dan kode pelacakan berupa kode html.
  4. Copy dan paste ID Pelacakan di dasboard blogspot bagian setting – ID Properti Google Analytics
  5. Dan ID Pelacakan yang berbentuk kode di copy paste dibagian tema – edit html – dan paste atau taruh kode dibawah kode <head>
  6. Selesai.
copy-id-propertikode-properti-html
Setelah semua langkah dilakukan, kita hanya menunggu google untuk melacak blog kita. Sehingga nantinya akan didapat hasil pelacakan berupa informasi pengunjung di blog kita.


Fungsi dan Manfaat Memasang Google Analytics

Dengan memasang Google Analytics pada blog, kita mendapatkan informasi tentang pengunjung yang datang ke blog kita. Pengunjung tersebut dapat dilihat apakah mereka masih mengunjungi (pengguna aktif) atau tidak. Dari pengunjung tersebut, dapat dilihat juga nilai umur dari pengunjung tersebut. Minat dari pengunjung, lokasi pengunjung, dan beberapa informasi lainnya dari pengunjung.

Google Analytics juga memberikan informasi bahwa pengunjung yang datang di blog kita berasal dari mana. Apakah dari link yang kita bagikan di media sosial atau melalui link secara langsung. Kita juga dapat mengetahui apakah pengunjung mendapatkan blog kita saat mereka mencari keyword di google. Inilah yang disebut dengan organic search.

tampilan-google-analytics

Keyword yang kita tuliskan dan kita gunakan bisa menjadikan blog kita lebih unggul dari blog lain. Sehingga saat kita beruntung, akan masuk di dalam list 10 besar di pencarian google. Entah itu di halaman pertama, kedua, atau seterusnya. Inilah yang menjadikan blog kita lebih unggul dari pada blog lainnya.

Sampai sekarang pun saya masih mendalami Google Analytics ini agar bisa saya gunakan secara maksimal. Semoga blog kita bisa semakin baik kedepannya dengan penggunaan Google Analytics ya.. Terima kasih sudah membaca Google Analytics dan Cara Memasangnya di Blogspot.

Wassalamu'alaikum..

Related Posts

7 komentar

  1. Dari asal2n nulis sampe tau skrg ya mba banyak banget yang harus diperhatiin pas nulis blov

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, dengan mengenal GA kita jadi lebih tau tentang pengunjung blog kita juga :D

      Hapus
  2. Wohooo selamat Mom uda berhasil pasang GA, semoga makin optimal buat membagi ilmu ya Mom :D

    BalasHapus
  3. Dengan emmasnag GA, pekerjaan untuk menjadi seorang detektif saat dibutuhkan data jadinya berkurang ya, Mb.

    BalasHapus
  4. Aamiin...runtut banget nih caranya Mba, bikin gampang buat ngikutin pasang juga

    BalasHapus
  5. Aku awalnya ngeblog buat asal nulis aja. Ternyata semakin belajar semakin tau banyak kurangnya ya. Keren sih dah sampai di tahap ini ;) berhasil masang GA , jadi bisa ngoptimalin blog kita ya...

    BalasHapus
  6. Aku juga masih mendalami nih mbak. Udah masang tapi masih belum fasih make n membacanya.

    BalasHapus

Posting Komentar