header fadmalalala

Cara Memilih Oli Honda Secara Tepat

Konten [Tampil]
Cara Memilih Oli Honda

Sudah satu tahun lamanya motor dipakai untuk aktivitas sehari-hari tapi makin lama makin tidak enak dipakainya? Entah mesinnya menjadi kasar, motor tiba-tiba mogok, sampai mesin rusak. Duh, pasti bikin aktivitas kita terganggu bukan? Apalagi kalau saat itu harus mengejar waktu untuk bekerja, menjemput anak, atau pun acara lain. Tentu saja waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya menjadi semakin lama.

Apa sih penyebab motor rusak seperti itu? Yah, salah satunya adalah karena oli motor tidak diganti. Saat kita mempunyai kendaraan, tentu saja kita juga harus bisa merawatnya agar kendaraan tersebut tetap bagus mesinnya maupun fisiknya. Rutin mengganti oli motor itu salah satu kuncinya. Oli honda ada banyak jenisnya, jadi sebaiknya tidak asal memilih oli untuk kendaraan kita.

Kapan Waktunya Mengganti Oli Motor?

Oli motor harus rutin untuk diganti. Biasanya saya mengganti oli motor sekitar 2 atau 3 bulan sekali. Atau saat kilometer motor mencapai 3000 sampai 5000. Jadi, ketika motor sudah mencapai kilometer tersebut, oli motor harus segera diganti.Cara paling mudah untuk mengetahui kapan waktunya untuk mengganti oli motor adalah dengan melihat indikatornya di dashboard motor. Kilometer atau jarak tempuh motor jangan sampai melebihi 5000. Tanda lainnya saat oli harus diganti adalah dengan mengenali suara mesin. Biasanya, mesin motor akan menjadi kasar jika oli belum diganti.

Cara lainnya adalah dengan mengamati volume oli. Jika motor sering digunakan, maka terjadi penguapan saat mesin dalam kondisi panas. Jika indikator oli menyala, segera ganti oli. Begitu juga jika terjadi kebocoran pada oli yang menyebabkan oli cepat habis.

Saat mengganti oli pun kita juga tidak boleh asal memilih. Karena ada beberapa jenis oli honda yang bisa kita pilih sesuai dengan kendaraan yang kita pakai.

Cara Memilih Oli Honda Secara Tepat

Oli honda memiliki peran penting untuk menjaga mesin agar tetap bekerja dengan baik. Pemilihan oli motor pun juga menjadi hal yang penting karena berpengaruh dalam keawetan mesin motor. Informasi merk dan jenis oli yang digunakan untuk kendaraan kita sangat penting untuk diketahui. Nah, inilah cara memilih oli honda untuk motor kita.

1. Pilih Pelumas Yang Cocok

Untuk menjaga mesin motor yang baik, sebaiknya kita memilih jenis pelumas yang cocok untuk motor kita. Karena di pasaran, banyak sekali beredar oli motor dengan banyak sekali jenis dan merk nya. Untuk itu, kita tidak boleh tergiur untuk membeli pelumas dengan harga yang murah tapi tidak tahu kualitas pelumas itu sendiri.

2. Tingkat Kekentalan Pelumas

Selain mengetahui jenis pelumas yang cocok, kita juga harus mengetahui tingkat kekentalan atau viskositas pelumas itu sendiri. Kekentalan oli mesin akan mempengaruhi daya gesek mesin. Daya gesek itu sendiri akan mempengaruhi panas mesin saat digunakan. Termasuk juga perubahan viskositas oli mesin tersebut setelah digunakan.

3. Perhatikan Spesifikasi

Agar mesin dari motor bisa terjaga dan awet, tentunya kita harus menggunakan oli mesin yang terpercaya. Mempunyai jaminan mutu dan spesifikasi tersendiri sesuai jenis motor yang digunakan. Karena umumnya, produsen oli mesin telah mencantumkan informasi tentang kegunaan dan spesifikasi dari oli tersebut pada bagian luar kemasannya.

Seperti oli honda yang memberikan beberapa pilihan oli yang bisa digunakan untuk berbagai jenis motor nya. AHM SPX-2 misalnya, yang berperan untuk menjaga kebersihan mesin. Sehingga mesin tidak mudah aus saat digunakan. Oli honda ini juga dirancang khusus untuk motor matic saja. Sedangkan AHM MPX 1 cocok digunakan untuk kendaraan berkopling basah seperti motor matic bebek, motor bebek, dan motor sport. Karena oli ini dapat menghemat bahan bakar hingga 8%, sehingga pengguna motor Honda dapat menghemat bensin.

Atau Pertamina Enduro Matic-V 10W-40 yang di produksi oleh PT. Pertamina. Oli ini dirancang khusus untuk pengendara motor matic berkapasitas diatas 150cc. Karena oli ini mengandung zat aditif molybdenum yang mampu mengurangi gesekan di komponen mesin. Jadi mesin juga tidak cepat panas saat digunakan.

4. Ganti Oli di Bengkel Resmi

Langkah selanjutnya untuk memilih oli adalah dengan mengganti atau membeli oli honda di bengkel resmi dan terpercaya. Karena saat mengganti oli mesin, biasanya pihak bengkel akan merekomendasikan jenis dan spesifikasi oli yang cocok untuk motor yang kita gunakan. Untuk itu, sebaiknya kita percayakan oli mesin kita pada bengkel yang terpercaya.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk memilih oli honda dengan tepat. Seperti yang kita tahu, bahwa di Indonesia ini kendaraan bermotor masih mendominasi di masyarakat kita. Oli motor yang ada pun juga banyak jenisnya. Sebaiknya kita percayakan motor kita dengan ahlinya. Seperti di Planet Ban yang memberikan rekomendasi oli honda terbaik untuk motor saya.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

10 komentar

  1. artikelnya bagus sekali dan lengkap tipsnya, ganti oli ternyata juga bisa di Planet Ban ya?

    BalasHapus
  2. Mengganti oli motor memang sepenting itu biar kondisi mesin motor tetap terjaga dan nyaman digunakan dan memang penting juga memilih oli terbaik dan juga asli agar motor tetap Ok

    BalasHapus
  3. Sering bingung ada banyak sekali jenis oli motor. Kalau saya sih, selain mengecek spesifikasi, juga minta saran ke mekaniknya, baiknya pakai oli yang mana.

    BalasHapus
  4. Yang sudah punya kendaraan, jangan lupa untuk merawatnya, ya. Minimal ganti oli setiap 3 bulan sekali. Nggak mahal, kok. Yang mahal itu kalau kerusakan sudah telanjur parah karena minim perawatan.

    BalasHapus
  5. Memperhatikan oli adalah hal yang sangat penting untuk kebutuhan kendaraan bermotor. Hendaknya memeriksa dan mengganti oli secara rutin agar nyaman dan aman berkendara.

    BalasHapus
  6. Aku jarang merhatiin kilometer di dashboard sih, tapi karena pemakaian rutin yang lumayan jauh, aku bikin alarm buat waktu ganti oli. Kalau alarm udah bunyi, aku minta paksu buat ganti oli hehe. Biasanya aku juga beli olinya online, trus paksu yang ganti oli sendiri. Ganti oli yang rutin emang efektif jaga mesin motor awet.

    BalasHapus
  7. Oli salah satu hal penting bagi motor untuk di cek kekentalannya ya. Kalau kata mekanik, ganti oli setiap 2000km pemakaian, dan aku ngikut anjuran itu sih. Biar motor awet

    BalasHapus
  8. Saya rutin 2 bulan sekali selalu ganti oli motor di planet ban. Selain memang bengkelnya dekat dengan rumah, sekitar 5 menit perjalanan dari rumah. Mekanik planet ban juga pasti memberikan rekomendasi oli terbaik buat motor saya dengan harga yang transparan..

    BalasHapus
  9. Poin terakhir ini menurutku krusial. Personally aku juga lebih yakin kalo di bengkel resmi daripada yg nggak resmi, bukan kenapa2, cuma kadang ada oknum2 bengkel yg nggak bertanggung jawab gitu. Jadi olinya tuh yg dipake bukan oli baru tapi nggak bilang ke customer. Kan sedih yaa.. Emang paling bener kalo ganti oli atau servis ke bengkel resmi yang ada garansinya aja, kayak Planet Ban

    BalasHapus
  10. Mengganti oli di bengkel resmi memang lebih mudah dna menjamin, namun kalau memang ga bisa dan darurat, asal tahu jenis olei yang dipakai bisa juga ganti sendiri di rumah. But paling direkom di tempat yang memang sudah profesional dan resmi.

    BalasHapus

Posting Komentar