header fadmalalala

Yuk! Ikuti Keseruan Rangkaian Acara Sundance Film Festival: Asia 2021

Konten [Tampil]
sundance-film-festival

Siapa disini yang suka dan selau update film? Para penggemar film khususnya perfilman Indonesia, ada kabar baik nih buat kalian!

Sundance Institute dan XRM Media yang didukung oleh IDN Media secara resmi mengumumkan program film dan diskusi panel yang akan digelar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada 23 – 26 September 2021.

Catat tanggalnya agar tidak lupa ya :D.

Sundance Film Festival: Asia 2021 mempersembahkan delapan film yang telah dikurasi. Festival ini juga menghadirkan program diskusi panel yang dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka dari komunitas film lokal maupun internasional.

“Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami,” ungkap Kim Yutani, Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival, “Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga, kami dapat terhubung dengan penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan.”

William Utomo, COO IDN Media, menambahkan, “Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menghadirkan serangkaian program yang intensif dan komprehensif. Harapan kami, para sineas di Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut. Selaras dengan visi IDN Media untuk terus memberi #PositiveImpact bagi masyarakat, Sundance Film Festival: Asia 2021 berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudian menghubungkan mereka kepada para pakar di industri perfilman.”

Eittss..

Sebelumnya, ada yang belum tau tentang Sundance Film Festival ini? Yuk kita kenalan dulu tentang Sundance Film Festival: Asia 2021 dan semua rangkaian acaranya.

Mengenal Sundance Film Festival: Asia 2021 dan Media Pendukungnya

Festival Film Sundance adalah festival yang mendukung dan mempromosikan komunitas film independen yang dikurasi oleh Sundance Institute. Sundance Institute merupakan lembaga yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang.

Dengan adanya Sundance Film Festival ini, diharapkan film Indonesia menjadi semakin dikenal secara global. Sundance festival juga dapat menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik. Sehingga komunitas film yang independen juga dapat terbentuk.

XRM Media merupakan perusahaan yang berfokus pada hiburan dan juga teknologi. Perusahaan ini didedikasikan untuk mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya. XRM Media memanfaatkan portofolio investasi dan mengambil risiko pada prospek yang dinilai menjanjikan.

IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia. Mempunyai lebih dari 60 juta Monthly Active Users (MAU). Visi IDN Media adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positive bagi masyarakat.

Argo merupakan platform streaming yang berkomitmen untuk membangun komunitas. Argo dapat menghubungkan pembuat film dengan penonton, dan menampilkan semua genre film pendek yang dikurasi ke dalam playlist bertema dari seluruh dunia.


8 Film Terpilih Untuk Festival Perdana Sundance Film Festival: Asia 2021

Terdapat 4 film naratif dan 4 film dokumenter yang terpilih untuk film perdana di Sundance Film Festival: Asia 2021. Delapan film ini ditayangkan secara bergantian di tanggal 23-26 September 2021 bulan ini. Adapun beberapa filmnya yaitu:

4 Film Naratif

1. The Dog Who Wouldn't Be Quiet/Argentina (Sutradara: Ana Katz, Penulis Naskah: Ana Katz, Gonzalo Delgado, Produser: Laura Huberman, Ana Katz)

2. John and the Hole/U.S.A. (Sutradara: Pascual Sisto, Penulis Naskah: Nicolás Giacobone, Produser: Elika Portnoy, Alex Orlovsky, Mike Bowes)

3. Luzzu/Malta (Sutradara dan Penulis Naskah: Alex Camilleri, Produser: Rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Alex Camilleri, Oliver Mallia)

4. Passing/U.S.A. (Sutradara dan Penulis Skenario: Rebecca Hall, Produser: Forest Whitaker, Nina Yang Bongiovi, Margot Hand, Rebecca Hall)

film terpilih sundance

4 Film Dokumenter

1. Amy Tan: Unintended Memoir/U.S.A. (Sutradara: James Redford, Producer: Karen Pritzker, Cassandra Jabola)

2. Try Harder!/U.S.A. (Sutradara: Debbie Lum, Produser: Debbie Lum, Lou Nakasako, Nico Opper)

3. Users/U.S.A., Mexico (Sutradara: Natalia Almada, Produser: Elizabeth Lodge Stepp, Josh Penn)

4. Writing With Fire/India (Sutradara dan Produser: Rintu Thomas, Sushmit Ghosh)


Short Film Competition

Kompetisi ini diadakan dengan tujuan untuk menemukan talenta baru dan membinanya serta memberikan panggung bagi mereka di industri film. Serta memperkenalkan talenta tersebut ke kancah global. Sampai saat ini sudah lebih dari 160 film pendek yang diterima dan diseleksi. Dan sudah terpilih 10 finalisnya, yaitu:

  1. Black Winter (Noviandra Santosa)
  2. Diary of Cattle (Lidia Afrilita & David Darmadi)
  3. Goodnight, Stargazer (Adriano Rudiman)
  4. Jamal (Muhammad Heri Fadli)
  5. Makassar is a City for Football Fans (Khozy Rizal)
  6. Masa Depan Cerah 2040 (Winner Wijaya)
  7. Rendang of Death (Percolate Galactic)
  8. Rong (Indira Iman)
  9. Srikandi (Andrea Nirmala Widjajanto), dan
  10. Sunrise in the Forest (Samuel Ruby)

Film pendek merupakan salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya dari sebuah film pendek ini memiliki tempat tersendiri di penikmat film. Dengan adanya Sundance Film Festival: Asia yang diadakan di Jakarta merupakan kehormatan sendiri bagi XRM Media.

Bagi Michael Chow yaitu founder XRM Media, keberadaan film pendek akan menjadi bagian kelanjutan dunia perfilman. Oleh karena itu, XRM Media berkomitmen mendukung komunitas film lokal di Asia agar bisa masuk ke kancah global.


Program Panel Diskusi

Selain adanya film yang terpilih di Sundance Film Festival: Asia dan short film competition, ada juga program panel diskusi yang akan membahas beberapa topik sebagai berikut:

  • Film Outlook - Industri film Indonesia dari tahun 2016, era pandemik, hingga potensi yang mungkin terjadi pasca pandemik
  • Women in Film Industry
  • The Directors - Festivals and the Pathway to Success
  • Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, diikuti dengan sesi tanya jawab bersama Programmer Sundance Festival, Kim Yutani & Heidi Zwicker
  • Indonesian Short Filmmaking
panel diskusi
Diskusi akan ditayangkan di platform TikTok (@SundanceFFAsia) serta Sundance Collab dan diharapkan dapat membuka lebih banyak topik terkait industri perfilman. Pengumuman Best Short Film Jury Award for the Short Film Competition dan intensive workshop untuk membina para talenta perfilman di Asia Tenggara pun akan diadakan pada kesempatan yang sama.

Acara ini diadakan secara virtual, tiket digital akan tersedia mulai hari Rabu, 15 September 2021 jam 09.00. Tiket dapat dibeli melalui web SundanceFilmFestival.org. Harga tiket single screening sebesar Rp 30.000, sedangkan harga Rp 85.000 mendapat tiket explorer untuk akses ke semua screening.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, bisa buka web SundanceFilmFestival.org atau Instagramnya @sundanceffasia. Yuk ikuti keseruan semua rangkaian acara Sundance Film Festival: Asia 2021. Jangan lupa, ramaikan juga semua platform media sosial yang dimiliki dengan menggunakan tagar #SundanceAsia.

Related Posts

11 komentar

  1. Mbak, sepertinya bukan hanya penikmat film, tapi bener bener pecinta film, ...
    Kalau saya hanya suka nonton saja, dan itu pun pilih pilih,
    Ayo dong mbak, bikin film pendek

    BalasHapus
  2. Kayanya bakal seru eventnya. Mungkin kalau nggak pandemi vibesya lebih terasa untuk yg hadir langsung di eventnya ya.

    Penasaran sih siapa pemeran dan apa film yg menangin kompetisinya. Biasanya film2 gini tuh mindblowing gt, seru dan khas.

    Semoga acaranya lancar dan bisa dinikmatin masyarakat luas nih! :)

    BalasHapus
  3. wah bakal seru nih acaranya..
    yang suka banget nonton bisa ikutan acara meski di rumah aja.
    nice info mb :)

    BalasHapus
  4. Aku catat tanggalnya dulu, semoga bisa ikutan nonton filmnya, dari listing film yang ada lumayan menggiurkan untuk dinikmati, udah lama banget ga nonton film dokumenter.

    BalasHapus
  5. Berminat banget... Masukin dalam jadwal, biar gak ketinggalan

    BalasHapus
  6. Rendang of death aku penasaran mbak..hehe
    Soalnya rendang itu makanan kesukaan aku dan anakku..wkwk
    Semoga event seperti ini bisa mendongkrak perfilman Indonesia .
    Makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  7. Iya.. Mba
    Kadang aku juga agak gak Terima, klo film luar terkenal, apalagi diindonesia.
    Tapi film Indonesia sendiri sedikit sekali yang tahu:(

    BalasHapus
  8. Suka dengan goal yang dibuat, utnuk mencari bibit yang keren2 dalam bermain peran dan menghubungkan mereka, apalagi kelasnya Asia tenggara

    BalasHapus
  9. Adanya event ini sudah pasti membangkitkan para pelaku dunia per filman untuk lebih produktif, kreatif, dan berprestasi. Smoga dr indonesia next masuk nominasi ya mbak.

    BalasHapus
  10. Pasti seruu. Aku menantikan hasil dari seleksi kompetisi film pendekkkk. Pasti kecee

    BalasHapus
  11. aku suka film2 narasi dan dokumenternya khususnya film user dan writing with fire.

    kenapa sih film2 ini kok keren2 hahahakan jadi mupeng, bangga kali aku membaca diskusi panelnya . sangat berkelas ya, topiknya pun bagus2 yang hadir juga gak kaleng2

    BalasHapus

Posting Komentar