header fadmalalala

Kedai Kopi Randu Bibis Jogja : Special Spot Gowes dan View Malam

Konten [Tampil]
kedai-kopi-randu-jogja

Penah datang ke kedai kopi yang buka dari jam 6 pagi? Waah, kayaknya jarang banget ya kedai kopi buka dari pagi sampai malam. Kebanyakan kedai kopi di Jogja buka mulai siang sampai tengah malam. Tapi, tempat ini merupakan tempat istimewa nih..

Salah satu kedai kopi jogja, yaitu Kopi Randu Puncak Bibis buka dari pagi sampai malam. Berbeda dengan kedai kopi yang lain, kedai kopi ini lebih ramah anak. Cocok juga untuk makan bersama keluarga besar.

Setelah berkeluarga apalagi kalau sudah punya anak, hal pertama yang harus dipastikan saat mau restoran adalah lokasi tempatnya. Apakah tempat itu cocok untuk anak yang lagi aktif lari-lari seperti anak saya? Apakah makanan yang disajikan juga bisa untuk anak-anak? Susah juga kan kalau kita bisa menikmati makanan sedangkan anak kita enggak bisa makan.

Mengenal Kedai Kopi Randu Puncak Bibis Jogja

Kedai Kopi Randu Jogja, berokasi di Puncak Bibis. Tepatnya di Jalan Daniswara No.10, Bibis, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751. Kebetulan lokasi kedai kopi ini tepat di depan perumahan yang saya tinggali sekarang. Wah, dapet tempat nongkrong baru nih bareng keluarga :D.

Kopi Randu Bibis ini belum cukup lama dibuka. Dari awal tahun 2020 lalu, kedai kopi ini mulai buka dan masih dalam tahap pembangunan. Kopi Randu ini mengawali bisnis dengan berjualan soto dan nasi pecel untuk sarapan pagi. Hingga sekarang bisa menyediakan berbagai macam menu lainnya sehingga lebih bervariasi. Tentu saja, tetap tersedia menu andalan kopinya.

Dengan harga standar dan pemandangan yang bagus, kopi randu bisa memunculkan daya tariknya sehingga banyak pembeli yang datang. Dari mulai buka sampai sebelum PPKM, kopi randu selalu penuh dengan pengunjung. Kadang bisa full order sehingga tak lagi menerima pengunjung.

Pernah pula kopi randu ini di booking untuk buka bersama relawan, komunitas, bahkan pernah di booking untuk acara resepsi pernikahan. Sehingga pada saat acara berlangsung kedai ini harus ditutup.

Fasilitas Kedai Kopi Randu Puncak Bibis

Kopi Randu ini punya beberapa fasilitas yang cukup bagus ya menurut saya. Khususnya untuk warga di daerah Bibis Bantul dan sekitarnya ini. Karena di tempat ini juga belum banyak tempat nongkrong yang asik, ramah di kantong, dan dengan pemandangan yang bagus. Karena itu kopi randu disini selalu full orderan.

1. Menu dan Harga

menu-kopi-randu

Untuk menu yang disajikan oleh Kopi Radu, ada bermacam-macam. Karena kedai ini buka dari pagi sampai malam, maka menu yang disajikan berbeda. Saat pagi sampai siang hari, menu kopi randu ada soto, nasi pecel, dan makanan dengan metode prasmanan.

Kita bisa mengambil nasi beserta lauk pauk yang ada sesuai selera kita yang sudah disiapkan di meja. Untuk lauk pauk yang ada, bisa berbeda antara dengan hari yang lain. Jadi kita tidak bosan dengan lauk yang ada. Saat pagi favoritku disini masih dengan menu nasi pecel dan teh panas untuk minumannya.

Pada waktu sore dan malam hari, terdapat menu yang sudah disiapkan untuk memesan makanan. Menu yang disediakan juga lumayan banyak, jadi tak perlu khawatir dengan menu yang ada. Kebetulan saya sendiri belum mencoba semua menunya, tapi saat mencoba mie godog dan chicken steak enak semua rasanya.

Harga yang disajikan dari menu ini menurutku cukup murah. Mulai dari 15ribu rupiah hingga 30ribu rupiah saja kita bisa mendapatkan berbagai macam menu. Bisa mie, chinese food, bahkan varian hotplate. Selain makanan berat, terdapat makanan ringan juga seperti roti bakar dengan berbagai macam toping pilihan.

2. Pelayanan

Saat pertama kali buka, saya dan keluarga langsung mencoba makan di kopi randu ini. Pelayanannya sangan ramah, bagus dan cepat sekali pesanan kami datang. Tentu saja, karna saat itu masih awal buka jadi pelanggan belum terlalu banyak dan pengunjung juga masih sedikit. Makanya saat itu kami sering mampir untuk sarapan ke tempat ini.

Seiring berjalannya waktu, karena tempat nongkrong di jogja sangat mudah sekali untuk viral, tempat ini jadi cepat sekali ramainya. Kopi Randu ini menjadi sering overload pengunjung dan pelayanan untuk pelanggannya menjadi berkurang. Pesanan yang dipesan terlalu lama dibuatnya dan hasilnya menjadi kurang maksimal.

Tapi untuk pengalaman saya sendiri saat makan disana, overall masih oke dengan harga dan menu yang disajikan. Pelayanan saat saya berkunjung juga Alhamdulillah selalu baik dan tidak terlalu lama juga untuk menunggu masakannya. Jadi, masih recomended untuk mencoba datang ketempat ini.

Pelayanan untuk tempat duduk di kedai kopi ini juga classic sekali. Kita bisa memilih duduk di kursi didalam pendopo atau bisa beralas tikar dibawah cahaya matahari atau rembulan. Spot ku masih sama sih, lebih suka lesehan karena bawa anak :D.

3. Pemandangan

Lokasi kopi randu ada di puncak bukit Bibis, yang merupakan bukit yang berada di pinggir kota Bantul. Bukit ini dikelilingi oleh rumah-rumah warga yang disekitarnya masih asri dengan pemandangan hijau dari sawah dan pohon-pohon disekitarnya.

Saat pagi hari, suasana disini sangat nyaman dan segar melihat pemandangan hijau di pinggir bukit. Kita bisa melihat pemandangan sekitar dan melihat langit yang cerah. Saat malam hari, lampu-lampu kota terlihat kerlap-kerlip romantis dari ujung bukit.

Wah, menurutku disini pemandangan yang bagus untuk memanjakan mata kita sesekali. Kalau kita beruntung, atau mencari waktu yang tepat akan terlihat gunung merapi-merbabu dari puncak bukit bibis ini. Seperti gambar dibawah ini nih..

pemandangan-kopi-randu

4. Halaman Parkir

Saat kita sampai di kopi randu, pertama kali yang kita lihat adalah lokasi parkir. Luas tanah untuk parkir disini bisa untuk lebih dari 10 mobil. Lokasi parkir motor dengan mobil terpisah, jadi lebih aman dan lebih rapi. Biaya parkir sebenarnya bebas, tapi biasanya aku kasih 2ribu untuk motor dan 3-4ribu untuk mobil.

Kedai kopi randu bibis ini lokasinya juga strategis, karena di depan halaman masih ada jalan yang cukup lebar. Jadi saat parkir mobil penuh, masih bisa parkir di pinggir jalan. Jalan ini juga tidak ramai, karena lokasi jalan ini bukan jalan utama dan jalan yang hanya dilalui penduduk sekitar saja.

5. Toilet & Mushola

Siapa sih yang enggak betah kalau mampir ke sebuah restoran tapi tidak ada toiletnya? Kadang kita tidak terlalu memperhatikan hal ini. Tapi, jika kita sangat membutuhkannya sudah pasti merasa kebingungan bukan?

Kedai kopi randu ini tempatnya tidak terlalu besar. Tapi disini sejak awal buka sudah ada fasilitas umum yaitu toilet. Tapi, untuk mushola, baru akhir-akhir ini saja terdapat bangunan yang dijadikan untuk mushola atau tempat ibadah. Karena sampai saat ini, tempat ini masih diperbaiki dan sedikit-demi sedikit memberikan perbaikan.

Spot Gowes dan Spot View Malam

view-kopi-randu

Lokasi kopi randu ada di puncak Bibis, jalan menuju tempat ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Tapi, jalan menuju kopi randu ini berliku. Cocok untuk melatih kekuatan otot kaki saat bersepeda menaiki bukit. Sehingga, banyak sekali para pecinta sepeda yang menaiki tanjakan bukit bibis dan mampir ke kedai kopi randu bibis jogja ini di pagi hari.

Saat malam hari, pengunjung dari berbagai usia juga tak kalah memadati kedai kopi ini. Dengan hiasan lampu yang memadati ruang di kopi randu, menambah suasana kedai menjadi cantik dan romantis. Di tambah dengan perform dari band jazz menjadikan suasana kedai tak sepi pengunjung.

Bagaimana menurut kalian kuliner di Kedai Kopi Randu Bibis Jogja dengan special spot para goweser dan spot view malamnya? Menarik bukan? Kalau ke Jogja, jangan lupa mampir kesini yaa.. Bisa mampir juga ke rumah karena lokasinya tak jauh dari rumahku^^.

Terima kasih..

Related Posts

14 komentar

  1. Pjnter nih pemiliknya, jualan sarapan dll, kalau pas pandemi kan menurun. Yang tidak menurun kopi. Knj keptik market baru bagi dia. Membuat ornag ngopi pagi seklaigus sarapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget pak, karna lokasi disni cocok juga untuk membuka usaha untuk sarapan pagi :D

      Hapus
  2. Tempatnya bagus yah ... Enak untuk merefresh badan dari capek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi" sarapan lihat pemandangan gini capek jadi hilang :D

      Hapus
  3. Enak banget nih tempatnya ya, mb. Apalagi ramah anak. Pemandangannya juga super bagus. Cucok buat rileks dan hilangkan penat. Kapan-kapan kalo ke Jogja mampir ah. InsyaAllah..

    Makasih mb, jd dapet rekomendasi baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mba mampir nanti aku dikabari sekalian mampir ke rumahku.. Hihiii,,

      Hapus
  4. Masya Allah indahnya ciptaan Allah, pinter banget ini yang moto. Duh satu hal yang kurindu dari Jogja adalah keindahan alamnya yang aduhai. Boleh lah nanti aku jadikan wishlist kalau nanti ke Jogja lagi. Amiinn

    BalasHapus
  5. Aku baru tau Mom, asik nih buat tempat rehat habis gowes, semoga segera surut pandemi, pengin gowes bebas ga maskeran sampe Bantul :'(

    BalasHapus
  6. Cakep bgt itu view nya Mba, ga cma bikin kenyang tpi bkin fresh pikiran juga yaa

    BalasHapus
  7. Waduhhh... baru kenal sekarang, secara anakku sudah tamat dari ISI Jogja. padahal sudah dekat

    BalasHapus
  8. Baru kali ini aku tau kalau ada kedai kopi yg gandengan sama chinese food di menunya mbak.

    BalasHapus
  9. Tempatnya enak banget ya mba apalagi viewnya pasti dingin hihi
    Aku jadi rindu jogja 😢

    BalasHapus
  10. wah anak anak ma suami suka sepedaan, sayang di sini belum nemu spot istirahat yang kevce begitu..seruu

    BalasHapus
  11. Terkadang kita mampir ke tempat makan itu bukan alasan "rasa" tapi suasana... Betul gak sih?

    BalasHapus

Posting Komentar