header fadmalalala

Cara Praktis Mengubah Template Blog di Blogger

Konten [Tampil]
mengubah-template-blog

Mengubah template blog itu adalah impian semua para blogger. Mempunyai tampilan blog yang bagus, enak dipandang, dan bikin betah pembaca. Oleh karena itu setelah aku mempunyai blog, hal pertama yang aku lakukan adalah mencari template untuk blogku.

Hei heii, setelah mengikuti kelas blogging ternyata enggak semudah itu kita mencari template blog. Tak hanya tampilannya saja yang perlu kita perhatikan, tapi kwalitas performa blog kita setelah menggunakan template itu bagaimana.

Apaka lebih cepat dari sebelumnya? Atau performa menjadi menurun? Pembaca bisa kabur kan, kalau blog kita saat dibuka menjadi lemot? Hihii, karena itulah kita perlu ketelitian untuk memilih template blog yang reader friendly.


Alasan Mengubah Template Blog

Sebelum mengganti template seperti sekarang ini, template ku sebelumnya sangat kaku. Tampilannya seperti situs berita atau situs khusus. Seperti rumah sakit, teknologi, atau hukum. Duh, tampilannya kaku banget deh sebelumnya tuh. Dan aku memang berencana menggantinya dari dulu, tapi belum mengetahui template yang bagus itu seperti apa.

Itulah alasan utamaku untuk mengganti template. Alasan kedua karena template sebelumnya banyak yang perlu diperbaiki. Dari pada aku memperbaiki template yang ingin kuganti, aku memilih untuk menggantinya secara keseluruhan. Dan tentu saja, ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Sebelumnya aku udah pesimis duluan nih, masih ragu cukup nggak ya waktunya untuk mengganti template. Dan setelah mendapatkan materi mengganti template blog dari coach Marita, sekarang mengganti template jadi mudah banget. Dan lebih praktis kalau semua kebutuhan sudah tersedia. Seperti logo, banner blog, foto profil, dan lain sebagainya.

Tutorial Mengubah Template Blog secara Praktis

Sebelum mengganti dan mengubah template blog, kita pastikan dahulu kebutuhan yang kita perlukan. Pada blogku sendiri, karena ini merupakan blog pribadi dan berisi macam-macam tema seperti parenting, traveling, kuliner, dan sebagainya. Maka template yang aku pilih adalah template yang berwarna, tidak lemot saat dibuka, dan memberikan kenyamanan pada pembaca.

1. Cari dan Download Template yg Diinginkan

Langkah pertama untuk mengganti template adalah mencari template pihak ke tiga. Kita bisa mencari template gratisan atau berbayar. Tentu saja, karena ibu rumah tangga biasanya banyak sekali perhitungan, pasti lebih memilih template yang gratis. Walaupun ini adalah template gratis, tapi secara keseluruhan template ini sangat bagus saat digunakan.

Kalian bisa mencari template gratisan dibeberapa situs. Ada berbagai macam jenis template yang bisa kita pilih. Untuk template sebelumnya, aku mencarinya di gooyaabitemplates. Sedangkan template yang aku gunakan sekarang, aku memakai template fiksioner dari igniel. Sebagai tambahan, jika kita menggunakan template gratis, sebaiknya jangan hilangkan link credit yang ada di footer blog.

Oya, ada beberapa hal nih yang harus kita perhatikan saat kita mencari template.

  1. Gunakan Speed Test Blog untuk mengetahui kecepatan dari template yang akan kita gunakan. Pilih template yang performanya lebih dari 90 agar aman saat kita gunakan.
  2. Saat memilih template, lebih baik lihat dulu demo atau tampilan template blog sebelum di download. Kita lihat tampilan keseluruhan dari blog beserta isi postingannya. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan template blog yang kita miliki apa belum.
  3. Lebih baik pilih template yang reader dan SEO Friendly. Pilih tulisan hitam, background putih, dan tidak terlalu banyak warna agar pembaca nyaman berlama-lama di blog kita.

mencari-template

Setelah semuanya sudah tepenuhi, kita download file template yang kita pilih. Diusahakan saat kita download, kita cek dulu hasil download template kita. Apakah ada file dot(.) xml atau belum. Karena yang kita butuhkan untuk mengganti template adalah file tersebut. Jadi cek dulu ya :D.

2. Copy & Paste Kode Download Template yg di Unduh

Langkah kedua setelah berhasil mendownload template adalah memasukkan kode html ke dalam blog. Cara ini mudah sekali dilakukan jika kita melakukan step by step nya dengan benar. Hihii,, jangan takut dulu ya untuk mengubahnya, kalau eror itu biasa kok. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Buka file dot(.)xml hasil download template. Jika masih berfolder dot(.)zip, sebaiknya kita extrak dulu filenya.
  2. Sebaiknya buka file xml dengan menggunakan notepad++, agar memudahkan kita jika ingin mengedit filenya. Jika tidak ada, buka dengan menggunakan apa saja juga boleh kok.
  3. Lalu copy semua isi dari file tersebut. Kalian bisa menggunakan CTRL+A (untuk blok semua isi), lalu CTRL+C(untuk copy).
  4. Lalu kita buka blog kita, masuk ke Tema, lalu pada sesuaikan pilih Edit HTML. Lalu gunakan CTRL+A (blok semua isi html blog) dan CTRL+V(untuk paste).
  5. Lalu kita klik simpan. Kita lihat hasil template baru kita.

copy-paste-kode-html

Selesai sudah kita mengganti template lama dengan yang baru. Bagaimana hasilnya? Eiittss, jangan senang dulu yaa.. Karena kita perlu mengganti beberapa hal di dalam template baru kita. Seperti link sosial media, profil, dan lain sebagainya.

3. Ubah Sesuai Keinginan

Setelah berhasil mengganti template, aku kurang puas karena masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Apa saja nih perubahan yang aku lakukan?

  • Dimulai dari Header, aku mengganti menu blog. Seperti Home, About Me, dan Favorit. Disini aku mengeditnya di bagian Tata Letak pada blog. Aku menggunakan gadget Html dan memasukkan link didalamnya.
  • Pada bagian menu Favorit, aku menggunakan kode drop down untuk menambah link menuju blogku yang lain.
  • Untuk profil about me pada bagian side bar blog juga sama. Menggunakan kode html agar tampilan profil lebih menarik.
menu-blog-dan-about-me
  • Pada bagian Footer, aku mengedit link social media agar mengarah ke social media milikku sendiri. Karena template bawaan hasil download biasanya link mengarah ke social media pembuatnya.

menu-social-media

Sebenarnya blog ini mau aku kasih banner pada bagian billboard, dan logo untuk blog ini pada bagian judul blog. Tapi karena aku belum mempunyai ide untuk pembuatan banner dan logonya, maka aku skip dulu deh dibagian ini. 

Oya, jangan hilangkan credit pembuat blog asli ya jika kalian menggunakan template gratis. Ini merupakan salah satu etika blogger agar bisa menghargai karya pembuat template tersebut. Kalau mau menghilangkan credit lebih baik jika kita menggunakan template berbayar. Agar tidak terkena plagiasi :D.

4. Hasil Setelah Mengganti Template

Bagaimana hasil template ku sekarang? Lebih menarik bukan? Dengan sedikit edit pewarnaan di dalam blog, hasil template blogku sekarang lebih menarik dan cerah. Jadi ingat deh blog ku sebelumnya terlihat gloomy yaa. Karena hanya menggunakan warna abu dan hitam saja.

tampilan-desktop

tampilan-mobile

Tapi semua hasil template kita, tentu saja merupakan selera kita masing-masing. Semua pengeditan yang aku lakukan dan hasil akhir ini merupakan kepuasan tersendiri untukku. Mempunyai blog yang cerah bisa menambah semangatku juga untuk selalu menulis. Hati jadi ikut cerah dan semangat gitu rasanya. Hehee,,

Tips Setelah Mengganti Template Blog

Setelah mengganti template tampilan pada blog, ada baiknya jika kita memperhatikan parameter blog kita. Biasanya setelah mengganti template, akan muncul kode “?=m1” pada URL kita. Ini sangat mempengaruhi SEO blog kita. Karena artikel akan terbaca 2 kali oleh google dan dianggap plagiasi.

Sebaiknya kita hilangkan, dengan cara:

  1. Menonaktifkan tema seluler.
  2. Masukkan Kode Penghilang Parameter ke dalam edit html di template.
  3. Copy paste di bawah kode <head>
  4. Lakukan cara ini setiap kali mengganti template yaa..

Mengubah template blog itu hanya sekedar copy dan paste saja. Yang lama adalah mengotak-atik pernak pernik dari blog kita itu sendiri. Terima kasih sudah membaca Cara Praktis Mengubah Template Blog di Blogger hingga selesai. Semoga postingan ini bermanfaat dan selamat mencoba :D.

Related Posts

14 komentar

  1. Tampilan baru bikin semangat nulis juga ya mba? ;) Warnanya templatenyab juga cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, jadi tambah semangat..
      blog mba widya juga masih jadi favorit nih^^ hihii..

      Hapus
  2. Masya Allah headernya bagus mbak..lucu..
    Tampilan baru semangat baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba..
      masih perlu otak atik lagi nih :D

      Hapus
  3. Aslinya aku juga ngerasa waktu seminggu dikiiiitt banget buat mengobrak abrik daleman blog itu ya. Keenakan ganti template bikin lupq waktu. Aku juga suka lho template gooyabi itu.. Tapi yaaa punyaku yang lama kalqh di speednya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, gooyabi bagus juga, tp punyaku MSI nya banyak eror nya :D

      Hapus
  4. Asyik, nih. Lebih berwarna blognya, mbak. Semangat ngeblog ya, Mbak

    BalasHapus
  5. alhamdulillah sekarang jadi tahu jara hilangkan m1. Makasih mb

    BalasHapus
  6. Enak lihat gambar gambarnya,,, kayanya perlu belajar

    BalasHapus

Posting Komentar