header fadmalalala

Mengenal Sosok Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Kondisinya Terkini

Ustadz Abdul Somad

“Saya sehat wal’afiat. Tiap hari mengajar. Khatam sudah buku Aqidah, khatam buku dzikir”, kata Ustadz Abdul Somad yang di unggah di akun Youtube Ustadz Abdul Somad Official.

Beberapa hari terakhir, banyak sekali media yang memberitakan keadaan Ustadz Abdul Somad (UAS). Mulai dari informasi bahwa UAS terkena Covid hingga adanya surat wasiat dari UAS. Tapi, apakah benar berita yang telah beredar itu?


Tentang Ustadz Abdul Somad (UAS)

Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D., Datuk Seri Ulama Setia Negara, atau biasa dikenal dengan Ustadz Abdul Somad (UAS). Beliau lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, 18 Mei 1977. [source: Wikipedia]

UAS menempuh pendidikan dalam bidang Ilmu Hadis, yang jika dijabarkan seperti berikut:

  • S1 Universitas Al Azhar, Mesir, 2002
  • S2 Darul Hadits, Maroko, 2006
  • S3 Oumdurman Islamic Univ, Sudan, 2019

Ustadz Abdul Somad dikenal sebagai orang yang sederhana. Gaya bicaranya dalam ceramah juga mudah di cerna oleh para jamaahnya. Setiap tabligh akbar pasti dihadiri oleh para jamaah dalam jumlah sangat banyak karena pemahaman keilmuan beliau yang mendalam.

Hadirnya UAS sendiri menurutku sangat disyukuri dari pada ustadz-ustadz yang sering viral di tengah masyarakat dengan ilmunya yang abal-abalan. Menurutku sendiri, UAS termasuk ustadz yang bisa menengahi perbedaan pendapat dan pemahaman yang ada di Indonesia sekarang ini.

Tentu saja, dengan banyaknya jamaah dari UAS, banyak juga orang yang tidak suka dengan UAS. Tak hanya komentar di media sosial seperti Instagram, Youtube, banyak juga berita yang menyudutkan Ustadz Abdul Somad. Berbagai kontroversi di masyarakat, isu yang beredar, bahkan berita dengan judul-judul yang tak mengenakkan.

Baca Juga: Resume Shafina "Sunnah Fitrah Manusia"


Kondisi Ustadz Abdul Somad

Pada tanggal 27 Juni 2021 di akun Youtube Ustadz Lovers yang berjudul “BARU KALI INI UAS CERITAKAN PENYAK1TNYA”. Disana Ustadz Abdul Somad (UAS) sedang mengisi acara di sebuah kajian yang diselenggarakan oleh BP(British Propolis). UAS menceritakan bahwa beliau sempat merasakan sakit pinggang setelah pulang dari suatu daerah.

Sakit yang dirasakan UAS adalah nyeri di pinggang sebelah kanan dan sebelah kiri terasa seperti mau putus. Setelah seminggu minum produk BP, lalu hilang sakit pinggangnya. Nah, sebenarnya di video ini UAS menceritakan pengalamannya sendiri saat sakit dan bagaimana beliau mengobati sakitnya dengan mengkonsumsi BP.

Tetapi, banyak media yang telah menuliskan berita dengan judul yang kurang mengenakkan menurut saya. Seperti yang di tulis oleh Galih Permadi di TribunJateng.com yang menulis berita dengan judul “Isi Surat Wasiat Ustadz Abdul Somad Jika Meninggal Karena Corona: Nafas Sudah Ngos-ngosan”. Tulisan ini di publish pada hari Senin, 12 Juli 2021 jam 19.33.

Masya Allah, saat membaca berita-berita seperti ini serasa menangis hati ini. Seperti hanya mengejar trending topik dan viral dari berita. Mencari berita dari potongan-potongan video yang dibuat topik seakan-akan jadi satu pembicaraan.

Lalu pada hari ini Selasa, 13 Juli 2021 kurang lebih pada jam 11.30 pertama kali publish video di akun Instagram resminya @ustadzabdulsomad_official dan akun Youtube Ustadz Abdul Somad Official. Ustadz Abdul Somad (UAS) mulai angkat bicara tentang kondisinya.

“Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh. Hari ini pada hari Selasa, 3 Dzulhijah 1442, 13 Juli 2021, Saya sehat wal’afiat. Tiap hari mengajar. Khatam sudah buku aqidah, khatam buku dzikir, 500 mau di khatamkan.”

“Tiba-tiba beberapa hari ini keluar berita, saya katanya kena Covid. Maka sesudah keluar berita Abdul Somad kena covid, keluarlah cincin kafir, hantu-hantu setan memberikan komentar. Senang kali lah mendengar saya sakit. Laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah.”

Itulah komentar UAS tentang berita yang beredar di beberapa media yang langsung trending di google pada hari sebelumnya. Masya Alloh, seandainya kita khususnya aku sendiri di beritakan seperti itu rasanya tak terima. Perkataan adalah sebuah doa, maka sebaiknya kita menulis dengan hati juga. Agar tulisan kita juga bermanfaat untuk orang lain yang membacanya.



Pesan Ustadz Abdul Somad

Di dalam video yang berdurasi sekitar 8 -9 menit, UAS menyampaikan pesan tentang amalan di tanggal 1 hingga 10 Dzulhijjah. Amalan yang sebaiknya kita lakukan di awal bulan Dzulhijjah. UAS menceritakan kepada murid-muridnya amalan yang sebaiknya kita lakukan. Nah, amalan apa yang sebaiknya kita lakukan di awal bulan Dzulhijjah ini?

Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

1. Memperbanyak Takbir dan Dzikir

Takbir dan dzikir termasuk dalam amalan sholeh yang sebaiknya dilakukan. Disunnahkan untuk mengangkat (mengeraskan) suara ketika bertakbir di pasar, jalan-jalan, masjid dan tempat-tempat lainnya.

وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِى أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ أَيَّامُ الْعَشْرِ ، وَالأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ . وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَبِّرَانِ ، وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيرِهِمَا . وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِىٍّ خَلْفَ النَّافِلَةِ .

Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10  hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin ‘Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah.

2. Sunnah Puasa

Disunnahkan untuk berpuasa pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah. Khususnya untuk tanggal 9 Dzulhijjah sebaiknya kita berpuasa. Karena puasa Arafah bertepatan di tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa Arafah sendiri sudah banyak diketahui dapat menghapus dosa selama 2 tahun. Dosa yang dimaksud adalah 1 tahun sebelumnya, dan 1 tahun sesudahnya. Seperti yang disebutkan dalam Hadist.

“Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Amalan Awal Bulan Dzulhijjah


3. Berqurban

Berqurban adalah ibadah yang membutuhkan keikhlasan dengan mengeluarkan harta. Tentu saja, harta yang kita keluarkan untuk ibadah akan dibalas Allah SWT berlipat pahalanya.

Tak hanya daging hewan qurban tersebut yang bermanfaat untuk kita saat berqurban, tetapi setiap tetes dari darah, bulu, hingga tanduknya akan menjadi saksi untuk kita kelak di Akhirat.

“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, & Hakim)

Baca Juga: Dibalik Pedihnya Covid 19


Dengan mengenal sosok Ustadz Abdul Somad (UAS) dan informasi dari kondisinya terkini, kita jadi tahu kondisi sebenarnya dari UAS. Yuk, kita maksimalkan amalan sholeh di awal bulan Dzulhijjah ini. Semoga infomasi ini bermanfaat dan semoga kita selalu diberikan kesehatan. Semoga yang sakit segera diberikan kesembuhan dan yang sehat diberikan kesehatan yang sempurna. Aamiin.

Terima Kasih..


Related Posts

15 komentar

  1. Alhamdulillah, beliau sehat wal afiat ya mbak... Saya cukup nge fans dengan beliau dan sempat syok sewaktu baca berita tentang beliau yang ternyata tidak benar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Alhamdulillah,, pertama kali lihat beritanya langsung cek semua akunnya aku mba :(

      Hapus
  2. Keren.. ini meleburkan antara konten viral dan legend 😍

    Barakallah mba.. makin manfaat insyaAllah

    BalasHapus
  3. Aku sempet kepo kenapa ust Somad viral. Ternyata karena ini. Bener-bener media harusnya lebih bijak ya membuat judul dan content. Nggak hanya click bait aja. Keren mba tulisannya ;) bisa mengungkapkan kebenaran. Yeay!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba :D
      Alhamdulillah dr UASnya juga sudah klarifikasi jadi langsung tau mana yg benar dan salah :)

      Hapus
  4. Sekarang baca berita harus dari sumber yang jelas ya, kadang orang demen banget memainkan klik bait, bikin penasaran sebar kebohongan ya mba. Alhamdulillah UAS sehat.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya Mbak, beliau sehat wal 'afiat. Semoga beliau selalu dalam naungan Allah subhanahuwata'ala

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah Ustad Abdul Somadnya sehat wal afiat,ngeri media sekarang kalo nggak pinter-pinter nyaring informasi yang ada jadi giring opini :'(
    Btw terima kasih Kak Fadmala sudah diingatkan amalan menjelang Hari Raya Kurban :D

    BalasHapus
  7. Sbelum ada konfirmasi dari UAS emang bkin deg2an ya mba, alhamdulillah beliau sehat walafiat dan terus menebar ilmu dimana pun

    BalasHapus
  8. Masya Allah.. UAS ini memang sejak pasca menikah tampak tak ada kabar. Baru membaca tulisan mbak aku tahu tentang ustdz Abdul Somad ini.

    Ya Allah, jahat kali Galih Permadi itu. Hanya ingin mendongkrak view bikin berita yang gak pantas. Astagfirulloh

    BalasHapus
  9. Sedih sekali mendengar berita yg tidak benar ini. Sayang bgt ya mb banyak media yg demi kontent jd menyebarkan berita yg belum pasti kebenarannya.
    Alhamdulillah beliau sehat walafiat.
    Terima kasih mb..

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah beliau sehat. umat masih butuh bimbingan

    BalasHapus
  11. Akhirnya jadi tahu beritanya dan nggak simpang siur lagi. oya, makasih mbak sudah mengingatkan amakan jekang idul adha

    BalasHapus
  12. Orang baik selalu ada yang usilin ya. Tapi memang UAS orang baik, ya jadi beliau selalu santai menanggapi.

    Masya Allah terima kasih diingatkan dengan amalan Dzulhijjah, Kak.

    BalasHapus

Posting Komentar