header fadmalalala

Perjalanan Memasang Top Level Domain dari Niagahoster

Memasang Domain dari Niagahoster

Apa itu TLD atau Top Level Domain?

Bagaimana cara memasang domain tersebut?

Sebelumnya, pasti kita sering melihat alamat atau URL dari sebuah website atau blog seseorang. Dibagian akhir dari alamat web tersebut adalah TLD (Top Level Domain). Seperti .com ; .id ; .my.id ; dll. Jika blog kita ingin dibuat TLD, maka kita harus membelinya di salah satu penyedia layanan hosting dan domain.

Banyak sekali penyedia layanan hosting dan domain di Indonesia. Seperti Niagahoster, Rumahweb, Dewaweb, dll. Kita bisa memilih sendiri mau membeli dimana, bisa di sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kita. Nah, disini aku mau sedikit cerita tentang perjalanan memasang top level domain dari Niagahoster.


ALASAN MEMASANG TOP LEVEL DOMAIN

Sebelum mempunyai TLD, blogku masih berplatform blogspot. Dan aku belum memutuskan untuk membeli custom domain sendiri, karena merasa masih belum perlu. Aku pikir blog hanya untuk sekedar sharing saja dan yang menggunakan TLD itu hanya untuk para senior saja. Dan ternyata pikiranku sebelumnya salah.

Setelah aku belajar dan memahami blog dari dasar, TLD itu sangat penting sekali. Kita bisa memaksimalkan blog sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan. Bisa dengan memasang adsense, menerima iklan dan baner, placement content atau job review. Kita bisa memilih dengan tidak lepas dari tujuan utama kita blogging.

Saat blog kita sudah TLD, maka kita bisa tahu tentang kwalitas dan performa dari blog yang kita miliki. Kita bisa tahu DA/PA(Domain Authority/ Page Authority) blog kita, dan rating lainnya dari blog yang kita miliki. Sebelum ber TLD, memang kita bisa cek DA/PA blog kita, tapi jika suatu saat kita ingin custom domain, maka hasil performa blog yang kita miliki akan mulai dari 0 lagi.

Itulah salah satu alasan kenapa aku langsung memasang TLD untuk blog ku yang masih terbilang baru ini. Lalu, dimana dan bagaimana cara membeli domain untuk blog kita? Aku membeli domain untuk blog fadmalalala di Niagahoster. Karena pada saat aku searching dan yang pertama kali muncul adalah Niagahoster. Dan disana juga sudah lengkap cara pembelian dan pemasangan domainnya :D.

Cara Membeli Custom Domain di Niagahoster

Disini aku akan menjelaskan sedikit cara di saat kita membeli custom domain untuk blog kita di Niagahoster. Hal pertama sebelum membeli domain yang harus kita lakukan adalah mencari nama untuk domain kita.

Tips Memilih Nama Domain:

1. Jangan Terlalu Panjang.

Karena URL postingan yang baik dan SEO Friendly tidak boleh lebih dari 75 karakter dihitung dari huruf pertama ‘h’ dari kata ‘https’. Jika nama domain kita terlalu panjang, maka bisa membuat pengunjung susah untuk mengingat nama blog kita jika kedepannya ingin berkunjung lagi.

2. Jangan Pakai Angka & Strip

Selain karena membuat kita sulit untuk memasukkan campuran huruf dan angka dalam penamaan domain, penggunaan angka & strip katanya juga bisa menyebabkan spam score tinggi. Spam score adalah algoritma yang dimiliki oleh Moz dalam menilai apakah sebuah website tersebut layak disebut spam. Sehingga mempunyai reputasi yang buruk di mata Google.

3. Gunakan Kata-Kata yang mudah diingat orang

Jika kita menggunakan nama domain yang mudah diingat orang, maka orang yang mengunjungi blog kita bisa mudah jika ingin kembali ke blog kita. Dan mudah juga untuk mengeshare ke orang lain.

4. Pilih nama yang memperkuat branding

Jika kita sudah mempunyai nama pena, bisa gunakan nama pena untuk nama domain tersebut. Agar bisa memperkuat branding di dalam blog kita.


Cara Membeli Domain Niagahoster:

1. Buka alamat niagahoster.co.id

2. Register atau login dengan akun gmail/ facebook kita.

3. Pilih Domain, dan klik Cari Domain.

4. Lalu cek ketersediaan nama domain yang kamu inginkan beserta TLD nya.

Cek Ketersediaan Domain

5. Jika masih tersedia, langsung klik “Tambahkan ke chart”

Beli Domain

6. Pilih Tanpa hosting. Karena aku pakai blogspot, maka tidak perlu hosting untuk blogku. Lalu pilih lanjutkan.

7. Lalu kita tinggal bayar deh, bisa pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Bisa melalui transfer bank, ewallet, ataupun pembayaran di mini market terdekat.

Metode Pembayaran Domain

8. Jika sudah, lalu konfirmasi pembayaran kita.

9. Selesai.


Setelah selesai membayar, maka akan ada email masuk yang memberitahukan bahwa pembayaran kita telah sukses. Setelah beberapa saat, akan ada beberapa email yang masuk juga seperti pemberitahuan verifikasi kontak dan yang penting ada informasi bahwa domain kita sudah aktif. Woww..

Notifikasi Pembayaran Sukses

Setelah itu, baru deh kita bisa menghubungkan domain kita ke blogspot. Nah, di Niagahoster ini biasanya ada email yang memberitahukan kita cara untuk menghubungkan domain ke platform yang dibutuhkan. Kita bisa download ebook gratis nya juga.

Di dalam ebook ini, kita bisa memilih mau menghubungkan domain kita dengan platform apa. Karena aku butuh domain untuk blogspot, maka aku cari caranya lewat ebook tersebut. Sebenarnya kalau kalian daftar lewat Niagahoster, maka otomatis bisa dapat ebooknya juga. Disini aku kasih link download ebook Cara Cerdas Menggunakan Domain dari Niagahoster yaa.. Siapa tahu ada yang penasaran dan mau coba juga :D. Biar gak penasaran gimana cara memasang TLD, kalian harus coba sendiri yaaa..

Cara Menghubungkan Domain Blogspot

DOWNLOAD EBOOK


Baca Juga:

Manfaat dan Dampak Negative Media Sosial

Kreativitas dan Imaginasi Anak 3 Tahun


Kesan Setelah Memasang Domain

31 Januari 2021 adalah awal blog ini ber TLD.

Rasanya woww,, seneng banget ya.. Serasa udah naik pangkat deh.. wkwkk,, Walau jujur dulu saat daftar aku masih di bantu suami untuk aktifinnya. Dan saat itu karena aku gak di rumah dan gak bawa laptop, jadi aku aktifinnya masih pakai HP. Jadi bener-bener kurang fokus kalau mau memberhatikan cara aktifinnya.

Rasanya nyesel banget deh sekarang karena nggak bisa aktifin sendiri. Dan beberapa hari terakhir ini aku mulai baca-baca lagi dan menelusuri histori email dan member area di Niagahosternya. Ternyata hasil penelusuranku tidak sia-sia. Aku jadi tahu ternyata dulu eror karena apa. Dan besok, kalau ada kesempatan untuk bikin blog lagi, aku berniat mau daftar dan aktifin domain ku sendiri. Heheee,,

Salam Fadmala


Related Posts

12 komentar

  1. Semoga sukses blog dengan TLD nya ...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah akhirnya ketemu ya mb permasalahan saat pemasangan sebelumnya. Jd bisa tahu apa yg kurang. Yeay, semangat mb!

    BalasHapus
  3. Sekarang tinggal memikirkan kedepannya ya mbak. Tambah pede pastinya, karena sudah ber dot com . Ggod job mbak

    BalasHapus
  4. Bwnert TLD itu emang penting banget ya mba, semoga bisa Go Pro pake TLD aamiin dan makin semangat nulis tentunya

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya.. Semoga nanti bisa kesampaian pasang TLD sendiri dan langsung praktek ilmunya mba

    BalasHapus
  6. Mbak nanti kalau mau bikin blog lagi rencana pakai bloger atau wordpress?

    BalasHapus
  7. Udah lama pengen pasang TLD tapi merasa belum perlu, makasih ya mba jadi tambah kuat alasan pasang TLD selain yang udah dijelasin di kelas..semangat berkarya biar ad blog lagi dan bisa pasang TLD lagi 😀

    BalasHapus
  8. Gapapa Kak Fadmala, teteup semangat ya buat konten blognya :D
    Semangat Go Profesional Kak :D

    BalasHapus
  9. Iya emang gda yg sia2 di dunia ini, hal sekecil apapun pasti akan ada balasan nya..

    Semangat dan selamat karna udah bisa pasang tld sendiri :))

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah nyoba beli TLD di niagahoster loh, wah... Dapat ilmu baru, tapi rata2 cara belinya sama ya mbak...

    BalasHapus
  11. It's okey, Mbak. Semangat terus ya, Mbak.:)

    BalasHapus
  12. "Serasa naik pangkat" bikin gimana gitu deh bacanya, hehe. Iya, Mbak alhamdulillah ya tugas ini ngebuat kita punya bekal ngebangun blog baru nantinya.

    BalasHapus

Posting Komentar