header fadmalalala

Tips Mengelola Waktu Bloger Versi Fadmalalala.Com

Konten [Tampil]

Assalamu’alaikum..

Sebagai seorang full mother, aku harus bisa mengelola waktu dengan baik. Tak ada salahnya jika kita tetap aktif untuk melakukan kegiatan atau ikut organisasi yang bermanfaat untuk kita. Seperti kelas Blogspedia Coaching for Newbie yang aku ikuti sekarang ini nih. Tapi, tetap harus dengan izin suami yaaa.. Nah, melanjutkan tulisanku sebelumnya tentang Why Blogging dan Bagaimana Cara Memulainya?, hari ini aku akan bahas tentang tips mengelola waktu sebagai seorang bloger versi fadmalalala.com. Tentu saja, ini sebagai sharing saja ya bunda karena aku juga masih pemula nih di bidang blog.. hehee,,

Tips Manajemen Waktu

MENGAPA MENULIS BLOG

THE BIG WHY BLOGGING! Mengapa memilih menulis Blog? Alasan yang paling utama dan kesamaan di antara para bloger adalah satu, yaitu Suka Menulis. Benar nih kata kak Marita yang merupakan coach di Bogsmedia. Alasan utamaku karena aku suka menulis, apapun isinya aku ingin mengeluarkan kata-kata yang ada di kepalaku. Alasan lainnya adalah karena aku termasuk orang pelupa, jadi sering sekali aku menulis untuk mengingat hal yang penting. Seperti sebuah catatan perkembangan anakku, apa saja yang harus aku lakukan untuk membesarkan dan mendidik anak. Seperti ilmu parenting, agama, bahkan resep memasak.

Ingin Tau Cara Menulis

Banyak sekali kata-kata yang ingin sekali di ungkapkan melalui tulisan. Tapi sering sekali saat mau menulis, kepala jadi kosong dan blank. Belum bisa fokus dalam satu tulisan hingga akhir. Ingin mempunyai tema sendiri dalam menulis agar bisa menjadi fokus dalam belajar menulis.

Ingin juga trik-trik dalam menulis yang benar. Seperti poin – poin penting apa yang harus ada dalam sebuah paragraf. Agar pembaca tidak bosan saat membaca. Khususnya di dalam blog.

Oleh karena itu, aku butuh sebuah wadah untuk menyampaikan tulisan. Dengan blog ini selain bisa untuk menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, tetapi bisa juga untuk share apa yang sudah aku tulis untuk memberikan sedikit manfaat, pengalaman atau ilmu kepada orang lain.


TIPS MENGELOLA WAKTU SEBAGAI BLOGER

Jika sudah berani mengambil keputusan untuk menjadi sorang Bloger, maka hal pertama yang harus di perhatikan adalah Manajemen Waktu. Bagaimana kita megelola waktu untuk menulis dan melakukan kegiatan sehari-hari? Karena disaat kita menulis, kita harus fokus dan susah untuk melakukan hal lain. Nah, disini aku akan kasih sedikit tips versiku sendiri ya :D

Izin Anggota Keluarga

Sebagai seorang istri dan ibu dari satu anak, sudah pasti hal utama yang harus aku lakukan sebelum memulai sesuatu pasti harus mendapatkan izin dari suami. Jika belum berkeluarga, kalian bisa meminta izin dari orang tua/ saudara. Sebenarnya ini adalah hal yang simple, tapi menurutku dengan izin dengan anggota keluarga sama dengan kita meminta restu/ doa agar semua hal yang kita lakukan dan kerjakan menjadi lancar.

Contohnya adalah pada saat aku punya deadline atau tugas yang tidak bisa di tinggal, maka aku bisa menitipkan anak ke suami. Karena sebelumnya juga sudah izin, jadi secara sukarela kami bisa bergantian untuk menjaga anak. Atau saat aku harus bangun lebih awal atau tidur tengah malam untuk menyelesaikan tulisan. Sudah tak heran lagi deh suami karna sudah tau apa yang dikerjakan.

Niat Awal

Ini adalah point yang sangat penting untuk menjadi bloger. Kembali ke niat awal kita, mengapa kita memilih menjadi bloger? Kita harus fokus pada tujual awal kita untuk menjalani kegiatan blogging ini. Karena menulis membutuhkan waktu, maka kita harus mempunyai niat untuk mengelola waktu dengan baik. Berniat untuk memanajemen waktu, membagi waktu dengan aktivitas dan pekerjaan kita yang lainnya. Niat dari diri sendiri adalah hal penting untuk memanajemen dan mengelola waktu dengan baik.

Hadist Niat


Buat List Pekerjaan

“Do What's Important First!”

Kerjakan apa yang penting dahulu. Apa yang menurutmu penting dan harus dilakukan dahulu, langsung kerjakan dan jangan menunda-nunda untuk di kerjakan. Karena jika kita menunda pekerjaan, maka pekerjaan itu akan menumpuk dan kita akan mulai malas mengerjakannya. Sehingga, hasil dari pekerjaan yang kita lakukan menjadi tidak maksimal.

Gunakan list apa yang harus di kerjaan sehari-hari. Tugas apa yang paling penting dan apa yang bisa kita lakukan setelahnya. Dengan meggunakan list pekerjaan, memudahkan kita untuk mensortir apa yang penting dahulu. Insya Allah, dengan menggunakan list pekerjaan kita akan beres semuanya.

Buat Batasan Waktu

Mungkin agak susah ya khususnya sebagai full mother dan juga blogger untuk membuat batasan waktu ini. Apalagi jika saat di tengah-tengah tulisan dan berhenti, maka hilang deh lanjutan dari tulisan kita.

Batasan waktu yang aku maksud disini bisa berbagai macam hal ya bunda. Khususnya aktivitas yang kurang bermanfaat untuk kita sehari-hari. Seperti menonton televisi, bermain HP atau sosial media. Sering sekali kita lupa waktu yaa.. Kita bisa mengganti aktivitas tersebut dengan aktivitas yang lebih bermanfaat.

Jangan Terlalu Banyak Berfikir

Sering kali kita sudah merencanakan suatu hal, tapi pada kenyataannya rencana itu hanyalah sebuah rencara saja. Tidak ada eksekusinya. Kalau kita sudah buat rencana, langsung eksekusi perencanaan kita. Jangan hanya dicatat dan menjadi wish list kita aja..

Kita harus berani mengambil langkah untuk memulai sebuah perencanaan. Jika kita berencana mau menulis, tetapi tidak segera memulainya maka tak akan jadi tulisan kita. Sedangkan jika kita langsung memulai untuk menulis, maka secara otomatis otak kita akan bekerja untuk membantu mencari kata-kata untuk tulisan kita. Sebenarnya ini adalah pengalaman pribadiku. Walau tulisan kita belum sempurna karena masih pemula gak masalah, karena kelamaan kita akan terbiasa dan mendapatkan jati diri dalam tulisan kita. 


JANGAN LUPAKAN PERAN UTAMAMU

Sebagai seorang Ibu rumah tangga, sebagai seorang istri, dan sebagai seorang ibu dari anak. Aku harus selalu mengingat peran utama ku ini. Ini termasuk dalam materi Adab pada diri sendiri dan keluarga di kelasnya kak Marita.

“Adab sesama bloger diperhatikan, Adab sesama klien diperhatikan, bahkan haters aja dibaikin. Sama diri sendiri dan keluarga nggak?”, kata kak Marita nih :D

Tapi aku setuju banget sama kata-kata ini. Kita boleh melakukan dan mengerjakan aktivitas apapun selama kita tak lupa dengan peran utama kita. Oleh karena itu kita harus mengelola waktu dengan baik. 

Terima kasih sudah membaca blog ku ini. Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa lebih bijak dalam mempergunakan waktu yang kita miliki.



Related Posts

20 komentar

  1. Aamiin, iya, mudah-mudahan semakin bijak memperlakukan waktu, huhu.

    Waa, Kak Fadmala momblogger ya, selamat berjuang di dunia blogging. Meski banyak kewajiban dan tanggung jawab dalam keluarga, mari tetap enjoy menjalaninya.

    Bismillah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba.. Semoga kita selalu konsisten untuk belajar, dan bisa mengatur waktu dengan baik :D

      Hapus
  2. Aiih kece banget ini tips-tipsnya... sama-sama belajar ya mbak, aku pun masih terus belajar soal pengelolaan waktu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :D iya sama mba, mengelola waktu memang perlu latihan dan kebiasaan yang harus di ulang" nih..

      Hapus
  3. Dilema kdg ya mba sbg fulltime mom harus ngurus smua hal drumah tpi juga butuh penyaluran hobi menulis jga ya..emg kudu pinter ngatur waktunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, penyaluran hobi bisa sebagai me time kita juga.. Hehee,,

      Hapus
  4. Jangan lupakan peran utamamu, Masya Allah terima kasih remindernya mba...

    Jangan sampai keasyikan blogginng terus amanah lain jadi keteteran ya mba,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, harus tetap mendahulukan peran utama kita.. Apalagi aku yg anaknya masih kecil.. Masih perlu banyak perhatian dan kasih sayang^^

      Hapus
  5. Tips-tips yang masuk, benar-benar mengena. Apalagi buat yang sudah berkeluarga, komunikasi menjadi hal penting ya, Kak? Biar sama-sama paham dan ga terjadi salah paham.

    Reminder banget apa yang disampaikan Coach Marita, tentang adab sebagai blogger. Makasih, Kak. Diingatkan kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" kak, tetap semangat agar waktu kita lebih bermanfaat lagi :D

      Hapus
  6. Juara nih tips kelola waktunya... Manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu... Makasih sudah menginspirasi lewat tulisan yang keren ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" dok.. Terima kasih juga sudah mampir di blog ini :D

      Hapus
  7. Semangat berkarya mbaaa semoga selalu konsisten tanpa mengurangi hak waktu bersama keluarga ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih semangat nya mba :D semoga kita lebih produktif lagi untuk mengelola waktu^^

      Hapus
  8. Setuju dengan poin terakhir mbak, jangan sampai kita melupakan peran, naaaah ini menjadi pebgingat diri saya, ketika akan terjun dan fokus di dunia blog, semoga bisa membagi waktu dan tdk melupakan peran sebagai ibu dan juga istri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Semoga kita bisa menjadi pribadi yg lebih baik lagi yaaa...

      Hapus
  9. Masya Allah, baca poin-poinnya berasa tertampar apalagi bagian minta izin ke keluarga dan jangan lupakan prioritas peran utama.*Buru-buru balik kursi sungkem sama suami yang dicuekin waktu nulis * :'). Terima kasih sekali sudah diingatkan kak, sukses dan tetep semangat ya Kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" kak :D
      Tetap semangat agar keluarga dan tulisan kita bisa berjalan seirama^^

      Hapus
  10. Tipsnya naturally ya mbak, suka dengan semangatnya. Saling support ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba^^
      Makasih sudah mampir juga di blog ini :D

      Hapus

Posting Komentar