header fadmalalala

Ide Kegiatan Keluarga Saat Weekend: Coba 7 Macam Cara Seru Ini!

Konten [Tampil]
Ide Kegiatan Keluarga Saat Weekend

Sudah 2 tahun lamanya kita berada di situasi pandemi covid 19. Di beberapa tempat juga masih diberlakukan PPKM (Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Sedih nih, karena kita tak bisa bebas untuk keluar rumah. Apalagi jika dikeluarga masih ada anak-anak yang butuh banget main bersama teman-temannya.

Solusi yang tepat untuk keadaan seperti ini adalah mencari ide kegiatan keluarga khususnya di saat weekend. Agar semua anggota keluarga bisa berkumpul dan bermain bersama-sama. Setiap weekend, aku pasti memberikan waktu luang untuk keluarga kecilku. Kebetulan suami saat weekend juga libur. Jadi kami bisa membuat kegiatan bersama-sama dengan seru.

Baca juga: Tips Olah Raga Untuk Orang Sibuk

Manfaat Kegiatan Bersama Keluarga

Siapa sih yang di rumah jarang kumpul bareng keluarga? Walau kita punya banyak kesibukan sendiri-sendiri di rumah dan kegiatan lain di luar rumah, yuk! Sekarang, kita luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Kenapa sih kita harus bersama keluarga?

Eittss, jangan menyepelekan kebersamaan bersama keluarga yaaa.. Karena ini adalah salah satu landasan penting untuk mempererat hubungan di antara anggota keluarga. Kita nggak mau kan kalau anak kita kalau sudah besar cuma main di luar rumah saja. Apalagi kalau sampai lupa jam saat main atau sampai lupa pulang kerumah. Duhh, jangan sampai yaaa..

Kegiatan bersama keluarga mempunyai efek positif terhadap semua anggota keluarga. Ada beberapa manfaat dari kegiatan bersama kelurga, yaitu:

  • Mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Menurut jurnal Family Relation, disebutkan bahwa keluarga akan memiliki ikatan emosional yang kuat dan dapat beradaptasi dengan baik jika sering melakukan kegiatan bersama.
  • Membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Dengan menjalin komunikasi di dalam kelurga, menghindari adanya salah paham di antara anggota keluarga.
  • Anak menjadi lebih percaya diri. Karena anak merasa lebih dihargai dan akan berdampak positif saat berada di luar rumah. Dan anak akan menjadi lebih percaya diri saat berada di sekolah atau lingkungan lain.
  • Membentuk perilaku positif. Anak – anak khususnya remaja yang menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga akan meminimalisir resiko penggunaan zat terlarang.
  • Membuat kenangan bahagia. Kenangan yang kita lalukan bersama keluarga, akan terus kita ingat sampai kapanpun. Bahkan kenangan itu bisa kita ceritakan ke anak cucu kita nantinya.

7 Ide Kegiatan Keluarga Saat Weekend

Kegiatan bersama kelurga itu tidak selalu pergi keluar rumah. Bahkan kalau kita bermain di dalam rumah tidak memerlukan biaya yang besar seperti kita bermain di luar atau tempat wisata. Dengan alat dan barang sederhana yang ada di sekitar rumah, kita bisa melakukan kegiatan seru bersama anggota keluarga.

1. Memasak Bareng

Siapa sih yang enggak suka diajak makan? Salah satu kegiatan seru yang bisa kita lakukan di rumah adalah memasak bareng keluarga. Kita bisa ajak nih semua anggota keluarga untuk turun tangan membantu membuat menu masakan. Kita bisa beri masing – masing anggota keluarga tugas dan job yang bisa di kerjakan. Hihiii,, seru banget kalau bisa memasak bareng.

Seperti saat aku mengajak anak dan suami untuk bantu masak bareng. Saat buat kue, sebelumnya aku siapkan dulu nih bahan dan alat yang di perlukan. Karena anakku masih 3 tahun, di bantu suami memasakknya. Kalau buat kue sih gampang ya, kita kasih arahan saja untuk lengkah pembuatannya. Lalu suami dan anakku yang menuang dan mengaduk bahan.

Kita tinggal memanggang atau mengurus bagian yang harus dijauhkan dari anak. Agar keamanan anak tetap terjaga. Setelah selesai dan masakan sudah matang, kita dudukdan makan bersama. Rasa masakan akan terasa lebih lezat kalau kita lakukan bersama-sama.

Memasak Bersama Keluarga

2. Bersih – Bersih Rumah

Saat weekend dan semua anggota keluarga ada di rumah, inilah saat yang tepat untuk mengajak anggota keluarga untuk bersih-bersih. Setelah 5 hari berkutat dengan dapur, cucian, kamar, kadang tak selesai semuanya yaa. Saat inilah aku menurunkan pasukanku. Hihii..

Walau anakku masih 3 tahun, aku tetap mengajarkan untuk membersihkan rumah. Minimal untuk mengembalikan mainan setelah selesai bermain. Tak apa lah yaa, walau belum semuanya beres. Tapi aku sudah senang kalau anak mau diajak bersama untuk bersih-bersih.

Kadang juga anakku selalu ingin membantu saat aku menjemur pakaian, saat suami mencuci kendaraan, atau saat menyapu. Makanya aku selalu sedia 2 sapu di rumah kalau sewaktu-waktu anakku ingin membantu. Pekerjaan rumah terasa lebih enteng jika dikerjakan bersama-sama.

Rumah yang kita tinggali akan terasa lebih nyaman jika bersih dan tertata rapi. Yah, walau selesai bersih – bersih anakku mengeluarkan mainannya lagi. Hahaa,, tapi setelah rumah bersih bermain pun menjadi lebih nyaman.

3. Olah Raga Bersama

Di rumah terus sampai lupa kalau kita selalu mengkonsumsi makanan? Duh, aku banget ini.. Satu minggu naik 1 kg dan susah banget mau nuruninnya. Ada yang punya solusi? Hihii..

Untuk menghindari naiknya berat badan, salah satu caranya adalah dengan berolah raga. Tapi boring banget ya, kalau kita sendirian aja olah raganya. Aku selalu mengajak keluargaku untuk ikut berolah raga. Khususnya senam, yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Kalau diluar rumah malu nih kalau dilihat tetangga. Karena rumahnya tidak adak batas dengan tetangga. Wkwkkk,,

Dengan pelatih virtual yaitu youtube, kita senam bersama untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Jangan lupa ya, sebelum memulai senam kita harus pemanasan dahulu. Dan diakhiri dengan pendinginan juga. Agar otot kita tidak kaget dan cedera saat proses olah raga. Saat berolah raga, sebaiknya disesuaikan juga dengan porsi ketahanan badan kita. Seberapa kita kuat untuk berolah raga dan kapan waktunya kita berhenti.

4. Berkemah di Lingkungan Rumah

Anakku seneng banget kalau di ajak main kemah - kemahan seperti ini. Dengan alat dan benda sekitar, kita buat tenda sederhana. Pakai kursi dan selimut juga bisa untuk pembuatan tendanya. Bisa juga menggunakan selimut yang di kaitkan di rafia atau tali yang panjang.

Kita bawa bantal dan guling sebagai pembatas tendanya. Atau bisa dimasukkan di dalam tenda untuk dijadikan alas tidur. Kadang anakku sampai mau tidur di dalam tenda buatan ini. Sambil berdiam diri di dalam tenda, kita bacakan buku cerita agar anak tidak bosan.

Bisa juga kita beri snack atau makanan kecil untuk persediaan makanan di tenda. Kadang anak membawa tas dan mainannya di dalam tenda tersebut. Kadang juga kami bermain peran, seperti rumah-rumahan. Menjadi tamu, atau pengantar paket yang di antarkan ke rumah. Mengetuk pintu/ tenda tersebut agar anak keluar rumah. Hihii,, seru banget bermain seperti ini.

Berkemah di Rumah

5. Menonton Film

Kadang kita lelah ya, mencari ide untuk dilakukan bersama keluarga. Menonton film adalah solusi terbaik untuk bersantai bersama keluarga. Kita semua bersepakat nih mau melihat film apa hari ini. Kita tonton bersama dalam satu layar. Bisa menggunakan komputer, laptop, televisi atau bisa juga menggunakan proyektor bagi yang punya saja.

Tapi pakai hp saja tak masalah kok. Kita bisa menonton film bersama keluarga saja adalah hal istimewa tersendiri. Apalagi yang suka nonton film yaa.. Pasti bakal fokus pada ceritanya. Tapi jangan sampai lupa waktu ya kalau nonton film.

6. Berkebun

Salah satu ide kegiatan saat weekend adalah berkebun. Dengan merawat tanaman, pikiran kita juga jadi ikut lebih fresh. Melihat kesuburan tanaman yang kita rawat menjadi hati ikut senang juga. Memandang daun hijau saat keluar pintu rumah menjadi segar. Membuat udara lebih segar juga jika kita menanam pohon.

Tak perlu menanam pohon yang rumit kalau kita kurang berbakat untuk bercocok tanam. Cukup tanam tumbuhan yang kuat saja agat tidak cepat mati. Aku salah satu yang kurang bisa menanam, jadi aku beli tanaman yang tak cepat mati. Hehee,,

Ajak anak menyiram tanaman, bunga, dan mencabut rumput liar. Anakku senang sekali kalau diajak menyiram, karna senang bermain air. Kadang juga susah untuk berhenti nih saat bermain air. Di sisi lain, kita juga bisa mengajarkan anak untuk selalu merawat makhluk hidup seperti tanaman, hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

Berkebun di Halaman Rumah

7. Berhias Diri

Sebagai ibu rumah tangga aku selalu berhadapan dengan urusan rumah dan anak. Ingin sekali kan bersantai sejenak untuk memanjakan diri. Tapi saat pandemi mau ke salon juga ragu-ragu kan. Nah, akhir – akhir ini aku selalu memanjakan diriku bersama anak walau di rumah saja. Hihii,,

Beberapa minggu ini, aku sering mengajak anak untuk main salon-salonan. Kebetulan di rumah punya lidah buaya. Aku potong untuk kujadikan masker muka untukku, dan masker rambut untukku bersama suami dan anakku. Aku pakaikan getah lidah buaya di rambut mereka. Rasa dingin dan segar bikin badan rileks. Jangan lupa, setelah bermaskeran lalu keramas juga yaa..

Saat malam sebelum tidur, aku juga suka mengoleskan campuran minyak zaitun dan minyak telon anak. Lalu aku oleskan ke kaki, tangan, dan badan anakku sambil dipijat. Semalaman tidur nyenyak karena tidak ada gigitan nyamuk di badan. Bangun tiduk badan jadi segar dan semangat lagi.

Baca juga: Kegiatan Saat Liburan Tahun Baru

Nah, inilah beberapa ide kegiatan yang bisa kita lakukan bersama keluarga khususnya saat weekend. Kebersamaan keluarga itu penting sekali karena bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga. Sering kita lupa waktu dengan kegiatan atau pekerjaan kita. Minimal luangkan waktu weekendmu untuk berkumpul bersama keluarga.

Semoga keluarga kita tetap kompak dan terjalin erat. Dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan agar bisa lebih lama bersama keluarga. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Salam sehat selalu :D.

Related Posts

6 komentar

  1. Gambarnya lucu-lucu banget mb.. makin hidup tulisannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii, makasih mba.. Karna sering nulis juga berpengaruh nih..

      Hapus
  2. Berkemah dan berkebun emang hobi anak-anakku mom. Apalagi saat PPKM begini ya, praktis anak-anak ga bisa keluar. Jadi muterrr aja dirumah. Ide-ide main begini emang seruu penting bangett.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mom, suasana rumah juga jadi hidup..

      Hapus
  3. Gegara ga bisa keluar rumah, renang di dalam rumah, bikin tenda di ruang keluarga. Bahkan malam kadang minta tidur ldi tenda. Hehe

    BalasHapus
  4. Nonton film sama berhias diri nih yg belum dicoba.. pas bgt nih dua2nya buat me time dan quality time ma suami, hihihi

    BalasHapus

Posting Komentar