header fadmalalala

Why Blogging versi NORA: Remaja dengan Segudang Aktivitas

Signoritha Aulia Dwi Puspitasari atau biasa dipanggil dengan Nora yang masih duduk di bangku SMA. Seorang remaja dengan segudang aktivitasnya, Nora mengelola beberapa platform menulis. Salah satu yang dikelolanya adalah blog Sigalia DP. Kalian bisa mampir di blognya ini yaaa :D Why Blogging padahal saat remaja aktivitas sudah banyak? Kenapa gak aktivitas yang lain aja?

Seperti time travel back to school, aku jadi ingat masa indah di masa sekolah. Kenangan itu langsung muncul di kepalaku. Kegiatan apa yang aku lakukan saat itu? Hemm, yang pasti aku belum berfikir tentang ngeblog, karena aku kenal platform blog saat mulai kuliah. Saat itu mungkin aku masih sibuk dengan latihan bela diri. Menyibukkan diri dengan ikut latihan di berbagai macam perguruan, hihii.


Why Blogging ala Nora


3 ALASAN WHY BLOGGING VERSI NORA

Bagaimana seorang remaja yang masih duduk di bangku SMA sudah punya banyak aktivitas. Salah satunya kelas Blog di blogspedia ini yang sebagian besar diikuti oleh ibu-ibu dan bapak-bapak. Semangatnya yang luar biasa ini memberikan semangat yang lebih pada anggota lain khususnya aku sendiri. Semangat mudanya mengalir padaku sejak satu grup di kelas blog lain. Dan kami di pertemukan lagi di kelas blogspedia ini. 

Mengapa Nora memilih menulis di blog dan bukan di platform lain? Seperti facebook atau platform menulis lainnya? Setelah ngobrol dengan Nora, akhirnya aku tahu beberapa alasan kenapa Nora memulai untuk blogging. Dan mengapa memilih platform blog sebagai media untuk menulis.


Suka Menulis

Salah satu hobi Nora adalah menulis. Karena dengan menulis, dia bisa mengekspresikan semua yang dia rasakan, apa yang diinginkan melalui tulisan. Nora juga sudah tiga tahun menulis novel dan masih berusaha untuk merampungkannya. Semoga bisa segera selesai novelnya yaaa. Dengan menulis khususnya menulis novel, dibutuhkan feeling, imaginasi, dan kesinambungan antara tokoh – tokohnya. 

Jadi ingat pernah ikut sharing time bersama Najhaty Sharma seorang penulis novel Dua Barista, Kumpulan Cerpen Lipstik dan Kupu Kupu Marrakesh. Beliau selalu berpesan bahwa disaat menulis novel, hal yang harus diperhatikan adalah konstruksi cerita. Karena dengan adanya konstruksi cerita itu harus berkesinambungan antara part 1, part 2, part 3, dan seterusnya. Dan diantara hal penting lainnya yang harus kita pahami adalah latihan. Latihan bertahun-tahun untuk menulis agar kita jadi tahu kekurangan dan kelebihan kita saat menulis.


Baca Juga:

 

Media Sharing

Alasan kedua Nora memilih blogging adalah untuk media sharing dengan hal – hal yang ia sukai. Seperti sharing tentang skincare, journaling, tentang buku, dan sebagainya. Dengan sharing inilah Nora bisa membagikan pengalamannya tentang apa yang sudah ia lakukan ke orang lain.

Seperti sharing tentang Tips Memilih Skincare Aman by Sigalia DP. Nah, saat aku baca tips ini aku jadi tahu nih tentang jenis kulitku. Ternyata jenis kulitku termasuk jenis kulit kombinasi. Padahal sebelumnya aku cuma tahu tentang kulit kering, berminyak, dan berjerawat aja. Jadi ketahuan kan kalo nggak pernah skincare an :D. 


Blog Punya Banyak Label

Nah, Nora memilih platform blog karena blog punya banyak label atau kategori. Selain review tentang skincare, dengan blog Nora bisa sharing tentang buku, journaling, atau yang lainnya. Bahkan, di blog ini Nora juga bisa berbagi cerita novelnya. Karena dengan menggunakan blog, kapanpun dan dimanapun dia bisa menulis.

Dengan blog ini juga, Nora bisa berbagi kisah, review, tips, ataupun tulisan lainnya sesuai mood, kesukaan, dan aktivitas lainnya yang ia lakukan. Karena Nora adalah remaja yang masih mencari jati dirinya. Tetap semangat terus untuk menulis yaaa.. Keep spirit up for your future^^


MENGELOLA WAKTU DENGAN BANYAK AKTIVITAS

Setelah kenaikan kelas ini, sekarang Nora duduk di bangku SMA dikelas 12 atau kelas 3 tingkat SMA. Kesibukan yang ia lakukan paling utama tentunya adalah sekolah. Belum lama ini juga pasti banyak tes dan ujian-ujian yang dilalui. Pasti berat ya, dengan kesibukannya setiap hari di tambah les yang ia ikuti, serta berbagai macam aktivitas di banyak organisasi. Belum lagi ke ikut sertaannya untuk mengikuti berbagai macam lomba.

Masya Alloh, semangat mudanya luar biasa. Lalu, bagaimana caranya mengelola waktu? Apa ada waktu untuk ngeblog? Aku sendiri pun kalau ngeblog pasti memerlukan waktu khusus untuk menulis. Tak bisa menulis di depan laptop di ganggu anak main, ngompol, lapar, ngantuk, wkwkk.. Ternyata banyak sekali ya problem seorang ibu tu :D Nah, inilah cara Nora untuk mengatur waktunya agar lebih bermanfaat.

Mengelola Waktu Versi Nora

Make A Priority List

Buat perencanaan semua aktivitas yang akan kamu lakukan lengkap dengan jam pengerjaannya. Wah, disini langsung aku garis bawahi nih untuk jam pengerjaannya. Biasanya aku cuma bikin list aktivitas aja tapi nggak pernah buat jam pengerjaannya. Nah, dengan adanya jam pengerjaannya, maka kita lebih terarah dan mempunyai target untuk aktivitas yang kita lakukan.

Karena Nora masih seorang pelajar, bagus banget nih membuat priority list aktivitasnya. Dia bisa memberikan waktu kapan jam pelajarannya selesai, kapan waktu aktivitas atau organisasinya di mulai, dan kapan waktu untuk menulis.


Disiplin

Selain membuat priority list, dibalik ini ada kata “Disiplin”. Bagaimana kita bisa mengerjakan semua aktivitas yang ada di dafta list sedangkan kita tidak disiplin. Maka, percuma saja kita membuat list tersebut. Setuju juga nih dengan alasan Nora yang satu ini.

Disiplin ini berada di dalam diri kita sendiri. Kita harus bisa meyakinkan diri untuk mengerjakan semua list aktivitas yang kita rencanakan. Kapan kita berencana untuk mengerjakan sesuatu, maka saat itulah kita harus mengerjakannya. Jangan sampai kita menunda-nunda untuk mengerjakannya.


Weekend Produktif

Bagi Nora, weekend adalah hari dimana dia bisa mengeksekusi semua ide atau pikiran yang ada di otaknya. Setiap karya yang dia buat adalah masterpiece, karena didalamnya terdapat emosi dan pikiran yang dihasilkan olehnya pada saat itu. Jadi, weekend adalah saat yang tepat untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Dan weekend menjadi hari yang produktif untuknya karena meluangkan waktu untuk hobi yang disukainya dan juga sangat bermanfaat.


Baca Juga:


Nah, ini adalah the big Why Blogging versi Nora, seorang remaja dengan banyak aktivitas. Bagaimana denganmu? Sudah menemukan alasan untuk mulai blogging? Setiap orang pasti punya alasan dan tujuan masing – masing untuk memulai blogging. Jangan fokus di satu titik saja, tapi kembangkan potensi bakatmu yang lain juga.

Karena blog adalah sarana untuk berbagi, sharing, dan tempat untuk melepaskan semua unek-unek di kepala kita. Tetap semangat dan raih mimpimu!! Terima kasih...

TTD Fadmala


Related Posts

16 komentar

  1. Masya Allah kere keren.. aku pikir partnerku ini udah muda buat aku.eits ternyata ada yang lebih muda.masih sma mantap.

    Keren dan salut sama remaja macam ini.

    Yang nulis juga kece abis nih, merangkum big why nya rapi jadi bisa merefresh yang baca tentang alasan ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mudanya mengalir ke kita ya mba :D
      Jadi tambah semangat deh kita^^

      Hapus
  2. Seneng drh kalau generasi Z seperti Nora ini mengisi hari-harinya dengan kegiatan yang bermanfaat.. Hebat euy masih muda udah bikin novel, hmm jadi pengen belajar sama Nora

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok bisa bikin kelas sharing ya mba.. Hihiii

      Hapus
  3. Take your time Nora ❤....
    Teruslah berkarya

    BalasHapus
  4. Ak jadi flash back jaman SMA apa yg ak lakukan dengan blogku? Cuma nulis dan nulis. Tapi nora keren. Dah mulai aktif belajar di kelas online, ngeblog serius di sela agenda sekolahnya. Good Job Noraaa :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita juga ikutan semangat nih biar gak kalah sama yg muda"..xixii

      Hapus
  5. Aku penasaran dg dik Noura, strong why apa yg senang nulis novel.... Masih muda sudh bisa berkarya ya. Luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita juga semangat yuk biar bisa lebih berkarya juga..

      Hapus
  6. Muda berkarya ya nora... Harus banyak belajar juga nih dari yang muda2 hihi

    BalasHapus
  7. Wah thank you semuanya dan thank you buat mbak fadmala yang udh bikin profilku sebagus ini :v

    BalasHapus
  8. Woooow, masih SMA udah aktif ngeblog. Kereeeeen. Tetap semangat Mbak Nora! Semoga selalu produktif, tentu jangan lupa berisitirahat :)

    BalasHapus
  9. Saya merasa di tampol nih kak sama ulasan Kak Fadmala :'D.Umur segitu saya masih asik main-main di lapangan, panas-panasan.Kak Nora sudah bikin karya. Ah semangat terus ya untuk Kak Nora :D
    untuk Kak Fadmala,masya Allah terima kasih telah mengemasnya dengan poin2 yang nyaman di baca,sukses dan semangat terus ya Kak Fadmala :D

    BalasHapus

Posting Komentar