header fadmalalala

Pentingnya Belajar Site Audit Untuk Para Blogger

Konten [Tampil]
Site Audit Untuk Blogger

Site audit merupakan langkah untuk memeriksa dan memperbaiki kondisi website atau blog kita. Tentu saja, sebagai seorang blogger kita juga harus memelihara rumah untuk tulisan kita tersebut. Agar tetap terjaga dan performa menjadi lebih baik.

Tidak mau bukan, kalau rumah untuk tulisan yang kita buat menjadi lemot, performa kurang dan tidak ada pengunjung yang datang. Kendaraan yang kita pakai sehari-hari pun butuh service agar tetap terjaga. Tentu saja kita sebagai blogger juga harus menjaga kondisi blog kita.

Lalu, bagaimana caranya?

Nah, kali ini saya akan sedikit bercerita tentang awal mula saya berada di dunia blogger. Bagaimana prosesnya, dan kebutuhan blog saya dengan mempelajari site audit. Baca sampai akhir ya^^.

Mengenal Site Audit

Site audit atau website audit merupakan proses evaluasi terhadap kualitas performa sebuah situs web atau blog. [Source: SEO Clarity]

Jenis evaluasi bisa didapat dari hasil pencarian situs di google atau search engine result page (SERP). Tapi tahap ini sudah mulai berubah dan mempunyai beberapa jenis audit yang ada. Seperti Technical Audit, SEO Audit, dan Content Audit.

Site audit ini juga perlu dilakukan karena saat ini site audit mulai dibutuhkan untuk bekerja sama dengan para klien. Agar mengetahui kondisi yang ada pada blog kita masing-masing. Dengan site audit ini kita bisa mengetahui informasi yang jelas tentang data analisa seluruh detail situs blog kita.

Bagaimana? Apakah mulai tertarik mempelajari site audit? Agar lebih tertarik, saya akan bercerita sedikit tentang kisahku di dunia blogger.

Awal Mula Memasuki Dunia Blog

Pada akhir tahun 2020 merupakan awal mula saya belajar menulis di blog. Dan tepat tanggal 31 Januari 2021 merupakan pertama kalinya saya membeli domain yang saya gunakan hingga saat ini. Terhitung 1 tahun lebih saya menggunakan domain fadmalalala dan masih bertahan hingga sekarang.

Bermula ingin belajar tentang blog melalui salah satu teman di instagram dan dikenalkan dengan seorang yang bisa menulis dan sudah aktif di blog. Tetapi karena suatu hal, berhenti karena teman tersebut sedang sakit dan harus menjalani pengobatan.

Tidak menyerah dengan keinginan untuk belajar blog, akhirnya saya bertemu dengan mbak Marita, founder blogspedia. Bersama beberapa teman yang solid kami belajar ngeblog bersama dari nol di blogspedia coaching 2. Bersyukur sekali bisa bertemu teman-teman di blogspedia ini.

Kebersamaan, kesolidan, kerjasama dan saling menyemangati antara satu dengan yang lainnya untuk tetap menulis. Mereka adalah sahabat online dengan rasa kekeluargaan yang tinggi. Inilah awal mula saya bisa masuk di dunia blog hingga sekarang.

Pencapaianku di Dunia Blog

Selama satu tahun bersama blogspedia, tentu saja saya tidak ingin stuck dan berhenti di satu tempat saja. Saya mengikuti berbagai kelas lain yang tentu saja masih kelas gratis. Sebagai pemula didunia blog dan ingin mengulang kembali ilmu yang didapat, saya mengikuti kelas ngeblog dari nol lainnya.

Hingga saya ingin benar-benar paham dan mengerti tentang blog dan menulis di blog dari nol. Selain itu, saya juga mengikuti kelas gratis BRT untuk menambah skill tentang dunia blog. Mengetahui tentang SEO dan bagaimana memperbaiki performa blog agar lebih baik.

Belajar SEO Off Page dan On Page memerlukan ilmu yang harus terus dipelajari dan digali. Di kelas ini saya juga belajar untuk menaikkan rating domain yang semula DA hanya 7, sekarang menjadi 26. PA dan DR menjadi 33. Ini adalah pencapaian terbesarku saat ini, sehingga sekarang juga bisa mendapatkan penghasilan dari menulis blog.

Itulah pencapaianku saat ini, tentu saja sampai saat inipun saya masih ingin terus belajar agar lebih baik lagi untuk mengelola blog.

Dunia Blogger Saat Ini

Jika dilihat dari kacamata orang umum, mungkin saat ini dunia blog masih kalah dengan Youtube. Karena platform youtube sudah digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan saya sendiri pun sering melihat Youtube sebagai sarana hiburan disaat senggang.

Bisa jadi banyak para blogger yang beralih dari menulis menjadi youtuber. Tapi, ada pula para blogger menggunakan Youtube sebagai tambahan media untuk artikel mereka. Tentu saja itu menjadi nilai tambah untuk tulisan kita.

Pesan Blogger

Bisa juga saat kita membuat content di Youtube, menambahkan link artikel di deskripsi video. Karena itu juga bisa memberikan tambahan dan nilai plus untuk content yang kita buat.

Banyak pula para blogger yang tidak menggunakan artikel organik untuk blog mereka. Sehingga apa yang mereka dapat, hanya di copy dari artikel blog lain. Inilah yang membuat saya sendiri merasa sedih. Karena kita yang bersusah payah untuk menulis, tetapi diambil oleh orang lain tanpa ijin.

Harapan Dunia Blogger

Ingin sekali dunia blogger di Indonesia bisa menjadi lebih maju. Karena saya yakin, banyak sekali orang Indonesia yang suka menulis tetapi belum mengetahui caranya. Mungkin mereka hanya menuliskannya diatas kertas saja. Mungkin juga hanya berangan-angan saja.

Tapi sebenarnya jika kita sering latihan untuk menulis walaupun belum terbiasa, maka lama-lama tulisan kita menjadi lebih baik. Ingin juga para blogger di Indonesia bisa lebih sadar untuk tidak mencuri isi artikel orang lain. Bisa juga kok memberikan sumber untuk tulisan yang kita kutip.

Sehingga tidak semuanya hanya copy dan paste saja. Dan bisa lebih menghargai para blogger yang telah menuliskan tulisan organik mereka. Inilah sedikit harapan yang mungkin bisa dibaca oleh para blogger di Indonesia. Semoga para blogger Indonesia bisa lebih sejahtera. Aamiin.

Cara Memulai Ngeblog

Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara kita memulai menulis di blog atau ngeblog. Hem, sebenarnya ini merupakan hal sederhana untuk dilakukan. Tapi saya akan memberikan sedikit tips dan cara memulai ngeblog.

1. Why Ngeblog

Sebelum menentukan dan memilih menjadi seorang blogger, sebaiknya kita temukan alasan kita ngeblog. Apa karena ingin mengikuti tren, ingin menambah penghasilan, atau ingin sekedar sharing saja? Inilah hal dasar yang harus kita perhatikan agar kita bisa terus semangat untuk ngeblog.

2. Personal Branding

Tentukan personal branding kita di dalam blog. Apakah ingin menjadi seorang food blogger, traveling blogger, atau blogger lifestyle. Disinilah kita menentukan niche apa yang cocok untuk blog kita. Dan tulisan apa saja yang akan kita bagikan pada pembaca. Karena ini merupakan hal penting sehingga kita bisa fokus kedepannya.

3. Konsisten

Setelah berniat dan menjalani menjadi seorang blogger, tentu saja kita harus konsisten untuk menulis. Agar blog kita tidak hanya menjadi sarang laba-laba karena tidak pernah disentuh. Maupun hanya menjadi sebuah etalase yang hanya dilihat saja. Konsisten itu penting, dan hal ini yang terus kita jaga selamanya.

Tips Konsisten Dalam Menulis

Sebagai seorang manusia, kadang kita merasa lelah dan capek. Bahkan untuk menulis di blog pun juga pati akan merasakan lelah dan ingin berhenti. Kadang kita merasa stuck di sebuah tulisan yang hanya berada di draft saja dan tidak berlanjut. Kadang pula kita tidak punya semangat untuk menulis.

Bagaimana saat kita merasakan down seperti itu? Inilah tips untuk kita tetap konsisten dalam menulis.

cara konsisten menulis

1. Niat

Untuk membuat tulisan yang bagus, dan bisa selesai dengan tepat waktu, langkah pertama adalah dengan niat. Niat untuk menulis memberikan kita semangat menyelesaikan tulisan dengan baik. Jika tidak ada niat, tulisan tidak akan selesai atau bisa jadi hasil tulisan kita menjadi tidak maksimal.

2. Content Planner

Membuat content planner pada blog sangat membantu saya untuk terus menulis. Kita bisa membuat sendiri content planner yang dibutuhkan. Bisa weekly planner, monthly planner, atau yearly planner. Tentukan juga keyword dan tema yang untuk tulisan kita, agar memudahkan kita untuk menulis dengan tepat waktu.

3. Manajemen Waktu

Sebagai seorang ibu rumah tangga, menulis tentu saja menyita banyak waktu. Apalagi jika kita mempunyai anak yang masih butuh banyak perhatian. Untuk itulah kita harus bisa memanajemen waktu dengan baik. Kapan waktunya kita untuk melakukan kewajiban kita sebagai seorang ibu, dan kapan waktu untuk menulis.

Pada saat seperti itu, peran seorang suami sangat dibutuhkan. Biasanya saat ingin memulai sesuatu seperti mengikuti kelas blogging atau saat ingin menulis saya pasti meminta ijin suami. Agar suami tahu apa yang kita lakukan dan bisa juga membantu kita untuk bergantian menjaga anak. Hehee.

Niche Blog dan Alasannya

Blog yang saya gunakan ini merupakan blog dengan niche Lifestyle. Apa itu niche? Niche sendiri merupakan tema atau topik yang digunakan untuk isi blog kita. Dengan menggunakan niche, kita bisa lebih fokus dengan apa yang kita tulis.

Misalnya kita memilih niche food blogger. Isi didalam blog kita bisa seputar makanan, rekomendasi tempat makan, bahkan bisa juga tentang resep makanan. Saat memilih niche parenting, bisa menulis blig tentang keluarga, pola asuh anak, pembelajaran anak, dan lain sebagainya.

Rekomendasi memilih niche blog adalah niche yang spesifik. Sehingga blog kita terlihat lebih profesional, terpercaya, dan bisa menjadi branding kita.

Langkah Menulis Blog Hingga Publish

Setelah menentukan topik dan tema apa untuk blog kita, langkah selanjutnya kita harus rajin untuk menulis. Bagaimana langkah menulis yang biasa saya lakukan hingga publish?

Langkah Menulis

1. Tentukan Topik dan Keyword

Menentukan sebuah keyword untuk tulisan kita itu penting agar kita bisa mendapatkan page one di Google. Jika blog sudah bisa monetisasi, hal ini adalah hal penting untuk mencari cpc untuk artikel kita.

2. Membuat Outline

Langkah selanjutnya adalah membuat outline artikel. Menentukan H1, H2, H3, dan seterusnya agar artikel tetap urut. Hal ini juga penting karena heading yang benar berefek juga pada SEO On Page di artikel.

3. Menambah Infografis

Untuk menarik pembaca agar tidak bosan, kita bisa menambahkan infografis berupa gambar atau video. Tentu saja, sebaiknya besar gambar maksimal berukuran 100kb saja agar tidak menurunkan kecepatan loading blog kita.

Setelah semuanya selesai, kita bisa publish artikel yang sudah selesai. Jangan lupa untuk melengkapi label artikel dan meta deskripsi juga ya.

Apa Perlu Blogger Memahami SEO?

Search Engine Optimization atau SEO merupakan sebuah cara untuk meningkatkan dan mengoptimalkan situs web agar bisa masuk di peringkat teratas. Khususnya pada search engine dengan keyword organik.

Seorang blogger memerlukan pengetahuan tentang SEO walaupun itu hal yang mendasar. Untuk menjadi seorang blogger profesional yang bisa mendapatkan penghasilan dengan blog, pengetahuan SEO merupakan hal mendasar untuk mereka.

Tentu saja hal ini tidaklah mudah khususnya untukku yang masih pemula di bidang blogger. SEO perlu dipelajari terus menerus karena algoritma Google juga bisa berubah kapan saja. Lalu, sejauh mana kemampuan yang kumiliki dalam memahami tentang SEO? 

Sejauh Mana Pemahaman Tentang SEO

Setelah mengikuti beberapa kelas blogging, saya sendiri masih memerlukan pemahaman yang lebih untuk belajar teknik SEO. Tetapi untuk ilmu dasar tentang SEO sudah saya pelajari di beberapa kelas sebelumnya.

Seperti teknik SEO On Page, yang harus kita perhatikan saat membuat konten. Ada beberapa parameter yang harus kita lakukan. Seperti heading harus urut, penempatan keyword dan keyword turunannya, hingga perbaikan hal teknis seperti broken link dan sejenisnya.

Selain SEO On Page, ada juga jenis SEO Off Page yang bisa meningkatkan blog kita. Seperti penambahan backlink sehingga blog kita bisa lebih dikenal dan bisa menjadi rekomendasi untuk blog kita. Kita juga bisa mengenalkan blog dengan cara promosi melalui sosial media. Sehingga blog kita menjadi lebih dikenal banyak orang.

Cara Menaikkan Traffik Blog

Menaikkan traffik blog penting dilakukan khususnya untuk blog yang sudah menggunakan Adsense. Dengan menargetkan keyword yang ber cpc dan long tail keyword kita bisa berusaha untuk masuk di halaman pertama mesin pencari. Penggunaan keyword turunan juga bisa kita masukkan dalam artikel.

Penggunaan judul juga berpengaruh untuk menaikkan traffik blog. Karena judul yang menarik akan membuat pembaca menjadi penasaran dan membaca artikel yang kita buat. Penambahan media gambar dan video juga bisa membuat pembaca merasa betah.

Selain itu, sebaiknya kita juga memperhatikan kualitas dan performa blog yang kita miliki. Apakah kecepatan blog rendah? Karena jika kecepatan blog rendah, pembaca pasti tidak akan sabar untuk menunggu artikel kita. Untuk itulah kecepatan blog sebaiknya kita tingkatkan.

Hal Yang Perlu Ditingkatkan dan Diperbaiki Pada Blog

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa blog yang kita miliki harus kita jaga dan rawat. Dalam hal ini blog yang saya miliki juga masih banyak kekurangan. Seperti kecepatan blog mulai menurun, dan untuk update artikel lama masih belum dilakukan.

Perbaikan brokenlink yang ada juga perlu dilakukan untuk meningkatkan performa blog. Internal dan external link yang sudah rusak atau tidak bisa berfungsi menyebabkan broken link. Dan itu bisa mengurangi kualitas blog kita.

Untukku sendiri, masih menjadi pe er juga nih dalam meningkatkan traffik blog. Sehingga masih perlu dilakukan riset keyword dan turunanya. Masih perlu latihan juga nih untukku sendiri agar terbiasa dengan riset keyword untuk menaikkan traffik blog.

Kenapa Ingin Belajar Site Audit?

Sebagai seorang blogger yang masih pemula, saya belum mengenal tentang site audit. Apa saja site audit yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan blog kita, dan apa saja manfaatnya untuk blog kita.

Dan saat saya mendengar ada kelas untuk belajar tentang site audit, tentu saja tertarik untuk mengikutinya. Karena saya masih ingin menambah ilmu dan wawasan dalam dunia blog. Apapun itu ilmunya, Insyaa Allah akan selalu saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Karena site audit juga merupakan ilmu baru bagi saya. Dan ingin mendapatkan banyak manfaat dari mempelajari site audit ini. Mengetahui kekurangan apa saja yang ada pada blog kita juga dengan site audit.

Ikut Pelatihan Site Audit!? Banyak Manfaatnya!

Kenapa ingin ikut pelatihan site audit? Mungkin hal ini perlu juga dipikirkan. Setelah membaca beberapa artikel tentang site audit, saya menjadi yakin bahwa saya ingin mengikuti pelatihan ini. Karena banyak sekali manfaat yang didapat saat mempelajari site audit. Apa saja itu manfaatnya?

  1. Mengetahui kekurangan website
  2. Mengukur kualitas dan performa web secara menyeluruh
  3. Menganalisa performa website
  4. Memaksimalkan potensi website
  5. Dapat memperbaiki kekurangan website secara langsung

Dengan begitu, ketika kita menemukan kekurangan dari blog, kita bisa segera memperbaikinya. Sehingga strategi kita dalam meningkatkan performa SEO menjadi meningkat. Dan bisa menghindari hal yang mungkin saja kita lewatkan saat mempelajari SEO On Page maupun Off Page.

Nah, begitulah sedikit cerita saya tentang awal mula ngeblog dan alasan ingin mengikuti pelatihan site audit. Dengan banyak kelas yang diikuti dan banyaknya ilmu yang didapat saya yakin untuk bisa menjadi blogger yang lebih baik.

Terima kasih sudah membaca dan semangat untuk terus konsisten dalam menulis. Boleh komen di bawah dan ceritakan pengalamanmu ya :D.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

Posting Komentar