header fadmalalala

Kelas Gratis BRT Network: Ayo Bangun Blog Kita!

Konten [Tampil]
Kelas Gratis Optimasi SEO

Mau bangun blog kamu jadi lebih kece?

Kesusahan untuk optimasi blog?

Ikut Kelas Gratis BRT Network aja deh!

BRT Network merupakan arena bermain dan belajar untuk para blogger agar bisa berbagi ilmu, pengetahuan, dan update dunia blogging. Yang mempunyai tujuan untuk tumbuh bersama-sama. [BRTNetwork.id]

Kelas Gratis BRT Network merupakan kelas yang aku ikuti di akhir tahun ini. Informasi kelas yang direkomendasikan oleh coach Marita dari grup blogspedia membuatku penasaran. Materi SEO yang masih belum aku kuasai membuatku berniat dan akhirnya mendaftar.

Ternyata didalam kelas tidak semulus dari perkiraan. Materi yang berjibun dan chat yang bertumpuk walau hanya ditinggal makan sebentar membuatku selalu deg-degan. Belum lagi kalau ada tugas, langsung kejar tayang deh. Asik, seru, cemas, sedih, senang, semua rasa bercampur aduk di dada.

Penasaran dengan kelasnya? Intip dulu deh tips sebelum mengikuti kelas gratis BRT ini :D. 

Tips Sebelum Mengikuti Kelas Gratis BRT Network

Banyak peserta yang tiba-tiba mengundurkan diri saat kelas berjalan. Banyak juga peserta yang harus di kick oleh para coach. Entah itu karena tidak bisa mengimbangi kecepatan kelas, tidak mengerjakan tugas, atau hal lainnya.

Hal itulah yang harus kita hindari saat mengikuti kelas. Karena ini adalah kelas gratis, kita harus bertanggung jawab dong dengan keputusan yang diambil. Agar kita bisa lulus dengan sempurna, sebaiknya kembali lagi ke alasan kita untuk ngeblog. Inilah beberapa tips ala aku sebelum mengikuti kelas gratis BRT:

1. Tujuan dan Niat Ikut Kelas BRT

Sebelum melakukan sesuatu kita pasti berniat dahulu. Niat lillahi ta'ala.. Niat karena Allah. Insyaa Allah dengan niat karena Allah, kita bisa bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu.

Tentukan tujuan apa kita mengikuti kelas ini. Kalau aku, ingin mempelajari lebih dalam ilmu SEO di blog pribadiku. Karena ilmu SEO ku masih cetek atau dangkal.

2. Ikuti Syarat dan Ketentuan

Sebelum mendaftar sebaiknya melihat dulu syarat dan ketentuan mengikuti kelas. Kapan waktu kelas diadakan dan berapa lama waktunya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kelas karena ada acara, sibuk, kerja, dan lainnya. 

Karena tidak seperti namanya Blogger Ruang Tunggu, kelas gratis BRT Network tidak mau menunggu peserta yang tidak konsisten. So, ikuti semua syarat dan ketentuan untuk berada di kelas ini. 

3. Aktif di Kelas

Aktif dikelas adalah kunci menemukan jawaban apa yang kita cari. Gali semua informasi dari para coach dan terapkan semua ilmunya.

Tanyakan apa yang belum dimengerti hingga berhasil. Karena para coach di kelas ini kapan saja dan dimana saja akan siap membantu kita dengan sukarela.

4. Siap dengan Materi dan Tugas

Siapa bilang kelas gratis itu hanya ada materi saja? Di kelas gratis SEO ini, belum ada materi saja sudah ada tugas. Wkwkk.. 

Jadi jangan kaget kalau tiba-tiba ditumpuk dengan berbagai materi dan tugas dalam waktu yang bersamaan. So, siapkan mental, pikiran, dan tenaga yaaa. 

5. Jaga Kesehatan dan Semangat

Kita menginginkan membangun blog dan website menjadi baik dan sehat. Tentu saja diperlukan kerja keras saat mengikuti kelas BRT. Tapi, jika kita tidak bisa menjaga kesehatan, kemungkinan besar akan tumbang.

Bisa jadi kita akan di kick jika tidak mengerjakan tugas. Karena para coach tidak akan menerima alasan sakit atau apapun juga. Jadi, tetap jaga semangat dan tetap sehat agar bisa ikut kelas sampai akhir.

6. Manajemen Waktu

Setelah sepekan aku mengikuti kelas BRT, hal pertama yang aku sadari adalah manajemen waktu. Bagaimana kita bisa mengelola waktu untuk membagi aktivitas kita. Antara materi kelas, tugas kelas, dan kegiatan lain di luar kelas.

Tentu saja itu tidak mudah dan butuh waktu untuk menyesuaikannya. Untukku sendiri, aku biasa menggunakan waktu luang untuk mengerjakan tugas. Misalnya di tengah hari saat anak sudah tidur atau saat anak belum bangun. Bisa juga nih, ambil waktu saat kita sedang senggang. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu persiapkan jika ingin mengikuti kelas gratis BRT Network. Lalu apa aja sih yang dipelajari di kelas ini?

Tujuan Mengikuti Kelas BRT Network

Ada Apa di Kelas Gratis BRT?

Aku mengikuti kelas ini dari tanggal 1 Desember dan sudah sepekan berada di kelas.Banyak materi yang sudah dibagi, dan mengenal para coach yang luar biasa hebatnya.

Coach Hebat

Coach yang mendampingi kami di grup kelas BRT Class Desember yang berisi 79 anggota termasuk 6 coach didalamnya. Siapa saja kah? 

1. Mbak Monica Anggen

2. Mas Pewe (Mas Punto) 

3. Mas Priyo

4. Mas Zen

5. Mbak Marita Surya Ningtyas

6. Mbak Gemaulani (Gilang Maulani) 

Salah satu coach yang paling berkesan buatku adalah mbak Monica. Seorang yang pintar, tegas, rajin, tanggung jawab, dan gerak cepat. Karena kalau tidak ada mbak Monica, pasti grup tidak akan seramai ini. Aku suka dengan ketegasannya dalam mengkoordinasi kelas gratis SEO ini. 

Coach lainnya juga tidak kalah hebatnya, bahkan hampir semua pertanyaan dari para peserta mereka jawab satu persatu dengan sabar. Mungkin yang belum terjawab bisa jadi karena chatnya tenggelam. Karena hectic sekali saat chat grup mulai dibuka.

Keren sekali bukan para coach di kelas gratis SEO. Ditengah kesibukannya, mereka tetap memberikan ilmunya pada kita yang masih cupu. Semoga menjadi amal jariyah untuk para coach semua. Aamiin.

Materi Sepekan

Ada beberapa materi yang sudah diajarkan dalam sepekan ini. Materi yang sangat daging dan butuh ketelitian yang tinggi agar bisa menyelesaikan tugasnya.

Pertama, kita diajari untuk optimasi struktur blog. Biar blog kita lebih sehat dengan memperbaiki indikator SEO menggunakan MSI(Meta SEO inspector). Mulailah berkenalan dengan coding dan memperbaiki template blog kita. Kalau baru pertama kali mengenal kode/ script di blog pasti langsung pusing. Hahaa.. 

Kedua, belajar tentang parameter SEO Onpage bersama coach Pewe. Ada 18 parameter SEO Onpage yang harus kita gunakan saat menulis. Ini juga tidak mudah lho, karena saat menulis kita juga harus berpikir tentang parameternya. But, tetap semangat deh.

Ketiga, materi tentang Google Analytics(GA)  dan Google Search Console(GSC) oleh coach Priyo. Bagaimana cara memasang GA dan GSC agar blog bisa terdeteksi di google. Bisa mengetahui siapa saja pengunjung di blog kita. Salah satu kebutuhan penting yang harus ada di dalam blog. Jadi, jangan sampai terlewat materi ini yaa.. 

Selain ketiga materi diatas, masih ada materi lain yang akan disampaikan para coach di minggu berikutnya. Makin deg-degan nih sama materi dan tugasnya.

Kesan Para Peserta BRT Class Desember

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa anggota grup BRT Class Desember berjumlah 79 orang termasuk 6 coach didalamnya. Jadi ada sekitar 71 anggota yang mengikuti kelas ini. Tentu saja angka ini tidak pasti karena akan berkurang jika ada anggota yang keluar. Inilah beberapa kesan teman seperjuanganku dari kelompok A.

Kesan Teman Seperjuangan di Kelas Gratis

Kesan pertama dari mbak Devi dengan blog Bundamami Story. Seorang blogger yang mengikuti BRT Class Desember karena diajak oleh seorang temannya. Awal mula mengikuti kelas kaget dan blank karena belum mengetahui apapun. Tapi seiring berjalannya waktu, mulai terbiasa dengan aktif bertanya sehingga bisa mengikuti kelas sampai sekarang.

"Karena basic pendidikan saya bukan di IT, jadi harus belajar semuanya dari awal. Cara mengatasinya memang harus banyak membaca dan memantau info di grup. Karena ditinggal makan sebentar saja sudah 400an chat lho. Luar biasa." - Devi Indriasari.

Kesan selanjutnya datang dari teman seperjuangan saya yaitu mba Zulmi yang mendapat info kelas dari mbak Marita, sama denganku. Dapat mengoptimasi blog Zulmi's Diary adalah keinginannya untuk terus berjuang dan bertahan di kelas.

"Ketika sudah niat, maka harus bertanggung jawab untuk menuntaskannya. Semoga ikhtiar untuk mengoptimasi blog ini bisa mendukung blogku menjadi lebih bermanfaat." - Zulmi

Masya Allah.. Begitu luar biasa perjuangan mereka. Dimulai dari ilmu yang pas-pasan mencoba belajar secara mandiri agar bisa terus lanjut mengikuti kelas. Semoga kita semua bisa lulus bersama-sama yaaa :). Aamiin.. 

Bangun Blog Lebih Baik!

Mengikuti kelas gratis adalah impian semua orang. Siapa sih yang tidak tertarik dengan kata "gratis"? Tapi cobalah untuk berpikir ulang saat ingin mendaftar di kelas gratis. Apakah kita mampu mengikuti alurnya? Apakah waktu kita cukup? Apakah ikut kelas karena ingin memperluas jaringan network agar mendapat informasi untuk menambah penghasilan? Wah, kalau ini sepertinya sudah salah niat ya. Hahaa.

Dengan segudang materi yang diberikan oleh para coach agar blog menjadi sehat dari sisi SEO Onpage dan Offpage. Memperbaiki performa blog kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menjadikan kita bisa lebih mandiri dengan mempraktikkan ilmu yang dibagi. Semua itu diberikan secara cuma-cuma oleh para coach untuk menjadikan blog kita lebih baik. Akan rugi jika kita sampai melewatkan kelas gratis tapi berbobot seperti ini. 

Nah, itulah isi dari kelas gratis ini. Bagaimana menurutmu? Tertarik ikut kelas juga? Kelas Gratis BRT Network: Ayo sama-sama bangun blog kita!

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

80 komentar

  1. Jajaran coachnya aja semua blogger senior mbak.. Wow banget kelas ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, serasa ditantang dari awal lagi nih^^

      Hapus
    2. Mantap semoga lulus mbak.. Nanti sharing yaak.

      Hapus
  2. Sudah pasti materinya danging bgt ya mbak. Siapin mental dan hrs istiqomah buat ikut kls ini nih. Mksh mbak ulasannya, Bismillah next time bsa ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next time harus ikut mba.. Ilmunya beneran daging banget :D

      Hapus
  3. Keren banget deh ini kelasnya... Mau ikutan di next batch, semoga masih ada kesempatan...

    BalasHapus
  4. Keren ni, jadi pengen ikutan juga

    BalasHapus
  5. Kelas gratis yang mantap ini

    BalasHapus
  6. Masya Allah, semoga ilmu yag didapat dari kelas ini dapat dimanfaatkan dengan baik

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ilmunya

    BalasHapus
  8. Kapan2 kalau ada kelas baru kabari ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa besok saya ajari bikin blog dulu :D hehee,,

      Hapus
  9. Ini kelas apa mbak? Kayaknya seru ya, gratis juga..
    Bisa nih besok kalau ada pembukaan lagi bisa ikut daftar di kelasnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas SEO blog..
      Bisa lihat tutorialku untuk memulai ngeblog dulu disini :D

      Hapus
  10. aq blm terjun ke dunia blog, tp kl baca blog ini, ky nya seru banget apalagi ada kelas gratis, jd pengen ikut gabung nih...

    BalasHapus
  11. Pengen banget ikutan..tapi blm bisa bagi waktu..takut terbengkalai gak konsisten..huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, konsisten itu yg penting.. Semoga Allah mudahkan :)

      Hapus
  12. Swear karakter kelas yang kaya begini dengan tiga balita aku belum siap untuk turut mengenyam. Semoga next kalau ada lagi bisa ikutan. Bener-bener profesional nih coachnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget..
      Terima kasih sudah berkunjung kak^^

      Hapus
  13. Aku tu.penegn banget buat.blog hikss kok maju mundur maless harus buat 💪🏻

    BalasHapus
  14. Kefen, jadi mau ikutan belajar sm senior blogger hihi

    BalasHapus
  15. Aku mau ikutan dong beb, aku suka lakuin kegiatan produktif kaya gini bermanfaat bgt

    BalasHapus
  16. Salam kenal, Kak Fadmala. Saya penasaran banget nih dengan serunya kelas BRT. Ada bocoran nggak dari para coach, kelas selanjutnya mau diadakan kapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kak Nia^^
      Tahun ini yg terakhir nih kayaknya.. Untuk updatenya bisa cek akun IG dan web BRT saja kak :D

      Hapus
  17. Waw keren banget!!! Kelas gratis tapi dibimbing oleh 6 mastah. Worth it banget sih ini. Kabarin ya mb kalo ada next class :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba..
      Next kelas harus ikut nih mba Sendy :D

      Hapus
  18. Aduh, kalau aku kayaknya belum sanggup deh ikutan kelas yang begini. Masalahnya ada di waktu. Pekerjaan sehari-hari aja banyak yg blm tuntas wkwkkk....

    BalasHapus
  19. Kalo saja saya kena BRT duluan mungkin udah bergabung kelasnya. Sekarang ini saya baru belajar di kelas-kelas lain yang belum tuntas. hehe

    BalasHapus
  20. Wahhhh.. kerennn... semoga bermanfaat yaa mal.. penasaran juga ih ��

    BalasHapus
  21. Wah keren banget sih. Saya juga pengen ikutan dong kk. Gimana nih caranya

    BalasHapus
  22. Ini tuh beneran seru memang kak wkwkwk aku ikutan tahun lalu dan kalau diibaratkan daging, BRT itu wagyunya hahaha. Premium! Sukses terus kak!

    BalasHapus
  23. QA bangun blog perlu konsisten, niat dan kemauan belajar. Brt akan membuat hidup kita lebih semangat nulis

    BalasHapus
  24. Asyik bgt nih yg sdh bisa ikutan BRT. Banyak ilmu dan skill yg sdh didapat dong. Skrg waktunya utk praktek!!!

    BalasHapus
  25. Beberapa artikelku belakangan jadi susah terindex, padahal dulu lancar-lancar aja, kayaknya ada yang salah dengan HTMLnya,tapi nggak tau apa. Mau banget ikut kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang skrg agak sulit artikel terindex di mesin pencarian Google, walaupun link tulisannya sdh disubmit di GSC. Tapi klo tulisannya unik dan menarik serta penggunaan kata kuncinya oke dalam beberapa menit atau jam bisa terindex. Solusi lainnya, blognya di daftarin ke Google News ..... kalo sdh bisa terdaftar di Google News ...... tulisan di blog kita langsung terindeks di search engine Google dlm waktu beberapa menit - jam tanpa repot2 lagi submit link tulisan di GSC.

      Hapus
  26. Terus berkarya, semoga ilmunya bisa bermanfaat kedepannya

    BalasHapus
  27. Serunya jika ada teman seperjuangan ya mbak.... Belajarnya pasti makin semangat. Kmrn Dewi ingin daftar tapi berhubung desember masih banyak tugas di kantor jadi mundur deh. smg next bisa ikutan

    BalasHapus
  28. Semoga ilmu-ilmu yang diadakan ini bermanfaat bagi para blogger-blogger

    BalasHapus
  29. mau ikut, tapi belom tahu dapat info pendaftarannya dimana..
    apa BRT Network punya instagram atau website ?

    BalasHapus
  30. Pengen sih ikutan kelasnya BRT biar makin pinter jadi blogger, tapi aku lagi sibuk bangett gabisa bagi waktu. Semoga bisa lah ya, next!

    BalasHapus

  31. Kerja keras banget ya ngoprek ono age ama offpage ini. Tp emang usaha gak menghianati hasil. Keren mbak. Semoga brtahan sampe akhir yaaa. Semangat

    BalasHapus
  32. Akhir akhir ini banyak blogger yang ikut BRT.

    Saya jadi penasaran dan artikel ini semakin membuat saya yakin, saya juga butuh untuk ikut BRT. Nice article

    BalasHapus
  33. Keren nih kelas, materinya daging dan coachnya pun sabar banget dalam berbagi materi. Sukses terus ka.

    BalasHapus
  34. Ini mah walaupun gratis tapi freemium ya. Materinya daging semua. Beruntungnya teman-teman yang bisa gabung pelatihan di BRT.

    BalasHapus
  35. Kejam juga ya kalau sampai ada acara mengeluarkan peserta. Hehe. Kelas ini lebih konsen ke optimalisasi SEO untuk blog ya? Perlu juga nih di saya yang enggak pernah sama sekali merhatiin SEO. Hehe.

    BalasHapus
  36. Dari kemaren tertarik ama nih kelas. Please kasih tau gimana cara join ke kelas brt kak..

    BalasHapus
  37. Keren memang kelas BRT Network ini. Lain kali kalau buka pendaftaran, harus nyoba lagi buat daftar

    BalasHapus
  38. yee ... akhirnya sampai juga ke blognya mbak fadma, dari kemarin saya lewatin trus kalau ketemu atikel BRT.. hehehe

    BalasHapus
  39. ke 3 kalinya saya ikut kelas BRT mbak. Seneng selalu nagih, meski peraturannya ketat

    BalasHapus
  40. Ternyata sudah banyak yang ikut kelas BRT, katanya mental harus kuat, wkwk saya dengan banyaknya tugas kuliah apa bisa ya ikut kelasnya hehe...

    BalasHapus
  41. Semangat berjuang mba, semoga bisa belajar sampai materi terakhir ya. Sukses selalu

    BalasHapus
  42. huhu pas banget deh blog aku DA lagi turun dan aku mau tahu banyak tentang ads, kayaknya harus ikut kelas BRT ya mba

    BalasHapus
  43. Gratis bukan berarti bisa leha-leha ya. Ga kebayang tuh kaya apa aktifnya kelas, sampai ditinggal makan sebentar aja udah numpuk 400 chat 🤩

    Semoga bisa istiqomah & menyelesaikan kelas dan terutama kualitas blognya jadi upgraded after class.


    BalasHapus
  44. Wah, semua coach nya keren-keren dan memang ahli di bidang per blog an, pasti deh ilmu yang dishare nggak tanggung-tanggung. Mantap deh kelas BRT Network ini

    BalasHapus
  45. Makin banyak informasi tentang kelas BRT ini, aku makin tertarik nih buat ikut kelasnya, tapi aku bisa gak yah mengikuti semua aturannya, beluman aja udah takut aku nih, tapi tertarik banget. kalo mau daftar langsung ke mba monica atau kemana ya kak?

    BalasHapus
  46. wah senangnya bisa ikutan kelas gratis dari BRT Network ini
    emang klo ikut kelas ini kita bisa perbaiki blog kita ya mba
    biar lebih seo friendly

    BalasHapus
  47. Yang ikutan kelas BRT Network keceh2 banget blognyaa trafik pengunjung naiknya drastiss kapan2 pengen ikutan juga biar bsa dapat ilmu tentang dunia blogging

    BalasHapus
  48. Wah sebanyak itu chat materinya ya mbak. Sampai ratusan. Perlu ketangguhan nih ngikutin kelasnya

    BalasHapus
  49. Kayaknya haris konsentrasi tinkgkat tinggi dan aktif Juga untuk kelas BRT ini ya mba. Makasih informasinya. JAdi nambah ilmu pastinya :)

    BalasHapus
  50. Wah keren nih belajar soal blogging.
    Semoga sukses belajar ttg blogging-nya mbak, baik itu soal teknik, tulisan, maupun personal branding-nya ya.

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah, senang bisa ikut kelas ini juga meskipun di final akhirnya kena kick jugaa, hikks hikss, kusediiih sekali.
    tapi gpp, ilmu yang ada harus diterapkan, biar blog bisa jadi lebih baik :)
    Kelas Gratis BRT Network Desember kereeeenn :)

    BalasHapus
  52. Gak kebayang ramainya kondisi kelas BRT Network karena antara coach dan muridnya sama-sama memberikan feedback positif dan belajar bersama di kelompok-kelompok kecil.
    Seru dan bikin thrilling.

    BalasHapus
  53. Seru banget ya mbak pasti mendapatkan ilmu yang banyak apalagi belajar menaikkan DA sebuah blog dan juga BRT ini gratis pula.

    BalasHapus
  54. Kelas BRT ini bikin pusing kepala tapi kitanya jadi berani untuk ngoprek blog ya mbak. seruuu..

    BalasHapus

Posting Komentar