header fadmalalala

Dapatkan Penghasilan 30 Juta Pertama Dari Blog, Bagaimana Caranya?

Konten [Tampil]

Bisa nggak sih kita dapatkan penghasilan dari blog?

Mungkin sebelumnya aku menulis hanya untuk sekedar berbagi pengalamanku saja. Tapi di sisi yang lain, ada beberapa tulisan yang aku tulis dari job yang kuterima. Kadang tulisan job ini juga sebagai penyemangatku dikala aku sedang merasa down untuk menulis. Karena job adalah tanggung jawab yang harus aku kerjakan dan harus diselesaikan secepatnya.

Lalu dimana dan bagaimana cara kita mendapatkan job atau penghasilan dari blog? Apakah hasil dari menulis di blog bisa membuat kita mendapatkan penghasilan? Berapa sih penghasilan yang kita dapatkan saat menulis di blog?

Nah, disini aku akan berbagi cerita dan ilmu yang aku dapatkan dari short course gratis : 30 juta pertama dari blog. Penasaran? Baca sampai akhir yaaa :D.

penghasilan dari blog

Short Course Gratis : 30 Juta Pertama Dari Blog

Short Course yang diadakan oleh gabungan dari para senior blogger yaitu mba Jihan, mba Shafira, dan mas Rozak. Short course yang diadakan 3 hari berturut-turut di tanggal 26-28 Oktober 2021 lalu mempunyai materi yang berbeda-beda. Tentu saja, kursus gratis ini jarang sekali ada dan sayang banget kalau ditinggalkan.

Ketika kita beruntung bisa mendapatkan suatu ilmu dengan gratis, maka kita harus bisa mengoptimalkannya. Seperti short course ini, walaupun gratis tapi ilmu yang diberikan tidak asal-asalan. Alhamdulillah dan beruntung banget aku bisa masuk disini dan ikut belajar bersama-sama bareng teman lain yang tidak kalah hebatnya.

Apa saja isi short course selama 3 hari tersebut? 

Menulis Artikel Yang Baik

Hari pertama bersama mba Shafira Adlina, pemilik blog parenting yaitu ceritamamah.com. Mba Shafira memberikan sedikit ilmu tentang cara menulis artikel yang baik. Wow, baru hari pertama saja sudah langsung disuguhkan dengan tema yang menarik. 

Sebagai seorang blogger, kita harus bisa memberikan kenyamanan untuk pembaca. Agar tidak bosan saat membaca tulisan kita. Kalau saat kalimat pertama saja sudah membosankan, tentu saja pembaca tidak akan melanjutkan untuk membaca tulisan kita. Bisa jadi pembaca akan lari dan keluar dari blog kita, ya kan!?

Oleh karena itu kita harus bisa memberikan kalimat pembuka yang menarik pada blog. Bagaimana caranya? Tentu saja, kita tidak bisa secara langsung berhasil melakukannya. Tapi, kita bisa berlatih dengan terus menulis dan membaca agar bisa mendapatkan kosa kata baru untuk tulisan kita. Disini kegiatan blog walking sangat membantu sekali untuk mendapatkan referensi dari teman kita.

Selain memberikan cara menulis artikel yang baik, mba Shafira juga memberikan referensi untuk mendapatkan job dari menulis. Seperti Sosiago, Vira.id, dan yang lagi booming sekarang adalah IntellIfluence. Alhamdulillah disini aku sudah pernah mendapatkan job dengan bayaran dollar loh. Lumayan banget kan untuk pemula seperti aku ini. Hehee,,

SEO dan Tips Menang Lomba Blog

Materi hari ke dua bersama mba Jihan yang akhir-akhir ini selalu memenangkan lomba blog dengan hadiah jutaan rupiah. Keren banget pokoknya dengan karyanya yang menurutku tidak habis ide dan kosa katanya. Bisa saja menggabungkan cerita legenda Tionghua dengan tanaman tebu sebagai bahan bakar nabati di salah satu artikelnya.

Wow, keren banget deh..

Tips Lomba Blog

Banyak membaca, riset, cari tahu tentang pengelola dan penyelenggara lomba. Itulah beberapa cara yang kita perlukan untuk bisa memenangkan lomba blog. Tentu saja, kita juga harus mencari tahu seperti apa pemenang lomba blog sebelumnya. Seperti apa gaya bahasanya, tipe juri seperti apa yang akan menilai perlombaan.

Dengan beberapa riset tersebut, telah di buktikan oleh mba Jihan sendiri nih dengan hasil menang lombanya. Sampai saat ini saja sudah ada 34 hasil menang lomba blog yang didapatkan bersama blog jeyjingga. Masyaa Allah, semoga kelak aku bisa menang lomba juga yaa.. Aamiin..

SEO Dasar

SEO Dasar

Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan SEO adalah dasar dari seorang penulis. SEO membantu tulisan kita agar bisa masuk di halaman pertama di pencarian google. Karena orang jika mencari suatu informasi, yang dilihat pertama kali di google ada dihalaman pertama. Itulah pentingnya penggunaan SEO di dalam tulisan blog kita.

Bagaimana caranya?

1. Define 

Definisikan artikel yang akan dibuat. Topik apa yang akan kita tulis untuk artikel kita tersebut.

2. Riset

Riset tentang keyword. Kata-kata apa yang biasa diketik orang saat mencari di google. Nah, riset dalam pencarian keyword ini sangat penting sekali.

3. Optimasi

Optimasi konten dengan keyword. Didalam artikel kita, ada beberapa tempat yang harus ada keywordnya. Seperti di Judul, Paragraf Pertama, Paragraf Tengah, Akhir, Caption Foto, Nama File Foto, dan Permalink.

Hindari juga keyword stuffing, yaitu memasukkan keyword secara berlebihan sehingga menyebabkan spam keyword yang bisa memperburuk indexing google. Kita bisa menggunakan LSI Keyword (Latent Semantic Indexing). Atau biasa dikenal dengan keyword turunan, yaitu keyword yang relevan dengan keyword utama.

Google Adsense dan SEO

Hari terakhir di short course ini bersama mas Rozak, yang memberikan ilmu tentang SEO dan berhubungan langsung dengan Adsense. Materi hari terakhir ini menurutku singkat, jelas, dan sangat padat. Sampai tidak terasa kalau jamnya sudah mau habis. Hehee,,

Menurut mas Rozak, dalam sebuah artikel khususnya Adsense, kita harus mencantumkan keyword 5 dalam 500 kata. Wow, banyak juga ya menurutku. Dan niche sebuah blog lebih disarankan terfokus pada 1 pembahasan saja. Kenapa? Karena blog tersebut bisa untuk branding diri sendiri, mendapatkan trafik tinggi, dan kemungkinan mendapatkan bounce rate rendah.

Di dalam blog tersebut, kita disarankan membuat Artikel Pilar dan Artikel Pendamping. Artikel Pilar adalah artikel yang paling sesuai untuk membangun. Dibuat dengan jumlah kata lebih dari 2000 kata dan bisa dibuat untuk 4 sub bab. Dengan hasil riset keyword ber volume > 1000 ; CPC > 5000 yang bisa dicek di website ubersuggest atau bisa juga menggunakan tools yang dipasang di browser kita.

Sedangkan Artikel Pendamping menggunakan golden keyword dengan volume antara 100 – 300. Artikel pendamping bisa dibuat dengan minimal 500 kata yang digunakan untuk isi sub bab pada artikel pilar. Nah, artikel pendamping tersebut bisa menjadi link building atau link rekomendasi artikel lain untuk blog kita.

contoh artikel

Daftar Adsense 95% ACC

Nah, ini dia langkah yang diberikan oleh mas Rozak agar saat kita mendaftar Adsense bisa langsung diterima oleh google. Apa saja itu?

1. Memiliki Blog

Tentu saja kalau kita mau mendaftar Adsense blog harus punya blog dulu yaa :D. Blog yang kita punya boleh yang gratisan atau berbayar.

2. Niche Fokus

Sebenarnya niche Lifestyle untuk blog itu boleh saja. Tapi alangkah lebih baiknya, jika niche blog kita itu lebih spesifik. Nah, itulah yang lebih disukai oleh google.

3. Rutin Update Artikel

Saat kita mulai mengajukan Adsense, sebaiknya jika kita selalu update artikel. Minimal 1 hari 1 kali sampai akun Adsense kita diterima.

4. Navigasi Blog Jelas

Dalam blog kita, sebaiknya mempunyai navigasi yang jelas. Seperti tentang kami, disclosure, sitemap. Hal yang membuat term & condition dalam goolge adsense jelas. Kita bisa mencari privacy policy apa yang dibutuhkan saat mendaftar adsense.

5. Minimal Usia Blog 3 Bulan

Saat mendaftarkan blog untuk google adsense minimal usia blog adalah 3 bulan saat kita mendaftarkannya.

Cara mengoptimasi iklan Adsense agar rutin gajian adalah membuat blog kita mempunya trafik tinggi. Caranya adalah dengan memperbanyak artikel. Tapi, jangan sekali-kali mencoba untuk mencuri artikel orang lain ya.

Cara yang kedua adalah dengan peletakan iklan adsense. Lokasi yang disarankan agar orang klik iklan kita adalah iklan yang muncul pop up di halaman blog. Dan sebaiknya kita blokir iklan receh yang membuat pembaca tidak suka jika ada iklan tersebut.

Tidak ada blogger yang sukses tanpa kerja keras dan Jangan lupa investasi untuk masa depan. By Abdul Rozak

Terima Kasih untuk mba Jihan dan teman-teman atas ilmu dari Short Course Gratis untuk dapatkan 30 Juta Pertama dari Blog ini. Semoga saya dan kita semua bisa mendapatkan yang lebih dari hal yang kita sukai ini yaitu menulis.

Menulislah walau satu hari satu kata. Ungkapkan semua apa yang ada dikepala dalam sebuah tulisan. Karena tulisan ini bisa menjadi sebuah warisan, yang kelak bisa kita banggakan.

Related Posts

17 komentar

  1. Aamiin Mom, semoga dengan banyak belajar materi baru kesempatan juga akan terbuka :D beruntung banget ikut kelas ini ya Mom :D Aku setuju juga dengan "tulisan sebagai warisan", wah aku pribadi nggak sampai berpikir demikian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Iya nih mba, mungkin salah satu semangat buat nulis karna tulisan kita ini akan abadi dan bisa diwariskan.. Hehee,,

      Hapus
  2. Lengkap nih resume materi dari 3 narasumber short course blog. Mudah-mudahan semakin sukses ngeblognya seperti kesuksesan para narasumber yang kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Semoga kita semua dimudahkan menjadi seperti para mastah :D

      Hapus
  3. Senang ya bisa ikutan short course ini. Memang ikutan acara begini bikin tambah semangat buat menulis.

    Kadang bingung juga apa yang mau ditulis kalau lagi buntu ide. Setelah ikutan short course 30 juta jadi makin semangat deh. Makasih sudah sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba..
      Semoga selalu diberi semangat untuk tetap nulis ..

      Hapus
  4. Tuh kan, materi ini lagi... bikin aku makin nyesel gak jadi ikutan seminarnya... MAkasih mbak, resumenya lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih pak, sayang banget kalau dilewatkan.. Semoga next ada lagi yaa :D

      Hapus
  5. Wah pas luoa bisa buka catetan di sini nih. Ulasannya lgkp mba ;) bener bgt sih, tentang konsisten itu susah bgt. Ada masanya bener2 males buka laptop dan males nulis. Tp sayang ya, apalagi ga cuma nulis tapi cuan :') huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba :D
      Tapi mba widya udah lolos adsense ya.. semoga next daftar bisa keterima juga ya aku :D

      Hapus
  6. Alhamdulillah banget ya mbak. Bisa mengikuti shortcourse gratis ini yaa. Semoga kita bisa mengikuti jejak para mastah tersebut menjemput 30 juta dari blog, amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneer Alhamdulillah banget dapat ilmu yang daging semua..

      Hapus
  7. Menarik banget infografisnya, lucuuu. Bisaan ah punya ide begitu. Barakallah

    BalasHapus
  8. Wah,kalimat pembuka yang menarik menjadi salah satu kunci setelah judul yang menarik ya, Mbak. Makasih mb, senang banget kemarin ikutan shotrcourse ini

    BalasHapus
  9. Menarik banget ulasannya, semoga bisa praktek dan bisa dapet 30 juta dari blog

    BalasHapus
  10. Apakah hasil dari menulis di blog bisa membuat kita mendapatkan penghasilan? ini pertanyaan yang tepat atas serangkaian acara 3 hari shortcourse deh menurtku

    mulai bagaimana meramu tulisan sehingga dilirik dewan juri serta adsense itu kan kuncinya ditulisan.

    bersyukur bsia duduk depan di shortcourse ini. semoga ada lagi ya aamiiin

    BalasHapus
  11. Aku kebetulan juga ikut short Course Gratis 30 Juta Pertama dari blog ini, berharap semoga bakal ada kelas lanjutannya sih..

    BalasHapus

Posting Komentar