header fadmalalala

Pentingnya Mengetahui IHSG saat ingin Investasi di Aplikasi Investasi Terbaik

Konten [Tampil]
Aplikasi Investasi

Faktanya, pada saat akan berinvestasi ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan oleh investor, salah satunya IHSG. IHSG memiliki peran yang cukup penting dalam investasi, terutama saat investasi reksadana saham di aplikasi investasi terbaik.

Saking pentingnya, IHSG bahkan sering dijadikan sebagai acuan para investor untuk memutuskan membeli atau menjual investasinya. Jadi, sebenarnya apa itu IHSG dan apa saja fungsinya dalam investasi? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu IHSG?

IHSG merupakan singkatan dari Indeks Harga Saham gabungan. Dalam pengertiannya, IHSG merupakan sebuah grafik saham yang  menunjukkan seluruh pergerakan harga dari sekumpulan saham berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu yang kemudian dievaluasi secara berkala. 

IHSG menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi keputusan para investor reksadana untuk menjual atau membeli instrumen efek di pasar modal. Selain itu, IHSG juga biasanya digunakan untuk melihat situasi pasar global termasuk pasar saham Indonesia apakah mengalami kenaikan atau penurunan.

Fungsi IHSG dalam Investasi

Kenapa IHSG disebut-sebut memiliki peran yang penting dalam investasi reksadana? Tentu karena memiliki beberapa fungsi dan pengaruh pada investasi yang kamu lakukan di aplikasi investasi terbaik. Ini dia beberapa fungsinya.

1. Penanda Pergerakan Pasar

Salah satu fungsi utama dari IHSG ialah sebagai penanda dari pergerakan pasar untuk menentukan langkah berinvestasi di aplikasi investasi terbaik. Pasalnya, IHSG merupakan indeks pergerakan saham yang tercatat di BEI sehingga posisi IHSG dapat menunjukan situasi berbagai saham di pasar modal.

Karena itu, IHSG bisa menjadi salah satu indikator yang dapat dipercaya untuk melihat kondisi bursa saham saat ini. Jika saat ini tren IHSG sedang mengalami kenaikan, maka harga saham di BEI juga akan naik. 

Hal ini berlaku sebaliknya, ketika tren IHSG sedang turun, maka harga-harga saham di BEI juga secara umum juga sedang mengalami penurunan. Meskipun begitu, dalam kondisi ini masih ada beberapa saham yang bergerak terbalik dengan pergerakan IHSG saat itu. 

2. Tolak Ukur Kinerja Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan aset investasi yang saat ini kamu miliki. Berkat adanya IHSG, kamu bisa mengukur kualitas dari portofolio tersebut. Misalnya, hingga saat ini kamu sudah berinvestasi selama 10 tahun di aplikasi investasi terbaik. 

Lalu, dalam kurun waktu tersebut IHSG mengalami penguatan hingga 198%. Apabila dalam waktu tersebut kinerja portofolio kamu tidak mencapai nilai tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari strategi investasi yang saat ini kamu gunakan.

3. Mengukur Tingkat Profit Investasi

Mengukur Tingkat Profit

Percaya atau tidak, IHSG bisa membantu kamu mengukur tingkat profit investasi yang kemungkinan kamu dapatkan saat menanam dana di aplikasi investasi terbaik. Agar kamu percaya, mari kami berikan contoh.

Misalnya, pada tahun 2008 lalu IHSG berada dalam level 1.400. Selanjutnya, pada 5 tahun kemudian IHSG terus mengalami perkembangan hingga mencapai level 4.400. Artinya, kita dapat melihat bahwa pertumbuhan indeks dalam kurun waktu 5 tahun tersebut ialah 3.000 atau setara dengan 214%. 

Jika dikonversi dalam waktu per tahun, didapatkan indeks pertumbuhan pada angka 42,8%. Jadi, kamu bisa mengukur rata-rata tingkat keuntungan yang seharusnya kamu dapat dalam kurun waktu satu tahun dari kisaran angka tersebut saat berinvestasi di aplikasi investasi terbaik.

4. Jendela Pertumbuhan Ekonomi

Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi negara. Namun, keberadaan IHSG di sini tidak kalah penting untuk membantu mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi negara, termasuk perekonomian di Indonesia. Kondisi perekonomian ini tentunya memiliki keterkaitan dengan investasi.

5. Acuan Berinvestasi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa IHSG seringkali dijadikan sebagai acuan untuk berinvestasi di aplikasi investasi terbaik oleh para investor. Pasalnya, nilai indeks harga saham gabungan akan memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai kondisi pasar saat ini.

Dengan demikian, para investor bisa mengambil kesimpulan dengan lebih mudah untuk menentukan langkah investasinya di aplikasi investasi. Apakah mereka akan membeli atau justru menjual investasi saham yang saat ini dimiliki.

Investasi Aman Bersama digibank by DBS

Selain mengetahui IHSG, untuk bisa menjalankan proses investasi dengan baik kamu juga harus memiliki aplikasi investasi terbaik yang bisa memberikan berbagai kemudahan. digibank by DBS merupakan salah satu aplikasi yang memberikan layanan investasi dengan membawa beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut.

Buka Rekening dari Smartphone

Tidak perlu antri ke bank, untuk bisa buka rekening digibank by DBS kamu hanya perlu memiliki smartphone dan koneksi internet. Tidak perlu lagi mengisi dokumen berlembar-lembar, karena semua data pendaftaran bisa kamu ketik dengan mudah di smartphone.

Verifikasi Mudah

Aplikasi investasi dari digibank by DBS menawarkan proses verifikasi yang mudah, karena sekarang Aplikasi digibank by DBS sudah bisa menggunakan face biometric, yaitu hanya dengan menyiapkan e-KTP kamu, kemudian dilanjutkan dengan pengisian biodata lalu diselesaikan dengan verifikasi wajah melalui kamera depan handphone kamu, atau bisa juga mengunjungi booth-booth digibank yang ada di kota kamu.  

Transfer dan Tarik Tunai Tanpa Biaya

Nikmati kemudahan transfer kemana saja tanpa terhalang oleh biaya admin bersama aplikasi investasi digibank by DBS. Selain itu, kamu juga bisa tarik tunai tanpa biaya di semua ATM dengan syarat memiliki saldo minimal rata-rata Rp1 juta per bulannya.

Memiliki aplikasi investasi terbaik yang membawa banyak manfaat tentu merupakan impian semua investor. Mari wujudkan impian tersebut bersama digibank by DBS. Nikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan aplikasi tersebut, termasuk investasi aman, nyaman, dan tepercaya karena telah terdaftar di OJK.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

Posting Komentar