header fadmalalala

Why Blogging dan Bagaimana Cara Memulainya?

Why Blogging? Sebelumnya, aku mau sedikit cerita tentang aku mulai melakukan kegiatan blogging. Sebenarnya, aku sudah kenal blog sejak tahun 2012. Awal mula aku buat blog dengan media blogspot karna tugas kuliah mengharuskanku untuk punya blog. Kalian bisa lihat blog ku sebelumnya disini fadmala014.blogspot.com. Bisa terlihat kan sudah lama sekali tidak tersetuh dan mulai bersarang. Hehee..

Karena inilah aku mulai sadar dan mulai serius lagi untuk memperdalam ilmu blog ku. Awalnya bingung juga karena tidak tahu dimana harus belajar. Singkat cerita, aku dapet kenalan dari temen media sosial dan di ajak untuk belajar blog bareng. Dan bersyukur sekali aku bisa masuk ke kelasnya kak Marita Ningtyas yang merupakan owner dari blogspedia. Kalau mau tau lebih tentang kak Marita, kalian bisa juga kepoin Instagramnya di @maritaningtyas. 

Bagaimana Cara Memulai Blogging


DEFINISI BLOG DAN KEGUNAANNYA

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan pada sebuah halaman website. Tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut [source: wikipedia].

Menurut kak Marita sendiri blog itu hampir mirip dengan website, tapi biasanya lebih personal karena dikelola secara pribadi. Sedangkan Blogging itu sendiri merupakan aktivitas yang berkaitan dengan blog, updating blog dengan konten – konten yang berkualitas.

Manfaat Blogging

Manfaat dari blogging itu sendiri menurut kak Marita ada beberapa yaitu:

  • Menyalurkan hobi
  • Mengutarakan opini
  • Berbagi kisah, inspirasi, tips
  • Mengikat ilmu
  • Self – healing
  • Karena pekerjaan
  • Mengerjakan tugas, seperti tugas kuliah/ tantangan grup menulis
  • Mencatat portofolio anak

Mengapa Memilih Blog?

Banyak pertanyaan, kenapa memilih blog, bukan menggunakan catatan, notepad, atau sejenisnya? Karena blog mudah bikinnya, mudah dan lebih rapi penyimpanannya, Mudah dibagikan ke orang lain, Mudah perawatannya, Proses publish cepat dan tidak perlu menanti diselksi penerbit juga acc editor dan sebagainya.

Blogging juga merupakan personal touch dan kita bisa menjadi diri sendiri dengan postingan atau konten yang kita buat. Blogging juga bisa menjadi personal branding.

6 TIPS BLOGGING

1. FOKUS

Blogging membutuhkan waktu khusus, kita harus mengalokasikan dan memberi waktu khusus untuk kegiatan blogging. Blogging sebaiknya dalam keadaan yang tenang, tidak terburu-buru. Karena hasil dari tulisan kita nantinya mencerminkan kondisi kejiwaan saat proses penulisan. Jadi, sebaiknya kita alokasikan waktu khusus untuk kegiatan blogging ini.

2. Know What You Do, Do What You Know

Saat kita menulis, pastikan kita tahu apa yang akan kita tulis di dalam blog. Hal ini akan menghindari kita dari kemacetan saat proses menulis, mendadak blank, tulisan acak, dsb. Sebaiknya kita mencatat dahulu point-point yang akan kita tulis, mencari calon judul dan sub-subnya, dan selesaikan tulisan setelah itu baru kita edit tulisan kita. Jangan berhenti di tengah proses menulis untuk mengedit.

3. Jangan Jadikan Uang Sebagai Tujuan Utama

Dari pengalaman pribadi kak Marita, banyak yang bertanya gimana cara dapat duit dari ngeblog? BANYAK caranya! Tapi kak Marita selalu menyarankan “NGEBLOG LAH DENGAN HATI. Apa yang kita kerjakan dengan hati, akan menyentuh banyak orang. Ketulusan akan dibayar dengan rizki Allah yang berlipat-lipat, salah satunya dari sisi materi”. Menghasilkan uang adalah bonus karena melakukan hal yang dicintai dengan penuh suka cita.

4. Learn Under Fire

Jangan pernah langsung berproses untuk menulis termasuk blogging tanpa pemikiran dan perencanaan. Namun, jangan menghabiskan banyak waktu untuk mengeksekusi. Jangan menunggu untuk suasana hati yang baik. Belajar dari kesalahan sebelumnya.

Cara Buat Content Plan:

  • Buat jadwal postingan bulanan/ mingguan/ harian
  • Tuliskan tema
  • Catat referensi penulisan yang akan digunakan
  • Bisa menggunakan exel, canva, buku tulis

5. Build Your Personal Branding

  • Selalu update akun sosial media dengan postingan positive
  • Banyak klien saat ini mencari rekanan blogger tidak hanya melihat kualitas blognya, tapi juga melalui sosial medianya. Maka pastikan gunakan sosial dengan bijak
  • Jangan kunci sosial media
  • Perhatikan jumlah follower dan engagement sosial media
  • Pilihan niche blog juga bisa mendukung personal branding kita

6. Consistency

Sebaiknya punya jadwal khusus untuk updating blog, khususnya blog baru, sebisa mungkin setiap hari rutin update blog. Saat branding blog sudah semakin dikenal, bisa minimal seminggu sekali posting. Usahakan jangan sampai sebulan tidak ada postingan sama sekali.

Salah satu tips agar konsisten dan semangat ngeblog adalah gabung dengan komunitas blogger. Karena disana bisa menambah semangat kita agar semangat untuk membuat postingan di blog.


CARA MEMULAI BLOGGING

  1. Mulailah dengan niat lillahi taala
  2. Berbagi inspirasi dan manfaat
  3. Pilih platform yang sesuai
  4. Mulai nulis deh, posting dan publikasikan ke sosial media
  5. Gabung dengan komunitas blogger untuk mendapatkan info, ilmu dan teman-teman yang akan menguatkan konsisensi kita blogging. Contoh komunitas blogger: ODOP Squad Blogger, BRT, Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Gandjel Rel (Semarang & Jateng), Blogger Crony, ISB, dsb.

9 KEMAMPUAN MINIMAL BLOGGER

  1. Mengganti template (theme)
  2. Membuat halaman statis umumnya berisi halaman About, Sitemap, dan lain-lainnya
  3. Memasang widget di sidebar
  4. Memotong artikel agar terpampang di halaman depan hanya potongan-potongan artikel
  5. Memasang gambar atau foto pada artikel
  6. Memasang link pada anchor tertentu
  7. Memasang link pada gambar
  8. Memasang banner di sidebar maupun pada badan artikel
  9. Bermain di dashboard untuk membuat draft artikel beserta pernak-pernikya.

[source: www.abdulcholik.com]


Demikian Why Blogging dan cara untuk memulai kegiatan blogging dan aktivitasnya. Terima kasih sudah membaca dan semoga postingan ini bermanfaat.

TTD fadmalalala


Related Posts

11 komentar

  1. Terima kasih sudah menuliskan resume dengan cantik. Keep blogging ya mbak.

    BalasHapus
  2. wah tulisannya mantap kak, banyak banget ilmu yang bisa saya ambil dari tulisannya. setelah aku baca masih ada hal-hal yang masih aku belum ketahui seperti k2, misalnya Memasang widget di sidebar. Semangat kak nulisnya, jangan pernah bosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita belajar sama" nih..
      Semangat semoga kita selalu konsisten untuk belajar :D

      Hapus
  3. Artikelnya paket komplit ya mbak, sangat membantu buat saya yang masih newbe dan lagi belajar buat serius menekuni dunia blog 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paketnya masih belum komplit kok mba..
      Kita belajar sama" ya mba agar blog nya makin kece..hehee,,

      Hapus
  4. tips yang nomor 6 kayaknya masih harus dikelola ... saya sangat sulit untuk konsisten dalam hal menulis , mood nya naik turun dan juga karena ada hal lain...

    BalasHapus
  5. Wah... Mantap banget. Makasih sudah berbagi ilmu. Lumayan detail

    BalasHapus
  6. Wah seru juga ya tugas kuliah pakai blog. Aku tugas SMA bikin blog, kulia gak kepake wkwk. Happy blogging ya mbak. Semoga kita bs konsisten berbahagia lewat blogging ;)

    BalasHapus
  7. Diantara 9 kemampuan minimal blogger masih banyak yang belum ku kuasai mbak, semoga selalu diberi kemudahan dalam belajar dan terus berproses menuntut ilmu.

    BalasHapus
  8. resumenya komplit mbaaakkk.. tetap semangat untuk ngeblog ya...

    BalasHapus

Posting Komentar