header fadmalalala

Yuk Jualan Online! Tips Jualan Untuk Pemula Agar Laris

Konten [Tampil]
Cara Menarik Pembeli eCommerce dengan Mudah

Ingin menambah penghasilan sehari-hari? Yuk jualan online!

Sebagai ibu rumah tangga, ingin sekali menambah kegiatan yang bisa menambah penghasilan. Banyak juga yang bertanya padaku tentang pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah. Karena pekerjaan utama kita tetap menjaga anak dan mengurus rumah.

Sering sekali saya memberikan solusi untuk berjualan online. Tapi apalah daya, banyak juga yang mengeluh tidak mengetahui cara berjualan online. Bagaimana cara berjualan online agar bisa laris? Karena sering sekali teman saya mengeluh sepi pembeli saat berjualan online.

Hem..

Pernah juga kah kamu mengalaminya? Kalau iya, yuk simak tips jualan online untuk pemula.

Tips Jualan Online Untuk Pemula

Sukses merupakan hak semua orang. Dan saya percaya bahwa kita semua memiliki kesempatan untuk meraih kesuksesan. Tinggal bagaimana cara kita untuk meraih kesuksesan tersebut.

Seperti berjualan online ini, walau sudah banyak sekali persaingan, tapi rezeki dari Allah pasti tidak akan tertukar. Dengan berusaha secara maksimal, saya yakin sukses pun akan menghampiri kita. Satu hal yang pasti adalah berusaha semaksimal mungkin dan lakukan yang terbaik.

Nah, disinilah saya akan berbagi informasi tips jualan online untuk pemula agar laris. Harapannya, dengan mengikuti setiap step dan step ini kita bisa memaksimalkan jualan kita. Apa saja kah tipsnya?

1. Tentukan Jenis Jualan

Mau berjualan online tapi tidak tahu barang apa saja yang ingin dijual? Inilah yang harus kita hindari!

Saat kita ingin berjualan, sebaiknya kita menentukan jenis barang apa yang akan kita jual. Apakah produk makanan, skincare, busana muslim, atau produk elektronik. Tentukan pilihan produk yang akan kita jual tersebut. Agar kita dapat menentukan siapa saja target pasar yang kita tuju.

Dengan menentukan jenis barang yang akan kita jual dapat memudahkan langkah kita selanjutnya. Karena kita sudah fokus dalam satu hal tersebut untuk menentukan target pasar kita.

2. Jual Barang Dengan Peminat Tinggi

Setelah mengetahui jenis barang yang akan kita jual, sebaiknya kita memilih barang dengan minat jual yang tinggi di pasaran. Nah, untuk hal ini kita juga bisa mengikuti trend atau hari besar yang sedang berlangsung di Indonesia.

Seperti saat lebaran, pasti banyak sekali yang mencari baju baru untuk hari raya. Maupun pernak perniknya, seperti jilbab, sepatu, tas, maupun HP. Siapa yang membeli HP baru di lebaran tahun ini hayoo :D.

3. Aktif Medsos

Untuk menarik pengunjung dari berbagai daerah. Maupun teman kita yang dekat dan jauh, sebaiknya kita tetap aktif di media sosial. Dengan tetap aktif di media sosial, orang menjadi tahu bahwa kita aktif berjualan online. Customer juga lebih percaya dengan seller yang selalu update dimana saja.

Sosial media juga merupakan salah satu channel penting untuk menarik customer. Karena kita juga tidak bisa mengetahui dari mana info datangnya customer tersebut. Dengan adanya media sosial, kita juga bisa memperluas jaringan kita untuk berjualan.

4. Foto Menarik

Apa hal pertama yang kita lihat saat ingin membeli sesuatu secara online? Tentu saja itu adalah foto! Foto yang menarik merupakan salah satu kunci utama kita untuk menarik customer. Khususnya saat kita berjualan secara online.

Foto yang menarik, sesuai dengan aslinya, dan hasil foto jernih yang sangat disukai customer. Customer lebih percaya dengan produk yang sesuai dengan aslinya daripada foto produk yang lebih banyak editan. Dan hasil akhirnya adalah dengan mengecewakan customer. Inilah yang harus kita hindari. Atau bisa juga kita berkreasi dengan cara mendesain foto agar hasilnya lebih menarik.

Foto produk bisa kita lakukan dengan HP kok. Karena sekarang banyak sekali jenis HP yang bisa menghasilkan foto seperti profesional. Dengan sedikit teknik, maka kita bisa menghasilkan foto produk yang berkualitas. Yuk jualan online! Dengan foto produk andalan kita!

Contoh Foto Menarik

5. Deskripsi Produk Lengkap

Selain foto, deskripsi produk juga merupakan hal yang perlu kita perhatikan. Sebaiknya kita memberikan deskripsi produk secara lengkap. Karena customer akan mengetahui detail produk yang kita jual di deskripsi produk tersebut.

Seperti baju, kita membutuhkan ukuran yang pas untuk badan. Bahan dari baju juga penting untuk disebutkan. Agar customer tidak kecewa dengan hasilnya saat barang datang. Spesifikasi dan detail dari barang yang kita jual juga bisa menarik minat customer untuk membeli produk kita lho.

6. Berikan Layanan Terbaik

Pembeli adalah raja. Ingat pepatah ini? Siapa sih yang tidak ingin diberikan pelayanan yang baik? Apalagi calon customer? Pastinya mereka ingin diberikan pelayanan yang terbaik dari kita sebagai seller.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk memberikan pelayanan yang baik secara online?

  • Fast Response

Saat pelanggan ingin membeli sesuatu dan ingin mengetahui secara detail tentang barang tersebut tentu saja mereka akan bertanya. Saat inilah kita harus bisa berusaha memberikan respon yang cepat untuk customer. Agar customer tidak lari ke seller yang lain. Hehee.

  • Ramah

Seller yang ramah pasti lebih disukai oleh customer. Saat customer bertanya apapun, sebaiknya kita menjawabnya dengan ramah dan sabar. Dengan begitu customer juga akan memberikan penilaian yang baik untuk kita.

7. Gunakan Diskon atau Promo

Siapa sih yang tidak suka dengan diskon atau promo? Kenyataannya, orang di Indonesia sangat menyukai diskon maupun promo. Kita bisa menggunakan teknik marketing ini untuk menarik customer. Jika usaha kita masih muda, kita bisa menggunakan promo sedikit demi sedikit.

Promo dilakukan selain untuk menarik minat customer, juga bisa membuat customer ingat dengan toko kita. Dengan begitu customer akan kembali lagi ke toko kita kedepannya. Ini merupakan salah satu cara menarik pembeli eCommerce dengan mudah.

8. Gunakan Marketplace

Jika kita ingin memperluas target penjualan, sebaiknya kita menggunakan Marketplace sebagai pilihan untuk berjualan. Marketplace merupakan platform yang berperan sebagai pihak ketiga, dan menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

Ingin mempunyai toko sendiri? Yuk jualan online menggunakan Lazada sebagai Marketplace pilihan.

Lazada Sebagai Marketplace Pilihan

Lazada merupakan platform eCommerce terdepan di Asia Tenggara. Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam merupakan negara yang sudah terhubung dengan Lazada ini. Lazada juga memiliki misi yang sangat besar. Yaitu melayani lebih dari 300 juta pelanggan. [Howwesell.asia]

Lazada Club Indonesia merupakan salah satu komunitas seller terbesar di Indonesia. Dengan beranggotakan lebih dari 23 ribu orang. Wow, keren sekali bukan. Dengan banyaknya seller yang bergabung dengan Lazada, tentu saja Marketplace ini merupakan pilihan untuk berjualan online. Yuk jualan di Lazada!

Cara Gabung Menjadi Seller

Cara bergabung menjadi seller di Lazada sangat mudah. Sebelum mendaftar, sebaiknya kita mempersiapkan dahulu data yang diperlukan. Syarat untuk menjadi seller Lazada, kita harus mempersiapkan identitas diri KTP dan buku tabungan. Buku tabungan harus sesuai dengan identitas diri kita yang dipakai ya.

Inilah langkah mendaftar menjadi seller Lazada:

  1. Masuk ke web Lazada.co.id
  2. Pilih tombol "Menjadi Seller"
  3. Pilih salah satu seller yang kita inginkan. "Lazada" atau "Lazmall".
  4. Isi data seller yang diperlukan Lazada.
  5. Setelah selesai, lalu login dengan sandi yang kita buat tadi.
  6. Selesai. Toko Lazada siap digunakan.

Yuk Jualan Online

Hal yang perlu kita perhatikan adalah satu data rekening yang sudah didaftarkan hanya bisa digunakan untuk satu akun saja. Bagaimana, mudah bukan cara mendaftar menjadi seller Lazada. Lalu bagaimana cara kita untuk mulai menjual barang dagangan?

Cara Berjualan di Lazada

Setelah kita bergabung menjadi seller Lazada, kurang lengkap kalau tidak upload barang dagangan kita. Inilah langkah untuk menjual barang dagangan di Lazada.

  1. Masuk ke akun Seller Center Lazada
  2. Pilih gambar tas, dan klik "Tambah Produk"
  3. Masukkan semua data dan deskripsi produk yang akan dijual.
  4. Jika semua data dan deskripsi produk sudah diisi, lalu klik "Simpan & Tampilkan"
  5. Maka produk akan tampil di toko Lazada kita.

Jualan di Lazada

Mudah juga bukan untuk jualan di Lazada. Jangan khawatir kalau bingung, karena pelayanan Lazada selalu siap membimbing kita untuk menjadi seller profesional di Lazada. Selain itu, Lazada juga memberikan tips bagaimana Cara Menarik Pembeli eCommerce dengan Mudah.

Mau tau manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan menjadi seller di Lazada?

Manfaat Menjadi Seller di Lazada

Kenapa memilih jualan di Lazada? Apakah ada alasan khusus? Hem, saya sendiri pun belum pernah merasakan langsung. Tapi, ternyata dengan menggunakan Lazada banyak manfaatnya lho. Apa saja itu?

  • Daftar mudah dengan 1 langkah
  • Pendampingan seller baru selama 90 hari
  • Gratis ikut promo/ campaign
  • Portal belanja terbesar di Asia Tenggara
  • Validasi dalam 1 hari
  • Komisi 0%*

Wah, dengan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips berjualan online untuk pemula ini, kita bisa menambah skill berjualan di marketplace. Tips yang bisa digunakan untuk siapa saja dan kapan saja, bahkan untuk saya sendiri sebagai ibu rumah tangga. Tips ini mudah diikuti dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan.

Lazada Sebagai Marketplace Pilihan

Lazada sebagai Marketplace pilihan memudahkan kita untuk menjual barang dagangan. Pelayanan dan informasi untuk seller baru pun sangat lengkap. Sehingga kita tidak akan kebingungan untuk mencari info yang dibutuhkan. Semua tutorial yang ada bisa langsung diikuti dengan baik.

Asalkan kita rajin update, ramah melayani customer, dan memberikan yang terbaik maka customer akan puas dengan pelayanan kita. Bisa jadi customer akan kembali lagi ke toko kita nantinya.

Inilah beberapa tips jualan online untuk pemula agar laris. Yuk jualan online! Dan menjadi seller di Lazada. Saya sendiri sudah mendaftar menjadi seller di Lazada, bagaimana denganmu? Adakah tips lain yang biasa kamu lakukan? Share pengalamanmu di kolom komentar yuk.

Terima kasih.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

61 komentar

  1. Buku kayaknya bukan termasuk yang peminatnya tinggi, ya. Tapi, dengan menerapkan semua tips lainnya bisa aja tetep sukses jualan online, nih.

    BalasHapus
  2. Benar kak, aku sudah jualan online di ecommerce, puji tuhan jangkauan pembeli toko aku kini ke seluruh Indonesia, mantap nih cara mendatangkan pembeli, segera aku aplikasikan

    BalasHapus
  3. Hebat nih kalau bisa jualan online di lazada berarti suatu kemajuan atas produk yang kita jual. Cuan di depan mata

    BalasHapus
  4. Ternyata dapat pelatihan juga, ya. Keren nih Lazada. Bisa ikut promo gratis juga.

    BalasHapus
  5. Aku juga pernah jualan online kak. Dan betul banget kalau foto produk itu menentukan minat pembeli banget. Selain itu jangan lupa sering-sering promosi aja

    BalasHapus
  6. Wah berarti harus pilih2 nih produk yg peminatnya tinggi jadi bakalan terus dicari orang. Semua tipsnya bermanfaat banget nih, Mbak

    Selain syaratnya mudah, ternyata ada sistem pendampingan juga ya selama 90 hari. Jadi gak dilepas gitu aja setelah daftar. Keren nih, Mbak.

    BalasHapus
  7. Semakin banyak market place yang bisa menjadi tempat jualan online untuk pelaku UKM ya mbak. Saya tuh suka ngasal kalau foto produk. Tapi sekarang kayaknya harus lebih bagus kalau mau foto produk deh.

    BalasHapus
  8. Aktif di medsos dan pengambilan foto yang bagus pastinya sangat menunjang bisnis kita dalam berjualan online. Bergabung di ecommerce juga sekaligus berkesempatan memperluas keahlian dan jejaring kita ya

    BalasHapus
  9. Tips pertama itu, menentukan jenis jualan harus benar2 dipikirkan ya, Mbak .. jangan sampai jualan kita gak unik, banyak samanya, berdekatan pula jaraknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang selalu jadi kendala saya juga lho Kak. Soalnya ada tetangga yang kalau saya jualan apa, eh dia ikut jualan juga. Saya ganti jualan apa, tidak lama ia ikutan ganti juga. Hadeuh, jengkel jadinya

      Hapus
  10. saya pernah belanja di lazada, menurut saya emang harganya lebih murah dibanding yang lain. kualitas juga hampir sama. tapi saya sendiri belum buka toko online di lazada nih, padahal peminatnya banyak ya

    BalasHapus
  11. Jualan di Lazada banyak untung dan banyak supportnya dari Lazada.. apalagi ada aplikasinya juga yaaa agar seller-seller pemula lebih terbantu dan semangat jualan.

    BalasHapus
  12. Wah, uang punya bisnis online wajib nih gabung di Lazada
    Biar lebih berkembang bisnisnya

    BalasHapus
  13. Lazada memberikan tempat buat kita yang mau jualan online dg cara yang mudah nih. Jadi pengen memulai untuk jualan juga.

    BalasHapus
  14. Jualan online akan lebih menguntungkan jika bergabung dengan Lazada ya mbak
    biar bisa laris manis

    BalasHapus
  15. Selama ini punya akun hanya buat belanja doang, Kak. Sepertinya boleh juga nyoba buat jadi seller. Apalagi ada pendampingan untuk seller baru, yaa. Mm, cuss daftar, ah...

    BalasHapus
  16. Bener banget deh ini mbak... Lazada emang keren ya,,bisa menyediakan pelatihan juga untuk para sellernya

    BalasHapus
  17. Foto dan deskripsi lengkap itu bagian penting buat jualan kak, agar menarik konsumen dan menyakinkan bahwa foto sesuai produk..

    BalasHapus
  18. Kini tanpa ragu menjadi seller di LAZADA, karena mendapat banyak keuntungan dan kelebihan.
    Senang sekali menjadi pengusaha dipermudah dengan online dan diperkuat dengan digital marketing yang diberikan dari tim LAZADA.

    BalasHapus
  19. Aku suka nie kalau jadi sellernya Lazada ini berarti kita dapat pelatihan dari mereka. Ini menambah pengetahuan kita juga. Enak banget jualan di Lazada.

    BalasHapus
  20. bagus banget tulisannya
    karena banyak yang latah ingin jualan online tapi gak tau caranya
    akhirnya bangkrut dan nyalahin ini itu, padahal penyebabnya karena kurang persiapan

    BalasHapus
  21. Aku pernah berjualan di marketplace oren, ijo dan merah, tapi lagi akunmode libur, karena adminnya yang lumayan gede. Belum pernah nyoba di lazada nih, tenkiu artikelnya mbak, mau belajar lagi

    BalasHapus
  22. menentukan jenis jualan ini yang masih mikir sampai sekarang, tapi lihat cepatnya proses jadi seller di Lazada jadi ingin buka usaha apalagi dibimbingnya sampai 90 hari, di validasinya juga cepat.

    BalasHapus
  23. waaah, makasih banyak kak tipsnya. bermanfaat nih buat aku online shop pemula. karena digital marketing emang gampang-gampang susah, jadi mesti banyak belajar :)

    BalasHapus
  24. Sebagai pemula aku jadi sedikit menarinkesimpulan untuk modal biar usaha makin lancar.
    Yakni minimal punya kemmampuab marketing da fotografer yang baik.

    Dan satulagi pelayanan seneng aku sendiri jika ketemu sama penjuak yang ramah dan sat set jadi pengen balik beli kagi

    BalasHapus
  25. Niat mau jualan online tapi sampai sekrang bingung mau jualan apa nih ka padahal kalau memang niat bisa dengan mudahnya jualan online di Lazada semua prosesnya jga gampang

    BalasHapus
  26. Berjualan online di Lazada banyak keuntungannya ya mbak. Wah, memang seru banget dengan kreativitas tinggi masyarakat bisa mempelajari digital marketing supaya produknya laris terjual. AKu sudah follow blognya ya, salam kenal :)

    BalasHapus
  27. Saat ini jualan online memang lebih asik ya, Mbak. Btw, foto-foto untuk produk-produk yang dijepret oleh Mbak Fadma ini keren loh, Mbak. Jadi pengen jualan online juga nih di Lazada setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  28. Makasih Mba penjelasannya, emang jualan online sekarang tuh lagi naik banget ya apalagi sejak pandemi kayaknya orang-orang makin doyan aja nih untuk belanja online dan dengan gabung ke Marketplace biasanya jadi untung juga untuk pembeli dan penjualnya sendiri ya

    BalasHapus
  29. Sekarang jualan online kalau ngga lewat marketplace juga susah yaa, kwkwkw . jadi keberadaan marketplace juga jadi membantu seller bangett

    BalasHapus
  30. Agar bisa menjual barang dengan peminat yang tinggi, kudu observasi dulu ya, Mbak tapi jangan sampai menyerah ya dalam berobservasi, ntar gak jadi2 jualannya.

    BalasHapus
  31. Saya suka belanja online di toko yang kasih deskripsi lengkap. Seringkali saya malas bertanya-tanya. Pengennya langsung beli aja kalau tertarik

    BalasHapus
  32. Wah, Alhamdulillah dapat ilmu baru tentang jualan online nih. Walau dari dulu hingga sekarang minat jualan itu masih belum ada. Namun, bis jadi ilmu di artikel Kakak ini dapat bermanfaat bagi Teddy suatu hari nanti.

    BalasHapus
  33. Sejak mengenal jualan, aku mulainya dengan olshop. Nah kuncinya emang bener, foto menarik dan jualan di tempat yang tepat kayak e commerce sangat menentukan peluang larisnya produk. Aku belum nyoba di Lazada, mau nyoba ah.

    BalasHapus
  34. Aku juga suka kalau jualannya bagus dan dilengkapi dengan deskripsi produk yang mudah dipahami. Jadi pas mantep beli, gak ake tanya-tanya banyak, tinggal gercep.
    Di LAZADA juga disediakan pelatihan digital marketing yang oke banget yaa..

    BalasHapus
  35. Dennise Sihombing30 Mei 2022 10.15

    Nah dapat tips nih bagaimana jualan online bagi pemula. Terpenting memang mom diseriusin sih ya.. Aku pernah jualan online tapi gagal

    BalasHapus
  36. Jualan online itu engga gampang, tapi kalo udah dapat pelanggan, penghasilan bisa luar biasa banget. Tips2 di atas ngebantu aku banget karna aku lagi pengen buka usaha tapi masih butuh banyak refrensi dari orang yg udah punya pengalaman.

    BalasHapus
  37. Cara untuk menjadi seller di Lazada cukup mudah, ya, hanya dengan satu langkah. Ditambah dengan adanya pendampingan bagi seller baru. Untuk yang punya olshop wajib nyoba untuk daftar.

    BalasHapus
  38. sekarang jualan jadi lebih mudah dan gak harus nyetok barang lagi. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan. Semangaaat

    BalasHapus
  39. Tips yang bermanfaat ini
    Emang harus gabung di marketplace seperti Lazada ini ya mbak
    Biar laris jualan online nya

    BalasHapus
  40. Setuju banget nih, salah satu cara jualan online agar bisa laris manis, adalah menjual barang yang sangat diminati banyak orang, dan yang pasti harus lebih aktif di medsos biar banyak yang lebih kenal :)

    BalasHapus
  41. Berjualan dengan barang yang sedang diminati ini bener solutif yaa..
    Langsung mendulang banyak cuan.
    Dan sambil terus mempelajari tren pembeli yang datang, sambil terus belajar di LAZADA sebagai seller di zaman digital.

    BalasHapus
  42. Lazada bener2 kasih kemudahan utk para seller ya
    menarik banget ini, fitur2nya juga cihuy

    BalasHapus
  43. Aku juga jualan online. Terimakasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  44. kemarin aku sempat jualan pupuk kotoran kambing gitu di marketplace eh ternyata ada yang beli loh. tapi karena stoknya habis nggak jualan lagi deh. bingung juga nih mau jualan apa di marketplace

    BalasHapus
  45. Betul. Masa kini kalau jualan online, harus eksis di dunia maya dan harus cepat respon. Kalau ngga, pelanggan mudah pindah toko

    BalasHapus
  46. Sekarang jualan apa saja bisa di marketplace. Saking banyakny marketplace sampai bingung mau yang mana.

    BalasHapus
  47. Semua bisa dijual di marketplace ya. Saya belum cobadaftar jadi seller di lazada. Sepertinya mudah juga. Toko kelontong pun bisa share di marketplace loh

    BalasHapus
  48. Yup yang paling utama itu adalah eksis. Aktif dan jeli dalam memilih produk. Insyaallah sukses atas izin Allah

    BalasHapus
  49. Sebagai pemilik online shop yang sedang pasif. Saya jadi semangat lagi mengaktifkan toko online saya untuk coba merintis di Lazada hehehe. Memang berjualan di marketplace itu susah-susah gampang, namun asalkan tekun dan rajin memantau pasar, sebenarnya ada saja pembelinya.

    BalasHapus
  50. Keren ya Lazada seler baru ada pendampingannya dan gratis ikut campaign. Wowww marketplace terbesar se Asia Tenggara

    BalasHapus
  51. Bagus ya programnya, disediakan pelatihan. Jadi tidak hanya difasilitasi jualan daring. Jualan buku seken bisa gak ya di Lazada?

    BalasHapus
  52. Aku dulu juga pernah berjualan online baju anak-anak dan sangat banyak peminatnya tapi sayang sekarang tidak bisa dilanjutkan lagi karena kurangnya sumber daya

    BalasHapus
  53. Lazada memang Menjadi marketplace Terbaik ya mbak. Sayapun suka banget belanja disana

    BalasHapus
  54. jualan online di Lazada ternyata praktis ya, daftar jadi seller nya juga gak ribet, jadi pengen nih jualan di Lazada juga. Secara belanja online kan sekarang udah jadi kebutuhan.

    BalasHapus
  55. Iya lbh enak mmg jualan online apalagi pake marketplace bs menjangkau pasar yg lbh luas

    BalasHapus
  56. Jualan online pilihan tepat nih untuk ibu-ibu yang mau nambah penghasilan dari rumah. Apalagi sekarang gampang banget mau gabung jadi seller di Lazada ya.

    BalasHapus
  57. ternyata tahapan menjadi penjual di Lazada tidak serumit yang saya bayangkan sebelumnya. Terima kasih infonya kak

    BalasHapus
  58. Terbukti memang, keberadaan market place mendukung omset penjualan. Banyak promo seperti diskon ongkir yang diberikan cukup efektif menarik minat pembeli. Apalagi syarat untuk berjualan di market place spt lazada ini juga tidak susah.

    BalasHapus
  59. Aku juga udah lama banget pengen jualan online tapi bingung mau jualan apa. Kayanya dilazada makin gampang ya kslau mau buka toko online. Tinggal cari barang yang mau dijual aja nih

    BalasHapus
  60. Aku dulu sempat jualan online tapi ga bertahan lama :') pengin mulai lagi deh jualan online buat tambahan, dan kayaknya bisa cobain tips dari mba Fadma,, belum nyobain juga jualan di Lazada, tapi kayaknya trafficnyanrame juga yaa mba

    BalasHapus

Posting Komentar