header fadmalalala

Indikator Pemilihan Skincare: Perlukah Serum Pencerah Wajah?

Konten [Tampil]
seum pencerah

Masih bingung untuk mencari serum pencerah wajah yang baik dan bikin wajah jadi glowing? Karena sekarang sudah banyak produk skincare bervariasi dan bermacam-macam bikin kita bingung. Merek apa yang cocok buat kita? Apa yang perlu kita cari dan butuhkan? Bagaimana mencarinya?

Mungkin berbagai pertanyaan seperti itu muncul saat kita mencari produk skincare. Karena pada dasarnya kita juga ingin mempercantik diri. Khususnya untukku nih, ingin dong memberikan yang terbaik untuk suami. Hehee.

Sebenarnya memang sangat penting kita merawat diri khususnya bagian wajah yang paling terlihat. Karena kita sudah diberikan wajah yang sempurna oleh Allah, tentu saja kita harus bisa menjaganya. Dan janganlah kita mengabaikannya, seperti tanaman yang akhirnya akan layu dan rusak.

Lalu, bagaimana kita memilih skincare untuk merawat wajah kita? Apa saja yang harus diperhatikan dalam pemilihan skincare tersebut? Nah, yuk kita baca sampai akhir agar mengetahui apa saja yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan skincare.

Indikator Pemilihan Skincare Yang Baik

Alhamdulillah, hari Ahad 6 Maret 2022 kemarin aku berkesempatan untuk datang di acara grooming class Ummida Jogokariyan sesi yang ke 2. Di sesi kedua ini, kami diajari tentang kecantikan kulit. Bagaimana kita mengenal tentang kulit kita, dan bagaimana cara merawatnya.

Disini kami juga diberi tahu oleh bunda Milla, bahwa terdapat 4 pakem yang harus kita perhatikan saat memilih produk skincare. Apa saja itu? 

Sertifikasi Halal

Sebagai seorang muslim, tentu saja hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih skincare adalah dengan mencari produk yang halal. Dengan adanya sertifikat halal dari MUI tentu saja produk yang dipakai aman dari bahan haram.

Ini kan hanya skincare aja, bukan makanan dan tidak dimakan. Apakah perlu seperti itu?

Tentu saja, karena apapun itu bentuknya kita harus menggunakan produk halal. Bisa saja, didalam kosmetik tersebut terkandung minyak babi yang jelas haram untuk kita orang muslim. Untuk itulah sebaiknya kita mencari produk dengan sertifikasi halal.

Sertifikasi BPOM

Selain sertifikasi halal, selanjutnya adalah mencari produk dengan adanya sertifikasi BPOM. Jika sertifikasi halal menjauhkan kita dari produk haram, maka sertifikasi BPOM menjauhkan kita dari produk berbahaya. Apa saja produk berbaha itu? Kenapa tidak boleh digunakan? Bukankah ada dokter yang meresepkan bahan dari produk tersebut?

Bunda, produk berbahaya misalnya seperti merkuri. Merkuri itu tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam pembuatan bahan pada skincare. Skincare yang menggunakan merkuri biasanya wajah jadi langsing putih instan. Tapi putihnya menjadi putih pucat dan pori tidak terlihat.

Biasanya skincare yang menggunakan merkuri terdapat warning, "Setelah penggunaan skincare hindari dari paparan sinar matahari". Kurang lebih seperti itu menurut bunda Milla. Dan jika penggunaan skincare dihentikan, maka kulit wajah akan menjadi lebih gelap. Bahkan melebihi bagian terputih dari kulit di badan kita.

Karena bunda Milla sendiri pernah menggunakan skincare berbahan tersebut walaupun cuma 2 minggu. Bahan lainnya yang berbahaya seperti Hidroquinon dan Steroid Topical. Bahan tersebut merupakan bahan yang digunakan untuk obat. Seperti kegunaannya, obat digunakan dalam jangka waktu tertentu saja. Jika digunakan dalam jangka waktu lama, maka akan menyebabkan flek pada kulit.

Sesuai Jenis Kulit

Ada beberapa jenis kulit khususnya untuk kita yang tinggal di negara Indonesia. Penggunaan skincare harus menyesuaikan masing-masing jenis kulit di wajah kita sendiri. Apa saja jenisnya?

Jenis Kulit

1. Kulit Berminyak

Ciri-ciri kulit berminyak yaitu kulit wajah berkilau. Karena sering sekali kita merasakan panas dan sering berkeringat. Ciri lainnya adalah pori terbuka, komedo, dan berjerawat.

Keuntungan dari kulit wajah berminyak adalah kita akan merasakan awet muda. Karena kulit wajah akan terus ternutrisi dan lembab. Tapi kekurangannya jika kulit wajah berminyak, maka debu akan mudah menempel dan masuk di pori wajah. Menyebabkan komedo bahkan jerawat yang timbul di wajah.

2. Kulit Kering

Berbeda dengan kulit berminyak, orang dengan kulit wajah kering akan terlihat cepat tua. Oleh karena itu, skincare yang ditujukan untuk jenis kulit kering mengandung lebih banyak pelembab untuk melembabkan kulit wajah.

Ciri kulit kering adalah kulit wajah terasa kasar, kadang bersisik, pori dan garis kulit terlihat lebih jelas, juga terasa gatal. Oleh karena itu sebaiknya orang yang memiliki jenis kulit kering harus sering menggunakan pelembab.

3. Kulit Normal

Jenis kulit normal adalah kulit yang tidak membutuhkan banyak perawatan wajah. Kita hanya perlu menggunakan pembersih, pelembab, dan tabir surya agar kulit wajah tetap terjaga. Lalu, seperti apa ciri kulit wajah normal itu? 

Kalau menurut bunda Milla, kulit normal yang bisa kita contohkan seperti kulit di pantat bayi. Betapa lembut dan kenyalnya dari kulit bayi tersebut bukan? Hahaa. Selain itu, kulit normal mempunyai warna kulit yang merata, tekstur lembut dan halus, pori tidak terlihat dengan jelas.

4. Kulit Sensitif

Berbeda dengan kulit normal, kulit sensitif ini adalah kulit yang paling membutuhkan penanganan khusus. Ciri kulit sensitif yaitu terdapat kemerahan di kulit, tampak terbakar, kering, dan gatal.

Penyebab dari kulit sensitif ini salah satunya adalah jerawat. Jerawat adalah kondisi kulit yang umum, dan muncul saat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan kelebihan minyak. Penyebab lain seperti Rosacea, yaitu gejala yang timbul dari kondisi pembuluh darah pada kulit wajah yang rusak atau kukul.

5. Kulit Kombinasi

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa jenis kulit wajah terdapat kulit kombinasi. Kulit kombinasi ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor keturunan atau perubahan cuaca.

Ciri dari kulit kombinasi ini adalah berminyak di bagian wajah di posisi T. Yaitu bisa dibagian wajah daerah dahi, dagu, dan hidung. Ciri lainya pada wajah mempunyai pori yang besar dan adanya komedo di wajah.

Cocok

Indikasi terakhir saat pemilihan skincare adalah cocok. Kita harus memilih jenis skincare yang cocok dengan wajah kita. Untuk mengetahui skincare tersebut cocok dengan kita atau tidak memang butuh percobaan. Kita harus membeli dan mencoba skincare tersebut dan kita aplikasikan di wajah kita.

Kalau takut berefek buruk, kita bisa mencobanya dengan mengoleskannya di daerah lengan atau belakang telinga kita. Untuk mengetahui cocok tidaknya kita dengan skincare tersebut. Kita bisa mencobanya dalam kurun waktu 2 x 24 jam saat mencobanya. Khusus untuk kulit sensitif, kita bisa mencobanya sekali lalu bilas dengan air dan lihat dulu reaksinya.

Itulah 4 indikator pemilihan skincare menurut bunda Milla yang merupakan founder Omah Milla, Salon & Spa Muslimah. Bunda Milla pun menyarankan bahwa skincare yang dipilih tidak harus mahal. Karena tidak ada value dalam 4 indikator tersebut. Jadi sebaiknya jika ingin tau skincare yang cocok dengan kita atau tidak, cobalah skincare dengan harga yang murah dahulu. Dengan begitu kita bisa merawat wajah kita dengan produk yang cocok dan hemat.

Lalu, bagaimana dengan serum yang bisa kita gunakan untuk memutihkan wajah kita? Boleh kok kita memakai serum untuk menambah jenis perawatan di wajah kita. Seperti dengan menggunakan serum dan masker wajah.

Triple Glow Serum Pond's

Untuk memaksimalkan merawat wajah kita agar lebih cerah, kita bisa menggunakan serum pencerah wajah. Aku sudah coba nih serum pencerah wajah dari Pond's yaitu Triple Glow Serum. Serum pencerah yang 60 x lebih efektif dari vitamin C. Mau tau review lengkapku? Ini dia serum pencerah wajah dari Pond's.

1. Kandungan Serum

Sebelum membeli sebuah produk, penting sekali bagi kita untuk selalu melihat kandungan di dalam produk tersebut. Seperti serum pencerah Triple Glow serum ini nih. Ada beberapa kandungan yang baik di dalam serum ini.

kandungan serum

Triple Glow Serum Pond's ini memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk wajah. Seperti Gluta-Boost-C yang didalamnya mengandung glutathione dan antioksidan. Berfungsi untuk mencerahkan kulit pada wajah. Formulanya juga efektif untuk menyamarkan bintik hitam.

Vitamin B3+ yang ada didalam kandungan serum Pond's juga bermanfaat untuk menyamarkan pori wajah. Sehingga wajah kita terlihat lebih mulus dan lembut. Terdapat juga kandungan Hyaluronic Acid. Kandungan ini diserap oleh lapisan epidermis kulit sehingga dapat menghasilkan wajah terlihat lebih berkilau. Inilah yang membuat wajah kita tampak menjadi lebih glowing.

2. Tekstur dan Warna

tekstur serum

Tekstur dari serum ini cair seperti serum pada umumnya. Saat diaplikasikan di wajah serum langsung menyerap kedalam kulit sehingga tidak membuat lengket di wajah. Serum juga cepat menyerap ke dalam pori wajah jadi wajah bisa langsung kesat dan kenyal.

Warna dari serum putih bening dan sedikit lebih pekat. Wangi dari serum juga enak dan segar jadi tidak membuat kita merasa mual dan bosan. Wanginya bikin kita lebih semangat menjalani kegiatan sehari-hari.

Untuk mencobanya, pertama kali aku coba di balik telapak tanganku. Tangan terasa segar dan tidak menimbulkan efek merah maupun gatal. Jadi sepertinya aku cocok deh pakai serum ini. Hehee.

3. Kemasan Serum

Packaging dari serum yang aku coba kali ini adalah serum dengan kemasan kecil dahulu. Serum ini cocok banget buatku yang suka pergi kemana-mana dan membawa tas kecil. Sehingga tidak memenuhi isi tas ku deh.

Kemasannya juga terbuat dari plastik yang bisa dibuka tutup. Jadi lebih mudah untuk kita saat menggunakannya. Untuk orang yang suka traveling pasti cocok banget deh dengan kemasan mungil seperti ini.

4. Cara Penggunaan Triple Glow Serum

Cara penggunaan dari serum pencerah wajah Triple Glow ini cukup mudah. Hanya gunakan 2-3 tetes serum lalu kita aplikasikan ke area wajah dan leher. Kita bisa melakukan kegiatan ini setiap pagi dan malam hari setiap hari. Kalau mau hemat kita bisa menggunakannya saat malam hari sebelum tidur saja. Agar serum bekerja dengan maksimal saat kita tidur.

Cukup mudah bukan? Oya, jangan lupa sebelum menggunakan serum, sebaiknya kita bersihkan wajah dahulu. Agar kandungan didalam serum bisa meresap ke dalam kulit wajah dengan sempurna.

Triple Glow Serum Mask

Tau nggak sih, selain perawatan wajah sehari-hari kita juga perlu lho melakukan perawatan wajah bulanan. Seperti apa sih perawatan wajah bulanan itu? Tenang, tidak seperti perawatan wajah harian yang lebih ribet dan harus konsisten. Perawatan wajah bulanan bisa kita lakukan sekalian santai menikmati weekend bersama keluarga.

Perawatan bulanan untuk wajah bisa kita lakukan dengan 3 cara, yaitu Facial, Peeling, dan Masker. Untuk facial dan peeling bisa deh kita serahkan pada ahlinya. Tapi untuk masker, bisa kita lakukan dirumah saja bersama keluarga.

serum pencerah ponds

Produk lainnya dari Pond's adalah Triple Glow Serum Mask. Kandungan serum 100x lebih banyak dari sheet Mask lainnya. Serum mask pertama dari Pond's yang menggabungkan 3 kekuatan maksimal untuk mencerahkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit. Agar bisa membuat wajah menjadi glowing seperti keinginan kita.

Cara penggunaan dari Triple Glow Serum Mask ini juga gampang banget kok. Bagaimana caranya?

  1. Keluarkan dan buka lembaran maskernya
  2. Sesuaikan masker dengan bentuk wajah
  3. Biarkan masker menutrisi kulit dan tunggu selama 15-20 menit.
  4. Lepaskan masker dan lanjutkan pijat wajah dengan serum yang masih tertinggal di wajah dan leher. 
  5. Jangan dibilas dan biarkan kulit wajah kita ternutrisi menjadi halus dan lembut.

Nah, gampang banget kan cara pakainya? Nggak cuma perempuan saja yang bisa pakai masker ini. Suamiku pun juga suka kalau dimanja dan maskeran bareng. Perawatan wajah untuk mengisi kegiatan weekend sesekali seru juga bukan?^^.

Yuk cobain juga serum pencerah wajah dari Pond's yaitu Triple Glow Serum dan Triple Glow Serum Mask. Karena aku juga sudah pakai serum untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah. Bagaimana pengalamanmu setelah pakai? Tulis di kolom komentar ya :D.

Selamat mencoba dan Terima Kasih..

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

2 komentar

  1. pond's memang serba ada ya, paket lengkap untuk skin care :D keren!

    BalasHapus
  2. kayaknya udah lama aku nggak pake skincare nih mbak hahaha semua isinya masih pada banyak, yuuk ah istirahat dulu

    BalasHapus

Posting Komentar