header fadmalalala

Manfaat dan Dampak Negatif Media Sosial

Konten [Tampil]

Assalamu’alaikum..

Pada era modern ini, media sosial dan blogging sudah tak asing lagi dan sudah banyak yang menggunakannya. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari media sosial dan blogging ini. Tak hanya manfaatnya, tapi ada juga sisi negative nya. Jadi kita harus bisa mengoptimalkan manfaat yang ada dari media sosial ini.

dampak medsos
my gallery


MANFAAT MEDIA SOSIAL

1. Bermanfaat Untuk Bisnis

Media sosial sudah banyak meyediakan fitur bisnis. Fitur untuk jual beli agar kita bisa mempromosikan jualan kita ke pasaran yang lebih luas. Seperti facebook, dulu jual beli di facebook biasanya menggunakan grup agar jangkauan lebih luas. Tapi sekarang facebok mempunyai fitur Marketplace, sehingga memudahkan kita untuk share jualan kita dengan menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa harus gabung di suatu grup terlebih dahulu. Fitur Marketplace juga memudahkan kita untuk megkategorikan harga, lokasi, serta jenis barang yang akan kita jual. Selain facebook, marketplace sekarang juga sudah ada di media sosial yang lain. Seperti instagram dan whatsapp. Jadi, kita bisa memilih mau beriklan di media sosial yang mana. Karena sudah banyak sekali pilihan macamnya.

2. Media Untuk Pembelajaran

Selain untuk berbisnis dan beriklan, media sosial juga menjadi salah satu sarana tempat untuk pembelajaran. Apalagi saat sedang pandemi seperti ini ya, terasa sekali manfaatnya untuk pembelajaran. Walaupun kurang maksimal, tetapi media sosial bermanfaat sekali digunakan untuk media pembelajaran. Tak hanya media sosial, informasi yang kita peroleh saat kita menggunakan google maka akan muncul informasi yang berkaitan dengan yang kita cari melalui blog. Jadi, seorang blogger juga berperan penting dalam menyebarkan sebuah informasi di dunia internet.

3. Media Untuk Berbagi informasi

Tak akan diragukan lagi bahwa media sosial berperan penting dalam penyebaran informasi di dunia maya. Tetapi, kita harus menyebarkan informasi yang benar(fakta) dan menghindari menyebarkan informasi palsu(hoax). Karena di Indonesia sendiri, jika kita ketahuan menyebarkan informasi palsu, maka kita akan dikenakan sanksi hukum. Untuk penyebaran informasi palsu dan merugikan, kita akan dikenakan dalam UU ITE Pasal 45A ayat 1, yaitu:

"Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)".


DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL

Selain anyak manfaat dari adanya media sosial, ada juga dampak negatif nya..

  • Bagi anak dan remaja yang tidak bisa mengontrol penggunaan media sosial, akan berdampak negatif pada pembelajarannya. Anak jadi malas belajar, dan menjadi susah berkomunikasi dengan orang sekitar. Karena lebih mementingkan dunia maya yang ada di media sosial.
  • Penipuan yang sering terjadi di media sosial untuk menipu orang – orang dengan iming” hadiah.
  • Pergaulan bebas di dunia maya. Seringnya terjadi pergaulan bebas yang bisa merugikan anak dan remaja di media sosial dan susahnya orang tua untuk mengontrol pergaulan sosial yang ada di dunia maya tersebut.


Nah, mungkin segitu saja ya manfaat dan dampak dari adanya media sosial di lingkungan sekitar kita. Kita, khususnya aku sendiri yang sudah menjadi orang tua harus bisa mengontrol penggunaan gadget dan media sosial yang digunakan.

Yuk, kita manfaatkan sebaik-baiknya media sosial yang kita pakai agar bisa menjadi manfaat yang lebih untuk kita dan orang sekitar kita..

Related Posts

Posting Komentar