header fadmalalala

Mengenal Website Portofolio dan Cara Membuatnya

Konten [Tampil]
Portofolio Website dan Cara Buatnya

Ada yang belum tau tentang website portofolio? Seberapa penting sih website portofolio itu untuk kita? Khususnya untuk para wirausaha, pekerja online, bahkan freelancer pun juga membutuhkan website ini.

Sudah bisa belum membayangkan seperti apa?

Hemm, seperti yang sudah pernah aku tulis sebelumnya tentang company profile. Website portofolio ini juga tidak jauh berbeda lho. Nah, disini aku mau menjelaskan lebih detail tentang website portofolio yang bisa juga digunakan untuk company profile.

Seberapa penting, fungsi, dan kegunaannya? Baca sampai akhir yaaa :D.

Mengenal Website Portofolio dan Manfaatnya

Website Portofolio adalah Portofolio digital menggunakan media website sebagai pembuatannya untuk memberikan informasi tentang karya, bakat, dan kinerja mereka kepada audiens yang lebih luas. Web portofolio harus mempunyai karakter tersendiri agar bisa membedakan antara website portofolio satu dengan yang lain.

Isi dari website portofolio bisa berupa profil, produk yang sudah dihasilkan, testimoni klien, dan lain sebagainya. Dengan adanya website portofolio ini, kita bisa menunjukkan hasil karya kita pada klien atau orang lain agar tertarik. Menggunakan website ini juga mempermudah kita dalam melakukan transaksi dan tidak ribet untuk membawa berkas kemanapun kita pergi.

Dengan website portofolio, kita juga bisa mencantumkan harga jasa atau produk yang dihasilkan. Dan saat ingin membagikan portofolio, kita hanya memberikan link website saja agar orang lain bisa melihatnya. Memberikan testimonial dan contoh project pada klien dengan website juga bisa memberikan nilai tambah untuk kita. Bahwa perusahaan yang kita jalani ini juga lebih profesional. 

Menurutku sih sebuah perusahaan yang mempunyai website pribadi untuk usahanya merupakan perusahaan yang lebih bisa dipercaya. Karena adanya detail informasi mengenai usaha, lokasi, dan kontaknya sehingga kita bisa melacak kebenaran perusahaan tersebut. Dengan adanya website portofolio ini, kita juga bisa menjangkau klien dengan lebih luas. Tidak hanya di Indonesia saja, tapi bisa dari luar negri.

Banyak banget kan manfaat yang didapat dari adanya website portofolio ini? Nah, sekarang aku akan kasih tau nih cara buat website portofolio pribadi.

Cara Membuat Website Portofolio

Membuat website portofolio itu bisa dilakukan secara mandiri. Walaupun kita tidak bisa coding, bisa juga kok menggunakan cara sederhana untuk membuat pertofolio ini. Namun, tetap butuh waktu yang cukup agar hasil dari website tersebut menjadi bagus.

Inilah langkah-langkah untuk membuat website portofolio dengan mudah dan berkualitas.

Langkah Membuat Website Portofolio

Pilih Platform Yang Cocok

Untuk menghasilkan website portofolio yang bagus dan berkualitas, sebaiknya gunakan platform yang cocok dengan kita. Kemampuan apa yang kita miliki untuk membuat website dengan platform yang sudah disediakan. Untuk membuatnya, kita bisa menggunakan website builder seperti Wix.com, Squarespace, ataupun Wordpress.

Jika menggunakan platform wordpress, kita bisa menghasilkan website profesional. Dengan berbagai macam plugin yang bisa kita tambahkan sesuai keinginan. Nah, disini aku akan memberikan tips agar bisa membuat website portofolio yang baik. 

1. Tema Responsif

Sebaiknya gunakan tema yang responsif untuk pembuatan website. Tema yang bisa bekerja di segala perangkat elektronik seperti HP, Tablet maupun Laptop dan komputer. Perlu juga untuk mengecek kecepatan tema agar tidak lemot saat digunakan. Sekarang sudah banyak sekali template gratis dan praktis sehingga mudah untuk memasangnya. 

2. Desain Website

Tujuan utama pembuatan website portofolio adalah memberikan informasi secara langsung dan straightforward. Sebaiknya gunakan desain yang simple dan menarik. Menonjolkan langsung hasil karya kita agar pengunjung bisa melihatnya dengan mudah.

3. Masukan Informasi Penting

Pentingnya portofolio adalah memberikan informasi tentang perusahaan kepada klien. Sehingga sangat penting untuk memasukkan data kontak perusahaan kedalam website.

Informasi penting ini bisa berupa halaman About Me, Bio, Deskripsi perusahaan, Sosial Media, hingga Kontak perusahaan. Sebaiknya kita mengelola semua data kontak yang dimasukkan ke dalam website tersebut.

4. Tunjukan Karya Terbaik

Untuk halaman homepage, bisa tampilkan kurang lebih 3 karya terbaik kita saja. Dan jika ingin menampilkan lebih, bisa gunakan halaman lain untuk karya detailnya. Sehingga karya terbaik tersebut bisa mengundang audiens untuk mencari lebih lanjut tentang perusahaan.

Pilih Nama Domain Terbaik

Langkah yang harus kita perhatikan sebelum mempunyai website adalah memilih nama domain terbaik. Ibarat sebuah toko, nama domain ini adalah alamat toko tersebut. Orang akan mengingat dimana mencari toko tersebut dengan mencari alamatnya. Ada beberapa tips untuk membuat nama domain yang baik dan benar, yaitu:

1. Pilih nama yang memperkuat branding

Gunakan nama perusahaan atau nama sendiri untuk membuat nama domain. Sebaiknya mencari nama domain yang mudah untuk diingat orang lain. Nama domain ini yang akan memperkuat branding dari website portofolio dan usaha kita. Jadi, pilih nama yang sesuai dengan personal branding kita.

2. Jangan terlalu panjang

Sebuah URL postingan yang SEO Friendly hanya berjumlah 75 karakter dihitung dari huruf awal 'h' dari kata 'https'. Jadi, sebaiknya jangan terlalu panjang agar bisa SEO Friendly menurut MSI(Meta Seo Inspector). Url yang terlalu panjang juga akan menyulitkan orang lain untuk dapat mengingat website kita.

3. Hindari menggunakan angka & strip

Selain karena menyulitkan orang lain untuk mengingat alamat web kita, penggunaan angka dan strip juga dapat menyebabkan angka spam score tinggi. Spam score merupakan algoritma yang dimiliki Moz dalam menilai website tersebut layak disebut spam. Spam juga mempengaruhi reputasi website kita di mata Google.

Pilih Layanan Penyedia Domain Hosting Terbaik

Untuk mendapatkan domain dan hosting, sebaiknya pilih layanan penyedia web hosting terbaik. Karena web hosting inilah yang nantinya akan menyimpan semua file yang ada di website kita. Ada beberapa tips yang bisa kita jadikan referensi untuk mencari penyedia layanan web hosting yang baik.

1. Customer Support

CS (Customer Support) berperan penting untuk memilih layanan hosting. Pilih penyedia layanan web hosting dengan CS yang bisa membalas layanan kapan saja. Agar saat terjadi masalah pada web, kita bisa meminta bantuan mereka untuk membantu menangani masalah yang ada.

2. Keamanan

Keamanan yang ada pada server adalah salah saru hal penting yang harus kita perhatikan. Jangan tergiur dengan harga murah, tapi ternyata keamanannya tidak terjaga dengan baik. Sebaiknya gunakan penyedia layanan web hosting terpercaya yang sudah diakui keamanannya.

3. Server

Sering bermasalah dengan website down karena servernya? Untuk inilah kita memerlukan layanan server yang baik agar website kita bisa selalu stabil saat diakses.

Nah, dengan beberapa tips tersebut kita bisa menggunakan layanan penyedia web hosting di Niagahoster. Aku sendiri sudah merasakannya dengan membeli domain Niagahoster. Selain customer service nya ramah dan selalu siap sedia, keamanannya pun terjamin.

Pernah nih, aku membeli domain dan mempunyai masalah saat pemasangannya. Mereka dengan sabar memberi petunjuk hingga blogku bisa diakses. Dan sudah beberapa kali membeli di tempat ini Alhamdulillah selalu puas. Kalian juga bisa membeli domain untuk keperluan pembuatan website  portofolio di niagahoster.

Terima kasih sudah membaca tentang Mengenal Website Portofolio dan Cara Membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap sehat dan semoga usaha semakin lancar.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

17 komentar

  1. Aku nyesel kemarin pake domain nama sendiri, kepanjangan kayaknya ahaha. Abis nyari nama domain kadang bingung, giliran udh bagus udh kepake orang. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii,, gpp mba.. Next kalo bikin blog lagi udah tau infonya ini.. Hehee

      Hapus
  2. Setuju banget dengan pemilihan nama domain terbaik karena nama domain terbaik nantinya akan mudah diingat oleh diri sendiri dan juga orang lain.

    BalasHapus
  3. Wah iya, buat perusahaan website portofolio ini penting banget ya mbak
    Cara membuatnya juga cukup mudah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kesulitan bisa juga pakai jasa mba^^

      Hapus
  4. Oh begitu caranya buat website portofolio...kira-kira aku bisa gak ya buat mandiri? kadang yang berorama teknologi aku suka GapTek nih,he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang mba, ada jasa pembuatannya juga kok, yg penting tau apa yg penting dr website portofolio ini :)

      Hapus
  5. Nama domain buat aku ini paling penting y mba karna menentukan sekali agar orang2 bisa cepat inget nama domain kita

    BalasHapus
  6. Beneran bagus ya mba Niaga Hoster aku lagi nyari pembanding soalnya skrang ini kepongin cari yg lebih bagus dengan harga yg terjangkau jga

    BalasHapus
  7. Dengan Website Portofolio, kita bisa dengan mudah jualan jasa yaa..
    Ini mantap sekali untuk pengenalan diri zaman sekarang. Mainannya SEO gini, canggih~

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu nih mengenai web portofolio, kebetulan suami lagi cari informasi nya

    BalasHapus
  9. wah menarik banget nih, website portofolio. aku baru tahu sih ada jenis website kayak gini. selama ini tahunya cuma blog aja.. hehe

    BalasHapus
  10. Saya jadi keidean bikin website portofolio anak2 nih Mba,, satu orang satu website bagus jg ya, trus buat saya sendiri penting nih, biar terkumpul semua karya di satu situs web yah, nice info Mba

    BalasHapus
  11. Harus ngulik lebih jauh lagi ternyata tentang portfolio ini. Baru tahu pun kalau ada websitenya. Klo buat cari job jadi enak ya, dengan adanya portfolio ini.

    BalasHapus
  12. Bentuk Portfolio ini perlu juga ya.
    Pas kebetulan daku punya blog WP juga, sehingga bisa dimanfaatkan

    BalasHapus
  13. Setuju nih dengan pemilihan nama domain, harus yang eye catching dan gampang diucapkan ya.

    BalasHapus

Posting Komentar