header fadmalalala

10 Cara Mencegah Banjir Bandang

Konten [Tampil]
Mencegah Banjir Bandang

Bismillah..

Alhamdulillah. Musim hujan sudah mulai memasuki beberapa wilayah di Indonesia. Sudah banyak daerah-daerah mulai hujan. Yah, walaupun di rumah saya masih panas mendung saja. Masih menanti datangnya hujan deras agar membasahi tanah-tanah yang kering.

Karena hujan merupakan rezeki pemberian Allah SWT. Jadi tentu saja kami sangat menantikannya. Apalagi setelah musim panas yang panjang dan terlambatnya datangnya musim hujan. Membuat tanah menjadi lebih kering, dan hujan adalah hal yang dinanti-nantikan.

Tapi jika hujan datang membuat sebuah daerah menjadi banjir, lalu bagaimana?

Penyebab Banjir Bandang

Banjir bandang merupakan banjir yang datang dengan tiba-tiba. Debit air yang sangat besar akibat terbendungnya aliran sungai di sungai tersebut. Intensitas curah hujan yang tinggi merupakan salah satu penyebab datangnya banjir tersebut.

Karena air resapan yang sedikit membuat air hujan tidak bisa diserap dengan baik. Dan faktor-faktor lain juga bisa mempengaruhi adanya banjir di suatu wilayah. Karena dampak dari banjir juga akan merugikan banyak orang.

Seperti merusak berbagai macam fasilitas seperti rumah, kendaraan, fasilitas umum. Banjir bahkan bisa mempengaruhi kesehatan kita semua. Atau bahkan bisa menelan korban jiwa saat banjir bandang datang. Untuk itulah kita sebagai manusia harus bisa mencegah dan meminimalisir penyebab datangnya banjir.

10 Cara Mencegah Banjir Bandang

Adapun cara mencegah datangnya banjir bandang yang bisa kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menanam Pohon

Tanaman dapat membantu mengurangi resiko adanya banjir. Karena tanaman mampu menyerap air dan bisa menjaga stabilitas tanah. Tanaman juga bisa membendung air hujan yang datang. Jadi, sebaiknya kita bisa menanam tanaman khususnya di daerah area banjir datang.

2. Membersihkan Halaman Rumah dan Sekitarnya 

Membersihkan halaman rumah dan sekitarnya menjadi salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Halaman rumah yang bersih dari sampah akan membuat aliran air hujan mengalir dengan baik. Dan tidak ada sampah yang ikut terbawa dan menutupi saluran air. Untuk itu, sebaiknya kita bisa menjaga kebersihan halaman rumah dan sekitarnya.

3. Membuang Sampah Pada Tempatnya 

Menjaga lingkungan khususnya untuk mencegah adanya banjir dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena sampah merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan banjir. Sampah yang menutup saluran air, memenuhi aliran air sungai, dan sampah yang berserakan dimana-mana. Menjadi penyebab adanya banjir bandang tersebut.

4. Menggunakan Paving Block

Dari pada kita menutup semua tanah dengan semen, sebaiknya kita gunakan paving Block. Agar air hujan tetap bisa meresap ke tanah melalui sela-sela paving block tersebut. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya banjir.

5. Memasang Grass Block

Selain paving block, kita juga bisa menggunakan grass Block. Metodenya juga sama, menggunakan grass block juga bisa mencegah terjadinya banjir. Karena tanah di bawahnya tidak tertutup semua. Dan air hujan yang datang bisa meresap dengan baik melalui grass block tersebut.

6. Membuat Lubang Biopori

Lubang biopori merupakan lubang berbentuk silinder yang ditanam didalam tanah secara vertikal. Lubang ini biasanya ditanam kurang lebih sedalam 100 cm. Dan sebaiknya lubang biopori dibuat dan ditanam ditempat yang biasa banyak genangan air. Agar air bisa masuk dan meresap di tanah melalui lubang biopori.

7. Hindari Membuat Bangunan di Pinggir Sungai

Sungai merupakan salah satu lokasi yang rawan dengan banjir bandang. Untuk menghindari kerugian dan kecelakaan dari bencana banjir, sebaiknya hindari membuat bangunan di pinggir sungai. Karena kita tidak pernah tahu kapan banjir bandang akan terjadi. Dan banjir bandang sendiri selalu datang secara tiba-tiba.

8. Hindari Penebangan Liar

Menanam pohon merupakan salah satu cara untuk menghindari banjir maupun tanah longsor. Jika penebangan liar tetap dilakukan, maka tidak akan ada tanaman yang berfungsi untuk menstabilkan tanah dan menyerap air. Sehingga air hujan yang datang bisa menjadi banjir maupun bencana lain.

9. Mempertinggi Bangunan Rumah

Jika berada di daerah rawan banjir, sebaiknya kita meninggikan bangunan rumah. Sehingga jika banjir datang, rumah akan lebih aman dari terjangan banjir.

10. Membersihkan Selokan Air

Membersihkan selokan air dari sampah plastik, daun-daun, maupun sampah lain adalah hal rutin yang harus dilakukan. Giatkan aktivitas kerja bakti di kampung untuk membersihkan lingkungan sekitar termasuk membersihkan selokan air. Karena selokan air yang terhampar juga bisa menyebabkan banjir.

Siklus Penanggulangan Banjir

Tahap Penanggulangan Banjir

Siklus penanggulangan banjir inj penting untuk dilakukan. Khususnya di daerah rawan banjir. Siklus ini dilakukan dimulai dari adanya banjir, dan mempelajarinya untuk dilakukan pencegahan saat banjir datang selanjutnya.

Pencegahan

Pencegahan sebelum banjir datang penting untuk dilakukan. Seperti pembangunan pengendali banjir di sungai dan wilayah terdampak banjir. Dan tidak lupa juga tata pengelolaan daerah banjir seperti peringatan dini bencana banjir.

Penanganan

Setelah pencegahan dilakukan, selanjutnya adalah penanganan. Melakukan penanganan saat banjir terjadi merupakan hal harus dilakukan secara teliti. Seperti tanggap darurat, bantuan peralatan logistik penanganan banjir, hingga perlawanan terhadap banjir. Penyebaran informasi tentang perkiraan datangnya banjir juga perlu dilakukan. Agar orang lain siap banjir datang.

Pemulihan

Tahap terakhir adalah pemulihan. Tahap ini harus dilakukan secepat dan sesegera mungkin. Tindakan pemulihan meliputi bantuan kebutuhan sehari-hari, sarana dan prasarana, hingga rehabilitasi fisik dan nonfisik. Pengkajian secara cepat penyebab adanya banjir juga perlu dilakukan di tahap ini. Agar bisa menjadi masukan dalam tindakan pencegahan di siklus penanggulangan banjir.


Nah, itulah 10 cara mencegah banjir bandang dan siklus penanggulangan banjir yang bisa kita lakukan. Dimulai dari kita untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya. Lalu kita ajak sekitar untuk turut serta menjaga lingkungan. Agar alam yang kita tinggali tetap bersih dan bebas dari bencana banjir, khususnya banjir akibat ulah manusia sendiri.

Terima kasih.


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar