header fadmalalala

Tips Mengurangi Masalah Sampah Plastik di Sekolah

Konten [Tampil]
masalah sampah plastik di sekolah

Indonesia darurat sampah!? Ya benar. Populasi penduduk di Indonesia memang sangat padat. Dan daya konsumsi penduduknya pun juga tidak kalah padatnya. Sehingga sampah yang ada pun menjadi berkali-kali lipat.

Masalah sampah plastik di sekolah salah satunya. Tidak hanya di lingkungan sekitar atau di rumah saja, tetapi sampah di sekolah pun juga harus kita perhatikan. Karena sampah plastik di sekolah juga menjadi salah satu penyumbang tumpukan sampah di Indonesia. Karena sampah plastik tidak mudah untuk terurai, jadi kita juga harus bisa mengurangi masalah sampah plastik di sekolah.

Masalah Sampah Plastik di Sekolah

Masalah sampah plastik di sekolah merupakan salah satu hal yang harus kita perhatikan. Karena sekolah merupakan rumah kedua untuk anak-anak kita menghabiskan waktu dengan belajar. Jika tempat kita belajar penuh dengan sampah, tentu menjadi tidak nyaman. Apalagi jika sampah tersebut tidak terkondisikan dan menjadi bertumpuk sehingga menjadi sarang penyakit.

Data sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 yang lalu menginput dari 202 kabupaten/kota se Indonesia menyebutkan bahwa timbunan sampah mencapai 21.1 juta ton. [Source: Kemenko PMK]

Di Jogja sendiri tahun 2023 ini masalah sampah masih menjadi PR hingga saat ini. TPS Piyungan yang menjadi tempat pembuangan akhir sampah di DIY sudah penuh. Dan memberlakukan buka tutup TPS. Karena lebih dari 180 ton sampah setiap hari masuk disana [Source: @jogjainfo]. Untuk warga sendiri juga masih perlu banyak edukasi tentang pemilahan sampah.

Oleh karena itu, masalah sampah di sekolah bisa menjadi alternatif edukasi anak dan orang tua. Agar bisa meminimalisir sampah yang ada khususnya di sekolah. Bagaimana caranya? Nah, berikut ada beberapa tips untuk mengurangi sampah plastik yang ada di sekolah.

Tips Mengurangi Sampah Plastik di Sekolah

Inilah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah di sekolah.

Tips Mengurangi Sampah Plastik di Sekolah

1. Membawa Bekal Dari Rumah

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah saat ini dilakukan dari pagi sampai siang. Bahkan, kelas 2 tingkat sekolah dasar saja ada yang biasa pulang hingga sore. Disaat itulah kita sebagai orang tua tidak bisa selalu ada untuk anak-anak kita.

Kita tidak tahu makanan apa yang mereka makan. Untuk itulah sebaiknya kita selalu menyediakan bekal sekolah. Bekal yang disediakan dari rumah akan lebih sehat. Dengan membawa bekal, kita juga bisa mengurangi makanan yang dikonsumsi anak seperti jajanan yang tidak sehat.

Dan dengan membawa bekal dari rumah, kita juga bisa mengurangi adanya sampah plastik. Karena kotak bekal yang dibawa dari rumah akan dibawa pulang untuk membawa bekal ke esok harinya lagi. Sampah yang ada di sekolah pun bisa berkurang.

Jika tidak sempat menyiapkan bekal, kita juga bisa memesan bekal berupa catering harian. Di sekolah anak sendiri ada catering harian yang bisa kita pesan setiap saat.

2. Kurangi Jajan

Tips yang kedua adalah dengan mengurangi jajan. Tips ini mungkin kurang bisa dilakukan jika anak tidak dibarengi dengan tips yang pertama. Yaitu membawa bekal ke sekolah. Tapi, dengan menasehati anak untuk mengurangi jajanan mungkin bisa sedikit berpengaruh.

Untuk anak saya sendiri karena masih TK, maka jajanan juga masih saya batasi. Misalnya dengan memberikan jajanan sebagai reward saat anak mencapai sesuatu. Seperti anak saya saat ini, akan saya bolehkan membeli jajanan jika hafalan murojaah, membaca, atau iqra' nya sudah lanjut.

Dengan begitu kita juga bisa mengurangi sampah yang ada di sekolah. Karena anak tidak jajan, maka sampah di sekolah pun bisa lebih berkurang.

3. Gunakan Wadah Untuk Tempat Makanan/ Minuman

Menggunakan wadah sebagai pengganti plastik juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi sampah plastik di sekolah. Kita sebagai orang tua bisa membawakan anak wadah untuk tempat jajanan. Anak juga bisa kita ajari untuk bisa mengurangi sampah plastik di sekolah.

Edukasi kepada anak sejak dini bisa menjadi kebiasaan baik untuk anak ketika dewasa. Melatih menggunakan wadah untuk tempat jajanan sebagai pengganti plastik. Sehingga nantinya sekolah akan bebas dari plastik.

4. Sekolah menyediakan Air Minum Isi Ulang

Selain orang tua, alangkah baiknya jika pihak sekolah juga turut andil dalam menangani masalah sampah plastik. Sekolah bisa menyediakan air minum isi ulang, agar anak bisa mengisi botol minumnya. Sehingga mereka bisa mengurangi jajan dan minum dari air minum botol yang dibawanya sendiri.

Selain menghemat uang jajan, sampah plastik dari minuman juga bisa berkurang. Dengan minum air putih setiap saat juga membuat tubuh sehat. Selain ikhtiar menjaga kesehatan lingkungan, kesehatan badan juga bisa menjadi bonusnya.

5. Membuat Bank Sampah di Sekolah

Tips mengurangi sampah plastik di sekolah adalah dengan membuat bank sampah di sekolah. Siswa dan siswi bisa kita ajarkan untuk mulai memilah dan memilih sampah. Setelah sampah terkumpul, siswa bisa mengumpulkannya di bank sampah. Siswa-siswi bisa mengumpulkan di bank sampah setiap sepekan sekali atau sesuai jadwal.

Dengan adanya bank sampah di sekolah, siswa menjadi paham dan peduli dengan lingkungan. Tidak hanya di sekolah, tapi di rumah dan lingkungan sekitar pun juga bisa lebih peduli.

Kepedulian dan Tanggung Jawab Sampah di Sekolah

Tanggung jawab sampah yang ada di sekolah tidak hanya dibebankan pada penjaga kebersihan saja. Tapi ini merupakan tanggung jawab bersama. Dimulai dari siswa-siswi, para guru, dan karyawan sekolah juga harus turut andil dalam menjaga kebersihan sekolah.

Menjaga kebersihan sekolah dengan mengurangi sampah plastik merupakan langkah awal yang bisa segera kita lakukan. Karena sampah plastik merupakan salah satu bahan yang sulit untuk diuraikan. Butuh bertahun-tahun lamanya sampah jenis plastik ini bisa terurai secara alami.

Oleh karena itu, kurangi sampah plastik dari sekarang. Agar lingkungan bisa terjaga hingga bertahun-tahun lamanya. Agar anak cucu kita kelak masih bisa merasakan bersihnya udara di bumi tercinta kita.

Melalui sekolah, kita lanjutkan ke lingkungan sekitar kita lainnya. Kita terapkan hidup bersih, pilah sampah kita dari sekarang. Melalui beberapa tips dalam mengurangi sampah di sekolah ini, semoga kita bisa melakukannya dan konsisten dalam melaksanakannya ya!

Terima kasih..


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar