header fadmalalala

Cara Mudah Mengatasi Sampah Plastik Agar Tidak Mencemari Lingkungan

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Sampah Plastik

Melanjutkan postingan saya sebelumnya tentang banjir bandang, kali ini saya akan membahas tentang mengatasi sampah plastik. Cara mudah mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan merupakan hal mudah yang bisa kita lakukan.

Kenapa kita harus mengatasi masalah sampah plastik? Nah, sebelumnya kita bahas dulu bahaya sampah plastik di lingkungan kita.

Bahaya Sampah Plastik Untuk Lingkungan

Sampah plastik merupakan musuh besar bagi lingkungan kita. Karena jika sampah plastik dibiarkan berada di tanah, maka sampah tersebut menjadi polusi tanah. Karena plastik merupakan bahan yang tidak mudah terurai. Sedangkan jika sampah tersebut dibakar, akan menjadi polusi udara dan menambah kadar gas rumah kaca di atmosfer.

Seperti yang kita tahu, sampai saat ini pun sampah terbesar merupakan sampah plastik. Dan masih banyak masyarakat yang menggunakan plastik untuk keperluannya sehari-hari. Sehingga semakin menumpuk sampah plastik yang ada. Bahkan jika kita membuang sampah dengan sembarangan, maka akan menyebabkan bahaya lain. Seperti banjir dikarenakan sampah yang menutupi selokan, saluran air, ataupun menutupi aliran sungai.

Itulah sekilas bahaya sampah plastik untuk lingkungan. Bahkan untuk kesehatan pun, sampah plastik juga tidak bagus. Jadi sebaiknya kita bisa mengelola sampah plastik yang ada sehingga bisa mengurangi sampah plastik di lingkungan.

Cara Mudah Mengatasi Sampah Plastik

Berikut merupakan beberapa cara mudah mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan.

1. Membawa Kantong Belanja Sendiri

Saat belanja, sebaiknya kita mulai menggunakan kantong atau tas belanja sendiri. Tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali merupakan langkah sederhana yang bisa kita lakukan. Sehingga kita bisa mengurangi kantong belanja dari toko, warung, ataupun market lain.

2. Membawa Tumbler Atau Botol Minum Sendiri

Daripada kita menggunakan kemasan plastik saat membeli, lebih baik jika kita mulai menggunakan wadah sendiri. Menggunakan tumbler atau botol minum saat membeli es di luar juga bisa mengurangi sampah plastik yang ada. Menggunakan wadah sendiri saat membeli juga tidak salah kok. Kita hanya perlu membiasakan sendiri untuk selalu siap membawa wadah kemanapun kita pergi.

3. Hindari Membeli Jajanan Berbungkus Plastik

Sebaiknya kita menghindari pembelian jajanan dengan bungkus plastik. Pilihlah jajanan dengan bungkus kertas atau box. Kita juga bisa membawa wadah sendiri saat membeli jajanan. Sehingga kita bisa mengurangi sampah plastik.

Lebih baik lagi jika kita membuat jajanan sendiri dirumah. Selain mengurangi sampah plastik, jajanan yang kita buat bisa jadi lebih sehat juga. Karena kita tahu bahan apa saja yang digunakan untuk membuat jajanan. Sampah Plastik berkurang, keluarga juga sehat selalu.

4. Ingatkan Orang Sekitar Untuk Mengurangi Sampah Plastik 

Setelah kita bisa mengurangi sampah plastik, langkah selanjutnya adalah dengan mengajak orang lain. Mengingatkan orang sekitar kita untuk mengurangi sampah plastik. Sehingga hal baik yang kita lakukan bisa kita tularkan pada orang sekitar kita juga. Agar lingkungan sekitar menjadi bebas dari sampah plastik yang ada.

5. Daur Ulang Sampah Plastik

Sampah plastik memang tidak bisa sepenuhnya kita hilangkan. Karena sebagian besar produksi menggunakan kemasan plastik. Sehingga, langkah kita selanjutnya adalah dengan mendaur ulang sampah plastik. Sampah yang kita daur ulang bisa berguna dan sampah plastik di lingkungan sekitar pun juga menjadi berkurang.


Bagaimana menurut kamu cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan ini? Cukup mudah juga bukan? Dimulai dari diri kita sendiri untuk bisa mengurangi sampah plastik. Selanjutnya kita ajak orang sekitar untuk turut serta menjaga lingkungan. Dengan cara mengurangi sampah plastik. Semoga langkah kecil kita ini bisa menjadi awal dari kecintaan bumi kita tercinta ini.

Terima kasih.


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar