header fadmalalala

5 Keuntungan Kuliah Jurusan Engineering di Luar Negeri

Konten [Tampil]
Keuntungan Kuliah Jurusan Engineering di Luar Negri

Jerman merupakan negara yang memiliki kampus-kampus engineering yang terkenal. Tak heran jika negara ini menjadi sasaran pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi jurusan engineering di luar negeri. Jerman juga menyediakan banyak beasiswa dan program Ausbildung yang memungkinkan siswa dapat bekerja sambil belajar. Melalui program ini, orang tua tidak kesulitan lagi dengan biaya pendidikan anak, karena anak mendapatkan gaji dari perusahaan tempatnya bekerja. Walaupun begitu, orang tua masih bisa mengirimkan uang melalui layanan remittance untuk kebutuhan hidup di awal tinggal mandiri di Jerman.

Remittance artinya pengiriman uang ke luar negeri dalam bentuk mata uang yang berlaku di negara tujuan. Untuk melakukannya, Anda bisa mendatangi bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan tersebut. Bank akan mengubah uang rupiah Anda ke dalam nilai mata uang asing sesuai harga yang sedang berlaku di pasar uang. Dengan mengisi data lengkap nama penerima, rekening bank tujuan, dan negara tujuan, maka uang tersebut dapat segera diterima di luar negeri. Pada dasarnya sama seperti pengiriman uang di dalam negeri. Hanya karena perbedaan sistem perbankan dan penggunaan mata uang yang berbeda, membuat layanan ini terlihat rumit. 

Keuntungan Kuliah Jurusan Engineering di Luar Negeri

Jurusan engineering atau jurusan teknik merupakan salah satu jurusan yang paling diminati pelajar Indonesia. Pasalnya, jurusan ini dianggap memiliki program studi yang beragam, prospek bidang kerja yang menarik dan terbuka lebar, serta peluang mendapatkan gaji tinggi. Jurusan ini masuk dalam rumpun STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Rumpun pendidikan yang masih terus dibutuhkan dan berkembang mengikuti kemajuan zaman. 

Jika Anda atau anak Anda berminat dengan jurusan engineering sekaligus ingin kuliah di luar negeri, tentu akan berbeda dengan kuliah di dalam negeri. Bukan saja soal biaya atau bahasa yang berbeda, tapi juga pengalaman dan kesempatan yang didapat. Untuk urusan biaya hidup dan biaya pendidikan, Anda bisa menggunakan layanan remittance melalui bank atau lembaga keuangan dengan mudah dan uang pun dapat diterima dengan cepat. 

Berikut ini penjelasan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berkuliah jurusan engineering di luar negeri,

1. Peluang kerja di luar negeri

Kuliah jurusan engineering di luar negeri mendapatkan prospek terbuka lebar untuk bekerja di negara tersebut. Ini menjadi nilai tersendiri bagi pelajar yang berniat kuliah dan bekerja di luar negeri. Bahkan tidak mungkin pelajar juga mendapatkan kesempatan kerja sebelum lulus kuliah, meski umumnya pekerjaan yang tersedia untuk pelajar adalah pekerjaan yang bersifat fisik dan dilakukan berbatas waktu, kecuali pelajar yang mengikuti program khusus belajar sekaligus bekerja.

2. Peluang gaji lebih besar

Jika setelah lulus Anda mendapatkan pekerjaan di negara tersebut, maka gaji yang Anda dapatkan sesuai standar gaji yang berlaku di sana. Tentunya lebih tinggi dibanding standar di Indonesia, karena tingkat kehidupan yang berbeda. Bisa dibilang gaji yang lebih besar ini sebagai pengembalian "modal" untuk biaya kuliah dan biaya hidup yang kirim oleh orang tua melalui layanan remittance selama masa kuliah di luar negeri.

3. Praktek kerja lapangan

Kuliah jurusan engineering di luar negeri umumnya termasuk program praktek kerja lapangan. Program kerja lapangan di luar negeri berbeda dengan program kerja lapangan di dalam negeri. Pengaplikasian teori menjadi pengalaman hands-on akan memberi gambaran umum dunia kerja yang sebenarnya dan jauh berbeda dari pemahaman teori dalam buku materi kuliah. Ketika mengikuti praktek kerja lapangan ini, pelajar akan mendapatkan kemampuan dan keterampilan baru yang bisa menjadi bekal saat terjun ke dunia pekerjaan yang sesungguhnya. 

4. Surat Rekomendasi

Perusahaan tempat pelajar melakukan praktek kerja lapangan akan memberikan surat rekomendasi. Surat ini merupakan pelengkap surat lamaran yang bisa dijadikan senjata ampuh memperoleh pekerjaan di perusahaan lain. Bukan tidak mungkin, dengan adanya surat rekomendasi ini Anda mendapatkan gaji yang lebih besar dari standar yang ditetapkan perusahaan. 

5. Disiplin dan Cara pandang yang berbeda

Kehidupan di perantauan akan membawa Anda pada pola pikir yang baru hasil dari pengalaman yang berbeda. Kehidupan mandiri jauh dari keluarga membentuk sikap disiplin dalam belajar dan bekerja. Sikap ini yang mungkin tidak Anda dapatkan dengan berkuliah di dalam negeri.

Kehidupan mandiri ketika kuliah di luar negeri juga akan membentuk sikap pejuang yang kompetitif. Sikap ini akan berguna untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu atau bahkan lebih cepat, serta dalam proses mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan. Bahkan, sikap positif ini juga berguna dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Layanan Remittance untuk Kebutuhan Kuliah di Luar Negeri

Layanan Remittance Kuliah di Luar Negeri

Biaya kuliah dan biaya hidup di luar negeri berbeda dari biaya di dalam negeri. Pembayaran uang kuliah biasanya untuk kebutuhan selama satu tahun, sedangkan pembayaran asrama atau apartemen bisa dilakukan bulanan atau tiga bulanan. 

Untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa mengirim uang dalam bentuk mata uang asing yang digunakan di negara tersebut menggunakan remittance melalui bank atau lembaga keuangan penyedia layanan. Salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS, penyedia layanan transfer uang ke luar negeri tanpa perlu ribet datang ke bank. 

Remittance artinya Anda harus mengetahui nilai tukar mata uang, biaya pengiriman, hingga masa berlaku mata uang, serta sistem perbankan yang berbeda. Namun, kini Anda tidak perlu ribet memikirkan semuanya. Aplikasi digibank by DBS menawarkan keunggulan yang menjadi solusi permasalahan tersebut. Anda bisa mendapatkan manfaat seperti berikut ini:

  • Akses aplikasi 24/7 tanpa repot datang ke bank
  • Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara tujuan
  • Nilai tukar yang selalu update dan kompetitif
  • Pengiriman uang tiba di hari yang sama

Kuliah jurusan engineering di luar negeri membuka banyak peluang terbaik. Gunakan setiap kesempatan yang datang agar Anda mendapatkan kehidupan terbaik di masa depan. Raih pengalaman berharga itu bersama Aplikasi digibank by DBS yang membantu proses pengiriman biaya kuliah melalui layanan remittance yang mudah dan hemat. Segera dapatkan informasi selengkapnya di web dbs.id pada fitur aplikasi.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar