header fadmalalala

Belanja Online Dulu dan Sekarang, Yuk Jualan Online!

Konten [Tampil]
Yuk Jualan Online

Belanja online merupakan pilihan yang sangat digemari dari zaman dulu hingga sekarang. Kenapa? Karena dengan belanja online kita bisa memanfaatkan waktu untuk hal lainnya. Apalagi untuk para ibu rumah tangga seperti saya.

Kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan hemat tenaga hanya dengan ponsel saja. Kegemaran ini juga bisa menjadi sebuah peluang usaha yang bisa kita manfaatkan untuk hal lainnya. Seperti berjualan online untuk menambah penghasilan keluarga.

Menambah Penghasilan Dengan Berjualan Online 

"Yuk Jualan Online!"

Itulah kata-kata yang biasanya saya ucapkan jika ada teman yang membutuhkan penghasilan tambahan. Karena masih banyak teman yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan hanya berjualan offline. Tidak ada salahnya bukan jika kita memberikan solusi untuk permasalahannya itu.

Dengan berjualan online kita bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti biasanya. Dan kita juga bisa berjualan di saat ada waktu luang. Semua bisa teratasi dengan berjualan online. Bahkan, kadang kita juga tidak perlu menumpuk stok barang di rumah. Karena banyak sekali cara yang bisa dilakukan saat berjualan online.

1. Stok Barang

Mempunyai stok barang yang akan dijual di rumah merupakan salah satu pilihan yang tepat. Dengan adanya stok barang, kita tidak perlu khawatir kehabisan barang dagangan. Stok barang jualan yang akan habis bisa kita tambah lagi jumlahnya sesuai dengan keinginan kita.

Metode ini bisa digunakan untuk barang yang bisa bertahan lama. Untuk makanan pun juga harus kita cek kembali agar tidak lewat dari tanggal kadaluarsa. Stok barang ini bisa saja menimbulkan kerugian jika kita tidak pintar memilih barang mana saja yang lebih cepat terjualnya. Agar stok barang yang dijual juga bisa berputar dan tidak menimbulkan kerugian.

2. Reseller

Saat kita ingin berjualan online tapi tidak mempunyai modal atau ingin berdagang tapi dengan modal kecil, bisa kita pilih berjualan dengan cara menjadi reseller. Menjadi reseller kita tidak perlu menumpuk stok barang dagangan di rumah. Dan bisa meminimalisir kerugian yang bisa terjadi jika kita stok barang jualan.

Hanya bermodal smartphone dan internet, kita sudah bisa berjualan di mana saja. Bisa kita share ke teman-teman, saudara, atau orang lainnya. Bisa juga kita beriklan menggunakan medsos atau e-commerce yang terpercaya. Yuk jualan online! Karena tren belanja online sudah semakin digemari banyak orang.

Reseller

3. Jual Produk Sendiri

Saat kita menjadi reseller, sudah pasti kita mengenalkan produk orang lain ke orang terdekat kita. Tetapi jika kita sudah mempunyai produk dan brand sendiri, tentu saja itu lebih menguntungkan kita. Kita tidak terikat dengan nama produk orang lain. Dan saat produk kita bisa terkenal, maka orang lain yang bisa menjadi reseller untuk mengenalkan produk kita.

Menjual produk sendiri memang tidak mudah dan butuh proses yang lama agar berhasil. Tapi dengan menjual produk sendiri, kita mempunyai kepuasan sendiri, bahwa kita pun bisa membuat sebuah produk yang laku untuk dijual belikan.

Produk buatan sendiri itu tidak hanya fokus pada kerajinan tangan, makanan, maupun minuman saja. Bahkan sebuah desain yang dibuat dari aplikasi gratisan pun bisa menjadi sebuah produk yang laris untuk dijual. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Yuk jualan online! :D.

Tren Belanja Dari Masa Ke Masa

Saat ini kita mengetahui bahwa banyak yang tertarik dengan berjualan online. Sekarang kita akan mencari tahu tren belanja online dari masa ke masa. Karena belanja online ini ternyata sudah ada dari dulu. Walaupun peminatnya belum sebanyak saat ini, belanja online zaman dulu juga tidak kalah saingnya.

Tren Belanja Online

Melalui Forum Jual Beli

Sebuah forum yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan online salah satunya adalah Kaskus. Ya, Kaskus sendiri merupakan forum online yang sudah ada sejak lama sebelum adanya e-commerce. Dengan mendaftarkan diri sebagai pengguna, kita bisa mulai berjualan, membeli, atau bahkan hanya berkomentar saja.

Saya sendiri belum pernah bertransaksi di forum Kaskus. Tetapi jika transaksi yang dilakukan hanya dua arah dan tidak ada saksi ketiga yang memberikan jaminan, bisa saja kita mengalami penipuan. Barang yang dibeli tidak sesuai, sudah tidak bagus kondisinya, maupun penjual melarikan uang kita. Inilah resiko yang harus kita perhatikan agar lebih berhati-hati untuk bertransaksi.

Menggunakan Media Sosial

Berbeda dengan Kaskus yang belum pernah saya coba, Facebook merupakan salah satu media sosial yang sudah pernah saya gunakan untuk transaksi jual beli. Berjualan online di facebook bisa melalui marketplace yang sudah tersedia. Ataupun bisa juga bergabung dengan grup jual beli yang ada di facebook. Menurut saya kedua cara ini yang paling bisa menarik perhatian pembeli.

Tetapi, biasanya saya menggunakan facebook hanya untuk beriklan saja. Sedangkan transaksi yang dilakukan sering kali secara COD (Case On Delivery). Karena berjualan di facebook sendiri kita tidak bisa melihat apakah barang yang dijual benar sesuai aslinya atau tidak. Karena tidak ada rating ataupun review dari pembeli.

Jika bertransaksi dengan pembeli secara COD, maka kita bisa membuang banyak waktu dan tenaga. Kita harus janjian dulu dengan pembeli, menentukan jam dan lokasi, dan waktu bisa habis di jalan. Saat pembeli kurang cocok dengan barang yang dijual pun bisa saja di-cancel. Itulah sedikit pengalaman saat berjualan menggunakan facebook.

Menggunakan E-Commerce

Berbeda dengan zaman dulu yang belum ada web khusus untuk berjualan online. Kini, kita bisa merasakan berjualan online dengan nyaman dan tentu saja terpercaya. Menggunakan e-commerce untuk berjualan online merupakan pilihan yang tepat.

Walaupun kita sebagai seller agak sedikit repot karena harus memasukkan detail suatu barang yang akan dijual, tapi itu bisa menambah kepercayaan customer. Dengan detail barang yang dijual semakin lengkap, maka customer juga semakin percaya. Apalagi jika ada rating toko dan review dari pembeli yang lain. Toko akan semakin terpercaya dan bisa menarik banyak customer lainnya.

Sampai saat ini pun banyak e-commerce yang ada di Indonesia. Salah satu e-commerce terdepan yang biasa saya gunakan adalah Lazada. Karena Lazada tidak hanya memberikan pelayanan yang baik untuk customer saja, tapi untuk para seller juga. Itulah beberapa tren belanja online dari masa ke masa.

Lazada Sebagai E-Commerce Terpercaya

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa Lazada juga memberikan bantuan untuk penjual. Khususnya untuk seller yang baru saja bergabung bersama Lazada dengan fitur inkubasi. Di mana tim Lazada akan mengajarkan berbagai hal selama 3 bulan ke depan.

Kita diajarkan untuk mengupload produk yang akan dijual, hingga fitur-fitur baru seperti livestreaming. Karena livestreaming juga merupakan fitur yang akhir-akhir ini digemari oleh customer. Karena bisa melihat langsung produk yang dijual secara live.

Menggunakan Lazada juga customer lebih percaya dan mengurangi resiko penipuan. Karena menggunakan e-commerce sebagai pihak ketiga yang menjadi saksi saat jual beli. Tertarik jualan di Lazada? Bagaimana caranya?

Cara Berjualan di Lazada

Jualan di Lazada

Sebelum mulai jualan di Lazada, kita harus bergabung menjadi Lazada seller dahulu. Baru deh kita bisa bebas berjualan dan upload foto produk kita di Lazada. Untuk itu, kita bisa mencari tahu dulu cara gabung menjadi seller Lazada.

Setelah berhasil bergabung menjadi seller di Lazada kita bisa langsung berjualan. Caranya juga mudah sekali.

  1. Masuk ke akun Seller Center Lazada
  2. Pilih gambar tas, dan klik "Tambah Produk"
  3. Masukkan semua detail dan deskripsi dari produk yang akan dijual dengan lengkap
  4. Jika semua data sudah diisi, klik "Simpan & Tampilkan"
  5. Maka produk kita akan tampil di toko dan bisa mulai jualan di Lazada.

Bagaimana mudah bukan menjadi seller di Lazada? Banyak manfaat yang bisa kita ambil saat kita bergabung menjadi seller Lazada. Salah satunya mendapatkan banyak ilmu yang dibimbing oleh tim Lazada.

Kesimpulan

Jualan Online di Lazada

Mengikuti tren belanja online dari masa ke masa, membuat kita memahami platform yang terbaik untuk dipilih saat berjualan online. Kita juga bisa memahami konsumen dengan lebih baik saat kita menggunakan platform yang terbaik juga.

Mengetahui tren belanja online juga menjadi pengalaman untuk kita saat berjualan. Kita juga mengetahui bahwa dulu juga banyak penipuan yang terjadi saat berjualan online. Entah itu pelanggan yang iseng atau penjual yang tidak jujur. Dengan keamanan yang semakin meningkat, saat ini kita bisa lebih tenang dalam berjualan online. 

Melalui blog Yuk jualan online, kita juga bisa mengetahui tips dan trik dalam berjualan di Lazada. Kita juga bisa mendapatkan inspirasi dalam membangun bisnis. Berita dan tren terbaru seputar bisnis bisa kita dapatkan dengan mudah. Masih ragu untuk menambah penghasilan? Yuk jualan online di Lazada!

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

19 komentar

  1. Tips yang berguna banget untuk ibu rumah tangga yang ingin membuka bisnis dari rumah aja. 3 pilihan yang bisa disesuaikan mau jualan dengan mode mana.
    Aku setuju sih kalau udah tahu perkembangan jual beli dari forum, pake sosmed, smpe adanya e-commerce itu, kebayang deh tambah nyaman aja cara transaksinya

    BalasHapus
  2. Tren belanja online saat ini sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan.
    Yang mempunyai usaha, peluang ini kudu dimanfaatkan nih. Salah satunya gabung sebagai seller di Lazada, e-commerce terpercaya dari dulu.

    BalasHapus
  3. Jualan online itu menghapus stigma "Jualan yang sukses kalau pinter ngomong". Iya, semakin banyak dan pinter bicara, dagangan lebih laku. Sekarang ini hanya berbekal gadget sudah bisa jualan dan saya juga membuktikannya. Seorang introvert saja bisa sukses bisnis online.

    BalasHapus
  4. Jualan online di Lazada sebagai reseller juga menjanjikan ya Mba.. Tidak perlu repot packing barang, cuma setting aja sebagai reseller. Lebih praktis dan tetap cuan.

    BalasHapus
  5. sistem COD zaman dulu itu ribet sih ya bagi penjual, secara udah luangkan waktu tapi ternyata pembelinya gak sreg dengan barang yang kita jual, eehh gagal dong transaksinya.
    beda banget dong zaman sekarang jualan online walau pembeli mintanya COD tapi kita tetap bisa mengirimkan barang, gak perlu repot juga karena kurirnya bisa jemput di rumah :)
    jualan di Lazada asyik banget ya, cuan cuan cuan nih :)

    BalasHapus
  6. Seller yang bergabung di Lazada tentunya akan sangat terbantu ketika ingin meningkatkan bisnisnya. Karena ada bimbingan mengenai cara untuk meningkatkan penjualandari tim Lazada.

    BalasHapus
  7. Belanja online sangat membantu pengguna. Makanya untuk yg mau usaha di bidang ini punya peluang besar

    BalasHapus
  8. Lazada adalah marketplace terbesar di Asia ya mbak
    Berjualan di Lazada adalah peluang bisnis yang menjanjikan

    BalasHapus
  9. Aku udah nggak ngerasain sih belanja online di forum-forum gitu. Pas belanja online, aku udah di medsos gitu deh. Cuma memang kudu hati-hati banget. Beda kalau belanja di e-commerce

    BalasHapus
  10. belanja online sekarang udah jadi alternatif banget sih, bisa pilih berbagai barang dan bandingin harga serta promonya

    BalasHapus
  11. Aku dulu, belanja online pernah lewat media sosial, itupun pakai mikir berulang karena takut kena tipu...hehehe
    Terus ada e-commerce,dan jadi sering belanja online. Berasa lbh aman aja. Dan e-commerce langganan aku tuh Lazada

    BalasHapus
  12. Mau menjadi reseller maupun dropshipper bisa jadi peluang ya di masa sekarang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi tren belanja online saat ini juga udah mulai berubah dan kebanyakan orang lebih nyaman belanja dari rumah

    BalasHapus
  13. menguntungkan yaa berjualan di Lazada. Pengen coba deh tapi belum punya stok barang sendiri, nanti deh klo udah ada mau coba juga jualan disana

    BalasHapus
  14. Tren jualan online berkembang karena manusia maunya praktis. Belanja jd bs sambil rebahan, gak perlu capek2 dan susah2 keluar rumah. Pun bisa sambil jualan jg, makanya lazada bs jd opsi buat yg mau jualan tapi gak pake ribet

    BalasHapus
  15. Sekarang ini bisnis apapun kayaknya wajib di-online-kan. Bukti bahwa trend belanja masyarakat sudah bergeser ke ranah digital. Saya pribadi beli bedak sebiji pun milih online ketimbang offline krn lebih praktis.

    BalasHapus
  16. Sy juga pelanggan setia lazada.. Apalagi metode pembyaran COD lebih enak & praktis..

    BalasHapus
  17. Dari dulu pengin jualan online, tapi nggak jadi jadi terus. Padahal sekarang banyak sekali olatform untuk tempat jualan ya.

    BalasHapus
  18. Nita Juwithafina18 November 2022 22.02

    Aku dulu kaskuser banget... sampe isi rumah semua dari FJB kaskus haha.... jaman kini telah berubah yaa.. harus berinvasi karena orang2 makin kreatif

    BalasHapus
  19. Nita Juwithafina18 November 2022 22.02

    Aku dulu kaskuser banget... sampe isi rumah semua dari FJB kaskus haha.... jaman kini telah berubah yaa.. harus berinvasi karena orang2 makin kreatif

    BalasHapus

Posting Komentar