header fadmalalala

Cara Mengatasi Redirect di Blogspot

Konten [Tampil]
Redirect Blogspot

Pernahkah kamu menemukan halaman blog atau website yang tidak aktif? Atau link orang lain yang ada di dalam blog kita sudah rusak?

Wah, bagaimana cara mengetahuinya ya? Apa kita harus mengecek hyperlink blog satu persatu? Bagaimana jika jumlah artikel kita sudah ratusan atau bahkan ribuan?

Pasti tidak mungkin kita mengeceknya satu persatu bukan? Nah, saat mengikuti kelas Screaming Frog bersama coach Irwin, kami diajari untuk menjaga kondisi blog. Site audit kali ini membahas tentang Redirect 3xx. Sebelumnya, kita cari tahu dulu tentang redirect ya :D.

Apa Itu Redirect?

Redirect merupakan pengalihan sebuah alamat blog lama ke link blog yang baru. Contohnya adalah saat kita membuka link blog www.fadmala.com/artikel dan link yang muncul menjadi www.fadmala.com/baru. Nah, itu artinya link pertama sudah di redirect ke link yang kedua.

Link pertama tersebut sudah diubah ke alamat link yang baru. Sehingga ketika kita masuk ke link pertama, artikel tetap muncul dengan link yang baru. Sehingga halaman tersebut tidak rusak dan bisa dialihkan ke halaman yang baru.

Jadi, jika kita ingin mengganti alamat postingan artikel blog, sebaiknya segera di Redirect atau dialihkan di bagian pengaturan blogspot. Agar tidak terjadi error pada postingan artikel yang kita buat.

Redirect 301 dan 302

Kode status 301 bisa diartikan dengan pengalihan link situs permanen atau Moved Permanently. Sedangkan kode 302 artinya Moved Temporarily. Kedua kode tersebut mempunyai arti bahwa link situs atau blog yang kita kunjungi sudah berganti alamat baru.

Redirect 301 juga bisa diterapkan saat kita meningkatkan keamanan blog dari http menjadi https. Maka hal ini akan berpengaruh ke semua link blog yang ada. Redirect 301 tidak hanya berpengaruh pada akses halaman blog saja. Tetapi juga pada mesin pencari, yang menganggap link yang baru merupakan alamat link yang benar.

Sedangkan redirect 302 sekilas terlihat sama, tapi ada sedikit perbedaan. Perbedaan ini terlihat dari sisi search engine. Kode 302 memiliki arti terjadi proses redirect sementara menuju halaman lain hingga halaman sebelumnya dihapus dari mesin pencari.

Mengapa Redirect Perlu Diperbaiki?

Saat kita mempunyai blog, tentu kita ingin menjaga kondisi blog agar selalu sehat. Khususnya untuk pemilik blog yang sudah lama dan mempunyai banyak sekali artikel di dalamnya.

Lalu, kenapa kita perlu memperbaiki Redirect?

Memastikan Blog Selalu Dapat Diakses

Ketika kita ingin mengubah suatu URL yang ternyata lebih simple dari URL sebelumnya. Tentu kita tidak hanya asal mengubahnya. Bagaimana dengan URL lama yang mungkin sudah terindeks di mesin pencari? Jika URL tidak di Redirect, maka halaman tidak akan ditemukan.

Halaman kosong dengan text  "404 error" akan muncul ketika halaman blog tidak bisa diakses. Ini menandakan bahwa URL blog telah rusak atau diganti. Untuk itulah kita memerlukan Redirect ke URL halaman yang baru.

Kepercayaan Pembaca Pada Blog

Saat melihat halaman kosong dan eror, apa yang kamu rasakan? Pasti tidak menyenangkan bukan? Karena kita sudah susah payah mencari di mesin pencari, tapi hasil dari pencarian kita ternyata kosong.

Tentu saja hal ini bisa mengurangi kepercayaan pembaca pada blog kita. Itulah yang harus kita hindari. Karena sebagai seorang blogger, sebaiknya kita bisa memberikan kenyamanan pada pembaca di blog kita.

Mengetahui Broken Link Dengan Screaming Frog

Screaming frog merupakan tools yang berfungsi seperti Google Crawl untuk mengaudit teng SEO On Page pada blog kita. Menggunakan screaming frog untuk mempermudah kita dalam pencarian broken link di dalam blog.

Kenapa kita memerlukan screaming frog?

Saat kita memiliki ribuan artikel dengan banyak ataupun ratusan backlink. Apakah kita bisa mengecek satu persatu link yang ada di dalam artikel blog kita? Kalau saya sih tidak ada waktu untuk mengecek satu persatu artikel tanpa alat bantu. Karena kita tidak mengetahui link mana yang sudah rusak atau diganti.

Menggunakan screaming frog inilah kita bisa lebih cepat mengetahui link mana yang sudah diganti dan mana yang rusak. Hanya dengan mengisi link blog kita, screaming frog akan mengcrawl blog kita secara menyeluruh. Dan memunculkan hasil Redirect blog dengan lebih cepat.

Hanya dalam hitungan menit saja, hasil Redirect blog sudah bisa saya dapatkan. Alhamdulillah, saat itu hanya terdapat 7 link saja pada Redirect 3xx pada blog saya. Hem, menarik sekali bukan? Kita bisa mengetahui backlink mana yang sudah berubah maupun rusak di blog kita.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tenang, setelah ini akan saya paparkan cara untuk mengatasi Redirect menggunakan screaming frog.

Cara Mudah Mengatasi Redirect di Blogspot

Menggunakan tools Screaming Frog untuk membantu saya dalam menemukan link Redirect maupun broken link yang ada di dalam blog. Caranya adalah:

1. Buka Aplikasi Screaming Frog

Aplikasi ini saya akses dengan laptop windows 64bit. Sepertinya windows 32 bit belum bisa digunakan untuk mengakses screaming frog ini. Menggunakan lisensi yang dibagikan secara gratis oleh coach Irwin agar bisa mengakses aplikasinya secara penuh.

Wah, disini saya sangat bersyukur sekali. Karena bisa mengikuti kelas gratis dan dibagikan lisensi dengan harga jutaan per tahunnya. Semoga coach Irwin selalu diberikan rizki yang banyak ya. Aamiin.

2. Masukkan URL Blog

Setelah aplikasi terbuka kita tinggal masukkan URL atau link blog kita. Karena saya menggunakan blogspot, link yang dimasukkan harus menggunakan www. Setelah link blog saya www.fadmalalala.com saya masukkan lalu klik "Start" dan tunggu hasilnya.

3. Melihat Hasil Response Codes Redirection

Setelah hasil crawl sudah 100% maka kita lihat hasil pada bagian Response Code di kolom bagian kanan. Kita lihat hasil Redirection 3xx.

Hasil Crawl Kodok

Nah, disini kita bisa melihat Redirection milik saya masih ada 3. Dengan status kode 308, 301, dan 302. Karena link pertama dan kedua adalah link job, jadi saya tidak bisa menghapusnya tanpa meminta izin pemberi job nya. Tidak etis bukan kalau kita diberi job dan akhirnya backlink di blog tiba-tiba dihapus. Jadi kedua link tersebut akan saya biarkan.

4. Mengatasi Redirect 3xx

Saat ini saya akan fokus pada link yang ketiga, yaitu Redirect 302. Terdapat link draft.blogger yang tidak tahu arahnya kemana. Karena draft blogger jika di klik akan masuk pada dashboard blogspot itu sendiri.

Nah, disini saya tidak memerlukan link yang mengarah pada dashboard blogspot. Jadi saya akan mencari letak link tersebut. Bagaimana caranya?

Hasil Akhir Screaming Frog

Kita klik tombol "inklink" di kolom bawah lalu geser maka akan menemukan Anchor text yang ada di dalam artikel yang dimaksud. Ditempat saya ada di artikel face care scarlett.

Lalu kita buka draft artikel tersebut dan cari Anchor Text yang dimaksud. Karena saya tidak membutuhkan link ini, maka disini akan saya hapus. Setelah dihapus lalu perbaharui artikel dan crawl ulang screaming frog tersebut.

Nah, setelah crawl ulang maka hasil Redirection 3xx sudah berkurang karena Redirection 302 sudah hilang. Bagaimana? Mudah sekali bukan mengatasi redirection pada blogspot? Setelah ini, jika ingin mengetahui kesehatan blog bisa kita lakukan secara rutin. Agar link eror yang ada pada blog tidak menumpuk.

Bagaimana denganmu? Apa kamu sudah cek blogmu juga? Atau punya cara lain mengatasi redirect di blog? Share juga yuk dan tulis di kolom komentar.

Terima kasih.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

49 komentar

  1. Jadi tahu deh kalau redirect juga harus dirapikan, ya. Lumayan tuh kerja kerasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khususnya untuk menemukan broken link atau link yang diganti kak.. Jadi kita bisa mengetahui link eror dan link orang lain yg bisa saja berubah menjadi link judi..

      Hapus
  2. Benar sekali, Mbak. Akhirnya pembaca bisa malas mampir lagi ke blog kita. Makanya link-link rusak harus segera diperbaiki. Dan kalau itu kebetulan kerjasama dengan klien, harus diredirect atau dialihkan.

    Kalau saya, dulu langsung mengalihkan link di draf, Mbak. Kebetulan saya juga pakai blogspot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, cara perbaikinya memang langsung di draft.. Screaming frog hanya untuk mengetahui letak link nya saja :)

      Hapus
  3. Aku juga biasanya redirect link ke link blogpost yang lebih simple, biasanya langsung publish tapi lupa cek kalau linknya kepotong. Tapi kalau untuk link job yg ada notif 3xx tetep aku biarin aja sih, kecuali nanti ada pemberotahuan disuruh ganti sama advertiser

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, untuk link job saya biarkan juga^^

      Hapus
  4. Auto disimpen nih artikelnya. Kebetulan lagi butuh buat audit blog. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  5. Sebenarnya redirect tu berpengaruh buruk ke blog kita nggak ya, Kak? Maksudku. Kan redirect tu berarti kalau kita klik link lama akan langsung teralihkan ke link baru. Dan pembaca juga akan tetap bisa mengakses informasi yang diinginkan. Jadi, apakah berpengaruh ke performance blog kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link yang dimaksud tidak hanya link dari dalam blog kita saja kak, tapi bisa juga link dari luar.. Seperti backlink yg sudah lama ada di dalam blog kita.. Kita tidak tahu kan, blog orang lain yg tiba" ganti link atau bisa jadi sudah ganti jadi web judi :D

      Hapus
  6. belum pernah nih buat redirect link, tapi kalau lihat di Ahrefs ada yg 3xx juga sih, kalau yang Screaming Frog udah install tapi gak bisa pakai karena gak ada kode lisensi huhuh, pengen deh ikut kelas site auditnya Mas Irwin juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya.. Untuk mengetahui hasil lengkapnya memang butuh licensinya.. Semiga next bisa gabumg jg ya kak

      Hapus
  7. download Screaming frog dulu nih buat audit blog. Semoga ga nemu bnyk link error.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blig nya masih baru lnsyaa Allah nemunya dikit kok^^

      Hapus
  8. Memperbaiki masalah di dalam blog, termasuk redirect ini akan menyehatkan blog secara keseluruhan ya mba. Yang blogspot bisa banget ngikutin tips dan caranya ini nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, salah satunya bisa menaikkan rank blog di mesin pencari

      Hapus
  9. Saya belum pernah cobain pakai Screaming Frog ini, kebetulan banget banyak artikel yang di balikin ke draft mba, btw itu wajib login dulu ya baru bisa pakai aplikasinya ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih lengkap dalam menemukan eror nya sebaiknya pakai licence mba

      Hapus
  10. Wah iya, aku harus coba nih
    Mau download screaming fog dulu ah

    BalasHapus
  11. Baca ini bikin saya inget ternyata PR ngoprek daleman blog masih selesai juga. Padahal udah dari tahun kemarin. Yeees, mumpung liburan pingin ngoprek lagi ahh

    BalasHapus
  12. Mantap mba Fadma tulisannya lengkaaaappp. nanti kalo ada orang nanya kukasi link ini aja yaak wkwkw.

    BalasHapus
  13. Masalah di screaming frog punya blog ku banyak banget. Harus satu per satu mreteli lagi. Semoga bisa nih, ada waktu luang untuk memperbaikinya, terutama yang link-link yang eror begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba semoga blognya tambah sehat

      Hapus
  14. Wah jadi penting banget ya emang mengecek kesehatan blog kita. Perihal halaman website yang tidak aktif aja bisa bikin blog kita kelihatan tidak sehat ya kak. Thanks ya kak ilmunya jadi tau gimana caranya mengatasi redirect. Nanti deh mau di praktekin ke blog langsung.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah aku dah coba cek atasi redirect ini dan kuncinya sabar dan telaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh betul sekali.. Tambah konsisten buat ngeceknya juga nih

      Hapus
  16. Warga blogspot wajib baca ini nih. Redirect itu perlu banget biar ga brokenlink. Ini semua perlu dilakukan demi kesehatan blog kita sih. Next coba tutorial buat warga WordPress ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara penggunaan screaming frog nya sama kak.. Bedanya cara memperbaikinya saja di dashboard wordpressnya^^

      Hapus
  17. Saya masih banyak sisa URL dari blogpsot yang tersemat di artikel WP. Jadi PR banget emang dan page respon lumayan lama kalau nggak segera diperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak.. Karna berpengaruh jg di performa blog kita

      Hapus
  18. MasyaAllahu tabarakallahu...tercerahkan, mba, dengan penjelasannya. Cuma beda kasus beda juga cara perbaikan ya, ya, mba...haguklah semangat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, yg di artikel hanya salah satu contohnya saja^^

      Hapus
  19. Ternyata banyak hal yang harus dibenahi di blog ya, mb. Salah satunya masalah redirect ini. Saya masih ada beberapa yg harus diselesaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba.. Semoga segera terselesaikan ya..

      Hapus
  20. Sebenernya kalau link yang kaya ada % sebagai pemisah itu kesalahan yaa..?
    Ada indikasi gak ke detect google kah?

    Aku pernah donk, lua kasih tanda pisah (-) pas bikin permalink dan berakhir pada ada tanda %.
    Manalah itu link job. Tapi sampai sekarang alhamdulillah klien gak pernah protes sih..

    Kudunya di redirect yaa.. biar sehat dan bisa di deteksi sama google.
    Haturnuhun tutorialnya. Aku ikutin untuk memperbaiki beberapa link artikel lawasku yang ga jelas, ga jelas itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan yg dimaksud itu karena eror 301 atau 302 atau bahkan 404 juga..
      .
      Kalau permalink lebih baik menggunakan tanda -,tp misal menggunakan tanda % tidak eror berarti tidak ada masalah.. Nah, untuk mengetahui eror atau tidaknya link tersebut, salah satunya dengan tools screaming frog ini :D

      Hapus
  21. Dari dulu saya mau belajar soal blogspot
    Namun masih nyaman di WordPress
    Nah lihat teman teman yang bersihin blogspot dari 301 jadi makin pengen belajar Blogspot juga

    BalasHapus
  22. Wah ini yg lg aku cari kemarin, thanks kak.. beberapa masih ada link yg amburadul, kayanya butuh dipraktikan nih ilmunya ka Fadma :)

    BalasHapus
  23. Asyik asyik gemes ya mbak ngulik redirect ini...hehe
    Alhamdulillah blog jadi semakin sehat ya mba

    BalasHapus
  24. Eror 3xx ini kayaknya dikit ya mbak, ga taunya banyak yang tersembunyi ratusan link yang kudu di benerin. Enak banget cuma 7,aku 73 bo' duuhh duhh mana ga ada apk lagi makin pushing Kan wkwk

    BalasHapus
  25. Ternyata pakai Screaming Frog bisa langsung tahu gitu ya letak link yang errornya, bener-bener ngebantu banget buat hemat waktu. Kalau cari manual bisa sakit nih mata karena linknya udah banyak banget!

    BalasHapus
  26. Jadinya ga perlu bingung nih buat ngatasi kalau ketemu 301 karena bisa lihat dari artikel ini. Saya ada beberapa juga

    BalasHapus
  27. Saya newbie nih utk teknik blogging. Makasih ya ulasannya, saya jadi lebih mengerti

    BalasHapus
  28. Waktu redirect sih oke2 aja mbak, eh oas audit ternyata bikin puyeng juga, kebetulan kemarin punyaku nggak terrlalu banyak mbak. Bisa dikejar lah

    BalasHapus
  29. Di blog saya banyak nih link redirect karena kl ngeblog di blogger, permalink yang panjang suka kepotong akhirnya sadar setelah publish, trus di redirect, dan redirect pun butuh diaudit juga ya pakai screaming frog

    BalasHapus

Posting Komentar