header fadmalalala

Menu Sahur Viral KRAFT Crolette Spesial Untuk Sang Buah Hati

Konten [Tampil]
Menu Sahur

Menu KRAFT Crolette menarik minat anak untuk semangat ikut sahur. Percaya nggak? Kalau saya sih percaya.

Bulan Ramadhan kali ini adalah pertama kalinya saya mengajak Sabila yang berumur 4 tahun untuk belajar berpuasa. Walaupun belum sampai full seharian, tapi saya tetap mengajak untuk ikut kegiatan di bulan suci ini. Termasuk juga untuk bangun awal dan ikut sahur bersama.

Namanya juga anak yang masih belajar, saat bagun tengah hari pasti akan merasa lemas dan tidak bersemangat. Apalagi untuk diajak makan saat dini hari bukan? Bahkan untuk kita sendiri pun kadang nafsu makan saat sahur berkurang dari pada biasanya.

Tapi saat berpuasa, sahur merupakan salah satu amalan sunnah yang bisa kita dapatkan. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan ikut makan sahur saat berpuasa. Penasaran manfaat apa yang bisa kita dapatkan?

Pentingnya Sahur Saat Puasa

Pada saat kita melakukan sahur, ada keberkahan dan barokah yang bisa kita dapatkan. Keberkahan tersebut tentunya datang langsung dari Allah SWT. Barokah bisa mendatangkan pahala, dan sahur ini juga mempunyai manfaat di dunia maupun akhirat. Apa saja manfaat dan keberkahan yang kita dapatkan dari sahur?

1. Mentaati Perintah Rasulullah

Hadits Tentang Sahur

Seperti dalam hadits diatas, bahwa sahur merupakan salah satu hal yang diajarkan Rasulullah pada hamba-hambanya. Dan kita sebagai hamba, tentu saja harus mentaati perintah Rasulullah. Seperti yang tertera dalam ayat dibawah ini:

مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ

"Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka." (QS. An Nisaa’: 80)

2. Bermanfaat Untuk Kesehatan

Selain mendapatkan keberkahan, dengan bersahur kita juga akan mendapatkan fisik yang lebih kuat. Karena tubuh tetap memerlukan makanan untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Selain itu, manfaat sahur dalam kesehatan juga banyak sekali seperti:

  • Mencegah kelelahan dan menjaga daya ingat
  • Meningkatkan laju metabolisme
  • Menjaga kadar glukosa dan mencegah hipoglikemia pada pasien diabetes
  • Mengurangi rasa lapar di siang hari
  • Mengkonsumsi sayuran hijau dapat mengurangi rasa haus saat puasa

3. Banyak Berkah Di Waktu Sahur

Waktu makan sahur merupakan waktu yang diberkahi. Karena pada saat itu Allah turun kelangit dunia. Waktu sahur juga merupakan waktu untuk beristighfar dan meminta pertolongan juga pengampunan dari Allah SWT.

Selain itu, saat kita melakukan sahur pasti kita akan mendengar adzan subuh. Sehingga kita bisa mengikuti sholat subuh berjamaah di masjid. Tentu itu merupakan kebaikan tersendiri untuk kita. Karena dengan bersahur, kita juga mendekatkan diri kita pada Allah SWT khususnya di bulan suci Ramadhan ini.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika ikut melakukan sahur. Karena itulah saya selalu mengajarkan anak ikut makan sahur sejak dini. Karena sejak kecil saya juga dibangunkan sahur oleh kedua orang tua saya.

Sehingga kegiatan puasa sudah tidak asing lagi bagi saya dan Alhamdulillah saat umur 5 tahun, sudah bisa puasa full 1 bulan penuh. Itulah pencapaian besar saya di saat kecil. Dan saya juga ingin mengajarkan dan membiasakan kegiatan baik ini pada anak saya.

Kembali pada cerita membangunkan sahur anak, kita pasti mempunyai tantangan tersendiri untuk membangunkan sahur. Termasuk juga anak saya Sabila, yang sering kali tidur larut malam. Dan berefek pada susah nya bangun sahur.

Untuk itulah saya harus bisa mencari ide agar anak tertarik untuk bangun dan ikut makan sahur bersama. Salah satunya adalah dengan membuat menu kreasi unik KRAFT Crolette.

Resep Menu Viral KRAFT Crolette

Menu Viral Kraft Crolette

Saat pertama kali melihat video tentang KRAFT Crolette, saya langsung penasaran dan ingin mencobanya. Karena baru tahu kalau keju KRAFT bisa dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menarik minat saya. Eh, untuk saya sendiri pun tertarik. Apalagi untuk anak saya bukan? Hihii.

Untuk itulah saya merasa tertantang ingin mengikuti challenge membuat KRAFT crolette. Ingin juga nih, anak merasa senang dengan hasil kreasi masakan saya. Apalagi bentuknya lucu seperti mahkota princess bukan? Dan inilah bahan yang saya gunakan untuk recook KRAFT Crolette.

Bahan Yang Dibutuhkan

  • 2 buah butir telur
  • Keju KRAFT Cheddar mini
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang merah dan putih untuk isian omelette (opsional dan bisa diganti)
  • Garam dan kaldu jamur (opsional)

Cara Membuat

  1. Kocok telur hingga merata dan tambahkan garam, lada dan kaldu jamur.
  2. Masukkan isian untuk omelette, saya pakai bawang merah dan bawang putih
  3. Panaskan teflon dan masak telur lalu lipat membentuk omelette
  4. Parut keju KRAFT cheddar diatas teflon dan letakkan omelette diatasnya, masak dengan api kecil tunggu sekitar 1 menit
  5. Angkat dengan spatula dan bentuk keju seperti crown dan biarkan hingga beku
  6. Selesai dan sajikan.

KRAFT Crolette ini merupakan singkatan dari Crown Omelette. Merupakan menu simple dengan bahan yang mudah didapat dan mudah juga untuk dimasak. Karena resep original dari KRAFT Crolette sendiri hanya menggunakan dua bahan saja, yaitu telur dan keju.

Walaupun hanya dua bahan saja, tapi kandungan yang terdapat pada makanan ini sangat tinggi. Karena mengandung tinggi protein dan kalsium dan rasanya juga gurih dan lezat yang dihasilkan dari keju asli.

Setelah membuat KRAFT Crolette, Sabila pun langsung ikut bangun untuk sahur bersama. Kesan pertama kali Sabila melihat crown nya langsung terkesima.

"Wooww.. Ini buat siapa ummi?"

Tentu saja buat Sabila dong ya. Hihii. Senang sekali rasanya melihat anak menyukai kreasi kita. Apalagi jika dia langsung bangun dan ikut makan sahur dengan ceria. Siapa orang tua yang tidak bahagia kalau melihat anak lahap makan?

Yang jelas bukan saya dong. Apalagi jika menu dari KRAFT ini selain enak juga banyak gizi dan nutrisinya. Eits, kita lihat dulu keunggulan dari keju cheddar KRAFT ini ya.

Keunggulan Keju Cheddar KRAFT #KejuAsliCheck

Setelah mengetahui tentang manfaat dan keju dari Kampanye #KejuAsliCheck, saya sudah merasa hnyaman menggunakan produk KRAFT ini. Menambahkan keju dalam makanan menjadi kebiasaan saya untuk menambah cita rasa masakan.

Bahkan anak saya pun suka sekali makan cemilan keju. Keju batangan pun tetap dimakan walaupun tanpa diolah. Karena keju KRAFT rasanya enak, gurih, dan banyak nutrisinya. Pemilihan keju yang benar juga bisa kita dapatkan dari #KejuAsliCheck.

Jadi, jangan sampai salah memilih jenis dan merk keju di pasaran ya. Apa saja yang harus kita perhatikan dalam pemilihan keju?

  1. Bahan baku Keju Cheddar berada pada urutan pertama di komposisi. Bukan air maupun tepung.
  2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan.

Keju cheddar KRAFT tentu sudah melewati standar dan kriteria dari #KejuAsliCheck. Bahan utama dari keju cheddar KRAFT merupakan keju asli New Zealand pada urutan pertama dalam komposisi. Keju KRAFT Cheddar dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya dengan kalsium, protein, dan vitamin D.

Keunggulan Keju KRAFT

Kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT juga mendapatkan apresiasi dari Badan POM. Menurut Dra. Indriemayatie Asri Gani,Apt selaku koordinator pemberdayaan masyarakat konsumen badan POM bahwa mereka sangat mengapresiasi kampanye dari KRAFT. Karena telah melakukan inisiatif untuk mengedukasi masyarakat tentang bahan olahan pangan. Termasuk juga pentingnya untuk mengecek label pangan dalam kemasan.

Tips Menjaga Nutrisi Anak

Pada saat bulan puasa seperti ini, penting juga untuk kita agar tetap menjaga nutrisi sang buah hati. Nah, ada beberapa tips dari Dr. Rita Ramayulis untuk menjaga nutrisi anak yang penting untuk perkembangan tubuh. Apa saja itu?

1. Sesuai Waktu

Anak memiliki lambung yang lebih kecil dari pada lambung orang dewasa. Sehingga jangan sampai porsi makan anak disamakan dengan porsi makan kita orang dewasa. Karena anak belum bisa menerima porsi makanan dalam jumlah besar.

Untuk itu, sebaiknya kita beri jarak waktu dalam memberi makan pada anak. Seperti makan 3x sehari, yaitu pagi, siang, dan malam. Berikan juga selingan snack pada pagi, sore, dan malam hari.

2. Sesuai Jumlah

Pemilihan makanan untuk anak juga harus sesuai dengan jumlah gizinya. Makanan yang padat gizi dan nutrisi lebih baik walaupun dengan volume kecil. Makanan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak juga sesuai dengan porsi sang buah hati.

3. Sesuai Jenis

Tips terakhir adalah dengan memilih jenis makanan yang padat gizi. Karena imunitas anak belum berkembang sempurna, sehingga perlu dijaga asupan gizinya. Terutama untuk protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel imunitas anak.

Fakta mengatakan bahwa 1 porsi menu KRAFT Crolette mengandung 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Menu ini juga cocok sekali untuk menemani kita saat sahur di bulan Ramadhan. Agar puasa tetap kenyang dan kuat seharian. Nutrisi untuk anak juga tentu saja terpenuhi bukan?

Inilah alasan saya membuat menu KRAFT Crolette untuk sajian di bulan Ramadhan. Karena memang simple dibuatnya dan dengan bahan yang apa adanya. Yuk ikutan juga untuk coba challenge menu KRAFT Crolette di bulan Ramadhan! Menu sahur viral KRAFT Crolette spesial untuk sang buah hati! Komen juga yang sudah pernah buat dan bagikan bagaimana kesan kalian :D.

Terima kasih.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

12 komentar

  1. Wah bisa jadi ide nih untuk bikin olahan telur dan keju, pas banget bahannya ada semua di rumah. Besok deh eksekusi crolletenya, pasti anakku suka deh ini.

    BalasHapus
  2. Simpel nii buat dipraktekin. Klo makanannya menarik dan menggugah selera, pas sahur anak2 pasti semangat ya meski sambil ngantuk2

    BalasHapus
  3. Keju Kraft cheddar ini memang rasanya enak banget ya, mbak. Jangankan anak-anak. Orang tua juga doyan sama kejunya. Hehe

    BalasHapus
  4. Dennise Sihombing7 Mei 2022 20.43

    Namanya keju KRAFT diolah apa saja enak ya kak. Aku belum pernah nih buat menu untuk anak-anak KRAFT Crolette,, boleh deh dicoba. Apalagi anggota keluargasemua penyuka KRAFT termasuk aku

    BalasHapus
  5. Resepnya buat ide menu baru untuk sajian makanan yang pastinya anak2 akan suka karena anak2 saya suka banget sama keju

    BalasHapus
  6. Asik yah..
    Anak-anak jadi lebih semangat dengan menu yang penuh cinta dan kehangatan menggunakan menu KRAFT Crolette.
    Alhamdulillah,
    Bahan KRAFT Crolette mudah didapatkan.

    BalasHapus
  7. Buat jadi hidangan berbuka seperti buka puasa syawalan memang asik sih ini.
    Karena olahan dari keju Kraft enak-enak dan bergizi juga

    BalasHapus
  8. Menu apapun kalo menggunakan kraff crolette pasti enak deh ... boleh di recook ya .. resepnya untuk dicoba dirumah

    BalasHapus
  9. wah boleh juga nih di coba, buat iseng bikin cemilan anak juga, keju kraft tuh favorit emang dari dulu, aku gak pernah pake keju yang lain kalau mau bikin cemilan.

    BalasHapus
  10. Wah sy juga nyoba bikin kraft crowlette ini, anak2 suka. Pertama kali bikin deg deg an takut gagal, tapi ternyata mudah ya

    BalasHapus
  11. Resep KRAFT Crolette ini gampang dan bernutrisi tinggi ya mba. Jadi cocok banget untuk sajian sahur karena di dengan konsumsi Crolette ini anak akan kenyang lebih lama

    BalasHapus
  12. Keliatan krispy ya ini menu sahurnya. Jadi pengen nyobain tapi susah gak ya bikinnya. Kalo dadar telurnya aja aku bisa.

    BalasHapus

Posting Komentar