header fadmalalala

SehatQ : Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki dan Artinya

Konten [Tampil]
nama bayi

Anak adalah sebuah anugerah yang diberikan Allah. Sebuah nama untuk anak merupakan suatu doa yang dititipkan orang tua kepada anaknya. Dengan nama inilah adalah sebuah harapan orang tua agar kelak anak menjadi sosok yang bisa dibanggakan.

Ingin sekali aku memberikan sebuah nama laki-laki kepada anakku. Tapi sayangnya belum punya anak laki-laki, jadi masih berdoa dan berharap agar kelak diberikan keturunan anak laki-laki. Karena anak laki-laki lah yang kelak masih bertanggung jawab pada orang tuanya.

Menurutmu apa sih arti sebuah nama itu?

Arti Sebuah Nama

Nama merupakan sebuah harapan dan doa orang tua yang dititipkan menjadi sebuah kata yang mempunyai arti. Harapan dari lubuk hati orang tua ketika anak lahir di dunia ini. Sebuah nama mempunyai arti tersendiri bagi anak tersebut.

Aku sempat penasaran saat kita menerima tulisan nama diri kita sendiri, ternyata ada huruf atau kata yang salah. Apa yang akan kamu lakukan? Sebenarnya aku sering kali mengalami kejadian ini. Ketika nama asliku Fadmala dan sering kali orang menulis dengan Fatmala.

Ada rasa aneh di dalam diriku sendiri. Saat itulah aku langsung membenarkan kesalahan tulisan tersebut. Sampai saat inipun jika ditanya namaku sendiri, aku selalu mengatakan, "Fadmala. Pakai huruf 'd' ya!". Begitulah cerita singkatku untuk pembenaran namaku sendiri.

Karena sebuah nama adalah doa yang dititipkan orang tuaku padaku. Aku tidak ingin orang lain mengubah doa yang dititipkan padaku dari sebuah kata dinamaku ini. Bagaimana nih dengan ceritamu tentang nama? :D.

Sebuah nama untuk anak perempuan dan laki-laki itu berbeda. Mungkin ada beberapa yang sama karena arti dari nama tersebut bisa ditujukan untuk laki-laki maupun perempuan. Lalu kalau punya anak laki-laki sebaiknya pakai nama apa ya? Disinilah aku akan meringkas beberapa nama dan artinya.

Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki

Mendapatkan sebuah nama untuk bayi itu susah-susah gampang. Kalau kita sudah mengetahui artinya mungkin akan lebih mudah. Untuk itulah aku akan review beberapa nama bayi laki-laki dari SehatQ. Siapa sajakah namanya? 

arti nama

1. Ashraf

Nama Ashraf merupakan sebuah nama yang berasal dari bahasa Arab yang berarti lebih mulia. Nama ini sangat cocok digunakan sebagai nama untuk bayi laki-laki. Nama ini juga sudah sering terdengar di Indonesia, sehingga sudah tidak asing lagi jika ada orang dengan nama Ashraf.

Sebuah arti dari nama Ashraf juga mempunyai makna lainnya. Nama Ashraf bisa memiliki arti Terhormat, Terkenal, Penuh Semangat. Dengan nama ini juga mempunyai arti terdalam untuk doa orang tua. Agar anak menjadi orang yang dihormati, berguna, mulia, selalu bahagia, dan ceria.

2. Dylan

Dylan adalah sebuah nama unik yang mempunyai banyak arti. Dari negara di Eropa, nama Dylan berarti anak dari lautan. Untuk bahasa Wales (Inggris) arti Dylan adalah lautan. Dari segi karakteristik, nama Dylan berarti orang yang memiliki kemauan keras, bakat bisnis, dan berwibawa.

Berbeda arti ya dengan nama film Dilan dan Milea. Hehee. Disini nama Dylan meningkat popularitasnya mulai tahun 2008 dengan persentase 40% dibandingkan di tahun 1998 yang hanya 9% saja. Cukup menarik bukan? Sepertinya popularitasnya juga semakin naik nih di tahun 2022 ini.

3. Daniel

Daniel adalah nama yang terlihat seperti keturunan asing. Ya nggak sih? Mungkin juga kalau dilihat dari pengucapan namanya saja. Untuk orang muslim sepertinya nama ini memang jarang digunakan. Karena dalam bahasa Inggris maupun Jerman, nama Daniel berarti Tuhan maha adil dan Tuhan sebagai penilainya.

Seperti artinya dalam berbagai bahasa, nama ini juga merupakan titipan doa dari orang tua. Karena arti lain dari nama ini adalah penguasa dunia. Tentu saja orang tua ingin anaknya kelak menjadi orang besar. Memegang kendali di kehidupannya dan tidak terjerat dalam masalah yang dihadapinya.

4. Faris

Nama Faris adalah nama yang bagus dan indah jika digunakan untuk nama bayi laki-laki di dalam Islam. Karena nama ini mempunyai arti yang sangat mendalam menurutku sendiri. Arti nama Faris yaitu Penjaga yang baik, Penunggang kuda, Ksatria, Sinaran, dan Pandai.

Dilihat dari artinya saja sudah mencerminkan diri laki-laki tersebut. Doa yang dititipkan orang tuanya di nama Faris ini juga menginginkan bahwa kelak anak menjadi laki-laki yang kuat, jujur, gagah, dan tegas. Serta dapat melindungi keluarganya maupun orang lain.

5. Ghani

Orang tua yang menginginkan anaknya menjadi orang yang kaya hingga sejahtera bisa memberikan nama Ghani. Karena arti dari nama Ghani sendiri adalah Kaya dan Makmur. Nama ini juga cocok digunakan untuk nama bayi muslim.

Sebuah nama yang ditujukan pada bayi agar bayi dapat menjadi orang yang sukses, bermanfaat, dan beruntung. Itulah selipan doa yang dititipkan untuk anak yang dinamai dengan nama Ghani.

6. Raffi

Sepertinya kita yang ada di Indonesia sudah tidak asing lagi ya dengan nama satu ini. Tentu saja karena nama ini merupakan nama seorang publik figur yang masih dalam puncaknya di tahun ini. Ya, siapa sih yang nggak kenal dengan Raffi Ahmad?

Arti nama Raffi sendiri sangat bagus khususnya untuk orang Islam. Karena nama Raffi mempunyai arti Derajat tinggi. Jadi orang tua menginginkan anak tersebut mempunyai derajat yang tinggi di masyarakat. Bisa juga nama ini mempunyai arti seseorang yang ditinggikan. Wah, cocok sekali ya dengan gelar Sultan di publik figur Raffi Ahmad itu. Hehee.

Wah, ternyata sebuah arti dari nama bayi itu penting banget ya. Dengan mengetahui arti nama tersebut, kita juga bisa sekaligus menitipkan doa untuk anak kita kelak. Sehingga orang lain pun juga akan mendoakan kita saat memanggil nama kita tersebut.

Menurutmu bagaimana nih dengan Rekomendasi Bayi Laki-Laki dan Artinya ini? Apakah cukup membantu untuk menginginkan anak laki-laki? Kalau aku sih iya. Hahaa, Aamiin dulu deh.

Semoga nama yang kita berikan pada anak kita semua bisa terkabul juga harapan tersebut. Tetap jaga kondisi agar keluarga tetap sehat dan Terima Kasih..

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

3 komentar

  1. ah bener banget deh udah sesat ajaran Shakespeare dulu ya, apalah arti sebuah nama, wkwkwkwk. nama itu satu hal penting dalam bagian parenting, nama yang baik adalah harapan terhadap kebaikan anak kelak.

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tahu artinya Dylan hahaha bikin gagal fokuus karena film Dylan Millea. Raffi juga jadi galfok karena ada Raffi Ahmad wkwk. Nama itu penting banget sih menurutku memang, do'a seoalnya. Aku tim belum pernah mempersiapkan nama anak cowok nih, anakku masih cewek semua ^^

    BalasHapus
  3. Masya Allah dah siapin nama buat anak cowok nih mb. Mau launching segera kah? Atau sedang mempersiapkan?.

    BalasHapus

Posting Komentar