header fadmalalala

Penggunaan SMS, Internet dan Mobile Banking: Apa Saja Bedanya?

Konten [Tampil]
mobile banking

Internet serta jaringan komunikasi tanpa kabel memang sudah mengubah cara yang kita miliki untuk melakukan transaksi perbankan. Sekarang, kita dapat mengecek saldo serta melakukan transaksi tanpa perlu keluar dari rumah.

Semua hal memang menjadi lebih praktis dengan kemunculan SMS banking, internet banking dan juga mobile banking. Ketiganya adalah bagian dari electronic banking, tapi apa sih sebenarnya perbedaan yang dimiliki ketiganya?

Perbedaan SMS, Internet dan Mobile Banking dari Segi Penggunaan

Sebelum menggunakan fasilitas yang diberikan oleh perbankan ini, tentu saja kita harus tahu cara penggunaannya terlebih dahulu. Perbedaan cara penggunaan SMS, internet dan mobile banking, antara lain:

SMS Banking

SMS Banking merupakan layanan perbankan yang bisa diakses secara langsung melalui handphone dengan menggunakan media SMS. Fitur SMS Banking seperti mutasi rekening, pengecekan saldo, suku bunga, dan yang lainnya. Wow, benar-benar praktis sekali bukan?

Beberapa tagihan atau pembayaran juga dapat dibayarkan dengan menggunakan SMS Banking seperti kartu kredit, internet, dan pembelian pulsa. Untuk menggunakan fitur SMS Banking, nasabah terlebih dahulu harus mendaftarkan diri serta nomor ponsel ke bank.

Sedangkan, untuk melakukan transaksi, nasabah dapat bertransaksi dengan mengetik SMS sesuai dengan format yang sudah ditentukan oleh bank. Setiap bank pada dasarnya memiliki format yang berbeda-beda. Tentu saja, jika kita menggunakan SMS Banking setiap transaksi yang dilakukan akan dipotong dari pulsa kita. Jadi, sebaiknya pastikan pulsa kita tersedia ya.

Internet banking

Internet banking merupakan layanan yang diberikan untuk nasabah agar bisa dengan mudah melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet. Layanan ini menggunakan teknologi internet untuk media melakukan transaksi. Karena setiap transaksi menggunakan internet, jadi lebih mudah khususnya untukku yang selalu online setiap saat.

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung nasabah dan bank tanpa perlu ke kantor. Nasabah bisa menggunakan perangkat komputer, laptop, tablet atau handphone dan mengakses situs internet banking melalui browser. Tampilan dari Internet Banking ini juga lengkap, jadi kita bisa mencari kebutuhan kita dengan lebih jelas. Untuk mencetak mutasi dari rekening juga lebih mudah.

Mobile Banking atau mBanking

mBanking memberikan kemudahan, bila dibandingkan dengan SMS Banking. Ketika menggunakan mBanking, nasabah tidak perlu mengingat seperti apa format SMS yang harus dikirimkan ke pihak bank. Cukup mengunduh aplikasi di ponsel dan melakukan registrasi, nasabah pun bisa menikmati segala kemudahan yang diberikan.

Cara kerja mobile banking bukan hanya lebih mudah, untuk masalah layanan, mBanking memiliki layanan yang lebih lengkap seperti fitur transfer, pembayaran tagihan mulai dari listrik, air, kartu kredit dan yang lainnya. Dengan menggunakan mBanking, kita juga bisa melakukan pembelian pulsa dan menikmati berbagai fitur lain. Fitur mBanking juga mirip dengan Internet Banking, tetapi bisa lebih simple karena kita hanya membuka aplikasi yang sudah disediakan saja tanpa mencari alamat web bank tersebut.

Rekomendasi Mobile Banking yang Tepat Dijadikan Pilihan

mobile banking pilihan

Saat ini, ada begitu banyak pilihan aplikasi mobile banking yang bisa dijadikan sebagai rujukan. Salah satunya adalah PermataMobile X, sebuah aplikasi mBanking yang dimiliki oleh PermataBank. 

Aplikasi PermataMobile X ini mempunyai berbagai macam fitur yang akan memenuhi rangkaian kebutuhanmu sebagai nasabah, bukan hanya itu, PermataMobile X juga akan memudahkanmu melakukan transaksi. 

Keunggulan PermataMobile X

Sebagai sebuah aplikasi perbankan yang menarik dijadikan sebagai pilihan, tentu saja PermataMobile X mempunyai berbagai keunggulan, berikut keunggulan yang dimiliki PermataMobile X, antara lain:

1. Sangat praktis

PermataMobile X menjadi aplikasi yang akan membuat transaksi yang kita lakukan menjadi sangat praktis. Kita bisa buka rekening, transfer, isi ulang pulsa dan transaksi lain dalam satu aplikasi. 

2. Pengecekan mutasi bisa dilakukan dengan mudah

Kamu bisa melakukan mutasi untuk seluruh jenis akun sampai 12 bulan lamanya. Wah, fitur ini menurutku sangat penting sekali khususnya untuk kita sebagai content kreator. Karena dengan fitur ini kita bisa cek dana masuk dan keluar kemana saja.

3. Memiliki ratusan fitur

PermataMobile X memiliki ratusan fitur perbankan yang akan memudahkan transaksi kita. Kurang lebih sekitar 200 fitur yang bisa kita gunakan di aplikasi ini. Wow, banyak sekali bukan? Sepertinya aplikasi ini sangat bermanfaat untuk sehari-hari ya.

Hal yang Bisa Dilakukan Menggunakan PermataMobile X

Dengan menggunakan PermataMobile X, ada berbagai transaksi yang bisa kita lakukan, seperti:

  • Pengecekan mutasi rekening sampai 12 bulan
  • Melakukan pembayaran tagihan seperti telepon, listrik, internet dan lainnya
  • Melakukan isi ulang token listrik, e-wallet sampai voucher game
  • Melakukan pembuatan kartu kredit, rekening tabungan, sampai pengajuan KTA secara online tanpa perlu pergi ke kantor cabang
  • Melakukan transaksi pembelian, penjualan serta switching reksa dana
  • Melakukan pembayaran dengan menggunakan fitur QR Pay ke berbagai toko. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan scan barcode, pembayaran akan lebih praktis dan tidak perlu melakukan pengisian ulang e-wallet
  • Melakukan tarik tunai di semua gerai Indomaret dengan menggunakan fitur Mobile Cash. Cara kerja mobile banking PermataMobile X  ini sangat mudah. Kamu bisa melakukan tarik tunai dengan masuk ke “Menu Lainnya”, kemudian pilih mobile cash dan pilih Indomaret. Kamu bisa memasukkan nomor handphone, setelah proses berhasil, kamu akan menerima token, berikan token ini pada kasir Indomaret dan lakukan tarik tunai. 
  • Melakukan pengiriman WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan di nomer WhatsApp. Ada berbagai macam pilihan kartu ucapan yang menarik. Dengan fitur ini, proses pengiriman uang bisa dilakukan dengan mudah karena kamu hanya perlu mengetahui nomor WhatsApp. 
  • Mengajukan kenaikan limit sementara kartu kredit

Cara Daftar Mobile Banking PermataMobile X

Untuk mendaftar PermataMobile X, berikut langkah yang bisa kita lakukan:

  1. Download aplikasi PermataMobile X di Google Play jika kita menggunakan HP Android, sedangkan jika kita pengguna Apple, bisa mendownloadnya di App Store
  2. Buka aplikasi kemudian pilih mulai
  3. Bila kita sudah memiliki rekening PermataBank, kita bisa memilih “ya”, ketika menemukan pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank”
  4. Namun, bila kita tidak memiliki rekening PermataBank, kita bisa memilih tidak. Nantinya, kita akan diarahkan ke PermataStore agar bisa melakukan pembukaan rekening terlebih dulu
  5. Pilih “tidak” untuk pertanyaan “apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X”
  6. Kita bisa memilih, apakah kita akan melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor rekening, atau melakukan pendaftaran dengan menggunakan kartu kredit
  7. Ikuti petunjuk yang tertera sampai selesai dan user ID dapat digunakan

PermataMobile X menjadi salah satu aplikasi mobile banking canggih yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Download dan gunakan sekarang juga.

Nah, bagaimana nih tentang informasi dari cara penggunaan SMS, Internet Banking, dan Mobile Banking? Apakah artikel ini membantu? Boleh komen dibawah ya^^.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

Posting Komentar