header fadmalalala

10 Cara Simple Membahagiakan Diri Sendiri

Konten [Tampil]
membahagiakan diri sendiri

Membahagiakan diri sendiri itu tidak perlu dengan hal yang sulit. Tidak perlu juga dengan cara mengeluarkan banyak uang untuk bahagia. Kita bisa melakukan hal-hal simple untuk membahagiakan diri. Karena bahagia itu adalah kunci agar kita bisa terus semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Tanpa rasa bahagia, kita bisa menjadi hampa. Bisa juga kita mengalami rasa stress karena banyaknya masalah yang dihadapi. Apapun asal mula rasa ketidakbahagiaan itu muncul dan datang pada kita, sebaiknya segera kita atasi.

Ada berbagai macam alasan dan jenis untuk kita tidak merasa bahagia. Bisa karena pekerjaan, stress masalah yang dihadapi, pertemanan atau persahabatan, bahkan dari diri kita sendiri saja juga bisa menjadi penyebabnya. Seperti inner child yang terluka bisa menjadi awal mula kita tidak bahagia.

Untuk itulah kebahagiaan harus kita perjuangkan. Kalau kita tidak bahagia, orang lain disekitar kita seperti anak dan suami pasri juga tidak bahagia.

Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Apa yang harus kita lakukan untuk menjadi sosok yang bahagia? Khususnya untuk membahagiakan diri sendiri? Nah, aku punya beberapa cara untuk membahagiakan diri sendiri yaitu:

1. Bersyukur

Sudahkah hari ini bersyukur?

Alhamdulillah, kata inilah yang selalu aku ucapkan untuk mengakhiri hari. Walaupun kita tidak ada hari spesial atau hari besar yang menakjubkan. Tapi dengan bersyukur kita bisa menjalani hari dengan lebih tenang dan nyaman.

Jangan lupa juga sebelum memulai aktivitas baca doa dahulu. Bismillah..

Dengan begitu kita akan merasa lebih ringan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Ada keinginan yang belum tercapai? No problem, kita tetap berusaha, berdoa, dan sisanya kita serahkan pada Allah. So, jangan lupa untuk bersyukur ya :D.

2. Berdamai Bersama Masa Lalu

Pernah bertemu dengan luka Inner Child? Luka ini bisa timbul saat akibat dari masa lalu. Seperti apa kita dulu dibesarkan, ada masalah apa dengan teman, saudara, maupun keluarga? Tentu hal itu bisa saja timbul sewaktu-waktu.

Sebaiknya kita bisa lebih berdamai dengan menerima apa jalan kita. Jika ada masalah yang belum selesai, segera selesaikan dan kembali melanjutkan aktivitas kita. Jika masalah tidak bisa diselesaikan sendiri, cari dan minta bantuan orang terdekat kita. Jadi sebaiknya kita tidak menimbun rasa dari peristiwa masa lalu.

3. Menjadi Diri Sendiri

Melihat orang lain sukses, cantik, dan terpelajar. Kita juga menginginkan sosok seperti itu. Lalu mengubah cara hidup kita seperti menjadi orang lain. Sebenarnya hal itu kurang baik untuk diri kita sendiri. Kita seperti memaksakan diri menjadi pribadi yang berlawanan dengan diri kita. Bisa jadi lama kelamaan menjadi stres.

Jika kita menginginkan menjadi pribadi yang lebih baik, sebaiknya kita berubah dengan cara kita masing-masing. Dan menjadi diri sendiri, bukan meniru orang lain. Agar kita bisa meraih tujuan dan goal kita masing-masing.

4. Lakukan Hal Menyenangkan

Saat kita merasa jenuh dengan kegiatan kita sehari-hari, sebaiknya kita melakukan hal yang menyenangkan. Untuk menyegarkan pikiran kita dari timbunan hal negatif yang ada. Bisa juga nih kita melakukan travelling bersama keluarga.

Traveling atau kuliner biasanya bisa mengubah mood menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Cukup efektif juga untukku. Bagaimana denganmu? Hehee.

5. Berpikir Positif

Saat kita mempunyai masalah atau suatu problem, sebaiknya kita tetap berpikiran positif. Ambil sisi yang lain untuk memecahkan masalah yang ada. Dan sebaiknya hindari berpikiran negatif sebelum kita mencoba menyelesaikan masalahnya.

6. Sayangi Orang Terdekat

Dengan menyayangi orang terdekat, kita juga akan menyayangi diri sendiri. Sehingga kita bisa menemukan kebahagiaan diri dengan saling menyayangi satu sama lain. Jika ada masalah pada orang terdekat kita, segera selesaikan dan kembali ke diri kita seperti sebelumnya.

Yuk, sayangi orang terdekat kita agar mereka juga menyayangi kita. Tentu saja, menyayangi mereka juga harus dengan ikhlas ya. Agar tidak ada ganjalan di hati kita sendiri.

7. Selesaikan Masalah Yang Ada

Jika kita ingin bahagia kita harus segera menyelesaikan masalah yang ada. Dengan menyelesaikan masalah yang ada, maka hati kita akan menjadi tenang. Tentu saja dengan begitu kita akan bahagia. Disaat masalah tersebut tidak bisa kita selesaikan sendiri, maka kita bisa mencari bantuan orang lain.

Teman, sahabat, atau keluarga pasti akan memberikan kita solusi untuk menyelesaikan masalah. Jangan dipendam sendiri ya, agar tidak menimbulkan stress di pikiran kita. Hehee.

8. Bersabar

Cara lainnya untuk membahagiakan diri sendiri adalah dengan bersabar. Dengan melatih kesabaran, kita bisa merelakan apa keinginan kita yang belum tercapai. Dengan kesabaran pula kita lebih bisa bersyukur untuk menerima diri kita apa adanya.

9. Memaafkan Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri selanjutnya adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain. Tidak perlu menunggu orang lain menyadari kesalahannya. Tidak perlu juga menunggu orang lain minta maaf. Tapi kita dululah yang memulai untuk memaafkan kesalahan orang.

Dengan begitu hati kita bisa menjadi lebih tenang. Menjadi orang pemaaf akan lebih baik daripada menjadi orang yang menyimpan dan memikirkan kesalahan orang lain. Yuk, kita berlatih untuk lebih menjadi orang pemaaf.

10. Quality Time

Cara selanjutnya untuk mencintai diri sendiri adalah dengan meluangkan waktu kita sendiri. Quality time sebagai langkah yang biasa kulakukan untuk bersantai. Mencintai sendiri dengan melakukan hal yang kita cintai.

Quality time juga tidak perlu yang mahal. Kita bisa mencari kegiatan apa saja yang kita lakukan dirumah saja kok. Kalau pas akhir bulan tidak perlu keluar rumah dan ke salon. Kita cari sudut dirumah untuk bersantai juga salah satu quality time yang biasa aku lakukan.

Quality Time di Sudut Favorit Rumah

Sudut Dirumah

Salah satu sudut rumah favorit yang biasa kugunakan untuk bersantai adalah sofa di ruang tamu. Aku bisa tiduran disana sambil bersantai dan mengistirahatkan pikiranku. Sambil menemani anak bermain di ruang tengah. Karena ruang keluarga dan ruang tamu dirumahku menjadi satu, jadi disanalah kegiatan keluarga kecil kami dilakukan.

Bisa untuk menonton tv, bermain bersama anak, bercanda, dan hampir semua kegiatan kami lakukan diruangan tersebut. Saat duduk dan bersantai di sofa, bermain hp dan mencari inspirasi di sosial media juga menjadi aktifitasku. Info apa saja yang sedang trending saat itu. Hem, bisa jadi topik untuk membuat tulisan di blog nih. Hehee.

Sudut favorit di rumahku ini biasa kugunakan untuk membaca Al-Qur'an juga. Disamping sofa terdapat rak yang kugunakan untuk meletakkan Al-Qur'an. Al-Qur'an terjemahan yang kudapat dari Masjid kesayangan, Masjid Jogokariyan.

Itulah sedikit kisahku disudut favorit dirumahku. Bagian dirumahmu mana tempat favoritmu? Yuk ceritakan apa yang kamu temukan disudut favorit tersebut? Boleh tulis di komentar ya :D.

Inilah 10 Cara Simple Untuk Membahagiakan Diri Sendiri. Bisa dicoba dan semoga kita bisa menemukan kebahagiaan diri kita sendiri. Tetap sehat dan semangat ya. Terima kasih.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar