header fadmalalala

Film Terbaik Indonesia: Dari Twivortiare hingga Negeri 5 Menara

Konten [Tampil]
film terbaik indonesia

Ketika ditanya Film Terbaik Indonesia apakah yang kamu rekomendasikan? Apa jawabanmu?

Minat beberapa orang di Indonesia tentang film dalam negeri memang menurun drastis. Jika ditanya mungkin banyak yang tidak menonton film ini. Tapi tentu saja masih banyak juga yang memberikan rekomendasi mereka padaku.

Apa saja Film Terbaik Indonesia yang aku pilih? Kalau mau tau, sebelumnya akan aku ceritakan dahulu latar belakang pemilihan dari film tersebut. Dan dibalik layar dari diriku dengan film Indonesia ini.

Kriteria Film Pilihanku

Aku bukanlah seorang pecinta film yang bisa menilai baik atau buruknya sebuah karya film. Tapi disini aku akan memilih beberapa film yang bisa menarik minatku sendiri. Film ini aku pilih berdasarkan beberapa kategori yang masuk dalam pilihanku. Karena sebelum memilih sebuah film, pastinya kita mencari tau tentang film itu sendiri bukan?

Saat memilih sebuah film apakah itu bagus atau tidak, ada beberapa kriteria yang bisa aku jadikan patokan. Apa saja itu?

1. Judul & Cover Menarik

Karena aku bukanlah pecinta film, jadi sebelum melihat film aku pasti melihat judul dan cover dari film tersebut. Seperti layaknya menjual sebuah buku, desain dari film tersebut juga penting sekali. Karena akan menarik minat dari penontonnya. 

2. Sinopsis Cerita

Setelah judul, aku akan membaca sinopsis dari film tersebut. Apakah film itu cocok denganku atau tidak. Karena biasanya dalam sinopsis terdapat ringkasan sebuah cerita yang membuatku penasaran.

Dalam sebuah sinopsis ini juga bisa mengajak penonton untuk tertarik menontonnya. Seperti diriku yang bisa berimajinasi dari sebuah sinopsis film tersebut. Dan membuatku penasaran seperti apa jalan cerita film tersebut.

3. Menyentuh Hati

Saat menentukan apakah film tersebut bagus atau tidak, biasanya aku lihat dari emosi yang aku rasakan. Aku adalah orang yang mudah tergerak emosinya, jadi sedikit cerita yang menyentuh saja bisa membuatku menangis atau tertawa.

Jadi, saat film tersebut tidak menyentuh hatiku, pasti aku akan bosan dengan filmnya. Dan saat itulah aku tidak akan melanjutkan menonton film tersebut. So, film yang bisa menggerakkan hatiku merupakan salah satu kriteria apakah film itu bagus atau tidak khususnya untukku.

4. Bermanfaat

Sebuah novel, cerpen, buku, maupun film itu sendiri baiknya mempunyai nilai yang bagus untuk penontonnya. Sehingga selain menghibur, dengan menonton film juga memberikan manfaat lain untuk kita. Jadi film yang aku sukai pasti mempunyai manfaat di balik jalan cerita dari film tersebut. 

List Film Terbaik Indonesia

Film yang aku pilih di sini merupakan film yang masih aku ingat sampai sekarang. Memang aku termasuk orang yang kurang update dengan film, jadi banyak yang tidak aku tahu. Untuk itulah aku mencoba mengingat lagi film apa yang pernah aku tonton dan bisa aku rekomendasikan ke teman-teman.

Dan inilah rekomendasi film terbaik Indonesia versiku^^.

Twivortiare

Kisah sepasang suami istri yang lelah menjalani masa pernikahannya. Film ini merupakan film pertama yang menurutku cocok ditujukan untuk newlywed. Perjalanan kisah cinta dari Beno Wicaksono yang diperankan oleh Reza Rahardian. Sedangkan pemeran wanitanya adalah Raihaanun sebagai Alexandra Rhea.

Kisah pernikahan yang penuh dengan pertengkaran dan konflik hingga perceraian. Tapi ternyata dibalik itu semua, benih cinta diantara mereka masih belum padam. Tentu saja, banyak perdebatan dan munculnya tokoh ketiga ternyata menyadarkan hati Alex yang sebenarnya. Bahwa dia masih mencintai mantan suaminya.

Saat menonton film ini, aku sempat menangis lho. Coba tebak di adegan mana yang bisa menyentuh hatiku hingga menangis? Hehee.

Di film ini banyak juga ilmu yang bisa kita ambil manfaatnya khususnya untuk pasangan suami istri baru. Kita sebagai newlywed harus bisa bersabar, mengerti antara satu dengan lainnya. Tetap belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik khususnya untuk pasangan kita. Dan tetap saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Ayat - Ayat Cinta

Film pilihanku yang kedua adalah Ayat-Ayat Cinta. Siapa sih yang nggak tau film ini? Film dengan tokoh utama Fahri diperankan oleh Fedi Nuril tayang di tahun 2008. Wah, kebayang kan lamanya film ini. Hahaa,, tapi sampai sekarang aku masih ingat soundtrack film ini lho. Gimana denganmu? Hihii..

Film ini merupakan film romance dan kisah cinta dalam Islam. Terdapat juga benih poligami dalam cerita ini. Eits, lebih baik poligami atau monogami sih sebenernya?

Tapi cerita disini menurutku sangat sedih. Apalagi saat sahabat Fahri yang kelak menjadi istrinya juga yaitu Maria meninggal. Duh, kisah cinta yang hanya tertulis di dalam diary Maria membuatku tak berhenti menangis. Hingga mengeluarkan darah karena ternyata Maria sakit.

Sebuah kerelaan, kesabaran, keikhlasan dalam sebuah hubungan yang mereka alami membuatku berpikir lebih. Tapi ya, cerita tentang poligami itu sensitif sekali untuk dibicarakan khususnya bagi para ibu" nih. Tapi memang, aku lebih prefer ke monogami daripada poligami. 

Negeri 5 Menara

Sebuah film yang diangkat dari novel kebanyakan memang bagus. Seperti film Negeri 5 Menara ini nih. Film yang dibuat dari kisah nyata 6 orang sahabat yang tinggal di Pondok Madani Jawa Timur. Novel yang ditulis oleh Ahmad Fuadi ini bagus sekali. Dan diangkat menjadi film membuat angan-anganku menjadi nyata.

Kisah mereka yang berjuang menggapai mimpinya, kehidupan di asrama pondok, hingga ajaran-ajaran agama yang diberikan. Pencapaian mereka atas kerja keras yang telah dilakukan hingga membuahkan hasil nyata. Berbeda suku, budaya, hingga jauhnya jarak mereka saat berpisah tak menghilangkan persahabatannya.

Kata-kata motivasi yang masih membekas di benak hingga saat ini adalah "Man Jadda Wa Jada". Yang mempunyai arti "Siapa yang bersungguh-sungguh, dia pasti akan sukses/berhasil". Kata lainnya adalah "Man Shabara Zhafira" yang artinya "Siapa yang bersabar, maka dia akan beruntung".

Kedua kata itulah yang hingga kini masih menempel di benakku. Kata yang selalu menyemangatiku sejak masa sekolah hingga sekarang. Kata yang selalu aku tulis dimanapun impian dan harapanku tertulis.

Kata Mutiara

Dari ketiga rekomendasi film diatas, satu film terbaik Indonesia yang aku pilih adalah Negeri 5 Menara. Karena selain kisah persahabatan mereka, film ini juga memberikan banyak manfaat dan ilmu. Seperti novel yang pernah kubaca, cerita di film ini tidak bikin bosan dan penuh dengan adegan.

Itulah beberapa rekomendasi film dariku. Apakah kamu sudah pernah menontonnya juga? Bagaimana tanggapanmu? Bisa ceritakan di komentar ya^^.

Terima Kasih.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

1 komentar

  1. Pernah nonton Twivortiare & Negeri 5 Menara, ini masuk film yang bagus juga menurutku hehe. Kalau film Ayat-Ayat Cinta belum pernah nonton ya, jadi belum tau gimana filmnya. Next deh mau nonton hihi :D

    BalasHapus

Posting Komentar