Ticker

6/recent/ticker-posts

Edukasi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi di Area Kewanitaan

Assalamu’alaikum..

Bagaimana kabar bunda hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat untuk beraktivitas setiap hari.. Aamiin..

Alhamdulillah, pada hari kamis, 27 Mei 2021 kemarin bisa mengikuti webinar yang di selenggarakan oleh perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia bertema “Sehat Bersih Saat Menstruasi” dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi yang diperingati setiap tanggal 28 Mei. 

Webinar ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Khususnya untuk remaja dengan teman seusianya. Peringatan ini juga menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Menstruasi Pada Anak


EDUKASI MENSTRUASI TERHADAP ANAK

Data menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelum mereka mendapatkan menstruasi pertama [UNICEF Indonesia]. Diketahui juga bahwa 1 dari 2 anak perempuan yang mengetahui bahwa menstruasi itu adalah tanda fisik perempuan bisa hamil [UNICEF, 2019]. Hanya 1 dari 5 anak perempuan yang tidak mengetahui bahwa menstruasi adalah tanda bahwa secara fisik mereka sudah bisa hamil [SDKI, 2017]. Dan 1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama 1 hari atau lebih pada saat menstruasi dengan alasan utama karena takut di bullying apabila ketika menstruasi darah tembus ke rok seragam [UNICEF, 2015].

Fakta yang lain mengatakan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang harus dilakukan selama menarke. Hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4 – 8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari. Hanya 5 dari 10 anak perempuan saja yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut [1;2].

Oleh karena itu, pentingnya edukasi dan pemahaman menstruasi ini sangat di butuhkan oleh anak. Dan kita sebagai orang tua khususnya bunda untuk mengenalkan tentang menstruasi kepada anak sejak dini. Tak hanya kepada anak perempuan saja, tetapi anak laki-laki juga perlu untuk tahu tentang menstruasi yang di alami oleh perempuan. Agar kedepannya, mereka bisa mensupport jika ada teman atau saudara yang membutuhkan bantuan saat menstruasi.


APA ITU MENSTRUASI?

Menstruasi merupakan kondisi normal yang terjadi pada seorang perempuan. Kondisi yang terjadi saat keluarnya darah selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intimnya, satu periode setiap bulannya (setiap 28 atau 21-35 hari). Kondisi ini yang berawal menandakan seorang perempuan sudah siap untuk berproduksi (memiliki anak), karena haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi.

Darah menstruasi yang dikeluarkan sebetulnya merupakan lapisan dalam rongga rahim yang di persiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin.


SEHAT DAN BERSIH SAAT MENSTRUASI

Menurut Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH bahwa kita perlu memahami manfaat dalam menjaga kebersihan ekstra selama periode menstruasi. Ada beberapa Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) yang harus kita ketahui, yaitu:

  • Pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi
  • Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukkan ke dalam kantong plastik
  • Buang pembalut yang udah dipakai ke tempat sampah, jangan buang pembalut ke lubang toilet
  • Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan
  • Pembalut sebaiknya diganti setiap 4-5 jam sekali
  • Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kesegaran tubuh
  • Selalu cuci tangan pakai sabaun sebelum dan sesudah mengganti pembalut.


TIPS  BICARA MENSTRUASI PADA ANAK

Menurut bunda Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog atau bisa dikenal dengan bunda Nina, ada 7 tips bicara tentang menstruasi pada anak:

  1. INGAT, IBU = Paling Diharapkan. Ibu adalah sumber informasi tentang ‘mestruasi’ yang paling diharapkan oleh anak perempuan. Ibu perlu membekali diri dengan pemahaman yang tepat tentang menstruasi. Ibu perlu paham mana yang MITOS dan mana yang FAKTA tentang menstruasi. Ibu juga perlu membekali diri dengan cara berkomunikasi tentang menstruasi.
  2. Bicara Menstruasi TIDAK TABU. Pembicaraan tentang menstruasi penting untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan generasi penerus bangsa.
  3. Lakukan Berulang Kali. Jangan berpikir topik ‘menstruasi’ bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan saja. Topik ini dapat dibicarakan sejak ada tanda-tanda awal pubertas atau sebelumnya. Sesuaikan pembiaraan dengan usianya.
  4. Bersikap Positif. Isu-isu pubertas (termasuk menstruasi) bisa merupakan topik yang sensitif buat remaja.
  5. Banyak Bertanya & Berdikusi. Lebih banyak bertanya dan mendengarkan jawaban remaja, dibandingkan banyak menceramahi/ menasehati. Bunda bisa berbagi pengalaman pribadi secara positif. Jika tak siap menjawab pertanyaan anak, katakan butuh waktu berpikir dulu. Setelahnya cari inforasi dan jawablah.
  6. Jelaskan Secara Konkrit. Guankan gambar anatomi tubuh sederhana sembari menjelaskan. Tunjukkan pembalut dan ajari cara menggunakannya. Dapat dilakukan dengan games, misalnya Menstruasi Maze (Tran & Choi, 2018)
  7. Jelaskan Juga Kepada Anak Laki-Laki. Tujuannya agar anak laki-laki dapat lebih menghargai dan memahami perempuan. Anak laki-laki diharapkan tidak mengejek atau mempermalukan anak perempuan yang sedang menstruasi, namun dapat membantu. Misalnya dengan ikut menutupi teman perempuan yang mngalami bocor menstruasi di roknya, atau membawakan minuman hangat untuk teman yang lesu karena menstruasi.


DUKUNGAN PEMERINTAH DALAM MANAJEMEN KEBERSIHAN MENSTRUASI

Menurut dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid yang merupakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalaian Penyakit Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta bahwa sudah ada beberapa kegiatan pemerintah dalam mendukung manajemen kebersihan menstruasi, diantaranya adalah:

  • UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) : merupakan kolaborasi sekolah dengan puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan ingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.
  • Posyandu Remaja : Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber.
  • Aku Bangga Aku Tahu : Giat penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan Penyakit Infeksi Menular Seksual
  • Vaksinasi HPV : Menjadi salah satu pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah dengan sasaran anak kelas 5 dan 6 SD untuk mengurangi risiko Kanker Serviks.


BETADINE UNTUK MENJAGA KESEBERSIHAN DI AREA KEWANITAAN

BETADINE adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Betadine sudah terpercaya untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan hingga infeksi kewanitaan. BETADINE Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

BETADINE Feminine Wash dilengkapi prebiotics yang merupakan bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari – hari. BETADINE Daily Protection ini sudah terpercaya karena selain mengandung Prebiotics, juga di percaya karena PH-Balance, Paraben Free, Hypoallergenics, Gynaecologically Tested. Karena area kewanitaan memiliki perlindungan alaminya, maka jangan di rusak dengan sabun mandi biasa.

Baca Juga  Varian Lengkap BETADINE dan Kegunaannya

BETADINE Feminine Hygiene yang mengandung antiseptik PVPI 10% dapat digunakan di saat sedang menstruasi, karena area kewanitaan juga perlu perlindungan extra untuk mengatasi infeksi kuman (Keputihan, Iritasi Ringan, Bau Tak Sedap, Gatal). Karena disaat menstruasi, risiko infeksi kuman meningkat. Sehingga, dengan menggunakan rangkaian lengkap BETADINE maka semua masalah kebersihan di area kewanitaan bisa terjaga kebersihannya dan mengurangi terjadinya infeksi kuman.

Semua varian lengkap BETADINE selain bisa di beli offline, bisa juga melalui marketplace seperti Shopee atau TOKOPEDIA. Semua bisa dibeli dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau. Tetap sehat dan bersih dengan BETADINE.

Produk Betadine Lengkap
Varian BETADINE



Itulah pentingnya pengenalan dan edukasi tentang menstruasi pada anak. Kita sebagai orang tua khususnya ibu harus berperan aktif untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman tentang menstruasi kepada anak sejak masa pubertas atau sebelumnya. Agar disaat menstruasi datang, anak sudah tak bingung dan mengerti apa yang harus dilakukannya.


Sumber:

  1. Burnet Institute and Partners (2015). Menstrual Hygiene Management in Indonesia, Understanding Practices, Determinants and Impacts among Adolescent School Girls.
  2. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Daar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Panduan Manahemen Kebersihan Menstruasi bagi Guru dan Orang Tua.


Posting Komentar

34 Komentar

  1. Edukasi menstruasi utk anak sangatlah penting :)
    #hellozivana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya bun infonya sangat bermanfaat sekali kebetulan ponakan aku beberapa ada yang baru menstruasi. Awal2 aku suka nakut2in kalau menstruasi gak boleh gini,gitu. Harus ini itu, aku rasa kalau dengan cara yang bunda share lebih mudah dipahami sama dia dan masuk logika nya. Soalnya dia agak tomboy dan semuanya di anggap mitos mitos 😂. Edukasi yang sangat bermanfaat.

      Hapus
  2. Jadi banyak tau aku mengenai menstruasi yang tadinya gatau info nya makasih beb berguna banget

    BalasHapus
  3. Thanks banget sharingnya beb.. jadi makin melek deh sama hal seperti ini

    BalasHapus
  4. Pemting bgt nih ingotmasinya sangat bermanfaat, makasih ya

    BalasHapus
  5. Penting ya edukasi gini, karna vital bngt

    BalasHapus
  6. Wahh makasih ya kak infonya, bener" penting .

    BalasHapus
  7. Edukasi kaya gini penting banget buat cewe terkadang masih terlupakan

    BalasHapus
  8. Informasinya bermanfaat banget

    BalasHapus
  9. Ya ampun, aku lagi cari bacaan soal edukasi menstruasi. Eh Nemu. Makasih ya Sharingnya. Aku belakangan baru paham juga bahwa perlu banget kasih edukasi soal menstruasi ke anak. Menstruasi gak sekadar keluar darah, pakai pembalut, kelar. Tapi banyak hal

    BalasHapus
  10. Wah bagus banget ni infonya tentang menstruasi..emang penting banget mengedukasi menstruasi..terimakasih infonya

    BalasHapus
  11. Makasih banyak Bun info dan sharing ny sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  12. senang sekali bisa jadi bagian dari webinar ini, materinya luar biasa ya... bahkan sebagai ibu, aku juga baru tahu banyak hal tentang manajemen kebersihan menstruasi, Alhamdulillah jd nambah pengetahuan nanti yang bisa dibagikan :)

    BalasHapus
  13. Wah feminine care-nya lengkap sekali kakak. Saya baca tulisan ini dapet banget ilmunya.

    BalasHapus
  14. Menstruasi merupakan kodrat yang dimiliki oleh setiap wanita. Sehingga kita sebagai perempuan juga harus berhati hati dalam menjaga organ kewanitaan

    BalasHapus
  15. senangnya pada banyak ilmu yang didapat ya mba, dari webinar ini, bagus ya programnya, perlahan anak-anak mulai mengenal lebih dini bagaimana cara merawat daerah kewanitaan dengan benar terutama saat menstruasi

    BalasHapus
  16. Pentig sekali edukasi mengenaik manajemen kebersihan menstruasi ini. selain untuk diri sendiri, anak pun akan paham bagaimana harus bertindak. kalau bisa pasang dan pilih pembalut yang benar insyaallah g akan nembus gitu ya.

    BalasHapus
  17. Seneng banget kemarin bisa gabung juga mbaa di sesi inii. Rasanya banyak dapat pengetahuan soal manajemen kebersihan menstruasi.

    BalasHapus
  18. Jadi ingat zaman saya dulu sampai nangis dan mengurung diri dalam kamar saat pertama kali haid karena sebelumnya emang nggak ada edukasi terkait hal ini. Nah ternyata obrolan terkait menstruasi dan mengedukasi anak agar bisa menjaga kebersihan menstruasi bukan hal yang tabu untuk dibicarakan ya Mbak. Malah penting sekali nih agar mereka paham

    BalasHapus
  19. Data terkait fakta-faktanya bikin geleng2 mbak.

    Iya sih, kadang miris saat pembahasan terkait menstruasi ini dijadikan obrolan yang tak pantas didiskusikan.padahal tak hanya anak perempuan tapi anak laki2pun perlu di edukasi.

    Bayangkan jika akibat bulliyan itu menimbulkan trauma bagi anak.

    Tipsnya sangat bisa dipraktikan mbak

    BalasHapus
  20. Ternyata edukasi nggak cuma buat anak perempuan aja ya mba tapi anak laki-laki juga perlu. Biar nggak ngeledekin tapi bisa cari solusi juga kalau ada insiden bocor.

    BalasHapus
  21. Penting banget sih memang edukasi anak ini soal menstruasi termasuk laki-laki. Jadi ingat dulu pas kuliah nyeri hebat, minta tolong kakak laki-laki beli minuman khusus haid wkwk.

    BalasHapus
  22. Mengenalkan menstruasi ke anak laki laki juga penting ya. Soalnya memang masa haid begini kan hal normal yang dialami perempuan, sama seperti mimpi basah yang dialami laki laki.

    BalasHapus
  23. Emang kebanyakan orang nih Mali ya mba kalau bahas masalah ini.. tapi setelah membaca ini semoga semakin banyak yang Aware dan sadar akan pentingnya membicarakan masalah Menstruasi ini.

    BalasHapus
  24. Emang kebanyakan orang nih Mali ya mba kalau bahas masalah ini.. tapi setelah membaca ini semoga semakin banyak yang Aware dan sadar akan pentingnya membicarakan masalah Menstruasi ini.

    BalasHapus
  25. Emang kebanyakan orang nih Mali ya mba kalau bahas masalah ini.. tapi setelah membaca ini semoga semakin banyak yang Aware dan sadar akan pentingnya membicarakan masalah Menstruasi ini.

    BalasHapus
  26. Laki-laki wajib tahu yaa mba.
    Biar bisa bantu anak perempuan lainnya, apalagi kalau di skolah, pas yg lage mens bocor.
    Duhh rempong bangett rasanya

    BalasHapus
  27. Bener banget, mbak. KAlau saya saat lagi mestruasi, selangkanya juga suka gatal-gatal gitu dan di tambah lagi dengan baunya yang gak enak. Rasanya gak enak gimana gitu, awalnya saya juga kepikiran mau nyari obat buat pengharum atau pembersih vagina gitu. Akhirnya ketemu juga rekomendasi Betadine khusus kewanitaan dari mbak, termakasih mbak nanti saya coba deh 🙂

    BalasHapus
  28. Memberikan edukasi serta managemen memang penting yah terutama kepada anak perempuan

    BalasHapus
  29. Edukasinya mantap bangettt, jadi tau banyak tips

    BalasHapus
  30. Berhubung punya anak perempuan jadi harus nyiapin diri banget untuk nanti jelasin ke dia soal menstruasi walau ya masih agak lama sih hehe

    BalasHapus
  31. MKM ini penting banget, apalagi pembalut yang kena darah ini banyak bakteri. Harus ada edukasi yang tepat

    BalasHapus
  32. Kebiasaan atau caea orang dulu ketika menstruasi perlu diberi pemahaman, agar tak keliru.
    Soalnya kalau dulu masih ada beberapa yang menggunakan kain terlebih lagi menggunakannya terlalu lama.
    Padahal daerah kewanitaan sangat rentan bila gak bersih ya.

    BalasHapus