Ticker

6/recent/ticker-posts

Masker Spesial Untuk Tuna Rungu

Hai semuaaa..

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan supaya lancar dalam beraktivitas yaa.. Aamiin..



COVID 19 Lagiii...

Covid lagi??? Kenapa aku bilang “Lagi?”, karena aku sudah bosan dengan adanya virus ini. Entah darimana datangnya, siapa penyebab utamanya, dan sekarang mungkin hanya kita sendiri yang bisa mengontrol kesehatan kita. Menjaga imun kita, kondisi badan kita dan keluarga kita. Karena disini, untuk penanganan covid ini sangat kurang maksimal. Sudah sangat terlambat untuk sadar.

Sudah hampir 1 tahun pandemi covid 19 ini ada di negara kita. Kenapa aku bilang hampir 1 tahun? Karena sesuai ingatanku, covid19 masuk ke Indonesia khususnya daerah Jogja ini sekitar bulan Maret bertepatan dengan ulang tahun anakku. Pada waktu itu sudah dilakukan WFH, pembatasan jarak antara satu sama lain, dan sekolah juga sudah mulai di liburkan. Entah, sampai kapan pandemi ini akan berakhir, karena sampai saat ini saja masih banyak korban dan rumah sakit juga sudah banyak yg overload.

Entah berapa banyak masyarakat yang sudah terpapar. Karena yang terdeteksi hanya yang melakukan swab saja. Bagaimana yang tidak melakukan swab? Seperti yang di alami saudara beberapa minggu yang lalu, beliau melakukan swab dikarenakan akan tugas di luar kota menggunakan pesawat. Sedangkan protokol pesawat mengharuskan untuk melakukan swab. Qodarullah, swab menyatakan hasil positive covid dengan tidak ada gejala apapun(OTG). Dengan adanya ini, belum tentu orang yang tidak terkena covid ini adalah orang yang negative karena memang kita belum di swab.

Dengan demikian, menjadi positive sebenarnya hanya masalah waktu saja jika menjadi positive hanya karena di swab atau tidak. Sebenarnya, menjadi positive tapi tanpa gejala atau bergejala ringan adalah suatu anugerah tersendiri. Karena tubuh kita sudah terbukti immune terhadap virus covid 19. Oleh sebab itu, anugerah ini perlu disyukuri dan dengan bentuk syukurnya adalah dengan melakukan isolasi mandiri untuk melindungi orang lain yang belum tentu tubuhnya immune terhadap virus covid 19 ini.


MASKER TUNA RUNGU

Protokol kesehatan mengharuskan kita untuk selalu Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan selalu Mencuci Tangan. Di harapkan kita semua selalu melakukan ke 3 hal tersebut. Minimal dengan melakukan ke tiga hal tersebut diharapkan dapat mengurangi resiko penularan virus covid 19 di Indonesia. Bagaimana dengan saudara kita yang berkebutuhan khusus seperti orang tuna rungu? Bagaimana membedakan orang biasa dengan orang tuna rungu? Bagaimana kita bisa tahu bahwa orang yang kita ajak bicara adalah tuna rungu?

Karena kita selalu menggunakan masker, orang tuna rungu tak akan paham bahwa kita mengajak mereka berbicara. Kita juga susah mengenali mana orang normal dengan orang tuna rungu tersebut. Nah, baru – baru ini ada broadcast di beberapa sosial media menginfokan tentang orang yang menggunakan masker medis untuk tuna runggu dengan borlogo khusus seperti gambar telinga dengan menggunakan alat bantu dengar untuk tuna rungu. Sudah pernah lihat masker seperti ini?

pict. broadcast pribadi


Dengan adanya masker berlogo tuna rungu ini, di harapkan kita bisa membedakan antara orang tuna rungu dengan orang biasa. Sehingga, tidak adanya kesalahan informasi di antara kita. Hehee,,

Dengan adanya sosialisasi melalui broardcast di beberapa media sosial ini, saudara kita tuna rungu juga akan terbantu. Karena saudara kita tuna rungu tidak akan bisa membaca gerakan bibir kita saat kita menggunakan masker. Jauh sebelum adanya masker berlogo untuk tuna rungu ini, sebenarnya sudah banyak beredar masker khusus untuk tuna rungu. Bagaimana bentuk maskernya?

pict. bukalapak

Masker berlubang bentuk transparan di daerah area mulut ini khusus di buat untuk orang yang berkomunikasi dengan tuna rungu. Agar saudara kita tuna rungu bisa membaca gerakan bibir kita untuk berkomunikasi. Walaupun masker ini terbuat dari kain dan bukan masker medis, tetapi dengan adanya masker ini bisa mempermudah juga komunikasi kita dengan saudara kita tuna rungu.

Sepertinya lucu ya model masker berlubang dan ditutupi mika transparant hanya di area mulut saja. Tapi sekarang sudah banyak sekali model masker yang unik – unik jenis khusus untuk tuna rungu ini. Jadi, jangan heran ya kalau kita bertemu dengan orang yang memakai masker seperti ini. Hehee,,

Yuk, kita bantu share juga sosialisasi tentang logo masker khusus untuk tuna rungu ini.. Semoga bisa membantu untuk orang yang belum tau tentang arti logo ini.

Tetap sehat dan tetap jaga kondisi badan kita ya..

Posting Komentar

22 Komentar

  1. Selama satu tahun dan selama itu saya tidak tau info ada masker untuk tuna rungu
    Kemana saja ya😂

    Terima kasih mba, infonya bermanfaat sekali ❤️

    BalasHapus
  2. Masya Allah baru tahu ini. Bagus mbak.. baik2.. akan diingat. Jadi penanda ya

    BalasHapus
  3. Wow inovatif sekali! Saya malah gak kepikiran kalau di sekitar kita ada penyendang tuna rungu yang membutuhkan masker khusus lho. Bagus ini beneran.

    BalasHapus
  4. inovatif sekali masker ini, sangat penting untuk disebarkan info ini agar ada banyak yang baca dan tahu bahwa sekarang ada masker untuk penyandang tuna rungu

    BalasHapus
  5. Beberapa kali lihat di Facebook tentang masker dengan jahitan khusus yang menandakan kalau penggunanya tuna rungu. Senangnya ada pula masker dengan mika untuk membantu komunikasi dengan tuna rungu.

    BalasHapus
  6. Baca ini langsung kaya ditampar, kaya "Oh iya yaa gimana ya mereka di masa pandemi ini kok selama setahun aku gak kepikiran sama sekali" Siapapun yang bikin inovasi ini keren banget dah

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu banget masker tuna rungu ini, dan ternyata dapat memudahkan bagi mereka dan yang akan berinteraksi dengan merek.

    BalasHapus
  8. waaww keren, baru tahu aku ada masker khusus gini,,,, pasti membantu bgt ya,, inovasi nya warbiasahh

    BalasHapus
  9. Ya Allah... aku baru tahu ada masker khusus buat para tuna rungu. Emang bener ya gerakan mulut lawan bicara bisa membantu sekali memahami apa yang disampaikan,

    BalasHapus
  10. Wah masyaAllah keren banget inovasinya. Aku jg baru tahu ada masker khusus tuna rungu iniii. Izin share ya kakk.

    BalasHapus
  11. Masya Allaah... Keren banget ini.. inovatif sekali .. dan aku baru tahu kalau ada masker khusus untuk tunarungu ini kak ..

    BalasHapus
  12. Keren banget inovasinya, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Aku juga baru tau kalau ada masker ini, makasih mb infonya.

    BalasHapus
  13. inovatif sekali ya ... dengan ada nya masker tersebut bisa tetap berkomunikasi degn sodara kita yg tuna rungu... jadi mereka tetap bisa membaca pergerakan bibir kita sehingga memahami pembicaraan kita

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya ada produk seperti ini, jadi pengen buat juga kebetulan aku punya usaha craft. Tapi belum pernah bikin ini.

    BalasHapus
  15. masyaAllah keren..bener da kita suka lupa kalau temen2 tuna rungu mendengar dg melihat gerak bibir yaa... masyaAllah ada inovasi ini jadi solusi

    BalasHapus
  16. unik sekali ya masker tunarungu ini, tampilannya sangat inovatif dan juga sangat membantu untuk berkomunikasi dengan orang-orang tunarungu

    BalasHapus
  17. Ya Allah, memang harus disesuaikan ya biar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan :) luar biasa nih idenya :)

    BalasHapus
  18. saya belum pernah dapat broadcast nya nih. Tambahan pengetahuan buat saya. Saya gk kepikiran sebelumnya sampai membaca blog ini.

    BalasHapus
  19. MashAllah iya kak, Alhamdullilah saudara kita yg tunga rungu terbantu dgn adanya masker ini.

    BalasHapus
  20. subhanallah ya, sekarang udah ada masker untuk tuna rungu, inovasi yang peduli terhadap disabilitas. kadang mereka memang jadi bagian masyarakat yang terpinggirkan karena kekurangan, tapi seharusnya gak boleh gitu. masker ini free kan untuk mereka?

    BalasHapus
  21. Masih jarang orang yang spill tentang masker tuna rungu tapi aku bener-bener approve sih. dengan ini temen-temen kita yang kurang beruntung masih bisa berkomunikasi dengan kita. Cuma yang aku sedikit sayang, distribusi masker kayak gini masih jarang. Cmiiw

    BalasHapus
  22. MasyaAllah, baiknya orang yg bikin masker spesial untuk sahabat-sahabat spesial kita ini ya mbak :')

    BalasHapus