Ticker

6/recent/ticker-posts

Kue LONTAR Kuliner Khas PAPUA

Assalamu’alaikum..

Siapa yang suka kulineran? Kuliner apa aja nih yang pernah kalian cobain? Sudah pernah coba kuliner khas Indonesia Timur? Khususnya kuliner daerah khas Papua.. Ada yang sudah pernah coba? Apa saja kuliner papua yang kamu ketahui?

Ada beberapa kuliner khas daerah Indonesia Timur ini yang aku ketahui. Misalnya adalah Papeda. Papeda adalah makanan khas Papua yang bahan utamanya terbuat dari sagu. Papeda ini bertekstur seperti lem dan biasa di sajikan bersama ikan kuah kuning.

Nah, mungkin lidah kita banyak yang kurang cocok dengan makanan ini yaa.. Termasuk aku sendiri sih. Walaupun belum pernah mencoba secara langsung, tapi sepertinya kurang cocok di lidahku. Heheee..

Tapi kali ini aku bukan membahas kuliner Papeda yaa.. Kuliner khas Papua ini sangat cocok di lidahku. Namanya Kue Lontar. Ada yang tau apa itu Kue Lontar dari Papua ini? Ada yang sudah pernah mencobanya?

Pict by fadmala . Kue Lontar


KUE LONTAR KHAS PAPUA

Kue Lontar adalah kue khas Papua yang bentuknya mirip seperti pie susu. Mungkin disini namanya Pie Susu yaa.. Tapi setelah aku mencoba, rasanya sedikit berbeda dengan pie susu. Kue Lontar ini rasanya lebih lembut, creamy, dan isiannya lebih tebal. Biasanya, Kue Lontar ini selalu ada di setiap hari raya di Papua.

Kue Lontar ini juga dibuat bukan dengan loyang seperti kita membuat pie susu, tetapi kue lontar ini di buat dengan menggunakan piring Lontar. Piring inilah yang membedakan kueLontar dan Pie susu. Piring yang terbuat dari keramik dan bermotif seperti ikan ini yang di gunakan untuk membuat Kue Lontar. Oleh sebab itu, kue ini dinamakan Kue Lontar karena dibuat dengan menggunakan piring Lontar.

Ada banyak resep kue lontar yang sudah beredar di sosial media dan google. Tetapi, kali ini aku akan share resep Kue Lontar yang di buat oleh salah satu Youtuber asal Papua yang tinggal di Jerman. Namanya adalah kakak Ina dari channel youtube “Keluarga Bahagia di Jerman”. Kalian bisa cek langsung di channelnya yaaa...


RESEP KUE LONTAR

Resep Kue Lontar ini menurut kakak Ina adalah yang terbaik, karena tidak membuat eneg saat dimakan. Nah, ini dia resep – resep dari kue Lontar..

Bahan Isian Kue:

  • 1 kaleng SKM putih (segala merek sesuai selera)
  • 1 kaleng susu air panas
  • 1 sdm vanila/ vanili cair
  • 7 butir kuning telur
  • Perasan lemon secukupnya
  • 1 sdm maizena

Bahan adonan kulit kue:

  • 200 gram tepung Terigu
  • 100 gram Margarin + Butter
  • 1 butir kuning telur
  • 20 gram susu bubuk
  • 20 gram Maizena
  • ½ sdt vanilli bubuk


Cara Buat:

Siapkan untuk kulit Kue Lontar nya dahulu yaaa..

  1. Masukkan margarin, butter lalu kocok kurang lebih selama 1 menit hingga lumer.
  2. Kemudian, masukkan vanila dan kuning telur kocok hingga tercampur rata
  3. Setelah adonan tercampur rata, masukkan gula halus sesuai selera (boleh di skip)
  4. Aduk hingga rata, lalu masukkan susu bubuk dan maizena (ini rahasianya agar lapisan kulit lembut dan enak)
  5. Aduk sampai adonan kalis. Lalu setelah siap cetak dalam piring Lontar berdiameter 22 cm
  6. Cetak kulit kue Lontarnya ke piring Lontar. Setelah kulit Lontarnya siap, jangan lupa pada bagian tengah lubangi dengan menggunakan garpu. Lalu sisihkan.

Siapkan isian dari Kue Lontarnya..

  1. Kocok kuning telur hingga rata, lalu  masukkan SKM dan vanila. Tambahkan Maizena (di cairkan terlebih dahulu) dan sedikit perasan jeruk Lemon secukupnya.
  2. Campur semua hingga rata. (Rahasianya: Maizena agar isiannya padat, dan perasan Lemon agar aroma telur tidak terasa)
  3. Campurkan air panas 1 kaleng susu kental manis
  4. Aduk hingga merata. Lalu setelah siap tuangkan adonan isian ke dalam adonan kulit kue Lontar. Jangan lupa gunakan saringan agar tidak ada adonan yang menggumpal.
  5. Bersihkan gelembung dan busa yang tertinggal agar hasilnya cantik dan mulus setelah matang.
  6. Lalu panggang kue Lontar di dalam oven dengan suhu 140 derajad celcius, panggang kurang lebih 50 – 60 menit tergantung oven masing – masing.
  7. Setelah matang, angkat iris dan sajikan.

Gallery fadmala . Gambar Piring Lontar


Resep ini selengkapnya bisa di lihat di channel youtube “Cerita Lisa Pies” yang di recook ulang oleh kakak Ina di channel youtubenya.

Semoga jika ada kesempatan bisa mencoba dan membuat resep ini sendiri ya.. Harga Kue Lontar seloyang kurang lebih 100 ribu rupiah bisa mendapatkan 8 – 12 slice. Sedangkan harga per slice nya kurang lebih seharga 13-15ribu rupiah. Ini harga di Jogja yaa..

Sepertinya lebih hemat kalau bikin sendiri ya.. Tapi belum punya piring Lontarnya nih.. Hehee,,

Sekian dulu ya review kuliner kali ini..

Sampai jumpa di kuliner selanjutnya..

Wassalamu’alaikum..

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Wah boleh dicoba ini di weekend. Camilan murah meriah dan enak.. btw beli piringnya dimana ya?

    BalasHapus
  2. Semacam pie susu gitu ya bentuknya? Sepertinya mudah dibikinnya ya.. Tapi biasanya aku kalah sama mager, hihi. Kalau langsung makan sih mau.

    BalasHapus
  3. Waah aku baru ngeh ternyata jajanan paped itu berasal dari Papua yah. Oiya btw itu piring lontarnya bisa diakalin nggak ya, misal diganti pake loyang atau apa gitu, kan nggak punya piring lontar. Kelihatannya lazid juga tuh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Bisa mba... saya biasanya pakai loyang kaya mika yg dr alumunium... Bisa juga pake teflon

      Hapus
  4. Mirip Pie Susu kalau di daerahku mba, hehehe
    Patut dicoba. Bahan-bahannya pun mudah ini, nggak ribet-ribet amat :)

    BalasHapus
  5. waah kok menggoda sekali, kayanya lembutt banget gitu teksturnya ya :) ini semacam bolu gitu ya berarti? belum pernah tahu nih hihi

    BalasHapus
  6. Wah mahal juga ya kalau beli. Dilihat dari bahannya, keknya kalau pengin mending bikin sendiri deh.

    BalasHapus
  7. Kue lontar ini kaya pie yah sekilas. Resepnya pun hampir mirip

    BalasHapus
  8. kue lontar mirip kue bika ambon gak sih? lembut lembut gitu di mulut

    BalasHapus
  9. Lha? Di dalamnya gak ada lontar sama sekali? Tapi keknya enak tuh... Siapa yang mau bikinin buat saya ya?

    BalasHapus
  10. Aku bayanginnya malah kayak cheese cake atau pie ya Mbak. Waaa akh belum pernah makan kue lontar

    BalasHapus
  11. Kebayang kak ini rasanya manis banget😂 tapi aku belum pernah sih makannya ini resepnya bisa dicoba nih

    BalasHapus
  12. Kue lontar ini mirip pie susu gak sih??? Mau recook deh nanti biar gak oenasaran

    BalasHapus
  13. Semoga (calon) istriku kelak bisa membuat ini hehe, pengen coba tapi gak bisa masak.

    BalasHapus
  14. jadi penasaran dengan piring lontar. mau coba cek ke ecommerce ah. 🤭 . Dr gambarnya mirip sm pie susu ya. Jadi pengen membedakan sendiri rasanya

    BalasHapus