header fadmalalala

Tutorial Cara Membuat Kreasi Batik Shibori

Konten [Tampil]

Assalamu’alaikum..

Di Indonesia batik sudah terkenal sekali. Harga juga beragam macamnya, ada harga batik yang murah sampai harga jutaan pun juga ada. Nah, kali ini aku mau ngenalin tentang batik shibori dan cara pembuatannya. Kita bisa bikin batik sendiri di rumah, dan bisa juga untuk di jual belikan lagi. Wooww,, seru banget kan..

Kreasi Batik Shibori
gallery @ummida_jogokariyan
BATIK SHIBORI

Dilansir dari kumparan.com, shibori berasal dari kata kerja ‘shiboru’ yakni merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Motif yang dihasilkan tak jauh beda dengan batik (meskipun dari segi pengerjaan lebih mudah dan sederhana).

Konsep pembuatannya juga serupa dengan teknik tie dye yang mengandalkan ikatan celup. Dengan teknik ini, beberapa kain ‘dilindungi’ agar tidak terkena corak pewarna sehingga pada hasil akhirnya tercipta pola sesuai dengan bagian yang diwarnai dan ‘dilindungi’. Teknik ‘melindungi’ kain shibori ini dilakukan dengan menggunakan teknik seperti melipat, melilit, mengikat kain dan mencelupkannya pada pewarna indigo.


BAHAN DAN CARA PEMBUATAN BATIK SHIBORI

Bahan dan alat

yang harus disiapkan dalam proses pembuatan kain shibori adalah

  1. Kain Katun 2 meter
  2. Pewarna Remasol
  3. Pengunci Warna (waterglass)
  4. Gelas Ukur atau Gayung
  5. Tempat untuk pewarnaan
  6. Sendok teh dan sendok bebek
  7. Masker
  8. Sarung Tangan Karet/ Plastik
  9. Karet Gelang

Ukuran Pewarnaan:

  • Campur 10 gram pewarna remasol (1 sendk teh) + 50ml air panas
  • 6 sendok bebek waterglass(pengunci warna) + 1 liter air dingin (air biasa)

Pencampuran Warna:

10 gram pewarna remasol yang sudah dilarutkan dicampurkan dengan 50 ml campuran cairan dari waterglass (pengunci warna).

proses penjemuran
gallery @ummida_jogokariyan

Kain katun 2 m dilipat sesuai bentuk yang diinginkan lalu diikat dengan kencang. Setelah dilipat dan diikat, celupkan ke waterglass sebentar, baru di celup ke warna remasol beberapa kali. Setelah itu baru di jemur sampai setengah kering atau air dari pewarna tidak akan bercampur satu sama lain. Setelah beberapa saat dijemur, kita lepas ikatan di kainnya dan kita buka kain tersebut dan di jemur lagi sampai benar – benar kering. Setelah kering, lalu diangkat dan di cuci dan di bilas sampai bersih.

Hasil Pelipatan Kain
gallery fadmala

Untuk mencuci dan bilas kain hasil batik shibori lebih baik direndam agak lama, baru di cuci bersih. Agar sisa warna yang menempel di kain bisa ikut hilang atau agar tidak luntur. Setelah di cuci bersih lalu di jemur dan kain baik shibori tersebut sudah jadi.

batik shibori
gallery @ummida_jogokariyan

Hasil kain batik shibori tersebut bisa di buat bermacam-macam produk. Seperti baju, rok, kemeja, tas, mukena, dan lain sebagainya.

Nah, mudah bukan cara pembuatan batik shibori ini. Harga jual dari batik shibori ini juga bisa tinggi asal motif dan pengerjaanya bagus yaa.. Dan harga batik shibori bisa lebih tinggi juga jika sudah di buat berbagai macam produk.


Bagaimana? Tertarik untuk membuat batik Shibori? Kalian bisa ikuti cara mudah ini yaaa..

Selamat Mencoba :D

Related Posts

Posting Komentar