Ticker

6/recent/ticker-posts

SOSOK SAHABAT HINGGA KE SURGA

Apalah kita di dunia ini tanpa adanya sahabat. Saat kita di rumah, ada seorang keluarga yang selalu menemani kita. Tetapi, saat kita di luar rumah hanya sahabatlah yang membersamai kita.

Arti sahabat menurutku sendiri adalah seseorang yang ada bersama kita di saat kita sedang senang maupun disaat kita sedang dalam keadaan susah. Sahabat yang sebenarnya akan berkata jujur kepada kita jika kita melakukan kesalahan bukannya membenarkannya.

gallery fadmala


10 SAHABAT RASULULLAH YANG DIJAMIN MASUK SURGA

1. Abu Bakar Ash Shiddiq

Abu Bakar merupakan khalifah pertama di antara khalifah lainnya. Dialah orang pertama yang memeluk agama Islam. Jasanya yang paling besar adalah ketika dirinya menjadi khalifah dan berjuang memerangi kaum murtad.

2. Umar Bin Khattab

Dialah seorang pemimpin yang rela bertahan dan menderita bersama rakyatnya dalam masa sulit. Umar dianggap menjadi pemimpin ideal kaum Muslim. Umar di juluki sebagai Singa Padang Pasir karena keberaniannya dalam menyiarkan Islam. Sosoknya yang keras dan tegas pendirian membuatnya banyak disegani bahkan oleh kaum suku Quraisy.

3. Utsman bin Affan

Dia adalah saudagar kaya raya yang memiliki akhlak yang baik menurut Islam. Jujur, dermawan, dan baik hati. Karenanya lah Nabi Muhammad SAW sangat mencintainya. Sosok Utsman dijuluki sebagai dzunnur’ain yang artinya pemilik dua cahaya. Sebab telah menikah dua putri Nabi Muhammad SAW, yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

4. Ali bin Abi Thalib

Ali dikenal sebagai seorang panglima perang yang gagah berani dan hampir turut serta dalam semua peperangan yang terjadi dimasa Nabi Muhammad SAW. Ali bin Abi Thalib diberi gelar “Karrahmallahu Wajhah” yang artinya semoga Allah SWT memuliakan wajahnya.

5. Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah adalah sahabat Nabi Muhammad yang tetap bakti dan perjuangannya dalam menegakkan Islam dan membela kaum Muslim. Dirinya wafat saat mengikuti perang Uhud, melindungi Nabi Muhammad SAW hingga harus menerima 70 luka sabetan pedang, tusukan tombak, dan anak panah. Sampai pada akhirnya, ia mati syahid.

6. Zubair bin Awwam

Dia adalah orang pertama yang menghunuskan pedangnya di jalan Allah SWT. Ibunda Zubair adalah bibi dari Nabi Muhammad SAW. Tetapi, Zubair bin Awwam menjadi pembela Nabi Muhammad SAW bukan karena sepupunya, tetapi karena keinginannya untuk berkorban di jalan Allah SWT.

7. Abdurrahman bin Auf

Ia merupakan sosok lelaki yang mempunyai kedermawanan yang luar biasa. Ia adalah pebisnis yang kaya dan tidak pernah berpikir panjang untuk menyumbangkan hartanya kepada orang-orang. Dia di juluki sebagai “Sahabat Bertangan Emas”, sebab semua yang dikelolanya pasti berhasil.

8. Sa’ad bin Abi Waqqash

Sa’ad bin Waqqash merupakan paman dari Nabi Muhammad SAW yang sangat berani dan kuat. Dia dipercaya sebagai orang ketiga yang memeluk agama Islam. Sa’ad pernah memimpin perang besar dalam sejarah bagi umat Islam yaitu perang melawan Persia. Dia pun dikenal sebagai anak yang berbakti kepada orangtua, dan inilah yang menjadi jaminan bahwa dirinya akan masuk surga.

9. Sa’id bin Zaid bin Amru bin Naufal Al-Adawi

Dia adalah pelopor orang-orang beriman kepada Allah SWT dan membenarkan kerasulan Nabi Muhammad SAW. Bahkan disuatu kisah, Sa’id dan istrinya lah yang menyebabkan Ummar bin Khattab masuk Islam.

10. Abu Ubaidillah bin Jarrah

Dirinya dikenal sebagai sosok yang lemah lembut, tetapi bila menghadapi suatu urusan penting, dia sangat cekatan bak singan jantan. Abu Ubaidillah pernah ikut serta dalam perang Badar yang berhasil menyusup ke barisan musuh tanpa takut mati. Semasa hidupnya, tetap setia membela Nabi Muhammad SAW dalam setiap situasi dan kondisi apapun.


Sahabat itu ;

Tidak saling mencari, tapi saling merindukan.

Tidak saling mengabari, tapi saling mendoakan.

“Bersahabatlah dalam iman karena kelak di akhirat kau saling mencari” (Ibnu Taimiyah).

Posting Komentar

0 Komentar