header fadmalalala

3 Hal yang Ditakutkan Pengguna saat Transfer Lewat Aplikasi

Konten [Tampil]
Tips Aman Transfer

Di zaman sekarang apa pun bisa dilakukan dengan mudah. Termasuk salah satunya transfer uang dengan menggunakan aplikasi. Namun, dengan kemudahan itu masih ada beberapa orang yang merasa takut melakukan transfer menggunakan aplikasi dengan alasan tertentu.

Padahal ketakutan tersebut tidak akan terjadi apabila tahu bagaimana cara melakukan aktivitas transfer dengan tepat dan benar. 

Ini Dia 3 Hal yang Ditakutkan Pengguna Saat Transfer Menggunakan Aplikasi

Hadirnya aplikasi transfer uang gratis kian memudahkan aktivitas pengiriman uang di mana pun dan kapanpun. Namun, adanya aplikasi yang memudahkan tersebut masih saja ada yang merasa takut menggunakannya dengan berbagai alasan. Apa saja alasan tersebut, berikut rangkumannya;

1. Takut Uang yang Dikirim Tidak Sampai

Berbeda saat kamu mengirim uang lewat bank yang tentu ada petugas sebagai saksi dan akan membantu proses transaksi. Sedangkan ketika menggunakan aplikasi, kamu harus melakukannya semua sendiri. Bagi yang tidak terbiasa dan masih awam, hal seperti ini terkadang menimbulkan ketakutan tersendiri.

Salah satu yang sering ditakutkan adalah uang yang dikirim tidak sampai di tangan penerima. Padahal apabila kamu melakukan proses transfer sesuai dengan petunjuk yang ada di aplikasi serta melakukannya dengan benar, uang tersebut akan sampai dengan aman ke tangan penerima. Justru lebih cepat dan aman.

2. Nomor Rekening Penerima Salah

Ketakutan selanjutnya yang selalu ada ketika menggunakan aplikasi transfer uang gratis adalah nomor rekening penerima salah. Salah memencet nomor pun bisa membuat hal ini terjadi.

Padahal kamu tahu bahwa transaksi keuangan memiliki sistem otentikasi yang sangat ketat dan sensitif. Oleh sebab itu, kesalahan data yang tidak akurat dapat menyebabkan kegagalan.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, ada baiknya untuk berhati-hati dalam menekan tombol nomor rekening. Perhatikan dan cocokkan nomor yang kamu catat dengan angka yang kamu tekan di ATM ataupun aplikasi mobile payment milikmu.

3. Saldo Di Rekening Kurang

Transfer uang menggunakan aplikasi sejatinya telah memudahkan siapapun dalam proses pengiriman uang karena tidak perlu jauh-jauh datang ke bank atau ATM. Akan tetapi, ketakutan menggunakannya sering kali muncul. Contoh rasa takut yang sering muncul adalah saldo di rekening kurang yang akan menyebabkan kegagalan proses transfer.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebelum transfer pastikan saldo yang ada di rekening cukup. Jadi, kegagalan transfer dapat diminimalisir.

Tips Aman Transfer Dana Lewat Aplikasi

Transfer Aman Dengan Aplikasi

Mengirim uang dengan menggunakan aplikasi gratis memang sangat membantu karena dapat dilakukan di mana pun dan kapanpun dengan mudah. Walaupun demikian keamanan tetap harus diperhatikan agar kamu tidak mengalami kerugian. Berikut tips aman yang harus kamu lakukan;

1. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Hal penting saat melakukan proses transaksi keuangan dengan menggunakan aplikasi adalah menjaga kerahasiaan data pribadi. Hindari memberikan data seperti password, nomor PIN atau kode OTP pada siapapun.  

Selain itu, memberikan data pribadi seperti nomor telepon, email, dan nomor identitas di media sosial juga berpotensi untuk disalahgunakan. Pastikan membuat password yang sulit ditebak, misalnya data pribadi yang umum dipakai sebagai password dengan alasan kemudahan mengingat, antara lain tanggal lahir atau nama.

2. Ganti Nomor PIN Secara Berkala

Untuk menjaga keamanan saat melakukan transfer dana lewat aplikasi atau lewat ATM adalah mengganti nomor PIN secara berkala. Kamu juga harus memastikan bahwa nomor PIN tersebut hanya kamu yang tahu.

Jangan begitu mudah memberikan nomor PIN pada orang yang tidak kamu percayai, sebab jika disalahgunakan akan menyebabkan banyak kerugian. Mengganti nomor PIN secara berkala juga untuk menghindari pembobolan dana yang marak terjadi seperti skimming dan phising.

3. Selalu Update Mobile Banking

Bila kamu menggunakan fasilitas mobile banking untuk bertransaksi, maka melakukan update aplikasi mobile banking merupakan hal yang harus kamu lakukan agar tetap dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Hal ini dikarenakan aplikasi m-banking selalu meng-update seluruh fitur-fitur yang disematkan termasuk fitur keamanan seperti proses login yang dibuat semakin aman. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu mengecek ketersediaan update aplikasi m-banking di Playstore ataupun AppStore.

4. Jangan Mudah Meminjamkan Ponsel Kepada Sembarang Orang

Salah satu hal yang jangan sampai kamu lakukan adalah meminjamkan handphone ke sembarang orang. 

Karena hal tersebut dapat membahayakan privasi kamu seperti pesan yang bersifat rahasia atau aplikasi-aplikasi yang mengandung data pribadi kamu termasuk informasi rekening dari m-banking bisa bocor.

Transfer Uang Lebih Aman dengan Aplikasi Bank Digital Terpercaya

Siapapun tentunya ingin melakukan transaksi keuangan menggunakan aplikasi dengan aman dan mudah. Untuk itu butuh aplikasi yang tepat dan terpercaya karena kemajuan teknologi saat ini bisa memunculkan potensi adanya aplikasi bodong. Ini yang harus diwaspadai.

Salah satu aplikasi keuangan terpercaya yang dapat kamu andalkan adalah digibank  by DBS. Transfer uang dengan digibank by DBS akan memberikanmu beberapa keuntungan diantaranya adalah;

  • Gratis transfer tanpa kuota pakai BI-Fast, bisa melakukan transaksi sebanyak apapun.
  • Real-time antar bank, pembayaran jadi lebih cepat.
  • Limit transaksi Rp250 juta/transaksi/hari, butuh transaksi apa pun bisa.
  • 24/7 lewat aplikasi, bisa melakukan transfer kapan saja dan dimana saja.

Melakukan transfer uang lewat digibank by DBS tidak ada syarat yang berat bahkan bisa melakukan transfer gratis tanpa minimum saldo. Untuk mengetahui lebih jelas terkait proses transfer menggunakan aplikasi digibank bisa kamu buka web dbs.id.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar