header fadmalalala

Inilah Rahasia Agar Menjadi Expert Investor

Konten [Tampil]
Expert Investor

Setiap orang tentu ingin kondisi finansialnya tetap stabil baik saat ini maupun di masa yang akan datang. Terutama jika seseorang akan memasuki masa pensiun, tentu harus memutar otak untuk tetap mendapatkan penghasilan.
Salah satu strategi untuk mendapatkan penghasilan di masa tua adalah dengan cara berinvestasi di Reksadana Saham.
Kita semua tahu bahwa investasi saham dapat dijadikan sebagai kunci untuk dapat mencapai tujuan finansial jangka panjang yang diinginkan. Untuk menjadi seorang yang ahli dalam investasi, tentu Anda perlu banyak belajar dan memperbanyak pengalaman.
Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara untuk menjadi seorang ahli atau expert investor, Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips Menjadi Expert Investor Bersama Reksadana 

Anda dapat menjadi seorang ahli atau expert investor, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Tentukan Batasan Kerugian dan Tegas Akan Itu

Dalam berinvestasi tentu ada kalanya Anda menemukan kerugian. Hal ini tentu perlu Anda pikirkan sedari awal sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Penting bagi Anda untuk menentukan batasan kerugian yang harus dihadapi.
Ketika Anda kehilangan sejumlah uang investasi Anda dan hampir mencapai batasan yang Anda tentukan, segera jual instrumen investasi tersebut dan keluar dari pasar untuk menghindari kerugian yang lebih besar.
Begitu pula jika Anda mendapatkan keuntungan, tetapkan batasan kerugian yang tepat untuk melindungi keuntungan Anda tersebut. Pada intinya, jangan terburu-buru dan bijaklah dalam mengambil keputusan.

2. Belajar dan Terus Belajar dari Kegagalan

Tanamkan dalam benak Anda bahwa tidak ada investasi tanpa risiko kerugian. Jika Anda mengalaminya janganlah cepat berputus asa, justru jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran.
Carilah dimana letak kesalahan yang Anda lakukan, perbaiki, dan pastikan Anda tidak mengulanginya lagi.

3. Hindari Keserakahan

Banyak orang terjebak dalam investasi hanya karena tergiur melihat keberhasilan orang saja. Seringkali orang terburu-buru untuk menempatkan uangnya karena ingin mendapatkan keuntungan yang terbesar. Pahamilah bahwa dibalik keuntungan yang besar terdapat risiko yang besar pula.

4. Hindari Memanfaatkan

Cukup banyak orang rela meminjam uang orang lain hanya untuk mendapatkan keuntungan mereka. Dengan pola investasi seperti ini, hanya akan menyebabkan kerugian besar di kemudian hari. Berinvestasilah sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

5. Lakukanlah dengan Penuh Keyakinan

Perlu Anda pahami bahwa dalam dunia investasi dan menjadi seorang expert investor membutuhkan keterampilan yang perlu diasah baik dari segi pengetahuan dan pengalaman.
Semakin banyak Anda mengamati dan belajar mengenai pergerakan pasar investasi, maka pertimbangan Anda untuk menentukan investasi mana yang layak atau tidak akan semakin matang.
Hindari mengambil keputusan jika Anda masih ragu mengenai bagaimana arah pasar saham akan bergerak.

Reksadana DBS

6. Perbanyak Membaca

Terdapat banyak sekali buku berkualitas yang membahas mengenai investasi. Banyak pula pemikiran-pemikiran jenius juga pendapat yang diberikan oleh para investor terkemuka seperti Warren Buffet, Rakesh Jhunjhunwala, dan masih banyak lagi yang dituangkan dalam bentuk buku.
Dari situ, Anda dapat menambah pengetahuan sekaligus dapat membantu Anda mengatasi kondisi pasar investasi yang tengah dihadapi. Ingatlah, semakin banyak membaca, akan semakin membuka pola pikir Anda terutama dalam hal investasi.

7. Tentukan Batas Jumlah Saham

Pastikan Anda menentukan batas maksimal kepemilikan sebuah instrumen investasi termasuk dalam hal saham. Anda juga perlu memastikan saham yang dimiliki berasal dari perusahaan berbagai sektor atau seringkali disebut dengan diversifikasi investasi.
Hal ini bertujuan untuk melindungi portofolio Anda yang lain, agar Anda tidak mengalami kerugian yang besar.

8. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Strategi

Ada baiknya Anda menghindari penggunaan terlalu banyak strategi investasi. Karena jika Anda menggunakan terlalu banyak strategi, hanya akan membuat Anda merasa kebingungan menentukan strategi mana yang sebetulnya dapat membantu menghasilkan banyak keuntungan.

9. Sabar dan Disiplin

Kunci keberhasilan lainnya dalam investasi adalah tetap sabar dan disiplin. Jika Anda tengah menghadapi keterpurukan pada pasar, jangan mudah menyerah, tunggulah hingg
a kondisi pasar membaik selama tidak melewati batas kerugian yang sudah kamu tentukan.

10. Pilihlah Saham yang Sesuai dengan Profil Risiko

Tips lainnya adalah Anda perlu memilih saham sesuai dengan profil risiko yang Anda miliki, tidak berdasarkan imbal hasil yang dihasilkannya.
Miliki Keuntungan Maksimal dengan Berinvestasi Reksadana

Jika Anda masih merasa kebingungan menentukan instrumen investasi apa yang tepat seperti Investasi Reksadana Saham atau yang lainnya, Anda dapat bekerjasama dengan mitra yang tepat, seperti perbankan prioritas DBS Treasures.

Anda akan dipandu untuk bisa mencapai tujuan finansial yang Anda impikan dari keuntungan yang didapatkan. Beberapa kelebihan yang ditawarkan jika Anda berinvestasi bersama DBS Treasures diantaranya adalah investasi yang dikelola langsung oleh Manajer Investasi yang profesional.
Wawasan Anda selama berinvestasi akan semakin luas, memudahkan Anda untuk melakukan diversifikasi investasi, dan juga semakin mudah karena dapat diakses dalam satu Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses melalui perangkat yang terkoneksi ke internet.
Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).
Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.


Apabila Anda tertarik untuk memulai investasi dengan instrumen Reksadana Saham bersama DBS Treasures, Anda bisa mempelajari detailnya di website dbs.id.


Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar