header fadmalalala

Yuk, Nabung Cerdas di Digital Banking. Auto Cuan!

Konten [Tampil]
Nabung Cerdas

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki tabungan di digital banking. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa berbagai kemudahan tersebut di sisi lain bisa membuat keuangan menjadi tidak terkelola dengan baik. 

Buka tabungan online memang menawarkan keuntungan bagi penggunanya terutama dalam melakukan berbagai transaksi. Kemudahan tersebut sebaiknya diimbangi dengan membuat perencanaan keuangan agar perputaran atau cash flow keuangan tetap terkontrol dengan baik.

Berbagai transaksi yang dilakukan dengan menggunakan digital banking tentu akan sebanding lurus dengan pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak terlihat, namun sangat signifikan. Contohnya pengeluaran untuk pembayaran biaya administrasi, biaya transfer dan lainnya.

Jika dianggap sepele dan kurang bijaksana dalam menyikapinya, maka akan menjadi penyebab keuangan Anda buruk. Sehingga buka tabungan online menjadi kurang efektif lagi sebagai sarana untuk mengatur keuangan Anda.

Apa Saja Pengeluaran yang Mengakibatkan Gagal Menabung?

Kebiasaan mengabaikan pengeluaran kecil dapat mengakibatkan kerugian secara finansial. Ketika akhir bulan, Anda baru menyadari isi tabungan tipis karena digunakan untuk pengeluaran yang sebenarnya masih bisa ditunda atau kurang penting.

Berbagai pengeluaran yang sering Anda abaikan, namun bisa berdampak pada keuangan Anda, antara lain :

1. Jajan Makanan Ringan atau Minuman

Pengeluaran yang digunakan untuk jajan makanan ringan atau minuman sangat cepat menghabiskan anggaran bulanan. Anda harus melakukan perencanaan yang tepat agar kebiasaan tersebut tidak menguras isi rekening.

 2. Admin Top Up E-Wallet

Berbagai kemudahan transaksi cashless membuat top up E-wallet menjadi hal biasa. Praktis dan mudah digunakan menjadi alasan fitur tersebut sangat digemari. Anda menggunakannya dengan biaya admin Rp1.000 setiap kali melakukan transaksi, jika sebanyak 200 transaksi maka akan mencapai Rp200.000.

3. Admin Rekening

Penyimpanan uang dengan buka tabungan online memang bisa menjadi alternatif. Uang Anda akan aman, namun akan dikenakan biaya atas pelayanan jasa. Biaya administrasi rekening sebesar Rp10.000 ribu sampai Rp14.000, jika satu tahun bisa mencapai Rp120.000 sampai Rp168.000 

4. Biaya Transfer

Tidak hanya biaya admin rekening saja, biaya transfer juga dapat membuat pengeluaran kecil Anda menjadi kurang efektif. Kemudahan transfer uang antar bank juga dikenakan biaya RP2.500 sampai Rp6.500 per transaksi. Jika Anda melakukan 25 transaksi maka pengeluarannya bisa mencapai Rp62.500 sampai Rp162.500.

5. Check Out di Marketplace

Tidak hanya buka tabungan online saja, kemudahan belanja online juga bisa menjadi jebakan jika Anda tidak mengaturnya dengan baik. Berbagai penawaran menarik dan promo seringkali membuat Anda tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak atau belum diperlukan.

Jika Anda membeli barang seharga Rp50.000 setiap produk, maka dalam satu tahun akan menghabiskan lebih dari Rp500.000

Auto Cuan Nabung Cerdas

Tips Nabung Cerdas di Digital Banking. Auto Cuan! 

Kemudahan teknologi dalam mengatur keuangan perlu disikapi dengan bijak. Anda bisa membuat prioritas agar pengeluaran tidak membengkak karena terlalu mengabaikan pengeluaran-pengeluaran kecil.

Ada enam tips yang dapat Anda terapkan saat buka tabungan online agar efektif, antara lain :

1. Menentukan Tujuan atau Target Menabung

Anda perlu menentukan tujuan atau target sebelum mulai menabung. Misalnya, menabung untuk tujuan pendidikan, untuk membeli barang tertentu, untuk liburan bersama keluarga atau untuk menyiapkan dana darurat. Target atau tujuan tabungan akan membuat Anda menjadi lebih termotivasi lagi.

2. Menentukan Anggaran Bulanan

Buatlah anggaran bulanan setelah menentukan tujuan atau target yang ingin dicapai. Anggaran bulanan yang Anda buat meliputi rencana pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Hal ini perlu Anda lakukan agar lebih mudah dalam mengontrol keuangan agar tidak terjadi pemborosan. 

3. Menyisihkan Uang

Cara menabung yang efektif berikutnya, yaitu dengan menyisihkan uang sejak awal. Alokasikan keuangan Anda untuk tabungan, saat menerima penghasilan. Tidak perlu menunggu hingga akhir bulan, baru disimpan. Cara tersebut akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dan konsisten dalam menabung.

4. Mengurangi Pengeluaran Tidak Penting

Cara berikutnya, Anda bisa mengurangi pengeluaran yang tidak berhubungan dengan kebutuhan pokok atau sesuai dengan tujuan Anda menabung. Contohnya, belanja online, jajan sembarangan atau langganan layanan streaming yang jarang digunakan.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Tujuan atau target menabung akan lebih mudah dicapai dengan mencari penghasilan tambahan. Jika penghasilan utama masih dianggap kurang, Anda bisa mencari penghasilan tambahan dari bisnis online, pekerjaan sampingan atau hobi yang dapat menghasilkan uang.

6. Memonitor Perkembangan Tabungan

Lakukan monitor perkembangan tabungan secara rutin. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui, apakah tabungan Anda sudah sesuai target atau belum. Jika belum, Anda bisa mencari cara untuk meningkatkan tabungan. Namun jika sudah, Anda bisa membuat target yang lebih tinggi lagi.

Cerdas Menabung Bersama Bank Digital Terpercaya

Selain menerapkan beberapa tips di atas, Anda juga perlu memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai jenis produk yang ditawarkan oleh perbankan atau lembaga keuangan, seperti tabungan berjangka, reksadana, deposito, saham, emas dan lainnya.

Anda bisa buka tabungan online berdasarkan risiko, bunga, biaya administrasi dan jangka waktu yang Anda inginkan. Salah satunya, Anda bisa memilih produk bank digital dari digibank by DBS untuk mendapatkan berbagai keuntungan sebagai berikut :

  • Memberikan layanan perbankan lengkap, mudah dan terjamin aman
  • Terdapat lebih dari 150 pilihan produk investasi dan asuransi
  • Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman dengan proses approval 60 detik
  • Bunga tabungan tinggi hingga 3% p.a.
  • Fleksibel bisa ditarik kapanpun, tanpa tambahan biaya.

Berbagai manfaat tersebut bisa Anda rasakan hanya dengan membuka rekening digital banking dari digibank by DBS. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam mengontrol keuangan. 

Yuk buka tabungan digital banking digibank by DBS sekarang juga! Anda bisa mendapatkan informasi berbagai produk perbankan di www.dbs.id.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar