header fadmalalala

Kuliner Populer di Sidoarjo, Ote-ote Porong sampai Ceker Lapindo

Konten [Tampil]

Salah satu aktivitas seru yang dilakukan saat liburan adalah kulineran. Dan menariknya, hampir di semua wilayah Indonesia punya kuliner populer, termasuk juga Sidoarjo. Yup, bagi kamu yang berencana buat liburan ke wilayah di Jawa Timur ini, banyak sekali tempat makan enak dan populer yang bisa dicicipi, lho. 

Jangan khawatir tentang transportasi ke Sidoarjo, pilihannya banyak. Bisa naik kereta, bus, kendaraan pribadi, sampai dengan travel. Jika ingin liburan makin praktis, jangan ragu buat pesan tiket travel di Traveloka. Pilihan armada banyak dan plus pembayarannya bervariasi. Nah, berikut ini rekomendasi kuliner populer di Sidoarjo.

pesan tiket travel di Traveloka

Ote-ote Porong

Ote-ote Porong merupakan salah satu kuliner yang sangat populer dari Sidoarjo. Bahkan tidak jarang orang menyewa jastip atau jasa titip hanya untuk menikmati ote-ote ukuran jumbo ini. Jika ote-ote kebanyakan berisi sayuran, berbeda dari tempat ini. Isiannya mulai dari daging, tiram, dan rumput laut. Jadi rasanya sangat berbeda dan menggugah selera.

Tempat satu ini sudah melegenda di Sidoarjo karena telah mulai beroperasi sejak 1965. Pelangganya juga datang dari berbagai kota besar di Tanah Air. Tak hanya makan di tempat, kebanyakan wisatawan membawa kue tiram, nama lain ote-ote Porong, untuk jadi buah tangan keluarga di rumah.

Alamat: Jl. Raya Porong No.120, Mindi, Kec. Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Bakso Cak Pitung

Pilihan kuliner kondang lainnya dari Sidoarjo adalah Bakso Cak Pitung. Tempat makan satu ini sudah wara wiri direview oleh para vlogger atau food enthusiast. Tidak jarang para vlogger dari Jakarta ini ikut antre karena memang pembelinya yang sering mengular. Bahkan beberapa waktu yang lalu bakso ini viral, jadi pengunjung semakin banyak.

Bukan tanpa alasan Bakso Cak Pitung selalu padat merayap dengan pengunjung. Pilihan jenis baksonya banyak dan rasanya juga tidak main-main. Ada bakso telur, bakso mercon, bakso jamur, bakso halus, bakso kasar, sampai bakso nano-nano. Supaya tidak kehabisan, ada baiknya buat berangkat lebih awal ya.

Alamat: Jl. Gajah Magersari No.36, Gajah Timur, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Lontong Kupang Pak Misari

Jalan-jalan ke Sidoarjo, tak lengkap tanpa mencoba lontong kupang. Salah satu tempat yang kondang menyuguhkan lontong kupang nikmat adalah Pak Misari. Kedainya sederhana namun telah jadi favorit sejak tahun 1993. Selain enak, lokasinya juga berada di pinggir jalan, jadi mudah ditemukan.

Melengkapi satu piring lontong kupang, jangan lupa untuk mencoba sate kerang dan juga es kelapa muda. Sebelum memiliki kedai, ternyata Pak Misari sudah berjualan dengan gerobak dorong. Sekarang sudah sangat terkenal dan jadi langganan berbagai kalangan. Bahkan di hari libur, pembelinya sampai antre.

Alamat: Jl. Mojopahit, Kapasan, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Lontong Kikil Sapi Pak Madekan

Jika kurang suka dengan lontong kupang, kamu bisa coba lontong kikil. Rekomendasi tempat yang sudah kondang di Pasuruan adalah Lontong Kikil Sapi Pak Madekan. Tempat ini telah ada sejak tahun 1960-an dan dikelola oleh para generasi penerus. Meski begitu resepnya masih dipertahankan, jadi rasanya otentik.

Salah satu ciri khasnya, tekstur dari kikil sangat lembut dengan citarasa gurih sedikit pedas. Dipadu dengan bawang goreng dan perasan jeruk membuat rasanya semakin nikmat saja. Jika bosan dengan lontong kikil, kamu juga bisa pesan sup sumsum tulang. Rasanya juga tidak kalah nikmat.

Alamat: Jl. Raya Wonocolo, Wonocolo, Sepanjang, Kec. Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Rawon Gajah Mada

Pilihan kuliner populer lainnya di Sidoarjo adalah Rawon Gajah Mada. Di sini, kamu bisa menikmati rawon dengan berbagai lauk. Mulai dari empal, paru, lidah, dendeng, oseng mbledos, perkedel, telor asin, dan lain-lain. Salah satu favoritnya adalah rawon empal yang teksturnya empuk.

Nah, selain rawon kamu juga bisa memesan nasi campur yang lengkap dengan berbagai lauknya. Ada juga nasi pecel bagi yang ingin makan sesuatu dengan sayur yang banyak. Tempat makan ini sudah eksis sejak 1945, dan telah memiliki cabang di kota lain. Jangan lewatkan kuliner satu ini ya jika ke Sidoarjo.

Alamat: Jl. Gajah Mada, Pekauman, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Ceker Lapindo Mbak Nik

Ceker Lapindo Mbak Nik juga sangat digemari oleh wisatawan. Hidangannya merupakan ceker empuk dengan aneka rasa. Lokasinya dekat dengan alun-alun, jadi sangat strategis. Menu yang ditawarkan di sini berbahan utama ceker pedas dengan berbagai rasa. Mulai dari balado, rica-rica, pepes, soto, mentega, sop, asam manis, dan lain-lain.

Biasanya, orang-orang menyantap ceker di sini dengan nasi, jadi tetap kenyang. Selain ceker, kamu juga bisa mencicipi jajanan seperti sate kerang atau sate usus. Bagi yang kurang suka pedas, bisa pilih rasa yang tidak pedas. Jadi supaya tidak salah, ada baiknya buat bertanya dulu kepada sang penjual.

Alamat: Jl. Dr. Soetomo No.12, Gajah Timur, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Jangan lewatkan untuk mencoba salah satu atau semua kuliner populer di Sidoarjo yang sudah disebutkan di atas. Persiapkan itinerary sebaik mungkin, jika butuh transportasi seperti travel, bus, kereta api, atau pesawat, pesan tiketnya di Traveloka ya. Supaya tak ketinggalan promonya, instal aplikasi Traveloka di ponsel kesayangan.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar