header fadmalalala

Tips Mengatur Keuangan Anak Kos Biar Nggak Boncos

Konten [Tampil]
Tips Mengatur Keuangan

Sebagai anak kos mengelola keuangan adalah hal yang wajib. Supaya bisa memenuhi biaya hidup selama satu bulan. Solusi terbaik untuk mengelola keuangan anak kos adalah dengan memanfaatkan bank digital

Namun mengelola keuangan bukan hal yang mudah. Banyaknya kebutuhan dan keinginan menjadi masalah bagi anak kos. Pada akhirnya mereka mengeluarkan biaya melebihi budget yang ada. Hal ini menyebabkan keuangan akhir bulan atau tanggal tua menjadi sangat seret. 

Bagaimana sebaiknya menyikapi hal ini dan apa saja tips untuk mengatur keuangan anak kos agar tak boncos? Simak ini hingga selesai.

Tips Mengelola Keuangan Anak Kos Agar Tidak Boncos

Jika kamu hidup sebagai anak kos maka kamu harus pintar mengatur diri sendiri. Pasalnya kamu tinggal jauh dari orang tua. Jadi sudah sepantasnya kamu harus pandai terutama dalam mengelola keuangan bulanan. Ini merupakan hal yang penting agar kamu tak kehabisan dana ketika tanggal tua tiba. 

Beberapa tips berikut ini bisa kamu praktekkan untuk mengatur dan menyelamatkan keuanganmu, yaitu: 

1. Membuat anggaran untuk kebutuhan sebulan

Untuk mengatur keuangan anak kos, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat anggaran kebutuhan. Anggaran ini bisa kamu buat untuk kebutuhan sebulan. Dalam anggaran ini kamu harus mencatat semua kebutuhan yang benar-benar prioritas. 

Misalnya anggaran untuk bayar kos, makan, transportasi, keperluan kuliah jika mendesak, tagihan atau cicilan jika ada dan kebutuhan lainnya. Semua anggaran ini harus kamu catat. Tujuannya untuk menghindari lupa yang akhirnya nanti bisa menyebabkan kamu memakai uang budget untuk keperluan lain. 

2. Menabung di awal bulan

Memang menabung agak sulit dilakukan oleh anak kos. Pasalnya ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari. Namun sulit bukan berarti tak bisa kamu lakukan. Kamu bisa menabung di awal bulan. Tepatnya ketika kamu menerima kiriman dari orang tua. Segera sisihkan beberapa rupiah untuk tabungan. 

Untuk memudahkan dalam menabung, kamu bisa menggunakan layanan bank digital yang sangat mudah dan prosesnya cepat. Setelah itu barulah kamu bisa gunakan sisanya untuk keperluan dan kebutuhan hidupmu selama sebulan. 

3. Biasakan memasak sendiri

Berbeda ketika kamu masih tinggal dengan orang tua. Di rumah orang tua, kamu tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menyiapkan kebutuhan dan makan. Sebaliknya di kos, kamu harus mandiri. Daripada membeli makanan yang harganya lumayan, lebih baik kamu masak sendiri. 

Memasak sendiri sudah terbukti lebih murah daripada kamu harus membeli makanan di luar. Jika biasanya kamu jajan di kantin saat kuliah atau sekolah maka lebih baik ubah kebiasaanmu. Sebaiknya bawa saja bekal dari rumah. Selain lebih higienis kamu juga jadi lebih hematkan?

4. Bila perlu lakukan kerja part time

Seandainya kamu merasa kebutuhan bulananmu sangat banyak dan uang jatah dari orang tua tak cukup, kamu bisa bekerja part time. Pilihlah pekerjaan yang tak berbenturan dengan jadwal kuliahmu. 

Bekerja part time ini akan meringankan beban keuanganmu. Setidaknya kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Tanpa bergantung dari kiriman orang tua. Kamu juga bisa menyisihkan uang untuk menabung dari gaji yang telah diperoleh sebagai hasil pekerjaan part time.

5. Menyisihkan untuk dana darurat

Kamu mungkin tak berpikir kalau dana darurat ini sangat penting. Dana ini bisa kamu gunakan ketika kamu sedang mengalami keadaan darurat atau sangat mendesak. Pentingnya dana darurat ini tak lain karena kamu tak tahu apa yang akan terjadi esok hari atau nanti. 

Mungkin saja bisa terjadi hal-hal seperti sakit, perbaikan kendaraan, ponsel rusak dan lain sebagainya. Dana darurat inilah yang bisa menutupi kebutuhan tak terduga yang muncul seperti tersebut tadi. Sehingga kamu tak perlu pontang-panting mencari pinjaman ketika situasi darurat menimpamu.

6. Selalu menyediakan uang tunai dengan jumlah pas di dompet

Agar keuangan tak seret kamu juga bisa melakukan tips ini. Yaitu selalu menyediakan uang tunai di dompet dengan jumlah yang pas. Dengan menyediakan uang tunai ini kamu akan bisa menghindari keinginan untuk belanja hal yang tidak penting.

Jadi, pada dasarnya mengatur keuangan anak kos cukup mudah. Namun prakteknya akan sedikit sukar kamu lakukan. Akan tetapi kamu tetap harus mencobanya supaya keuanganmu bisa lebih terkendali.

Sedia Uang Tunai

Layanan Bank Digital yang Cocok Untuk Kelola Keuangan Anak Kos. 

Meskipun anak kos, kamu harus bisa mengelola keuangan bulananmu. Ini supaya kamu tak kekurangan uang serta meminjam kepada orang lain. Satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan tersebut adalah dengan memanfaatkan bank digital dari Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi digibank by DBS menyediakan layanan bank digital yang keamanannya telah  terjamin. Jadi kamu tak perlu ragu saat menggunakan aplikasi tersebut. Bukan hanya keamanan saja, digibank by DBS bahkan merupakan aplikasi yang menawarkan tiga keunggulan utama, yakni:

  • Transaksi yang prosesnya sangat mudah, lengkap dan aman
  • Kemudahan berinvestasi dan asuransi
  • Adanya pinjaman dan kartu kredit.

Sebagai anak kost, kamu pastinya ingin menikmati semua keunggulan dari aplikasi tersebut bukan? Nah, agar bisa segera merasakan keunggulan tersebut, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan Aplikasi digibank by DBS. 

Dengan Aplikasi digibank by DBS pengelolaan keuangan bulananmu akan menjadi lebih terkendali dan terarah. Sehingga kamu tak akan mengalami tekor atau boncos. Jadi, apalagi yang harus kamu pikirkan, segera gunakan bank digital dari Aplikasi digibank by DBS sekarang juga. Informasi lebih lengkap bisa kamu cek di sini.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar