header fadmalalala

Hobi Nyanyi? Yuk Bangun Studio Rekaman Sendiri di Rumah

Konten [Tampil]
Cara Bangun Studio Impian

Memiliki bakat bernyanyi tentu perlu dilatih agar bisa terus berkembang. Jika terus dilatih tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi seorang penyanyi besar. Kamu bisa memulainya dengan membuat studio rekaman sendiri di rumah menggunakan pinjaman KTA

Saat ini, menjamah studio rekaman sudah bukan lagi suatu hal yang sulit. Berkat kemajuan teknologi siapa saja bisa membuat studio rekamannya sendiri di rumah. Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh para musisi-musisi bedroom pop yang muncul ke industri musik melalui rekaman bernyanyi di studio pribadinya. 

Tips dan Langkah Mudah Membangun Studio Rekaman di Rumah

Seperti yang kita ketahui, kini musisi cover yang membawakan kembali lagu-lagu yang tengah trend sedang marak di YouTube. Kamu bisa menjadi salah satunya setelah memiliki studio rekaman pribadi di rumah. Untuk memulainya, kamu bisa mengikuti beberapa tips dan langkah di bawah ini.

1. Siapkan Ruangan Khusus

Ketika kamu berniat membuat sebuah studio rekaman, hal pertama yang perlu dipersiapkan tentunya adalah sebuah ruangan khusus yang akan dijadikan studio. Jika tidak memiliki ruang yang kosong, kamu bisa menjadikan kamarmu sebagai tempat untuk merekam lagu.

Untuk meredam suara dari dalam ruangan, kamu bisa memasang peredam suara di dinding kamar atau ruangan yang digunakan. Cara ini juga sangat bermanfaat untuk mengantisipasi suara bocor baik itu dari dalam atau luar ruangan studi.

2. Gunakan Komputer atau Laptop yang Memadai

Setelah ruangan siap, kamu juga membutuhkan laptop atau komputer yang memadai. Pastikan perangkat tersebut memiliki prosesor dan kapasitas memori yang mumpuni. Pasalnya, proses recording cenderung menguras resources pada komputer/laptop. 

Sementara itu, untuk jenis sistem operasinya sendiri kamu bisa menggunakan Windows atau Mac. Keduanya sama-sama dapat diandalkan untuk melakukan rekaman. Pilih saja salah satu yang paling familiar.

Meskipun begitu, untuk rekaman lebih disarankan menggunakan Windows karena lebih mudah dalam melakukan upgrade sound card. Pasalnya, sound card bawaan pabrik biasanya kurang cukup memadai untuk menghasilkan suara rekaman yang berkualitas tinggi. 

3. Pasang Software Recording untuk Rekaman Studio

Komponen lainnya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah studio rekaman adalah aplikasi atau software recording. Aplikasi ini yang akan menyediakan interface untuk mengelola hasil rekaman kamu di komputer. 

Dalam hal ini tersedia software gratis dan berbayar. Biasanya semakin mahal harga software maka akan semakin banyak fitur yang ditawarkan. Kamu bisa memilih software yang paling sesuai dengan anggaran budget yang kamu miliki. 

4. Aplikasi Audio Mixer untuk Recording Studio

Tidak hanya untuk melakukan rekaman, kamu juga membutuhkan software lainnya untuk melakukan mixing audio rekamannya. Disini, kamu bisa menggunakan audio mixer gratis maupun berbayar seperti Audacity, Adobe Audition, Abletion, Live, Reaper, dan Cubase. 

5. Audio Interface

Audio interface, sound card, atau audio mixer merupakan satu set aplikasi yang digunakan untuk merekam lagu cover yang wajib kamu miliki. Pasalnya, masing-masing tools tersebut memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk membantu melancarkan koneksi antara musik dan mikrofon agar bisa direkam melalui laptop ataupun komputer. 

Saking pentingnya alat rekam yang satu ini, kamu tidak dapat menggunakan alternatif lain untuk menggantinya. Namun, kamu tidak perlu cemas akan harganya. Berkat adanya trend bedroom musician dan bedroom recording, kini banyak produsen audio interface yang meluncurkan desain dan rancangan minimalis dengan harga yang cukup terjangkau. 

Versi minimalis ini tentu memiliki kekurangan tersendiri dibanding dengan audio interface profesional. Namun, jika ingin menggunakan audio interface professional kamu bisa mengandalkan pinjaman bunga rendah untuk membelinya. 

6. Mic Condenser

Microphone Dynamic

Untuk membuat rekaman vokal sendiri demi kebutuhan cover lagu, kamu bisa menggunakan microphone dynamic. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan mic condenser. Jeni mic ini merupakan khusus untuk melakukan rekaman audio sehingga memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi,

Dengan begitu, mic ini bisa membantu untuk menangkap frekuensi, artikulasi, dan intonasi vokal dengan lebih baik. Pastikan kamu menggunakan alat rekaman dari brand ternama agar bisa mendapatkan kualitas terbaik. Jangan sampai tergiur dengan harga murah yang belum tentu kualitasnya. 

7. Studio Headphones

Untuk melengkapi semua alat-alat di atas, kamu membutuhkan speaker monitor. Namun, bagi pemula kehadiran speaker monitor biasanya tidak terlalu dibutuhkan. Belum lagi alat ini membutuhkan ruangan yang cukup besar. Karena itu, kamu bisa menggantinya dengan studio headphones.

Perlu kamu ketahui, alat ini bukan hanya sekadar untuk mengurangi rekaman yang bocor atau guide saat melakukan rekaman. Studio headphones ini memiliki karakteristik tuning yang flat. Karena itu, alat ini bisa membantumu saat proses editing lagu, seperti mixing dan mastering agar bisa mendapatkan frekuensi yang lebih sesuai. 

Jadi Musisi Cover bersama digibank KTA

Tertarik menjadi musisi cover? Yuk, bangun studio rekamanmu bersama digibank KTA. Proses pengajuannya sangat mudah, lho! Kamu bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui go.dbs.com/kta.

Proses pengajuannya pun berlangsung kilat, hanya butuh waktu sekitar 60 detik saja. jika sudah disetujui, kamu bisa mencairkan pinjaman hingga Rp80 juta untuk membangun studio rekaman. Kamu juga bisa mengatur jumlah pinjaman dengan mudah dengan pilihan tenor hingga 36 bulan.

Tidak perlu menggunakan dokumen fisik! Kamu hanya perlu memiliki e-KTP, NPWP, berpenghasilan minimal Rp5 juta, serta berdomisili di Bandung, Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang. 

Bukan hanya itu, DBS Indonesia terus berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik.  Jika kamu ingin mengetahui cara-cara pengajuan pinjaman, bisa cek langkahnya disini:

https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/pinjaman-digibank-kta

Sudah siap menjadi musisi cover lagu bersama digibank KTA? Yuk, ajukan pinjaman KTA sekarang dan buat studio rekaman impianmu.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar