header fadmalalala

Cara Membuat Blog Yang Menarik Dengan Mudah

Konten [Tampil]
Cara Membuat Blog Yang Menarik

Blog merupakan platform yang masih populer hingga saat ini. Banyak sekali peminat blog yang bertambah dengan berbagai macam latar belakangnya masing-masing. Bahkan sekarang banyak pula muncul juara-juara baru di lomba blog. Lalu bagaimana sih cara membuat blog yang menarik?

Karena blog yang menarik pasti membuat pembaca lebih nyaman untuk membaca tulisan kita. Tidak mau bukan saat pembaca membuka blog ternyata tidak user friendly? Atau blog kita lemot nih. Wah, bisa jadi pembaca kabur sebelum membaca tulisan kita.

Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman sedikit tentang cara membuat blog yang menarik. Tentu saja pembuatan blog menggunakan platform blogspot ya sebagai dasarnya. Karena saya sendiri pengguna blogspot, jadi saya akan membagikan sesuai dengan ilmu yang pernah saya pelajari.

Mengenal Blog

Blog (dari kata web log) merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat pada sebuah halaman web. Tulisan ini biasanya dimuat dalam urutan terbaru dahulu lalu diikuti tulisan lama. Walaupun tidak selalu demikian. [Source: Wikipedia]

Ada berbagai jenis platform layanan penerbitan yang bisa digunakan untuk membuat blog. Seperti Blogspot, Wordpress, Kompasiana, Detik, dan lain sebagainya. Berbagai macam platform bisa kita pilih sesuai kenyamanan dan yang kita kuasai. Sebaiknya hindari untuk ikut-ikutan teman dengan mencoba berbagai macam platform hanya untuk coba-coba. Apalagi jika blog yang sudah dibuat akhirnya hanya ditinggalkan saja.

Untuk itulah sampai saat ini saya masih setia dengan satu platform saja. Yah, walaupun sudah belajar berkali-kali, tapi mungkin belum bisa fokus untuk mengelola banyak blog. Dan kali ini saya akan membahas tentang platform yang sudah saya kenal saja ya, yaitu blogspot.

Membuat Blog Dengan Blogspot

Blogspot adalah salah satu platform blog yang populer di masyarakat. Selain gratis, penggunaan blogspot juga cukup mudah untuk digunakan. Blogspot sendiri merupakan salah satu tempat banyak orang di seluruh dunia untuk berbagi informasi melalui tulisannya.

Blogspot sendiri merupakan layanan gratis dengan subdomain blogspot.com. Saat ini blogspot merupakan layanan platform yang dikelola oleh Google. Saat membuat blog menggunakan blogspot, secara otomatis kita memiliki subdomain blogspot.com. Jika ingin berganti langsung menjadi (.com), maka kita perlu membuat dan membeli TLD (Top Level Domain).

Bagaimana caranya? Nanti yah, kita bahas setelahnya. Sekarang kita kembali balik lagi untuk membuat akun blogspot. Agar kita bisa mempunyai platform untuk membuat blog. Bagaimana caranya? 

1. Mempunyai Akun Google

Sebelum mendaftar di blogspot, pastikan kita mempunyai akun Google dulu ya. Karena blogspot sendiri masih dikelola oleh Google. Jadi sebaiknya kita membuat email Google untuk mendaftarkannya. Agar langkah selanjutnya bisa lebih mudah untuk diikuti.

2. Membuat Akun Blogger

Saat pertama kali membuat blog, blogspot merupakan pilihan platform yang tepat. Karena pembuatannya cukup mudah dan praktis. Membuat blogspot bisa dilakukan di PC ataupun di laptop. Bahkan, ada juga teman yang membuat blog menggunakan HP.

Kenapa tidak? HP saat ini pun sudah cukup mumpuni kalau hanya sekedar membuat blog dan memposting artikel saja. Kecuali untuk otak-arik template, pasti membutuhkan fokus yang tinggi. Jadi tidak akan salah saat mengubah codingan template nantinya.

Lalu, bagaimana cara membuat blog di blogspot? Inilah tahapannya:

  • Buka Link Blogger

Untuk mendaftar akun blogger, langkah pertama adalah dengan membuka link blogger.com pada kolom alamat website.

  • Klik Tombol Create

Untuk membuat blog baru, maka kita pilih tombol create.

  • Masukkan Email

Masukkan Gmail yang kita miliki agar terhubung dengan blog yang didaftarkan. Kita cukup isi alamat email yang kita miliki, maka blogspot akan menghubungkan langsung dengan akun Gmail kita.

  • Isi Profil Blog

Profil blog akan muncul untuk data diri kita di blogger. Sehingga orang lain yang ingin mengetahui tentang kita, bisa melihat di profil blog. Kita bisa mengisinya kapanpun saat waktu luang. Jadi, bisa kita skip dahulu step ini kalau belum ingin mengisinya.

  • Masuk Halaman Dashboard

Di halaman awal dashboard kita menuliskan nama blog dan judul blog yang kita inginkan. Juga tema atau tampilan blog dasar seperti apa yang kita inginkan. Di halaman ini kita hanya bisa memilih pilihan biasa saja.

Kalau ingin tampilan lebih bagus lagi, kita bisa menggunakan template lain. Ini nanti akan saya jelaskan di bagian template ya :D.

  • Isi Alamat Blog

Langkah selanjutnya kita isi alamat blog yang diinginkan. Alamat blog ini sebaiknya jangan terlalu panjang ya. Kita juga bisa menggunakan tips memilih nama domain untuk blog.

  • Mulai Menulis

Setelah selesai semuanya, kita masuk ke dashboard utama blogger. Pada dashboard, kita bisa mulai mengelola blog dan mulai menulis. Tulis apapun sesuai passion kita. Sebaiknya kita bisa rutin menulis dan mempunyai target sendiri selama sebulan. Temukan personal branding mu, ingin menjadi blogger seperti apa agar dikenal masyarakat.

Platform Blog

Selain langkah diatas, untuk membuat blog semakin menarik adalah dengan mengganti template. Template seperti apa yang bagus untuk digunakan?

Mengubah Template Blog

Salah satu hal yang membuat pembaca betah berlama-lama di blog kita karena template. Tidak semua theme atau template blog bagus bisa digunakan. Kita harus memilih template yang cocok digunakan untuk tulisan kita, dan ramah pembaca. Atau bisa kita kenal dengan user friendly.

Lalu, theme atau template blog bagaimana yang harus kita pilih?

1. Mobile Friendly atau Responsif

Pengunjung blog tidak hanya dari pemakai laptop atau komputer saja. Tapi banyak juga pembaca yang menggunakan HP untuk membaca artikelnya. Untuk itulah kita harus bisa memilih template yang responsif dan mobile friendly.

Sehingga, semua pembaca menggunakan device apapun nyaman membaca artikel kita. Dan tidak perlu khawatir kebingungan, karena sudah banyak sekali template free yang bisa kita gunakan sudah mobile friendly. Tapi, tetap kita lihat dahulu seperti apa hasil template yang akan kita gunakan nantinya.

2. Pilih Template Simple dan Loading Cepat

Sering sekali menemukan blog dengan loading lambat. Entah karena templatenya, banyak widget nya, ataupun karena iklannya. Tapi yang jelas, blog dengan loading lama pasti tidak mengenakkan. Bisa juga pembaca malas untuk membaca artikelnya karena terlalu lama loadingnya.

Untuk itulah sebaiknya kita mencari template yang simple, tidak banyak widget yang digunakan, maupun animasi-animasi yang biasanya membuat loading blog berat. Yah, mungkin sebagian orang menganggap itu lucu. Saya juga sebelumnya menganggap lucu sih. Hihii.

3. Jangan Terlalu Lebar

Pemilihan template yang baik dan benar sebaiknya memperhatikan kenyamanan pembacanya. Sebaiknya gunakan template yang tidak terlalu lebar. Karena saat tulisan artikel melebar sampai ke sisi-sisi laptop, mata pembaca akan cepat menjadi lelah.

Template yang biasa digunakan adalah menggunakan dua kolom. Satu untuk postingan, dan satu lagi untuk sidebar widget di salah satu sisinya. Bisa juga kita tambahkan kolom satu lagi di bagian bawah untuk footer.

4. Hindari Banyak Warna

Template dengan dominan banyak warna, akan membuat pembaca sakit mata. Sebaiknya cari template dengan dominan 2 warna saja. Saya sendiri menggunakan template dengan background putih dan dominan warna pink. Untuk warna biru sebagai warna untuk mempercantiknya. Hihii.

Ternyata untuk memilih template pun butuh ketelitian yang lebih banyak ya. Tentu saja dong, karena kenyamanan pembaca adalah yang utama. Oya, setelah mengetahui template yang seperti apa, baru deh kita bisa mengubah template blog di blogger.

Membeli Domain Blog

Saat kita menggunakan blogger untuk membuat blog, secara otomatis alamat blog kita menggunakan sub domain blogspot.com. Jika kita ingin terlihat lebih profesional, kita bisa membeli alamat domain menggunakan jasa penyedia domain.

Banyak sekali penyedia domain yang memberikan harga yang tidak terlalu mahal untuk domain dot(.)com. Kita bisa memilih dan membeli sesuai dengan budget kita. Harga domain juga bermacam-macam. Bahkan domain dot(.)my.id pun hanya 10 ribuan saja.

Apakah perlu kita membeli domain blog? Inilah beberapa alasan untuk kita mengganti domain blog.

1. Brand

Saat membuat blog, yakinkan dulu pada diri kita sendiri. Apa alasan kita untuk membuat blog. The big Why Ngeblog? Apakah untuk gaya-gayaan saja? Atau hanya sekedar ikut-ikutan? Atau ingin menambah penghasilan? Atau ada alasan lainnya? Ingin sharing misalnya.

Inilah yang memudahkan kita untuk mengenalkan blog pada semua orang. Ingin dikenal seperti apa blog kita? Apakah blog parenting? Kuliner atau Travelling? Menggunakan nama domain tersebut bisa mengenalkan kita pada pembaca. 

2. Pengajuan Adsense

Menggunakan TLD (Top Level Domain) bisa membuat blog kita lebih cepat diterima oleh Google Adsense. Yah, walaupun saya sendiri belum mencobanya sih. Tapi dengan menggunakan TLD sendiri Google merasa bahwa blog kita merupakan blog yang terpercaya. Tidak ada salahnya untuk dicoba juga bukan?

3. Mudah Diingat & Dipercaya

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya, blog dengan domain berbayar pasti lebih dapat dipercaya tidak hanya untuk Google melainkan untuk pembaca juga. Karena isi artikel yang diberikan pasti lebih serius karena blog selalu dikelola. Selain itu, blog TLD juga lebih mudah diingat oleh pembaca. Karena tidak terlalu panjang dan pengunjung juga bisa kembali ke blog kita lagi.

Nah, bagaimana cara membuat blog dengan mudah ini? Menggunakan blogspot sebagai platform untuk membuat blog dengan mudah menurutku merupakan langkah yang tepat. Kalau ingin mengubah template, kalian bisa mencari cara mengubah template blogspot dengan mudah.

Semoga artikel ini membantu, terima kasih sudah berkunjung. Kalau ada yang ingin ditanyakan bisa tulis di kolom komentar ya :D.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

1 komentar

  1. Aku setuju sih kalau mau bikin blog hindari tren ikut-ikutan, karena kalau Ikut2an lama kelamaan bakal mati sendiri. Sayang blognya, udah di usahakan berdiri eh malah ga diurus.. Sama nie pecinta Blogspot haha, aku pun getoo gratis hosting..

    BalasHapus

Posting Komentar