header fadmalalala

Jenis Produk Reksadana Pasar Uang yang Bisa Investor Pilih

Konten [Tampil]
Reksadana Yang Bisa Dipilih

Dari banyaknya pilihan jenis Reksadana, banyak orang memilih Reksadana Pasar Uang karena memberikan banyak kelebihan. Reksadana jenis ini merupakan produk Reksadana, di mana dana Anda akan dialokasikan 100% ke produk pasar uang. Untuk produk pasar uang sendiri terdiri dari deposito perbankan dan surat berharga, yang minimal jatuh temponya sendiri kurang dari 1 tahun. 

Reksadana Pasar Uang adalah yang paling tepat, jika Anda ingin menghindari risiko tinggi saat investasi. Sementara itu meski resikonya terbilang cukup rendah tetapi Anda masih bisa tetap mendapatkan potensi imbal hasil atau return dengan jumlah yang besar. 

Jenis atau Produk Reksadana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang cukup populer di masyarakat. Namun banyak pula yang masih bingung untuk memilih produk Reksadana Pasar Uang apa yang tepat dipilih. Ada beberapa rekomendasi produk Reksadana Pasar Uang dengan dana kelolaan tertinggi yang bisa Anda coba.

  • Batavia Dana Kas Maxima, memiliki dana kelolaan pada bulan Maret 2022 sebesar 42,95 triliun yang terdiri dari dana-dana individu dan institusi, dana pensiun, hingga yayasan dan korporasi. 
  • Batavia Dana Likuid, memiliki dana kelolaan terhitung Maret 2022 sebanyak 42,95 triliun.
  • Bahana Likuid USD, dengan total nilai aktiva bersih sebanyak 52,78 USD.
  • BNP Paribas Rupiah Plus, dengan dana kelolaan sebesar 33,81 triliun per Februari 2022. 
  • Danareksa Seruni Pasar Uang II, merupakan Reksadana dengan tujuan investasi memperoleh tingkat pendapatan bersaing dan tetap mempertahankan nilai modal investasi dan menjaga kestabilan likuiditas. Untuk dana kelolaannya 3824, 45 miliar.
  • Manulife Dana Kas II, dengan dana kelolaan per akhir Desember 2021 sebesar 113,4 triliun.
  • Schroder Dana Likuid, per Maret 2022 memiliki dana kelolaan sebesar US 990.88 miliar.

Keunggulan Reksadana Pasar Uang

Sebelumnya dikatakan di atas bahwa Reksadana Pasar Uang adalah jenis Reksadana yang memberikan banyak keuntungan. Berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap apa saja keunggulan dari Reksadana jenis ini. 

1. Waktu Pencairan Fleksibel

Reksadana Pasar Uang adalah jenis Reksadana yang sangat fleksibel karena bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan. Anda juga tidak akan dikenakan biaya administrasi seperti biaya transfer dana ketika akan melakukan pencairan.

Jadi dana yang ingin diambil bisa 100% langsung Anda miliki sepenuhnya. Selain itu, tentu saja Reksadana bukan termasuk objek pajak. Sehingga otomatis Reksadana Pasar Uang ketika dicairkan juga tidak akan membebani Anda dengan potongan pajak.

2. Imbal Hasil Relatif Stabil

Berbicara soal imbal hasil atau return dari Reksadana Pasar Uang terbilang relatif stabil. Alasannya tentu saja karena pergerakan nilai instrumen pasar uang yang cenderung tidak fluktuatif. Jadi tidak heran mengapa tingkat risikonya juga sangat rendah. 

Cocok sekali bagi Anda yang belum terlalu paham bagaimana cara berinvestasi yang tepat. Apalagi dana akan dilakukan pengelolaan oleh Manajer Investasi.

Reksadana Pasar Uang keuntungannya juga tidak tergantung pada besar dana yang dialokasikan. Ini karena setiap dana yang dialokasikan untuk investasi, akan mendapatkan nilai suku bunga yang sama. 

3. Likuiditas Tinggi

Reksadana jenis ini juga sangat unggul karena tingkat likuiditasnya tinggi, artinya dana Anda bisa dicairkan hanya dalam hitungan hari. Hal ini tentu sangat masuk akal karena jangka waktu investasi juga sangat pendek bisa kurang dari 1 tahun. Cocok juga bagi Anda yang ingin memilih melakukan investasi untuk jangka pendek (kurang dari satu tahun)  maupun jangka panjang (lima tahun). 

Selain itu, kapanpun Anda membutuhkan pencairan dana tidak akan dikenakan penalti atau denda. Meski pencairan dilakukan sebelum jatuh tempo instrumen pasar uang di dalamnya. 

4. Pilihan Investasi Yang Aman

Seluruh produk Reksadana juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Jadi bisa dipastikan aman, karena pengelolaannya diawasi oleh pemerintah langsung.

Semua laporan Reksadana akan dilaporkan langsung ke Anda sebagai investor. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk melakukan perbandingan antara satu dengan lainnya, jadi keuntungan bisa didapatkan lebih maksimal. 

Anda tidak perlu lagi berpikir apakah  investasi yang dipilih merupakan investasi bodong atau tidak. Karena Reksadana ini terjamin resmi. 

Investasi Reksadana Pasar Uang dengan DBS Treasures

Pilihan Investasi Reksadana

Melakukan investasi sangat tepat apalagi untuk jenis investasi Reksadana Pasar Uang. Anda bisa bergabung dengan perbankan prioritas DBS Treasures untuk investasi Reksadana Pasar Uang Anda. Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari dana yang dialokasikan, tapi juga akan mendapatkan kemudahan sebagai berikut.

Dikelola Profesional

DBS Treasures merupakan priority banking yang sangat tepat jika Anda pilih untuk mengalokasikan dana pada investasi Reksadana Pasar Uang. DBS Treasures juga bermitra dengan yang namanya Manajer Investasi terkemuka yang siap mengelola dana Anda. Manajer Investasi membantu untuk mengoptimalkan produk Reksadana yang dipilih agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Mendapatkan Wawasan Investasi

Tidak perlu ragu memilih DBS Treasures sebagai mitra untuk berinvestasi. Anda bisa sekalian mendapatkan wawasan berinvestasi langsung dari tim ahli finansial DBS Treasures. Para ahli di sini akan membantu untuk menyampaikan analisa pasar paling update dan juga terkini yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan minat Anda. 

Meminimalisir Risiko dengan Diversifikasi

DBS Treasures adalah mitra investasi yang tepat karena bisa mengurangi risiko dengan diversifikasi. Dana Anda akan disebar ke berbagai jenis aset investasi. Dengan hal ini maka risiko investasi yang tinggi bisa sangat diminimalisir. 

Jadi kini tentu Anda sudah tahu ada banyak jenis  produk Reksadana Pasar Uang. Dari beberapa pilihan produk Reksadana tersebut, Anda tentu harus  pilih produk terbaik. Sementara untuk mengalokasikan dana yang tepat dengan yakin, hanya pilih DBS Treasures sebagai priority banking.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

Posting Komentar