header fadmalalala

Teras Merapi Jogja : Wisata Alam Ramah Anak

Konten [Tampil]
Wisata Alam Ramah Anak Jogja

Teras Merapi Jogja merupakan salah satu wisata alam yang perlu dikunjungi. Selain tempatnya nyaman, pemandangannya pun tak kalah hebatnya. Bagaimana tidak? Dengan suguhan alam dan panorama yang membuat kita betah disana.

Walaupun wisata alam, tapi tempat ini juga ramah anak. Sepertiku yang selalu mencari wisata dengan keamanan dan kenyamanan sehingga anak bisa betah disana. Tempat ini cocok untukku dan keluargaku untuk menghabiskan waktu kumpul bersama.

Sebelum kita bahas tentang fasilitasnya, kita cerita sedikit yuk tentang Merapi dan sekitarnya :D. 

Antara Teras dan Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang berada di tengah pulau jawa dan merupakan salah satu gunung teraktif di Indonesia. Gunung ini juga memiliki potensi kebencanaan tinggi karena menurut catatan modern mengalami erupsi setiap 2-5 tahun sekali. [Source: Wikipedia]

Lereng gunung Merapi juga padat pemukiman hingga ketinggian 1700 m atau sekitar 4 km dari puncak gunung. Sehingga saat ada peringatan erupsi, warga diungsikan ke tempat yang lebih aman. Kadang masih ingat saat terjadi erupsi Merapi dan abu vulkanik sampai ke rumah hingga menutupi pandangan jalan.

Mungkin banyak sekali kenangan sedih saat terjadi erupsi dan letusan dari gunung Merapi. Seperti yang terjadi letusan gunung Semeru belum lama ini. Banyak sekali korban dan sampai sekarang masih membutuhkan bantuan. Bahkan sampai saat inipun ayahku, saudaraku, hingga teman"ku masih banyak yang menjadi relawan disana.

Karena Indonesia selain negara kepulauan, tapi negara ini juga banyak gunung berapi yang aktif. Jadi harus selalu waspada setiap saatnya. Tapi, selain dengan cerita haru tersebut, banyak juga cerita dan sisi lainnya.

Setelah meletusnya gunung Merapi terakhir lalu, sekitar gunung Merapi tertutup debu putih hingga kita tidak bisa membedakan jalan. Tapi setelah berlalunya letusan itu, wajah gunung Merapi menjadi subur, tumbuhan hijau tumbuh subur dan lebat di sana. Hutan-hutan pun sangat lebat hingga peninggalan batu sebesar rumah yang terbang dari letusan gunung Merapi sekarang menjadi kenangan di tengah jalan.

Puncak bukit pun juga digunakan untuk berbagai tempat wisata, salah satunya adalah Teras Merapi. Perjalan menuju Teras Merapi dari rumahku yaitu kota Jogja, membuka kembali kenangan saat terakhir kali kesana. Bercerita bersama keluarga dan mengingat-ingat kembali lokasi sebelum letusan Merapi. Hingga mengingat juga dimana dahulu rumah mbah Maridjan yang dikenal sebagai guru kunci gunung Merapi yang meninggal saat terjadi letusan Merapi tahun 2010.

Yah, begitulah serunya kalau berwisata bersama keluarga besar. Saat perjalanan pun juga menikmati dan bercerita banyak hal. Eeittss,, daripada kita bercerita yang lain langsung saja aku kasih info dari wisata Teras Merapi yukk..

Teras Merapi merupakan destinasi wisata di kota Jogja. Tempat wisata ini berada tepat di kaki gunung Merapi, yaitu Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Sebagai tempat destinasi baru, sebenarnya aku cukup telat main kesini. Yah, tak ada salahnya kan mau main kapan. Hehee,, 

Apa aja sih yang ada di tempat wisata Teras Merapi Jogja ini? 

Informasi dan Fasilitas Wisata Teras Merapi Jogja

Seperti namanya yaitu Teras Merapi, tempat ini seperti teras. Seperti halaman dari puncak Gunung Merapi. Ibarat Merapi itu adalah rumah, tempat ini sebagai terasnya. Karena tempat wisata ini tidak jauh dari Gunung Merapi.

Sebagai sebuah Teras Merapi, tempat ini asik banget. Tempatnya luas sehingga bebas melepaskan anak berlari-larian kesana-kemari. Disini juga menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas seru yang bisa dicoba.

1. Tiket Masuk

Harga tiket masuk di Teras Merapi cukup murah. Hanya 10 ribu saja untuk orang dewasa, sedangkan anak hanya 5 ribu saja. Hem, murah sekali bukan? Dengan harga segitu kita bisa sekedar bersantai dan menikmati suasana di Teras Merapi.

Jam Operasional di Teras Merapi saat weekday dari pukul 08.00 sampai 18.00. Sedangkan saat weekend buka jam 07.30 hingga 18.00. Oiya, bisa juga kok kalau kita mau datang dari subuh untuk melihat matahari terbit. Atau hanya sekedar ingin mencari udara segar. Jangan lupa bawa jaket ya, karena udaranya dingin banget. 

2. Spot Foto

Spot Foto Keren

Siapa sih yang suka travelling tapi nggak mau ketinggalan buat upload foto? Nah, ditempat ini spot foto yang bisa kita dapatkan adalah foto alam. Foto dengan latar belakang gunung Merapi masih menjadi spot favorit. Tentu saja, kita bisa dapat foto ini kalau gunung tidak ditutupi kabut ya.

Jadi sebelum datang kesini sebaiknya kita lihat dulu perkiraan cuaca di lokasi wisata ini. Sebenarnya walau ditutupi kabut tapi gunung Merapi masih sedikit kelihatan kok. Dan jika beruntung kita bisa dapetin hasil foto yang keren banget.

Selain spot foto latar belakang gunung, masih ada spot-spot yang nggak kalah menariknya. Tinggal kita cari saja sudut estetik yang ada di tempat ini. Untuk kalian yang jago nyari spot foto bakal dapetin spot yang kece banget deh. Hehee,, 

3. Sewa ATV, Tenda hingga Campervan

Teras Merapi menyediakan persewaan dari ATV, Tenda untuk camping, hingga mobil campervan. Wah, keren banget bukan? Sayangnya aku belum pernah coba camping disini. Mungkin lain kali bisa deh bareng keluarga camping rame-rame disini.

Jika kita ingin menginap atau camping disini, jangan lupa untuk membayar harga tiket masuk yang berbeda ya. Tidak mahal kok, cuma 15 ribu aja perorangnya. Kita bisa menikmati pengalaman malam dengan menginap di kaki gunung Merapi.

4. Mini Labirin

Pernah coba masuk labirin? Kalau belum, disini kita bisa mencoba pengalaman memasuki mini labirin. Eits, jangan membayangkan labirin seperti di film-film itu ya. Labirin disini ukurannya cuma mini kok. Dibuat hanya sekedar seru-seruan aja, apalagi untuk anak bisa main petak umpet disini. Hihii,, 

Mini labirin disini terbuat dari batu yang kokoh. Batu ini bisa kita naiki, dan bisa juga sebagai spot foto di dalam labirin. Tinggi labirin hanya setinggi orang dewasa saja dan aman untuk bermain.

Tapi hati-hati ya, kalau saat musim hujan seperti saat ini, kemungkinan besar batu berlumut dan menjadi licin. Tetap harus hati-hati dan selalu kita awasi anak saat bermain.

5. Kolam Renang

Anak bunda suka berenang? Nah, di Teras Merapi menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak. Sebenarnya orang dewasa juga boleh kok berenang, tapi kolam disini sangat terbuka sekali. Jadi kalau mau berenang rasanya kurang nyaman. Hehee,, 

Kalau mau mengawasi anak berenang juga bisa kok, karena di sekitar kolam juga ada beberapa tempat duduk. Kolam renang disini tidak terlalu luas, tapi bisa untuk menghibur anak kalau ingin bermain air. Kolamnya juga tidak terlalu dalam, jadi anak aman bermain sepuasnya.

6. Warung dan Cafe Mini

Tidak jauh dari lokasi kolam renang, terdapat beberapa warung makan. Berbagai macam menu disediakan di warung-warung Teras Merapi. Mulai dari aneka macam mie, lele, sayuran, dan sebagainya.

Selain warung ada juga cafe mini model standing table. Hanya terdapat beberapa kursi saja dan meja kasir untuk memesan menunya. Untuk pecinta kopi, bisa deh nyobain kopi di cafe tersebut. Kalau datang sore atau saat cuaca mendung, cocok banget deh menikmati pemandangan alam dengan secangkir kopinya.


Tips Berwisata di Teras Merapi

Selain informasi dan banyaknya aktivitas bermain, disini akan aku kasih sedikit tips saat berwisata di Teras Merapi. Apa saja itu? 

1. Cek Informasi Cuaca

Karena di daerah gunung merapi sering sekali hujan turun, lebih baik jika kita cek informasi cuaca dahulu. Agar kita bisa menyiapkan perlengkapan disaat hujan tiba-tiba turun. 

2. Cek Rute Jalan Terbaik

Sebenarnya banyak jalan yang mengarah ke Teras Merapi, tetapi ada jalan yang sering dilewati oleh truk sehingga kondisi jalan mulai rusak. Rute perjalanan ke sana juga menanjak, jadi pastikan memilih rute jalan yang terbaik. Dan pastikan kendaraan dalam kondisi sehat.

3. Bawa Jaket

Untuk menghindari dinginnya cuaca gunung yang bisa tiba-tiba berubah. Dan menghindari teriknya cuaca panas saat siang hari.

Saat bermain ke Teras Merapi pertama kali, aku tidak tahu tentang daerah lereng merapi. Sehingga sedikit menyesal karena terjebak hujan dan tidak bisa bermain dengan maksimal. Oleh karena itu aku memberikan tips tersebut agar bunda bisa lebih siap saat kesana. Hehee,, 

Walaupun kurang maksimal saat bermain, tapi kami puas menghabiskan waktu weekend di Teras Merapi. Bisa foto dengan alam itu menakjubkan sekali menurutku. Apalagi saat keluar dari pintu keluar Teras Merapi, kami melihat penduduk sedang menyetorkan susu sapi murni.

Susu Murni Khas Jogja

Kami pun berhenti untuk membeli sekitar 2,5 liter susu sapi murni langsung dari peternaknya. Wahh,, susu sapi murni tanpa campuran apapun itu sangat nikmat sekali lho. Eitss, tapi jangan lupa dimasak dulu ya saat sampai di rumah. Hihii,, 

Bagaimana nih cerita dari Teras Merapi Jogja : Wisata Alam Ramah Anak sekali bukan? Kalau ke Jogja, jangan lupa mampir di Teras Merapi juga yaaa^^.

Salam Wisata dari kota tercinta Jogja 💕.

Fadmala A
A happy full mom yang menyibukkan diri dengan blog pribadi berisi tentang dunia anak, parenting, wisata, kuliner dan berbagai macam tips dan kisah inspirasi dengan tujuan untuk sekedar sharing bersama.

Related Posts

3 komentar

  1. Sebagai warga Jogja aku baru tau ada wisata ini, mbak. Wah recommended buat didatangi nih, soalnya wisata alam kan seru banget! 😍

    Terima kasih informasinya ya, mbak Fadma. Salam kenal dari #1minggu1cerita 😁

    BalasHapus
  2. Sebagai warga Jogja aku baru tau ada wisata ini, mbak. Wah recommended buat didatangi nih, soalnya wisata alam kan seru banget! 😍

    Terima kasih informasinya ya, mbak Fadma. Salam kenal dari #1minggu1cerita 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" ada di Jogja juga ya mba? Wahh,, salam kenal juga^^

      Hapus

Posting Komentar