header fadmalalala

Objek Wisata Anak Instagramable Bhumi Merapi Jogja

Konten [Tampil]

wisata bhumi merapiSudah dua tahun merasakan pandemi siapa sih yang enggak kangen berwisata dan traveling? Kalau kamu ngerasain kangen traveling, berarti kita sama :D.

Kali ini aku akan mengajak kalian untuk bernostalgia. Sedikit mengobati rasa kangen berwisata. Khususnya wisata dengan lokasi yang cocok banget untuk anak dan instagramable. Siapa sih yang nggak mau foto dan mengabadikan moment wisata bersama keluarga. Tentunya semua ingin merasakannya bukan?

Lokasi kali ini masih di sekitar Jogja, objek wisata dengan suasana sejuk dan nyaman sekali untuk dikunjungi. Bhumi Merapi inilah nama tempat wisatanya. Seperti namanya, lokasi ini berada di sekitar lereng gunung Merapi. Jadi, tak heran jika kita melihat gunung merapi di sepanjang jalan menuju lokasi ini ya.

Ada apa saja sih di objek wisata Bhumi Merapi? Yuk, kita mengenal semua fasilitas dari objek wisata ramah anak dan juga instagramable ini!

Mengenal Bhumi Merapi

Bhumi Merapi merupakan salah satu tempat wisata yang ngetrend dikunjungi wisatawan untuk sekedar berfoto, bermain bersama hewan, hingga menjadi spot preweeding. Objek wisata ini mulai dibuka dari tahun 2015 dengan menyediakan wahana edukasi bagi anak dan orang dewasa.

Bhumi Merapi beralamat di Jalan Kaliurang KM 20, tepatnya berada di dekat Balai Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau bingung, bisa search google maps dan cari wisata Bhumi Merapi pasti langsung dapat kok. Jadi tak perlu khawatir tersesat dan tak tahu jalannya yah :D.

Wisata Bhumi Merapi ini mempunyai banyak fasilitas menarik yang bisa dijelajahi. Menurutku, objek wisata ini juga nyaman dikunjungi untuk anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Karena saat aku datang kesana bersama bapak ibu mertua, mereka juga menikmati tempat wisata ini. Masih penasaran terdapat fasilitas apa saja di objek wisata ini?

Fasilitas Unggulan Bhumi Merapi

Inilah beberapa fasilitas unggulan yang ada di objek wisata Bhumi Merapi. Sebenarnya ada beberapa lokasi yang belum aku tau, karena tempatnya memang luas, tapi secara garis besar semua yang ada disini wajb untuk dikunjungi. Agar tidak menyesal nantinya saat sudah berkunjung kesana.

1. Langlang Buana

lalang buana

Salah satu spot ini jangan sampai tertinggal untuk dikunjungi. Disini kita bisa berfoto-foto dengan latar seperti di negara lain. Seperti namanya, Langlang buana merupakan kependekan dari kata melanglang buana atau bisa diartikan dengan mengelilingi dunia. Dari namanya saja sepertinya sudah seru kan. Tentu saja, aslinya lebih seru lagi lho.

Saat memasuki wahana langlang buana, kita diharuskan melewati lorong atau terowongan berbentuk seperti kastil. Saat masuk, kita melewati jalan seperti di gang-gang pada umumnya. Lalu sampai pada spot pintu-pintu berwarna-warni. Nah, disini kita bisa memilih mau berfoto dimana saja. Karena banyak sekali tempat dan bagus-bagus untuk latar belakang foto tersebut.

Di lokasi ini juga terdapat banyak bendera-bendera dari berbagai negara Eropa. Lokasi disini lebih seperti di negara lain di kota yang sudah berumur. Jadi lebih terlihat vintage dan terasa sejarahnya di kota tersebut. Saat masuk lebih dalam, akan disuguhkan dengan berbagai furniture untuk melengkapi koleksi foto kamu.

spot lalang buana 2

Bangunan yang ada di dalam lokasi ini dibuat khusus seperti ala-ala bangunan Eropa. Seperti Arab style, yang diambil dari perkampungan di daerah Timur Tengah. Lalu terdapat juga bangunan seperti di Swiss yaitu bangunan Alpen. Terdapar juga lukisan mural yang melengkapi tembok-tembok sekitar. Dan yang terakhir adalah adanya lokasi dengan bangunan Santorini Yunani.

Bangunan yang di dominasi warna biru dan pitih ini memperlihatkan kecantikan seperti di Yunani. Tak hanya untuk foto-foto diluar saja, tempat ini juga terdapat lorong dan tangga untuk melihat keindahan sekitar dari atas bangunan. Tapi, hati-hati ya saat menaiki tangganya, karena hanya miniatur jadi bangunannya tidak seperti aslinya. 

2. Wisata Edukasi

Saat sudah punya anak, kalau mau berwisata pertama kali yang harus aku pikirkan itu adalah lokasi tempat wisatanya. Apakah aman untuk anak? Apakah anak akan betah disana? Terdapat fasilitas apa saja disana? Nah, lebih penting lagi jika objek wisata tersebut mempunyai nilai edukasi yang bisa diajarkan kepada anak, walau tidak secara langsung.

Di Agrowisata Bhumi Merapi ini, kita bisa mengajak anak untuk mengenal berbagai macam binatang. Seperti kelinci, kura-kura, ular, musang, rusa, berbagai jenis kambing dan burung. Setiap pos kandang yang ada, sudah ada petugas agar bisa membantu kita untuk berinteraksi dengan hewan tersebut.

Disini, kita juga bisa memberi makan hewan sesuai dengan makanan yang dibutuhkannya. Seperti kambing Etawa menggunakan dot untuk diberikan susu. Sedangkan domba kita bisa memberikan daun kangkung. Jadi, tidak bisa sembarangan memberi makanan agar hewan tetap sehat karena mengkonsumsi makanan dengan benar.

wisata edukasi

Oya, di tempat ini juga terdapat kuda yang bisa dinaiki. Tetapi, karena kuda yang ada tidak terlalu besar, jadi maksimal berat untuk menunggangi kuda hanya 20kg saja. Jadi kemungkinan hanya anak-anak saja yang bisa menunggangi kuda di tempat ini.

3. Tempat Istirahat

Semua tempat wisata pasti memiliki lokasi khusus untuk beristirahat. Di Bhumi Merapi ini, tempat istirahat yang bisa digunakan ada banyak sekali. Di berbagai tempat sudah di sediakan tempat duduk minimal bangku bangku panjang. Selain itu, di tempat ini juga terdapat gubug-gubug yang bisa digunakan untuk istirahat. Gubug ini ada banyak sekali dan nyaman dari sinar matahari maupun hujan.

Jika kita ingin makan dan bersantai, bisa mengunjungi stand makanan. Disana juga terdapat banyak meja dan kursi untuk istirahat dan menyantap hidangan. Jadi tidak perlu khawatir lagi dengan laparnya anak karena keasyikan main dan lupa makan.

Jika ingin sholat, di dalam objek wisata juga terdapat gubug yang dijadikan untuk mushola. Mushola yang ada dilokasi ini ada 2, yaitu ada didalam objek wisata dan di parkiran sebelum masuk objek wisata. Jadi kita bisa memilih mau sholat di mushola yang mana, karena saat kita sudah keluar dari objek wisata dan ingin masuk lagi maka kita harus membayar biaya masuk objek wisatanya lagi.

4. Outbound, Camp Ground, & Field Trip

Untuk Outbound, camp ground, dan field trip ini kita diharuskan untuk reservasi dahulu. Untuk fasilitas ini, aku sendiri belum pernah mencobanya ya. Tapi biasanya untuk kegiatan ini dilakukan oleh TK atau sekolah sekitar sebagai wisata dan edukasi untuk murid-muridnya. Menarik sekali ya kalau bersama teman-teman mengunjungi tempat wisata ini sambil belajar bersama.

Harga Tiket

Untuk mengunjungi objek wisata Bhumi Merapi ini kita diharuskan untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk ini sebesar 30.000/orang. Menurutku sendiri, dengan biaya ini dan spot wisata yang bagus dan tertata rapi cukup sesuai. Karena dengan objek wisata ini masih dalam tahap pembangunan dan perluasan sehingga lebih lengkap lagi spot yang dikunjungi.

Harga wahana yang ada juga bermacam-macam, yaitu:

- Dot susu kambing Etawa @5.000
- Pakan rusa @5.000
- Pakan kelinci @5.000
- Pakan merpati @5.000
- Berkuda @20.000 untuk sekali putaran

Objek wisata Bhumi Merapi ini buka setiap hari Senin – Minggu dari jam 08.30 sampai 17.00. Jika mau reservasi sebelumnya bisa menghubungi nomor yang tertera di bio Instagram Agrowisata Bhumi Merapi.

Video diatas adalah kunjunganku dan keluarga di Bhumi Merapi Jogja. Sabila senang sekali melihat berbagai macam binatang dan bisa berfoto di banyak lokasi. Selain mendapatkan lokasi yang bisa untuk berwisata, bisa juga sebagai pembelajaran anak sehingga mengenal binatang secara langsung.

Bagaimana nih dengan ulasan wisata Objek Wisata Anak Instagramable Bhumi Merapi Jogja ini? Apakah tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa untuk mampir ketempat ini kalau ke Jogja yaa.. Semoga pandemi segera berakhir sehingga kita bisa bebas berpergian tanpa khawatir apapun. Tetap stay save dan sehat selalu ya :D.

Related Posts

3 komentar

  1. Masya Allah mupemg aku mbak.. kalo aku ke jogja insya Allah aku kontk mbak ya.. enta itu kapan huhuhu


    Aku seneng sekali tulisan mbak ttg jogja sejak postingan mbak ttg pasar yg di lakukan di masjid jogokariyan.

    Aku seneng lho.. trus aku membayangkan ya Allah semisal aku bisa berkunjung ke sana

    BalasHapus
  2. Harga tiket sebesar itu, terbilang murah ...
    Mudah mudahan suatu saat bisa ke sana

    BalasHapus
  3. wuaaa tempatnya lucu banget, aku tahunya kok merapi park mulu ya wkw :D
    jadi wishlist nih pas bisa balik ke Jogja :D kangen nongki asyik di sana :D
    Makasih infonya Mom Fadmala :D

    BalasHapus

Posting Komentar