Ticker

6/recent/ticker-posts

KITA SEHAT KARENA LINGKUNGAN KITA SEHAT

Assalamu’alaikum..

Bagaimana kabarnya teman – teman semua? Semoga selalu diberikan kesehatan yaaa untuk teman-teman dan keluarga semua..

Oya, di awal tahun 2021 ini negara kita Indonesia sedang berduka ya teman-teman.. Dimulai dari jatuhnya pesawat terbang Sriwijaya Air, hingga sekarang banyak sekali bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, puting beliung, dll. Semoga kita semua diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini yaa.. Aamiin..

gallery fadmala

SEBAB AKIBAT BENCANA

Salah satu dari sebab terjadinya bencana adalah karena ulah manusia sendiri. Banyak orang yang sering buang sampah sembarangan menyebabkan tersumbatnya aliran air hingga terjadinya banjir, penebangan liar di hutan menyebabkan tanah longsor. Dan Alaah SWT tidak suka dengan orang yang merusak lingkungan karena ia termasuk ke dalam orang yang munafik, seperti di dalam dalil ini.

قال الله تعالى : وَإِذَا تَوَلَّى سَعَى فِي الْأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ وَاللَّهُ لا يُحِبُّ الْفَسَادَ . (البقرة : 205)

Artinya: "Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan." (QS Al Baqarah: 205)

 

RAWAT LINGKUNGAN KITA

Jika keadaan lingkungan kita bersih, terawat, dan asri tidak ada pencemaran lingkungan, maka badan, tubuh dan pikiran kita juga akan ikut sehat. Oleh karena itu, kita harus menjaga keadaan lingkungan kita. Seperti apa kita menjaganya? Tak perlu berpikir yang susah, tapi dimulai dari diri kita sendiri itu sudah jauh lebih baik. Seperti membuang sampah di tempatnya, menanam tanaman atau pohon di halaman rumah, memilah sampah organik dan non organik, mengurangi polusi, dan lain sebagainya. Dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عن أنس رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من مسلم يغرس غرساً ، أو يزرع زرعاً ، فيأكل منه طير أو

إنسان أو بهيمة ، إلا كان له به صدقة . (رواه البخاري ومسلم)

 

"Tidak seorang pun Muslim yang menanam tumbuhan atau bercocok tanam, kemudian buahnya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang ternak, kecuali yang dimakan itu akan bernilai sedekah untuknya." (HR Bukhari)

 

Masya Allah, kita menanam tumbuhan pun itu juga bernilai sedekah. Kita memelihara lingkungan kita tak hanya agar lingkungan kita sehat dan menjadikan kita sehat juga, tapi Insya Allah pahala juga mengalir ke kita. Karena Allah SWT menyukai kebersihan dan orang yang dapat menjaga ciptaanNya. Wallahu’alam..

Yuk, kita ubah lagi pola hidup kita untuk terus menjaga lingkungan kita. Dimulai dari diri kita sendiri, lalu ajak orang terdekat kita, maka lama – lama akan lebih banyak orang lagi yang melakukan kehidupan sehat ini. Semoga bumi kita bisa kembali sehat yaaa..

Aamiin.. Insya Allah..

Posting Komentar

0 Komentar