header fadmalalala

13 Manfaat Website Untuk Bisnis

Konten [Tampil]
Manfaat Website

Perkembangan zaman akan terus maju khususnya untuk perkembangan bisnis. Semakin kesini, arah kemajuan teknologi mempengaruhi kemajuan bisnis yang ada. Banyak sekali platform yang menyediakan media untuk kemajuan bisnis. Salah satunya adalah website.

Sudah banyak perusahaan maupun UMKM yang mempunyai website untuk kemajuan bisnisnya. Karena kita tahu, semua orang sudah mempunyai HP dan internet yang bisa mengakses website dimanapun dan kapanpun. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kemajuan bisnis menggunakan website.

Apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari website? Khususnya untuk para pebisnis besar maupun kecil.

1. Lebih Profesional

Tidak hanya pebisnis besar saja yang mempunyai website. Bahkan sekarang pun pebisnis kecil pun mampu membuat website demi kemajuan bisnisnya. Karena dengan adanya website, maka bisnis kita akan terlihat lebih profesional.

Tidak hanya terlihat profesional dari kalangan para pebisnis saja. Tapi bisnis kita akan lebih terlihat profesional untuk klien kita juga. Inilah salah satu yang bisa menonjolkan bisnis kita.

2. Lebih Terpercaya

Adanya website dengan informasi yang jelas tentang sebuah profil dari perusahaan bisa menambah kepercayaan pada klien. Adanya profil tentang perusahaan dengan jelas juga alamat lengkap yang nyata. Itulah yang membuat kepercayaan pada klien.

Jika perusahaan tidak jelas dari mana asalnya, alamatnya dan usahanya, maka klien akan ragu dengan kita. Seperti website ghost yang tidak tau siapa pemiliknya. Untuk itulah sebaiknya kita lengkapi profil pada website kita agar lebih terpercaya.

3. Memperluas Jaringan

Adanya website yang bisa digunakan oleh siapa saja dan dimanapun tentu akan menambah jaringan kita. Entah itu jaringan relasi, klien baru, maupun pesaing yang ada. Website membantu kita untuk menambah jaringan baru untuk memperluas relasi.

Karena kita juga tidak tahu kapan relasi itu datang. Dan dengan adanya website yang bisa dicari menggunakan mesin pencari seperti Google, maka bisnis kita akan lebih cepat untuk ditemukan.

4. Mengetahui Audiens

Menggunakan website kita juga bisa mengetahui siapa Audiens kita. Salah satunya dengan menggunakan Google Analytics, kita bisa mengetahui siapa pengunjung website kita. Dan dari mana saja asalnya.

Wow,, keren sekali bukan? Karena dengan begitu, kita juga bisa mengetahui minat pelanggan yang datang ke website kita.

5. Menambah Pelanggan Baru

Website yang dikelola dengan baik dan bisa muncul di page one Google merupakan daya tarik tersendiri. Website tersebut berarti mempunyai kualitas tulisan yang baik dan SEO yang baik pula. Dengan begitu, maka menggunakan website bisa menambah keingintahuan pelanggan untuk berkunjung.

Karena website bisa menjangkau semua kalangan, baik itu orang lokal maupun internasional. Karena website bisa diakses di semua belahan dunia dengan koneksi internet.

6. Dapat Diakses Kapan Saja

Selama kita ada koneksi internet, maka website bisa diakses kapanpun. Dimanapun kita berada, kapanpun kita mau, semua bisa mengaksesnya. 24 jam selama seminggu full website bisa selalu diakses. Itulah manfaat terbesar dari adanya website untuk bisnis kita.

Jadi, klien tidak membutuhkan jam kerja untuk mencari tahu tentang bisnis kita. Karena semua informasi bisnis kita ada di dalam website tersebut. Wah, menarik sekali bukan?

7. Bisa Menampilkan Berbagai Produk

Website tidak hanya digunakan untuk mencari informasi sebuah perusahaan saja. Karena banyak sekali jenis website yang bisa kita gunakan. Seperti website ecommerce atau jual beli. Disana kita bisa menampilkan produk yang akan kita jual pada pelanggan.

Produk yang dijual sebaiknya dilengkapi dengan gambar, deskripsi, harga, dan juga stok yang ada. Agar pelanggan bisa membelinya dengan nyaman tanya banyak bertanya. Dengan deskripsi yang lengkap dari produk juga bisa menambah kepercayaan pada pelanggan.

tampilan produk website

8. Bisa Menjadi Portofolio

Salah satu manfaat penting dari sebuah website adalah bisa digunakan sebagai portofolio. Karena portofolio perusahaan ataupun usaha sangat dibutuhkan. Website portofolio ini dapat kita gunakan kapan saja dan dimana saja. Jadi saat kita bertemu dengan klien baru, kita bisa menunjukkan website kita pada klien tersebut.

Sangat efisien sekali bukan menggunakan website seperti ini. Kita tidak perlu membawa kertas dokumen kemana-mana. Bahkan dengan website kita hanya mengirimkan link website kita saja pada klien jika ingin mengetahui tentang bisnis kita.

9. Media Promosi Online

Website diakses menggunakan jaringan internet. Sehingga dimanapun kita berada asalkan ada jaringan internet, maka kita bisa mempromosikan bisnis kita. Karena sekarang sudah zaman serba online, jadi promosi seperti ini sangat dianjurkan.

Selain itu dengan menggunakan website sebagai media promosi online, kita juga bisa mengirimkan pesan dengan lebih cepat. Kita juga bisa menggunakan model affiliasi dengan membagikan link website kita ke pihak ketiga. Cara ini yang sekarang sudah banyak digunakan untuk promosi.

10. Lebih Murah

Pembuatan website itu sangat mudah sekali dan juga murah. Karena tidak membutuhkan banyak biaya untuk pembuatannya. Apalagi jika kita bisa mengelola dan mengembangakan sendiri website tersebut. Pasti hasilnya akan sesuai keinginan kita dan harganya pun akan jauh lebih murah.

Hanya dengan membuat website lalu beli hosting murah, maka bisnis kita akan lebih profesional di mata klien maupun pelanggan. Seperti menggunakan hosting DomaiNesia, kita bisa mendapatkan harga hosting yang cocok sesuai dengan kebutuhan website kita. Selain harga yang murah, pelayanannya pun cepat dan memuaskan. Kita bisa melihat sendiri feedback dan review dari pelanggan di web DomaiNesia ini. Keren sekali bukan? Ada yang sudah pernah mencobanya juga?

11. Bisa Masuk ke Pasar Internasional

Menggunakan website sebagai media promosi online dapat menjadi nilai baik juga untuk kita. Karena tidak hanya Nasional, tapi usaha kita juga bisa masuk ke pasar Internasional. Selama ada jaringan internet, maka website dapat diakses dimanapun lokasinya.

Dengan begitu, bisnis kita dapat dilirik oleh siapa saja bahkan orang mancanegara. Bisa jadi kita juga bisa bekerja sama dan mendapat klien maupun relasi baru. Itulah manfaatnya website secara luas untuk kemajuan bisnis kita.

12. Mempermudah Bertransaksi

Banyak sekali website ecommerce yang bisa digunakan. Bahkan kita pun juga bisa membuat website sendiri seperti layaknya ecommerce lainnya. Menggunakan website sebagai media jual beli tidak hanya terpercaya dan juga bisa memudahkan pelanggan untuk bertransaksi.

Dengan kelengkapan foto, deskripsi produk, stok, maupun harga yang ditampilkan membuat pelanggan lebih mudah untuk memilihnya. Dengan kemudahan seperti itulah para pelanggan akan senang untuk berkunjung lagi ke website kita untuk bertransaksi.

13. Menampilkan Review dan Feedback

Menggunakan website khususnya untuk jual beli apapun produk atau jasa yang ditawarkan dapat menampilkan feedback dan review dari pelanggan. Dengan adanya feedback dan review, maka barang dagangan maupun jasa yang kita pasarkan akan lebih terpercaya.

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal penting yang harus kita perhatikan. Karena jika pelanggan puas, maka mereka akan menggunakan jasa kita lagi. Atau akan membeli barang yang kita jual kembali. Inilah yang membuat bisnis kita menjadi semakin berkembang. Dengan adanya feedback dan review pelanggan, maka besar kemungkinan pelanggan baru juga akan berdatangan. Karena telah percaya dengan bisnis yang kita jalankan tersebut.

Nah, itulah 13 Manfaat Website untuk Bisnis. Ingin membuat website tapi masih bingung caranya? Kita bisa coba cara membuat website dijamin berhasil. Siapa tahu dengan website yang kita buat, bisnis kita akan semakin maju dan lancar. Karena rezeki tidak tahu darimana datangnya. Dan kita sebagai manusia harus selalu membuka pintu datangnya rezeki itu dari mana saja.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Terima Kasih.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar