header fadmalalala

Menjadi Keluarga Bahagia Bersama Popmama Parenting Academy 2021

Konten [Tampil]
Popmama Parenting Academy 2021

Popmama Parenting Academy merupakan suatu aktivitas yang menurutku sangat diperlukan khususnya untuk para mama milenial. Aktivitas yang bermanfaat untuk menambah ilmu tentang parenting agar kita lebih mengenal dan memahami kondisi keluarga khususnya anak.

Siapa sih yang tidak mau dapat ilmu parenting? Ilmu parenting ini tidak hanya berguna untuk mama saja, tapi berlaku juga untuk kedua orang tua.

Loh, berarti suami juga harus belajar parenting ya mom?

Yes! Betul sekali mom, karena sebagai orang tua lebih baik jika kita bisa satu pendapat khususnya didepan anak. Tidak mau kan, jika anak melihat orang tuanya bertengkar karena hal kecil saja?

Anak akan ikut stress dan menganggap pertengkaran kecil tersebut menjadi hal yang biasa jika terjadi berulang-ulang. Saat besar nanti, bisa jadi anak akan mengulangi apa yang dilakukan orang tuanya dahulu. Berulang seperti itu seterusnya.

Duhh, jangan sampai ya seperti itu..

Baru mengenal ilmu parenting sekarang? Tidak masalah, karena semua tidak ada kata ‘terlambat’. Yuk kita kupas dulu kenapa parenting sangat penting untuk keluarga :D.


Pentingnya Ilmu Parenting Untuk Keluarga

Apakah anak kita termasuk anak aktif? Atau anak pemalu? Atau keduanya? Sang kakak pemalu sedangkan sang adik aktif sekali?

Wah, itu sudah hal biasa ya mom karena sifat anak itu beda-beda. Bahkan ada juga perilaku anak yang super duper aktif. Apakah bingung bagaimana cara mananganinya?

Disinilah ilmu parenting diperlukan. Kita bisa belajar bagaimana cara mengajarkan anak dengan baik, mengasuh dan membesarkan tanpa menyakiti hati anak. Anak bisa tumbuh besar dengan kasih sayang kedua orang tuanya.

Sehingga kita bisa menghindari perilaku toxic parenting, otoriter, maupun acuh tak acuh terhadap anak. Karena akan berakibat buruk pada psikologis anak, dan jika diteruskan akan berdampak buruk pada masa depan anak.

Ilmu parenting bisa membantu kita khususnya untuk orang tua yang baru saja mempunyai anak. Bagaimana cara mengasuh bayi, memandikan, dan membesarkannya. Tentu saja itu sangat melelahkan bahkan bisa membuat kita stess jika kita tidak bisa mengendalikan emosi. Dan akan berakibat buruk pada kesehatan kita.

Saat kita belajar parenting, kita akan bertemu dengan orang tua lain yang mempunyai masalah yang sama. Atau bahkan bisa saling curhat dan saling memberi saran antara satu dengan lainnya. Saling memberi support agar tetap waras dan bisa mengendalikan emosi saat menghadapi anak.

Itu sangat membantu sekali yaa..

Tapi, belajar parenting sendiri mungkin bisa menghabiskan banyak waktu. Karena kita harus mengosongkan waktu tertentu untuk belajar dan menerima ilmu parenting. Dan itu tidak mudah khususnya untuk working parents.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan ilmu parenting secara mudah? Nah, disini aku akan mengenalkan tentang POPAC. Bisa juga dikenal dengan Popmama Parenting Academy.


Apa Itu Popmama Parenting Academy?

narasumber popac 2021

Popmama Parenting Academy (POPAC) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Popmama.com sebagai solusi untuk keluarga milenial. Cara menghadapi tantangan pengasuhan anak di masa depan. Termasuk tantangan dalam pengasuhan anak saat ini, yaitu bagaimana cara kita memanfaatkan teknologi dengan bijak di era internet.

Tidak hanya ilmu parenting saja, tetapi terdapat banyak hiburan, pendidikan, pengalaman menyenangkan, dan juga pengalaman berbelanja. Popmama Parenting Academy tahun ini juga mengadakan event dan acara seru yang bisa diikuti semua warga Indonesia.

Ini dia acara utama di Popmama Parenting Academy 2021 :

Community Awards

Community awards merupakan acara yang diadakan untuk memberikan support kepada para mom yang mempunyai komunitas. Komunitas yang bermanfaat untuk anggota sehingga bisa saling support antara satu dengan lainnya. Kegiatan apa saja yang ada didalam komunitas itu dan siapa saja pengurusnya yang nanti akan dinilai untuk mengetahui pemenangnya.

Pada tahun ini, ada 2 kategori penilaian untuk community awards, yaitu:

1. Supportive Community

Merupakan komunitas yang memiliki program untuk memberikan dukungan terhadap anggotanya dan masyarakat di luar komunitasnya. Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, taraf kehidupan, dan relasi yang lebih baik.

Dukungan yang diberikan bisa berupa dukungan seputar kesetaraan, perlingdungan ibu dan anak, kerukunan, inklusi, dan demokrasi di masyarakat.

2. Educative Community

Seperti namanya, educative community adalah komunitas yang memiliki program untuk mendidik anggota dan masyarakat di luar komunitasnya. Pendidikan tersebut bisa berupa kesehatan, anak usia dini, pendidikan kepada orang tua atau keluarga, keuangan keluarga, dan lain sebagainya.

Pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, taraf kehidupan, dan relasi yang lebih baik. Sehingga para orang tua bisa mendapatkan ilmu dengan baik melalui komunitasnya.

Donasi Bersama Kitabisa

Sudah 2 tahun lebih kita merasakan situasi pandemi. Banyak sekali korban khususnya pasien dari pandemi Covid-19. Popmama Parenting Academy bersama Kitabisa membuka donasi untuk anak Indonesia yang terdampak buruk dari pandemi.

Besar harapan mereka untuk terus membantu generasi penerus masa depan Indonesia. Anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena pandemi covid-19 tetap harus kita bantu. Untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan kesehatan, maupun pendidikan yang harus tetap berjalan.

Semoga sedikit bantuan yang kita berikan bisa membantu mereka untuk terus bersemangat dalam menuntut ilmu. Menjadikan generasi penerus bangsa lebih baik lagi.

acara utama popac 2021

Popmama Little Star

Apakah putra-putrinya berumur 7-14 tahun?

Kalau iya, bisa nih ikut acara Popmama Little Star dengan mengupload keahlian si kecil ke media sosial instagram atau tik tok. Keahlian bisa apa saja kok, seperti menari, bernyanyi, bermain musik, berakting, olah raga, dan sebagainya.

Periode pendaftarannya juga masih panjang yaitu dari tanggal 15 November – 4 Desember 2021. Kita bisa mengunggah foto atau video sebanyak-banyaknya.

Lomba Blog

Jika kita suka menulis, bisa juga nih ikut lomba blog yang diadakan oleh Popmama Parenting Academy. Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mengikuti lomba blog, dan kalian bisa langsung cek di instagram Popmama Parenting Academy.

Periode lomba blog ini dari tanggal 1 – 30 November 2021 saja. Wah, sebentar lagi nih ya.. Sebelum ketinggalan, bisa juga yuk ikut lomba blog ini sebagai awarness untuk teman mom yang lain agar mengetahui tentang semua acara dari Popmama Parenting Academy.

Sehingga bisa memberikan informasi dan mengedukasi orang tua yang lain untuk mempelajari ilmu Parenting. Karena ilmu parenting itu harus kita cari sendiri, kita pelajari sendiri, dan itu membutuhkan kesadaran diri sendiri bahwa ini adalah ilmu yang penting.

Keep caring for family happiness!

Jadikan Keluarga Bahagia dengan Belajar Parenting Bersama Popmama

Popmama adalah solusi untuk para parents yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga susah untuk mengikuti dan mempelajari ilmu parenting karena waktu. Dengan bergabung bersama Popmama, kita bisa bergabung dengan berbagai grup di dalam komunitas.

Di dalam grup tersebut terdapat beberapa sub grup yang bisa dipilih seperti kehamilan, kelahiran, anak, dan masih banyak lagi. Pada masing – masing sub grup tersebut kita bisa nih tanya jawab antar parents. Jadi kita bisa sharing nih bersama parents yang lain.

Jika kita sudah mempunyai akun Popmama, kita bisa tanya langsung dengan dokter ahli. Seperti dokter anak atau psikolog. Ada juga sub grup yang berisi tentang Tanya Ahli, yaitu kita bisa menanyakan langsung kondisi anak pada dokter spesialis anak.

Popmama juga memberikan tools calculator untuk menghitung masa kehamilan kita, berat kehamilan, dan mencari nama bayi kita kelak. Bisa juga nih menghitung masa ovulasi jika kita menginkan untuk hamil lagi.

fitur popmama

Ada juga nih event kontes yang bisa kita ikuti untuk menambah aktivitas kita bersama si kecil. Event ini seru dan bermanfaat sekali karena bisa mempererat bounding antar anggota keluarga. Wah, lengkap sekali yaa..

Kita bisa melakukan konsultasi kapanpun dan dimanapun. Bisa sharing seputar parenting agar mengetahui kondisi anak dan keluarga kita. Jadi, untuk semua parents dengan berbagai kegiatan dan kesibukan bisa mempelajari parenting untuk bekal mengasuh pada anak.

Semoga semua parents bisa bahagia bersama keluarga kecilnya masing-masing. Tak ada kata lelah dalam belajar, tak ada kata terlambat untuk memulai. Yuk kita ikuti Popmama Parenting Academy 2021 untuk bekal keluarga bahagia kita :D.

Terima Kasih..

Related Posts

9 komentar

  1. setuju banget, mb. tidak ada kata lelah dalam belajar, apalagi belajar menjadi orangtua yang terbaik untuk anak ya. popmama menjadi wadah alternatif belajar di era digital, karena bisa diakses kapanpun, dimanapun dan bagaimanapun :D

    BalasHapus
  2. Belajar parenting memang jalan ninja buat menghadapi peran jd orang tua :') dan sampe kapanpun trs belajar. Udah mulai nih POPACnya berati ya. Nungguin talkshow2 kerennya nih aku ;) materinya menarik2

    BalasHapus
  3. insha allah mau ikut popac berikutnya untuk komunitas. terimakasih info dan penguatanya mbak. semoga nggak ketinggalan materi bagus2 dari popac 2021 ya, bismillah.

    BalasHapus
  4. Bener! Suami juga kudu belajar parenting ya mbak. Biar sama-sama luwer dalam mendidik anak-anak dan istri juga tentunya. Terasa banget kalau keduanya sudah mengetahui ilmu parenting, mendidik anak jadi lebih adem dan guyub gitu.

    Seneng deh, popmama bisa menjadi media belajar mama dan papa. Ga sabar ikutan acaranya nanti.

    BalasHapus
  5. Suami dan istri itu memang partner dalam berkeluarga, jadi sebaiknya memang dua-duanya memahami parenting, bukan istri saja. Dan, popmama ini gudangnya ilmu parenting dan gampang diakses pula.

    BalasHapus
  6. Masya Allah, ini menjadi solusi bagi semua. Utamanya para keluarga muda, keluarga millenial. Event tahunan yang sangat bermanfaat ya.

    BalasHapus
  7. Jadi orang tua ternyata gak mudah ya mbak... Tapi gak ada sekolahnya. Semua otodidak. Beruntung ada Popmama...

    BalasHapus
  8. Siapa sih yng gak kau belajr ilmu parenting?

    Kebanykan sih mau tapi faktanya banyak yg terkendalanakrena kesibukan. Nah, mgkin ini hikmah dibalik pandemi dg percepatan digitalisasis sehingga membuat kebanykan orang bisa menyimak kelas online dimnapun..

    Kayak popslac saat ini 31 hari uey, serangkaian acaranya keren

    BalasHapus
  9. Popmama Parenting Academy 2021 ajang pembelajaran bagi orangtua, kompetisi talenta anak, dan ajang blog kompetisi. Semuanya pasti seru.

    BalasHapus

Posting Komentar