header fadmalalala

10 Cara Kembalikan Mood Agar Kembali Bersemangat

Konten [Tampil]

Cara Kembalikan MoodHai Parents..

Pernah gak ngerasa kalau aktivitasmu begini begitu aja? Dan bikin mood jadi gampang berubah? Aku sering nih mom, sebagai ibu rumah tangga aktivitasnya seperti monoton. Pagi bangun, masak, ngurus rumah, jaga anak, masak lagi sampai balik tidur lagi.

Kayaknya untuk para parents yang bekerja pun juga sama ya. Bahkan bisa jadi lebih monoton daripada kami para ibu rumah tangga. Pagi bangun, mandi, makan, kerja, pulang kerja, mandi, makan, tidur. Hahaa,, kalau diumpamakan melodi musiknya datar saja ya.

Mood atau suasana hati seseorang itu memang baiknya kalau dijaga ya. Mungkin kita capek, tapi memang itulah hal yang harus kita kerjakan. Jadi, butuh banget nih kita bikin suasana hati atau mood kita supaya happy agar pekerjaan kita juga bisa kita kerjakan dengan baik.

Sebab dan Akibat Mood Berubah

Menurut Alodokter, perubahan suasana hati merupakan hal yang normal. Karena pada dasarnya, perubahan mood ini memang bisa terjadi sesekali dan tidak disebabkan oleh kelainan tertentu. Ada beberapa yang bisa menyebabkan perubahan mood dalam diri kita, yaitu:

1. Kondisi hormon. Kondisi ini bisa terjadi saat wanita sedang PMS, hamil, atau bahkan saat menopause bisa terjadi perubahan mood.

2. Efek samping obat. Saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau bisa saja saat mengkonsumsi alkohol.

3. Kondisi kesehatan. Biasanya terjadi saat orang mengalami depresi, stres, gangguan kepribadian, atau bahkan bipolar.

Dan dari beberapa perubahan mood atau suasana hati seseorang itu bisa juga berakibat fatal. Orang yang menderita bipolar, merasakan dirinya tak berguna, hampa, sering gelisah, marah, dan merasa bersalah terus-menerus. Ada juga orang yang mengalami depresi, stress berat, bisa memutuskan untuk bunuh diri. Na’udhubillah..

Tentu saja, beberapa kondisi di atas memerlukan bantuan spesialis dokter untuk penyembuhannya. Tapi, untuk perubahan mood yang biasa terjadi pada kita, bisa kita alihkan dengan beberapa kegiatan atau hal lain yang memang berguna untuk self healing.

Hemm, menurutmu jenis self healing seperti apa sih yang biasa kamu lakukan agar mood kamu kembali seperti semula?

10 Cara Mengembalikan Mood

Ada beberapa cara nih agar mood kita bisa kembali dan meminimalisir kemungkinan untuk stress. Menurutku ini self healing ala aku sendiri juga ya. Mungkin ada yang samaan? Nah, ini dia beberapa cara mengembalikan mood agar kembali bersemangat:

1. Makan Cokelat

Pasti banyak yang sudah tau nih kalau coklat itu mengandung enzim polifenol yang sudah sejak lama diyakini sebagai obat anti stres. Kalau yang biasa aku dengar sih, coklat itu sebagai penenang. Hemm, menurutku sendiri saat makan coklat mungkin bisa lebih tenang karna aku makan coklat tidak dikunyah tapi di emut. Kurang tau juga kalau saat makan coklat nya posisi dikunyah.

Mungkin itu sebabnya ya kalau valentine sering ngasih coklat. Kalau makan coklat serasa jatuh cinta mungkin ya. Hehee,, Tapi, makan coklat juga sesuai porsinya ya parents. Jangan sampai kebanyakan, takut kalorinya naik nih^^.

Manfaat Makan Cokelat

2. Travelling

Travelling buat mood booster? Wah, aku banget nih. Travelling enggak perlu mahal ataupun jauh buat ningkatin dan ngembaliin mood aku dan keluarga. Kalau aku sih, tinggal bikin bekal keluar rumah dan cari tempat teduh trus makan bareng keluarga kecil.

Travelling ala-ala aja yang penting happy kan parents. Kalau punya uang dengan budget yang cukup bisa keluar kota, keluar pulau, atau keluar negri juga boleh kok. Bahkan sekarang banyak banget tiket pesawat keluar negri dengan harga yang lebih murah dari pada keluar pulau.

So, tentuin aja budgetmu dan pilih travelling sesuai kebutuhanmu agar mood mu bisa kembali dan bersemangat lagi :D.

3. Kuliner

Siapa sih yang enggak setuju kalau mood kita bisa berubah dengan kulineran? Sekarang ini di Jogja lagi banyak banget cafe baru yang dibuka. Berbagai macam cafe ala-ala angkringan sampai cafe modern, bikin aku dan kantongku bingung nih. Hahaa,,

Tapi seru juga loh kalau kita luangin waktu di cafe buat sekedar ngobrol bareng temen, meet up, ataupun hanya sekedar nongkrong aja. Makanan yang disajikan di cafe juga bermacam-macam tergantung cafe itu sendiri. Bisa cafe dengan menu andalan cake, coffee latte, sampai ice cream. Memanjakan lidah dengan rasa yang baru membuat mood jadi baru.

4. Nonton Film

Duh, siapa nih yang suka nonton drakor? Mood nya berubah enggak ya setelah nonton? Atau kita jadi ikut terbawa suasana di dalam filmnya nih? Hehee,,

Tapi kalau kita sedang bad mood, mungkin kita bisa mencoba melihat film komedi atau film yang bisa bikin kita tertawa. Bisa deh coba hal ini buat ngembaliin mood kita.

5. Bermain Games Hello Kitty Beach Fun

Mirip seperti namanya Hello Kitty Beach Fun, game ini juga bisa bikin kita Fun. Mencari perlengkapan untuk ke pantai seru sekali loh. Berbagai keperluan untuk dipakai di pantai, dan mendandani fashion kitty saat ke pantai, hingga mendekorasi beberapa furniture pantai.

Gamenya mudah sekali untuk dimainkan dan tidak perlu untuk menginstall game di hp ataupun laptop. Karena kita hanya tinggal klik Plays.org dan akan muncul berbagai jenis games baru yang bisa kita mainkan. Gamenya tidak berat dan bisa dengan cepat mengembaikan mood kita setelah memainkannya.

free games Hello Kitty

Kebetulan banget anakku lagi suka sama karakter Hello Kitty dan kita bisa sering memainkan game ini bersama-sama. Karena game ini juga cocok dimainkan untuk semua umur. Bisa mengasah konsentrasi dan imaginasi juga.

Desain dari karakter Hello Kitty nya ini juga lucu, jadi anak pasti suka dengan game ini. Selain bisa bersama-sama bermain game, dengan melakukan kegiatan ini mood jadi ikut berubah karena kita sama-sama happy :D.

6. Mendengarkan Music

Saat mood kita sedang buruk, boleh deh coba mendengarkan musik dengan pemilihan musik yang pas. Bisa dengan musik dengan beat lebih cepat dan lirik postive sehingga mood kita juga ikut berubah.

Sebaiknya hindari musik galau ya, biar mood kita juga enggakikut galau juga. Atau bisa juga nih, dengerin murrotal biar hati dan pikiran kita lebih tenang. Ada rasa adem gitu deh, apalagi kalau qori nya bagus banget. Seperti Muzammil Hasballah, Taqi Malik, atau Ibrahim Elhaq yang masih jadi favoritku buat hafalin ayat-ayat. Hihii,,

7. Mengobrol

Nah, ketika kita sedang dirundu masalah apalagi mempunyai suatu problem yang dirasa cukup sulit untuk dipendam sendiri. Sebaiknya kita cari teman untuk mengobrol. Sebaiknya cari teman atau sahabat dekat yang sudah kita percaya untuk membicarakan masalah kita.

Dengan mengobrol, rasa sesak di dada yang sebelumnya kita pendam bisa lebih berkurang. Bisa jadi dengan mengobrol kita bisa menemukan solusi dari permasalan kita yang membuat mood kita bisa terkendali lagi. 

8. Tidur

Saat pekerjaan menumpuk, pikiran capek, banyak list dan hal- hal lainnya membuat tubuh dan pikiran kita capek. Inilah saatnya untuk kita beristirahat. Dengan tidur, kita bisa mengistirahatkan badan dan pikiran kita.

Minimal 30 menit atau 1 jam kita tidur sehingga badan kita bisa rileks. Lupakan semua permasalahan kita sebelum tidur, sehingga saat bangun kita sudah siap untuk melanjutkan tugas-tugas kita sebelumnya.

Manfaat Tidur

9. Menangis

Parent, pernah tidak kamu menangis untuk melepaskan beban di pundak? Tak perlu malu karena kita menangis. Karena kenyataannya, setelah menangis mood kita menjadi lebih stabil dari pada sebelumnya.

Tentu saja, ini juga pernah aku rasakan sendiri. Khususnya saat berdoa setelah sholat, sering kali menangis hanya sekedar untuk curhat. Hihii,, mungkin memang pada dasarnya karena kelenjar air matanya memang banyak. Jadi lebih mudah buat meneteskan air mata dan menangis^^.

10. Bersyukur

Ada kalanya, mood berubah karena kita menginginkan sesuatu tapi belum bisa terpenuhi. Nah, dengan bersyukur kita jadi lebih bisa menerima diri kita apa adanya. Menerima lingkungan kita, sekitar kita, kondisi kita saat ini dan kedepannya.

Dengan bersyukur, kita juga bisa lebih dekat dengan pencipta kita Allah SWT. Kita bisa lebih menghargai diri kita, orang lain, dan apa yang kita punya. Bahkan dengan rasa syukur yang kita punya ini, mood kita bisa menjadi lebih tenang dan terkendali.

Semoga kita lebih bisa mengelola perubahan suasana hati atau mood kita kedepannya. Agar hal – hal negatif yang ada di diri kita bisa terhindari. Karena perubahan mood juga akan mempengaruhi kesehatan kita nantinya.

Terima kasih sudah membaca 10 cara kembalikan mood agar kembali bersemangat! Tetap jaga kondisi mood kita agar tetap sehat Parent! :D

Terbaru Lebih lama

Related Posts

13 komentar

  1. Begitu liat judulnya langsung klik, eh ternyata beberapa caranya belum aku coba, salah satunya dengerin murotal, mungkin bad mood itu karena kita jauh dari Allah ya mom :') btw terima kasih tipsnya Mom Fadmala, langsung kucoba dan manjur :D

    BalasHapus
  2. Banyak cara ya Mom ternyata buat ngembaliin mood, aku sukanya makan coklat ma kulineran aja nih..abis itu gemesh sndiri krna endutan

    BalasHapus
  3. Hampir semuanya pernah saya lakukan,,, tapi nomor 9 jarang,,,
    laki laki menangis ..? Waduuh :D ha he...
    Tapi memang no 10 lah yg mesti sering kita lakukan "bersykur"

    BalasHapus
  4. kuliner memang obat terbaik :D

    BalasHapus
  5. eh ada game hello kitty beach fun di web ini ya?? jadi pengen nyobain juga aku hihi

    BalasHapus
  6. Pilihan saya: tidur. Siapa tahu bisa mimpi traveling sambil wisata kuliner...

    BalasHapus
  7. Wow, banyak cara buat ngebalikin mood ya. Btw, gamenya kayak nya asik dan lucu banget.

    BalasHapus
  8. Hahahaha iya iya..menangis itu pilihan saat udah capek gak ketulungan. Tiba2 nangis aja gtu hehhee.


    Wah anakkupun lagi suka nih sama hello kitty heehehe bisa bisa nih dicoba. Tipsmya mantap mbak..sebab aku pecinta cokla,t, suka jalan2, dan kulineran ketularan suami sih hahaha

    BalasHapus
  9. pas banget semua nih. Tambahin "mengkhayal", ngebayangin ngebolang ke Paris, atau makan dimasakin chef Renata... lumayan tu... mood langsung melejit lagi

    BalasHapus
  10. Cara aku mengembalikan mood itu, makan dan tidur. Tapi lebih sering nya ke makan sih, alhasil bb ku jadi tambah­čśé

    BalasHapus
  11. Ada macem-macem game ya di play itu. Dah lama nggak ngegame, padahal pas kecil sering bahkan kuliah juga kadang buat hiburan dan booster mood. Mau cobain ah ;)

    BalasHapus
  12. mengenbalikan Mod aku dengerin musik mbak, atau nonton. setelah itu kadang rasanya fresh banget hehheeh

    BalasHapus
  13. Tidur adalah jalan ninja. Dulu pas stres sama skripsi, tidur udah jadi hobi wkwkwk. Tapi sejak punya anak, tidur udah ga bisa jadi hobi lagi :')

    BalasHapus

Posting Komentar